Aplikasi Translate Inggris-Indonesia

Aplikasi Translate Inggris-Indonesia-Pada era modern dan serba digital seperti saat ini, mungkin penggunaan barang-barang konvensional seperti kamus berbentuk buku sudah sangat jarang. Hal ini karena fungsinya telah digantikan dengan kamus modern yang dapat diakses kapan dan dimana saja melalui perangkat elektronik.

Jadi ketika Anda perlu menerjemahkan kata atau bahkan kalimat dalam bahasa Inggris ke Indonesia, maka bisa melakukannya dengan sangat mudah. Nah, berikut ini beberapa layanan translate Inggris-Indonesia yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Aplikasi Translate Inggris-Indonesia Gratis

Dapat dikatakan bahwa saat ini banyak sekali layanan translate Inggris-Indonesia yang bisa Anda temukan di internet. Namun, tentu saja tidak semua layanan tersebut akan digunakan kan? Untuk itu, simak rekomendasi layanan translate yang akan dijelaskan sebagai berikut ini.

1. Google Translate

Google-Translate

Untuk sebuah layanan translate bahasa, Google Translate layak ditempatkan pada urutan pertama. Pastinya karena jumlah pengguna Google Translate yang sangat banyak, dan hampir setiap pengguna internet selalu mengandalkannya.

Jika dulunya Google Translate hanya tersedia dalam versi website saja, namun tidak dengan sekarang. Kini bisa menggunakan layanan dari Google Translate dalam bentuk aplikasi yang dapat didownload untuk smartphone Android maupun iOS.

Tidak hanya translate bahasa Inggris dan Indonesia saja, ada banyak bahasa lain dari seluruh dunia yang bisa Anda temukan. Hal yang lebih keren lagi, yakni Anda dapat menerjemahkan bahasa melalui kata pada foto dan juga suara.

2. Microsoft Translator

Microsoft-Translator

Sesuai dengan namanya, Microsoft Translator adalah alat penerjemah yang dibuat oleh Microsoft. Aplikasi ini tersedia untuk platform Windows, Android, dan juga iOS. Selain menuliskan teks, Microsoft Translator juga mampu menerjemahkan gambar, suara, dan tangkapan layar dari ponsel.

Setelah berhasil diterjemahkan, Anda dapat mendownload hasil terjemahan tersebut dalam bentuk dokumen. Microsoft Translator memberi penawaran berupa integrasi dengan aplikasi dari Microsoft yang lain seperti Skype dan Microsoft Office.

3. Bing Translator

Bing-Translator

Selain Microsoft Translator, ternyata Microsoft juga memiliki layanan penerjemah lain yang bernama Bing Translator. Fitur yang dibawa oleh aplikasi ini seperti penyediaan 60 bahasa, menerjemahkan hingga 5000 karakter, dan juga adanya fitur pendeteksi bahasa secara otomatis.

Mungkin banyak dari Anda yang belum tahu apa kegunaan dari fitur pendeteksi bahasa otomatis. Nah, fitur tersebut berfungsi untuk mempermudah para penggunanya dalam mengetahui bahasa asli pada teks sebelum diterjemahkan ke bahasa yang lain.

Jadi misalnya Anda menuliskan kata dalam bahasa Inggris, maka secara otomatis Bing Translator akan langsung mengetahui bahwa kata tersebut berasal dari bahasa Inggris. Bing Translator dapat Anda download di smartphone dan menyediakan mode offline.

4. iTranslate

iTranlate

Layanan translate Inggris-Indonesia yang direkomendasikan berikutnya adalah iTranslate. Ini adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Sonico Mobile. Dalam aplikasi ini, Anda bisa menemukan lebih dari 100 bahasa yang berasal dari seluruh dunia.

Dengan iTranslate, Anda dapat menerjemahkan teks, situs web, dan juga kata-kata dengan makna konjugasi. Tidak hanya kata atau kalimat dalam bentuk teks saja, aplikasi ini memungkinkan penerjemahan dalam bentuk suara.

Baca juga: Cara Convert PDF ke Word

5. Yandex Translate

Yandex-Translate

Mungkin masih banyak yang belum tahu akan situs bernama Yandex Translate. Ya, situs ini memungkinkan Anda untuk translate dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menerjemahkan lebih banyak bahasa lagi.

Hingga saat ini, Yandex Translate menyediakan opsi untuk menerjemahkan dalam 94 bahasa. Yang lebih menarik, yakni Anda dapat menerjemahkan hingga maksimal 10.000 kata dalam satu kali proses penerjemahan bahasa.

Pihak developer dari Yandex Translate juga tidak lupa untuk membekali aplikasinya dengan berbagai fitur menarik. Beberapa fitur yang dimilikinya seperti on screen keyboard, voice input, dan juga auto spelling yang berfungsi untuk memperbaiki penulisan kata yang typo.

6. Babylon Translator

Babylon-Translator

Babylon Translator adalah layanan penerjemah bahasa yang menarik untuk dicoba. Pasalnya situs penerjemah ini hadir dengan membawa 1.700 glosarium serta kamus dalam berbagai macam bahasa. Sejak 19 tahun lalu, Babylon Translator mampu memberikan hasil akurat dalam menerjemahkan kalimat.

Tidak seperti layanan penerjemah bahasa yang lain, Babylon mampu menerjemahkan dokumen Microsoft Office tanpa mengubah formatnya yang asli. Terdapat lebih dari 77 bahasa yang disediakan oleh Babylon termasuk juga dengan bahasa Inggris dan Indonesia.

7. Oxford Dictionaries

Oxford-Dictionaries

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu kamus yang dulu sangat terkenal, yakni kamus Oxford. Meskipun saat ini kamus Oxford dalam bentuk buku cetak masih banyak digunakan, namun seiring dengan perkembangan zaman Anda juga bisa menemui versi digitalnya.

Dengan tampilan situs yang terlihat sederhana, maka membuat para penggunanya bisa dengan mudah untuk mengakses dan mengetik kata yang akan diterjemahkan dalam bahasa Inggris ke Indonesia. Tenang saja, Anda juga bisa melakukan sebaliknya yakni penerjemahan bahasa Indonesia ke Inggris.

Hampir sama seperti versi bukunya, Oxford juga tidak hanya menerjemahkan kata saja. Namun layanan ini juga akan memberi deskripsi secara jelas mengenai kata yang dituliskan. Selain itu, Oxford Dictionaries juga mempunyai beberapa fitur lain seperti peribahasa dan tips penulisan yang benar.

8. TripLingo Translator

TripLingo-Translator

Jika dilihat dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa menebak, bahwa TripLongo merupakan aplikasi penerjemah yang berkaitan dengan perjalanan. Tentu saja, karena aplikasi ini mampu mempelajari frasa penting dan juga menerjemahkan suara dengan waktu yang singkat.

Karena aplikasi ini memang dibuat cenderung bagi wisatawan, maka Anda juga akan memperoleh kursus singkat mengenai budaya lokal ketika bepergian ke suatu negara. Fitur lain yang tidak kalah penting, yakni penyediaan nomor darurat dari setiap negara yang bisa dihubungi secara langsung.

Baca juga: Cara Mengubah JPG ke PDF

9. Sederet

aplikasi translate bahasa Indonesia-Inggris

Jika layanan penerjemah yang dijelaskan sebelumnya berasal dari luar negeri semua, kini ada satu situs layanan penerjemah Inggris ke Indonesia yang bernama Sederet. Walaupun berasal dari dalam negeri, fitur yang dimiliki Sederet juga tidak kalah dari layanan penerjemah yang lainnya.

Bukan hanya sebatas layanan penerjemah, Sederet juga mempunyai blog khusus yang berisikan tentang edukasi mulai dari tips belajar, grammar, hingga tata cara dalam mengikuti dan memahami TOEFL yang baik dan benar.

Dapat dibilang jika Sederet merupakan “one stop solution” bagi para penggunanya. Hal ini karena layanan tersebut mampu memberikan layanan yang lengkap melalui kontennya, terutama dalam mengembangkan skill Bahasa Inggris.

10. Memsource

Nah, layanan penerjemah bahasa terakhir yang direkomendasikan bernama Memsource. Memsource ini merupakan sebuah platform penerjemah berbentuk cloud yang dibuat untuk mendukung penerjemahan bahasa yang lancar dan tentunya aman.

Layanan penerjemah yang satu ini, mampu menawarkan alat terjemahan bahasa yang sangat intuitif bagi para penggunanya untuk mendukung produktivitas kerja. Jika Anda ingin menerjemahkan kata atau kalimat dari bahasa Inggris ke Indonesia dan sebaliknya, maka bisa menggunakan Memsource.

Baca juga: Aplikasi Screenshot Android

Seperti yang telah diketahui, bahwa saat ini ada banyak sekali layanan aplikasi translate Inggris-Indonesia yang bisa Anda temukan di internet. Namun beberapa layanan yang telah dijelaskan di atas, adalah yang paling direkomendasikan karena telah terbukti kemampuannya.