Pengertian Manajemen, Sejarah, Fungsi dan Contohnya

Nizar Change

pengertian manajemen
  • Manajemen menurut Cyril O’Donnell dan Koontz, Manajemen adalah suatu kegiatan untuk mencapai tujuan yang dituju melalui usaha / kegiatan orang lain.
  • Manajemen menurut R. Terry, Manajemen merupakan suatu proses yang khas dan unik yang terdiri dari tindakan penggerakan, pengorganisasian, serta perencanaan dan kegiatan pengendalian  dilakukan untuk menentukan arah dan menggapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya dari memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
  • Manajemen menurut Lawrence A.  Appley, Manajemen merupakan seni yang dilakukan demi mencapai tujuan tertentu yang dilakukan usaha orang lain / oleh orang lain.
  • Manajemen oleh James A.  F. Stoner, Manajemen merupakan suatu proses pengorganisasian, perencanaan, kepemimpinan, dan pengendalian usaha-usaha anggota organisasi serta penggunaan sumber daya tersedia dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan organisasi.
  • Manajemen oleh Mary Parker Follett, Manajemen adalah seni, disebabkan untuk menyelesaikan atau melakukan suatu pekerjaan yang dilaksanakan kepada orang lain dengan memerlukan suatu keterampilan tertentu.
  • Manajemen menurut Hilman, Manajemen merupakan suatu fungsi untuk menggapai suatu melalui kegiatan usaha orang lain dan tujuan pengawasan masing-masing individu dalam rangka menggapai tujuan yang sama.
  • Manajemen menurut Encyclopeia of The Social Science, Manajemen adalah proses pelaksanaan untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Manajemen oleh GR Terry, Manajemen adalah suatu kerangka kerja/proses yang memerlukan Arahan dan bimbingan dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan organisasi yang nyata.
  • Manajemen menurut Ricky W. Griffin, Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, serta pengendalian setiap sumber daya ada untuk mencapai tujuan atau tujuan yang sudah ditetapkan secara efektif dan efisien. Efektif artinya tujuan dapat tercapai sesuai dengan rencana yang ada, dan efisien berarti terorganisasi dilaksanakan dengan benar dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Manajemen menurut Henry Fayol, Manajemen adalah ilmu yang mengandung pengertian ide/gagasan yang 5 fungsi utama yaitu merancang, memesan, mengorganisasikan, mengendalikan dan mengoordinasasi.
  • Manajemen menurut Federick Winslow Taylor, Manajemen adalah suatu eksperimen yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dalam rangka menghadapi setiap permasalahan yang timbul dalam setiap kepemimpinan perusahaan/organisasi lain/setiap sistem kerjasama yang dilakukan setiap manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana serta penggunaan alat perumusan.
  • Manajemen menurut Lyndak F.Urwick, Manajemen adalah peramalan, pengorganisasian perencanaan/pengorganisasian perencanaan, pemesanan/ komando, koordinasi/ koordinasi dan pengendalian tingkat.
  • Manajemen manurut Prof. Eiji Ogawa, Manajemen adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian semua kegiatan termasuk pembuatan barang yang dilakukan oleh setiap organisasi bisnis dengan tujuan/sasaran individu yang sudah ditetapkan sebelumnya untuk meningkatkan kerja sesuai dengan kondisi ( fleksibel ).
  • Manajemen menurut Dr. Ahuja, Manajemen adalah pihak yang menawarkan/memberikan jasa yang berkaitan dengan bidang manajemen.
  • Manajemen menurut Renville Siagian, Manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak dibidang jasa yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.
  • Manajemen menurut Dr. Bennett NB Silalahi, MA, Manajemen adalah ilmu tentang perilaku yang terdiri dari aspek-aspek sosial yang tidak dai tanggung jawab keselamatan dan kesehatan kerja baik dari segi perencaannya.
  • Manajemen menurut William H.Newman, Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, penyuuan dan pengawasan SDM guna mencapai tujuan tertentu yang telah ditentukan.
  • Manajemen menurut M. Mescon, M. Albert, F. Hedouri, manajemen adalah proses perencanaan, motivasi dan pengendalian yang diperlukan untuk mencapai, merumuskan dan mencapai tujuan
  • Manajemen menurut S.N. Knyazev,  manajemen adalah proses informasional yang bertujuan untuk mempengaruhi kelompok orang, dikondisikan oleh tindakan hukum ekonomi masyarakat yang objektif dan memastikan perilaku yang bertujuan dari kelompok-kelompok ini di bawah kondisi eksternal dan internal yang berubah dengan membuat keputusan manajerial
  • Manajemen menurut W. Knorring,  manajemen adalah proses berkelanjutan untuk mempengaruhi objek kontrol ( orang, tim, proses teknologi, perusahaan ) untuk mencapai hasil yang optimal dengan investasi waktu dan sumber daya paling sedikit.
  • Manajemen menurut A.V. Karpov,  manajemen adalah seperangkat bentuk, metode, dan teknik pembentukan interaksi yang berlandaskan ilmu pengetahuan antara unsur-unsur sistem produksi berdasarkan tujuan dan kesatuan fungsi.
  • Manajemen menurut V.A. Abchuk, manajemen adalah ilmu yang memungkinkan Anda menemukan solusi terbaik dalam setiap situasi tertentu, menggunakan sistem multivarian untuk memengaruhi orang lain.

Fungsi Manajemen

Fungsi Manajemen

  • perencanaan – menetapkan tujuan organisasi dan menentukan cara terbaik untuk mencapainya, bagian dari proses ini adalah membuat keputusan berdasarkan pilihan metode tindakan tertentu dari banyak pilihan yang tersedia
  • organisasi – pengelompokan logis dari aktivitas dan sumber daya berkontribusi pada pencapaian tujuan yang efektif
  • motivasi – proses mengelola orang yang digunakan untuk membuat anggota organisasi berinteraksi demi kepentingan terbaik perusahaan untuk mengidentifikasi dengan misi organisasi. Ini mempengaruhi bawahan dan berkontribusi pada peningkatan produktivitas.
  • kontrol – memantau kemajuan organisasi dalam mencapai tujuannya. Meliputi tiga kegiatan utama: definisi ukuran efisiensi ( menentukan apa yang ingin kita capai ), pengukuran kinerja, perbandingan efektivitas dengan ukuran yang ditentukan
Baca Juga  4 Cara Cek Lokasi Nomor HP (Semua Provider) dengan Akurat

Gaya Manajemen

Gaya Manajemen

Gaya manajemen adalah seperangkat hubungan antara manajemen dan bawahan dan metode mempengaruhi kedua kelompok ini satu sama lain. Kualitas hubungan ini tergantung pada kinerja bawahan, atmosfer dalam tim dan kemampuannya untuk mencapai kepentingan dan tujuan.

Gaya kepemimpinan dalam manajemen tim dibagi menjadi lima jenis. Psikolog dan penulis Terkenal Amerika-Jerman Kurt Levin pada 30 – an abad terakhir menerbitkan dan menyoroti tiga gaya kepemimpinan, beberapa saat kemudian, gaya manajemen ditambahkan menjadi dua yaiti konsisten dan situasional.

Gaya Manajemen Otoriter

Gaya Manajemen Otoriter

Originally posted 2022-12-26 03:50:37.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya