Usaha Sampingan

Usaha Sampingan – Menurut laporan Statistik Formasi Bisnis Sensus Penduduk Indonesia, lebih banyak orang memulai bisnis baru pada kuartal ketiga 2020 daripada waktu lainnya sejak pandemi mulai melanda di Indonesia. Berdasarkan dari data tersebut Indonesia ini sedang mengalami ledakan bisnis baru.

Menjadi pengusaha adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penghasilan kamu, menciptakan keamanan kerja, dan mengalami sensasi unik menjadi bos untuk diri kamu sendiri. Namun untuk mencari ide bisnis yang baik tidaklah mudah. Mungkin kamu lebih suka memulai usaha sampingan berbiaya rendah sambil bekerja penuh waktu.

Jadi apa usaha sampingan seperti apa yang harus kamu mulai? terdapat ribuan peluang bisnis di luar sana. Oleh karena itu pada artikel ini kamu akan menemukan berbagai usaha sampingan yang telah kami rangkum. Langsung saja kamu simak kumpulan usaha sampingan di bawah ini.

1. Usaha Sampingan Menjadi Asisten Virtual

Usaha Sampingan Menjadi Asisten Virtual

Asisten virtual ( VA ) adalah pekerjaan yang memberikan bantuan administratif jarak jauh kepada para profesional, pengusaha, dan usaha kecil yang sedang sibuk. Asisten virtual biasanya menjadwalkan janji temu, menangani panggilan telepon, melakukan penelitian dan entri data, menjawab email, mengelola akun media sosial, dan masih banyak lagi.

Industri VA sedang mengalami pertumbuhan pesat saat ini. Menurut jajak pendapat tahun 2021 yang dilakukan oleh NanoGlobals , perekrutan VA meningkat sebesar 41% pada tahun 2020 dibandingkan tahun sebelumnya. Dan pertumbuhan agresif ini diperkirakan akan terus berlanjut. Sebuah laporan tahun 2021 oleh Research and Markets memperkirakan industri ini akan tumbuh sebesar $4,12 miliar pada tahun 2025.

Untuk menjadi seorang virtual asissten, kamu harus sangat berorientasi pada detail, memiliki pola pikir layanan pelanggan, dan bersedia mempelajari tugas – tugas kompleks dengan cepat. Kamu juga membutuhkan keterampilan manajemen waktu yang baik dan memiliki kemampuan untuk memenuhi tenggat waktu klien.

Untuk meningkatkan kredibilitas Anda, bergabunglah dengan Asosiasi Asisten Virtual Internasional. Meskipun biaya awal relatif rendah, kamu akan memerlukan ruang kantor di rumah yang tenang dan koneksi Internet yang cepat sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan klien dengan cepat dan efektif.

Virtual assisten sering menemukan pekerjaan lepas di platform seperti Upwork atau Fiverr . Anda mungkin juga menemukan pekerjaan VA menggunakan situs media sosial seperti LinkedIn.

2. Usaha Sampingan Menjadi Guru Privat

Usaha Sampingan Menjadi Guru Privat

Bimbingan belajar bukan hanya cara yang bagus untuk mendapatkan uang sampingan, tetapi juga pekerjaan yang sangat memuaskan. Siswa dari segala usia membutuhkan tutor untuk matematika, sains, sastra, bahasa asing, dan mata pelajaran lainnya. Jika kamu ahli dalam bidang pelajaran, maka dapat kamu manfaatkan ilmu pengetahuan kamu untuk membantu orang lain agar sukses.

Untuk memulai bimbingan belajar, pasanglah pamflet di sekolah dan perpustakaan setempat. kami juga menyarankan agar mendaftar dengan platform tutor bimbingan belajar seperti Ruang Guru, Zenius, Quipper, dan lainnya untuk menjadi tutor online. Setelah Anda menjadi tutor untuk beberapa keluarga, cara terbaik untuk mendapatkan bisnis tambahan adalah melalui referensi. Jika Anda tertarik untuk mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing ( TOEFL ) online , kamu dapat memulai dengan VIPkid . Mendapatkan sertifikat TOEFL adalah syarat yang harus dipenuhi, tetapi kamu bisa mendapatkannya melalui Premier TOEFL .

3. Usaha Sampingan Menjadi Grab atau Go – Jek

Usaha Sampingan Menjadi Grab atau Go - Jek

Menjadi pengemudi rideshare paruh waktu dengan Grab atau Go – Jek merupakan usaha sampingan yang populer saat ini, terutama di kota – kota besar di mana permintaan tumpangan tinggi. Pengemudi diharuskan memiliki SIM yang masih berlaku, bukti asuransi, dan setidaknya satu tahun pengalaman mengemudi.

Uang yang kamu peroleh bervariasi tergantung pada lokasi dan waktu yang kamu pilih untuk mengemudi, tetapi banyak pengemudi senang dapat bekerja di sekitar jadwal mereka sendiri. Pengemudi Grab atau Go – Jek dapat mendaftar untuk Pembayaran Instan, dan penghasilan akan segera tersedia untuk kartu debit hingga lima kali per hari. Mengemudi untuk Grab atau Go – Jekt adalah salah satu usaha sampingan termudah yang dapat Anda mulai karena, jika Anda sudah memiliki mobil, tidak ada biaya awal.

4. Usaha Sampingan Menjadi Kurir

Usaha Sampingan Menjadi Kurir

Usaha sampingan lain bagi siapa saja yang suka mengemudi di sekitar kota adalah menjadi sopir pengiriman atau disebut sebagai kurir. Perusahaan seperti JNE, Lazada, J&T, dan lainnya selalu mencari pengemudi yang memenuhi syarat yang dapat mengantarkan barang dengan tepat waktu.

Instacart adalah pilihan lain untuk kurir. Model bisnisnya sedikit berbeda, alih – alih mengambil dan mengirimkan pesanan restoran, dan kamu akan ditugaskan untukmengirimkan bahan makanan. Masing – masing pekerjaan ini akan menjadi usaha sampingan yang hebat. Biasanya perusahaan akan memberi kamu waktu yang fleksibilitas untuk memenuhi jadwal yang ada.

5. Usaha Sampingan Memulai Blog

Usaha Sampingan Memulai Blog

Jika kamu suka menulis dan selalu berusaha untuk bekerja keras, blogging merupakan ide usaha sampingan yang bagus untuk kamu. Salah satu manfaat memulai sebuah blog adalah tersedianya ide yang begitu banyak dengan cara yang berbeda – beda untuk mendapatkan penghasilan pasif .

Kamu bisa mendapatkan uang dengan iklan atau pemasaran afiliasi. Kamu dapat membuat toko online dan menjual produk dengan blog yang telah dikembangkan. Atau kamu juga dapat menulis berbagai artikel, mengembangkan kursus pendidikan, menjual akses ke konten melalui blog kamu atau memulai podcast.

Menyiapkan situs web atau blog kamu sendiri mudah dan murah. Bluehost menawarkan nama domain gratis dan biaya hosting hanya $2,95 per bulan. Untuk berhasil dengan bisnis online ini, berpikirlah di luar kebiasaan dan buat konten yang memberikan solusi unik bagi orang – orang. Kamu juga harus berpengalaman dalam desain web, cara menggunakan media sosial, dan mengoptimisasi mesin pencari ( SEO ) untuk mengarahkan lalu lintas ke situs kamu.

Meski relatif mudah untuk menjadi seorang blogger, sukses dengan bisnis ini membutuhkan waktu. Jika kamu benar – benar ingin mendapatkan penghasilan penuh waktu dengan blog atau situs e – niaga, kamu harus memperlakukannya seperti bisnis baru dan meluangkan banyak waktu untuk mengembangkan situs web dan menghasilkan lalu lintas yang baik untuk situs yang kamu kembangkan.

6. Usaha Sampingan Berinvestasi Di Real Estat

Usaha Sampingan Berinvestasi Di Real Estat

Banyak orang gugup memikirkan investasi di real estate. Seharusnya tidak demikian karena real estat bisa menjadi usaha sampingan yang sangat menguntungkan. Dengan menggunaan roofstock membuat semuanya menjadi sangat mudah untuk berinvestasi di real estat untuk menghitung semua angka termasuk potensi arus kas.

Roofstock juga menjamin agar kamu memiliki penyewa di bidang properti dalam waktu 45 hari atau mereka akan menanggung 90% dari pembayaran hipotek. Jika kamu tidak tertarik menjadi tuan tanah tetapi masih ingin memiliki real estat dalam portofolio, kamu dapat berinvestasi melalui DiversyFund . Perusahaan akan memberikan akses ke real estat komersial hanya dengan $500.

7. Usaha Sampingan Menjadi Swing Trader

Usaha Sampingan Menjadi Swing Trader

Usaha sampingan swing trader adalah strategi perdagangan aktif yang menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan perubahan harga sementara di pasar ekuitas. Swing trader seperti Mindful Trader menggunakan indikator teknis untuk melihat sekuritas dengan potensi kenaikan jangka pendek ( atau potensi penurunan, bagi mereka yang juga menjual saham short ) dan menempatkan perintah stop – loss untuk membatasi kerugian dari perdagangan yang tidak berjalan dengan baik.

Mereka biasanya melepas perdagangan yang sukses setelah mencapai target laba yang telah ditentukan atau tanggal penutupan posisi. Swing trading adalah strategi trading tingkat lanjut yang menghadirkan risiko kerugian pokok yang signifikan.

8. Usaha Sampingan Sewa RV

Usaha Sampingan Sewa RV

Jika kamu memiliki kendaraan RV dantidak digunakan selama berbulan – bulan dalam setahun. Dengan platform Outdoorsy atau RVshare kamu dapat menyewakan kendaraan RV kamu kepada orang – orang di daerah yang mencari pengalaman berkemah yang lebih nyaman.

Kamu dapat menetapkan tarif per malam untuk penyewaan kendaraan RV, tetapi langkah yang terbaik adalah mencari harga persewaan kendaraan RV lainnya di wilayah kamu untuk dapat menetapkan harga yang sesuai. Kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan menawarkan layanan pemandu wisata kepada orang – orang yang datang berlibur di wilayah kamu.

9. Usaha Sampingan Mendesain Web

Usaha Sampingan Mendesain Web

Usaha sampingan ini merupakan perpaduan sempurna antara kreatif dan analitis.
Desain web freelance sebagai cara menghasilkan uang yang efektif. Desainer web sangat berharga bagi perusahaan teknologi karena itulah sebabnya menjadi desainer web lepas adalah ide bisnis sampingan teratas saat ini. Desain web adalah tentang menguasai seni menciptakan pengalaman yang indah dan didorong oleh nilai bagi orang-orang yang menggunakan situs web atau aplikasi.

Selalu ada situs web baru bermunculan yang membutuhkan desain web profesional, dan buku – buku dasar seperti HTML dan CSS : Desain dan Bangun Situs Web oleh desainer web terkenal Jon Duckett dan Dont Make Me Think oleh legenda pengalaman pengguna Steve Krug akan membantu Anda memulai jalan yang benar untuk menentukan dengan cepat apakah menjadi seorang desainer web adalah salah satu ide bisnis sampingan yang paling layak untuk kamu.

Kemudian kamu dapat beralih ke kursus online yang lebih dapat ditindaklanjuti seperti desain web modern di Creative Live dan pelajari desain web dan freelancing yang Menguntungkan di Udemy akan mengajarkan kamu segalanya mulai dari pengetahuan desain web dasar hingga mendapatkan penghasilan lepas pertama kamu sebagai desainer web.

Selain itu, kamu dapat mengikuti kursus dan pengalaman belajar yang lebih mendalam dengan akses ke umpan balik instruktur langsung dan bimbingan pribadi dengan platform seperti Treehouse dan General Assembly untuk mendapatkan kecepatan lebih cepat dengan jalur karier ini dan mendengarkan wawancara podcast Ian Paget tentang bagaimana menjadi desainer lepas sebagai ide usaha sampingan.

10. Usaha Sampingan Menjadi Pelatih Kehidupan Anak

Usaha Sampingan Menjadi Pelatih Kehidupan Anak

Seorang pelatih kehidupan anak membantu anak-anak mengembangkan keterampilan hidup penting yang mungkin tidak dimiliki orang tua mereka dan tidak diajarkan oleh sekolah. Orang tua mungkin juga menyewa seorang pelatih kehidupan anak jika mereka tidak merasa yakin bahwa mereka dapat membantu anak mereka mengembangkan serangkaian keterampilan tertentu.

Seorang pelatih kehidupan anak dapat membantu mengajar anak – anak dan dewasa muda bagaimana menghadapi pengganggu, mengatakan tidak pada narkoba, mengelola emosi mereka, mengatur waktu mereka lebih efektif, mengatasi kegagalan, dan banyak lagi keterampilan hidup.

Pekerjaan ini bisa menjadi usaha sampingan yang menguntungkan, kamu perlu memiliki keinginan yang kuat untuk membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain dan kesabaran serta empati untuk menjadi pendengar yang baik bagi klien. Kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang menjadi pelatih kehidupan anak bersertifikat melalui Kids Life Studio .

11. Usaha Sampingan Dengan Menjual Produk Kreativitas

Usaha Sampingan Dengan Menjual Produk Kreativitas

Apakah kamu suka menggambar atau mendesain T – shirt ? Apakah kamu memiliki keterampilan desain grafis yang sangat baik ? Mengapa tidak mengubah kreasi kamu menjadi bisnis sendiri ? Situs seperti CafePress dan Zazzle menghilangkan semua kerumitan dalam menjual produk karena mereka melakukan pencetakan dan pengiriman untuk kamu.

Yang harus kamu lakukan adalah mengirimkan desain untuk dapat membuat dan menjual berbagai macam produk termasuk T-shirt, mug, tas, sepatu, perangko, hoodies, binder, skateboard, dan masih banyak lagi.

12. Usaha Sampingan Menjadi Perawat Senior

Usaha Sampingan Menjadi Perawat Senior

Beberapa manula mengalami kesulitan untuk membersihkan rumah mereka, menjalani kehidupan sehari – hari, pergi ke toko kelontong, mengemudi ke suatu tempat, atau memasak. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan membantu manula dengan tugas – tugas dasar ini.

Kebutuhan akan perawatan lansia diperkirakan akan tumbuh seiring dengan bertambahnya populasi Baby Boomer. Sensus Indonesia melaporkan bahwa pada tahun 2030, terdapat 73 juta orang di generasi ini akan di atas usia 65. Dan seiring bertambahnya usia, mereka akan semakin membutuhkan bantuan untuk kegiatan dan tugas sehari – hari, terutama karena banyak manula tinggal jauh dari anak – anak mereka yang seharusnya melakukan tugas – tugas ini untuk mereka.

Berapa banyak yang bisa kamu hasilkan dengan bisnis perawatan senior? Menurut Care.com , pada tahun 2018 tarif rata – rata untuk perawatan lansia di rumah adalah $17,32 per jam. Namun, ini akan bervariasi tergantung pada lokasi di daerah kamu dan layanan yang ditawarkan.

13. Usaha Sampingan Menjadi Penulis Lepas

Usaha Sampingan Menjadi Penulis Lepas

Dengan bakat dan kerja keras yang kamu miliki dapat menghasilkan uang dengan mudah sebagai penulis lepas . Holly Johnson dari ClubThrifty.com menghasilkan lebih dari $200.000 setiap tahun sebagai penulis lepas. Dia bahkan membuat kursus online. Kursus ini akan mengajarkan apa saja hal yang perlu kamu ketahui untuk memulai usaha sampingan seabagai penulis lepas untuk diri kamu sendiri.

Persaingan di industri ini bisa sangat ketat karena banyak orang beralih ke pekerjaan lepas untuk mendapatkan uang tambahan. Namun, kabar baiknya adalah bahwa tulisan berkualitas tidak pernah ketinggalan zaman. Jika kamu fokus pada penulisan yang berkualitas dan gigih mempertahankan karya terbaik, maka kamu akan menemukan pekerjaan sebagai penulis lepas dengan rating terbaik.

Situs – situs seperti Fiverr.com dan Upwork untuk memulai menjadi penulis lepas, dan pelajari lebih lanjut tentang faktor – faktor yang perlu dipertimbangkan saat menetapkan tarif penulisan lepas . Kamu juga dapat menggunakan situs media sosial seperti LinkedIn untuk terhubung dengan klien potensial.

14. Usaha Sampingan Menjadi Desain Grafis

Usaha Sampingan Menjadi Desain Grafis

Ide bisnis ini sangat bagus untuk tipe kreatif. Meskipun memiliki latar belakang formal dalam desain grafis akan sangat membantu, mempelajari dasar – dasar desain grafis sendiri juga relatif mudah . Adobe Illustrator yang semakin mudah digunakan dan bahkan alat yang lebih mudah diakses seperti Stencil dan Visme membuatnya sehingga dengan hasil dari kreativitas dan motivasi dapat memperoleh penghasilan sampingan yang efektif.

Dengan melakukan hal – hal seperti mendesain dan menjual gambar seperti kutipan motivasi ini yang dapat dicetak ke poster dan dijual di platform seperti Etsy. Atau kamu dapat menemukan startup lokal, pemilik usaha kecil, atau fotografer yang dapat memperoleh manfaat dari bantuan tambahan dalam merancang atau mengubah gambar.

15. Usaha Sampingan Menjadi Acara Katering

Usaha Sampingan Menjadi Acara Katering

Menurut situs dari Inc.com, bisnis katering adalah industri yang dapat memperoleh penghasilan senilai $70 miliar. Ya, lebih banyak orang memasak di rumah untuk menghemat uang, tetapi masih banyak keluarga sibuk dan orang profesional di luar sana yang tidak punya waktu untuk memasak makanan yang sehat dan lezat.

Jika kamu berbakat di dapur, kamu bisa mendapatkan uang tambahan dari katering. Ada banyak cara untuk memulai bisnis katering tanpa menawarkan makanan lengkap. Salah satu strategi adalah spesialisasi. Misalnya, kamu dapat mempelajari cara memulai bisnis permen atau pembuatan cokelat , fokus pada makanan vegan atau bebas gluten, atau tetap dengan masakan tertentu, seperti India atau Jepang. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang memulai bisnis katering yang menguntungkan, Amazon memiliki banyak buku yang tersedia.

16. Usaha Sampingan Penitipan Anak Di Rumah

Usaha Sampingan Penitipan Anak Di Rumah

Jika kamu menyukai anak – anak dan juga menyukai gagasan bekerja dari rumah, pertimbangkan untuk memulai bisnis penitipan anak di rumah. Kesempatan ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan karena orang tua selalu membutuhkan bantuan dengan penitipan anak, dan biaya penitipan anak terus meningkat.

Menurut laporan tahun 2020 oleh Centers for American Progress , biaya penitipan anak meningkat 47 % karena pandemi COVID – 19, sementara perawatan di rumah meningkat 70 %. Sebelum kamu menyelami ide bisnis ini, lakukan riset. Sebagian negara mungkin memiliki peraturan ketat untuk layanan penitipan anak di rumah, dan kamu perlu memastikan bahwa kamu dapat mematuhi pedoman tersebut sebelum menginvestasikan uang ke dalam bisnis ini.

Gunakan situs web seperti Sittercity untuk membantu kamu mendapatkan beberapa pelanggan pertama kamu, atau gunakan halaman Facebook untuk memberi tahu orang tua setempat bahwa kamu membuka bisnis. Jika kamu memberikan kegiatan perawatan dan pengayaan yang sangat baik, orang tua akan mengirimi kamu banyak referensi.

17. Usaha Sampingan Menjadi Korektor

Usaha Sampingan Menjadi Korektor

Mungkin sulit bagi beberapa penulis untuk mengoreksi karya mereka sendiri. Begitu banyak profesional menyewa editor dan korektor untuk memeriksa tulisan mereka sebelum mengirimkannya ke klien atau menerbitkannya secara online.

Apakah kamu ingin belajar bagaimana menjadi korektor profesional? Lihat kursus online Proofread Anywhere di mana Anda akan mendapatkan semua pelatihan yang Anda butuhkan. Anda juga dapat menemukan pekerjaan pengeditan dan proofreading di situs pekerja lepas seperti Upwork .

18. Usaha Sampingan Menjadi Tailor

Usaha Sampingan Menjadi Tailor

Jika kamu sudah tahu teknik dan cara menjahit pakaian, kamu bisa dengan mudah mengubah keterampilan ini menjadi usaha sampingan. Banyak orang tidak tahu cara menggunakan mesin jahit atau menyesuaikan pakaian mereka agar lebih pas. Namun, memiliki pakaian yang dirancang dengan sempurna adalah suatu kemewahan, dan itu dapat membuat orang merasa hebat dengan pakaian yang sudah mereka miliki.

Kamu dapat meningkatkan pendapatan dengan mengajari orang lain cara menjahit dengan kelas kecil di rumah atau online. Anda juga dapat membuat tutorial dan kelas menjahit menggunakan platform online seperti Craftsy atau Udemy .

19. Usaha Menjadi Koki Pribadi

Usaha Menjadi Koki Pribadi

Jika kamu suka memasak tetapi tidak menyukai ide menyajikan makanan untuk orang banyak, kamu mungkin senang menjadi koki pribadi. Koki pribadi menyediakan makanan rumahan yang sehat untuk klien satu hari atau lebih dalam seminggu. Koki pribadi bertanggung jawab atas perencanaan makan, belanja, persiapan makan, serta pembersihan setelah makan. Banyak koki pribadi memasak beberapa makanan yang dapat dipanaskan oleh klien mereka di akhir minggu.

Layanan ini bisa sangat menarik bagi para profesional, manula, atau keluarga sibuk yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan sehat. Dan tidak sulit untuk melihat alasannya. Klien Anda mendapatkan libur malam dari memasak dan bersih-bersih, yang memberi mereka lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama bersantai daripada berurusan dengan perencanaan dan persiapan makan.

Bergabunglah dengan Asosiasi Koki Pribadi Amerika Serikat untuk mendapatkan kredibilitas, mempelajari lebih lanjut tentang industri ini, dan menemukan klien. Anda juga dapat mengatur profil di Hire A Chef .

20. Usaha Sampingan Menjadi Konsultasi Bisnis Lokal

Usaha Sampingan Menjadi Konsultasi Bisnis Lokal

Membantu pemilik usaha kecil lokal lainnya dapat menjadi usaha yang menguntungkan.
Jika kamu telah mengembangkan keahlian atau sertifikasi yang berharga dalam industri kamu selama bertahun – tahun, pertimbangkan untuk menggunakan keahlian kamu di waktu luang kamu dengan menawarkan layanan konsultasi kamu kepada pemilik bisnis lokal sebagai ide bisnis sampingan yang berpotensi menguntungkan.

Apakah kamu seorang pemasar ahli, ahli strategi bisnis, atau penggemar manufaktur, kemungkinan ada pemilik bisnis lokal yang bersedia membayar kamu untuk membantu mereka memecahkan masalah dengan perusahaan mereka jika Anda dapat membuat email yang efektif yang meyakinkan mereka untuk mempekerjakan Anda. Mulailah dengan daftar 18 langkah ini untuk menjadi konsultan bisnis lokal sebagai ide bisnis sampingan, dari Karyn Greenstreet.

Saat kamu siap untuk serius menjadi konsultan, lihat semua pilihan saya untuk kursus bisnis online terbaikuntuk terus membangun keterampilan Anda dan mempelajari cara mendapatkan klien konsultasi pertama Anda. Secara pribadi, saya pikir ini adalah salah satu ide bisnis terbaik yang dapat Anda mulai hari ini .

21. Usaha Sampingan Menjadi Perawat Lansekap Dan Rumput

Usaha Sampingan Menjadi Perawat Lansekap Dan Rumput

Apakah kamu suka berada di luar untuk menanam bunga dan mencabuti rumput liar? Banyak orang menganggap ini tugas yang sepele, tetapi bagi orang – orang tugas ini menjadi hobi untuk melakukan pekerjaan halaman dan menanam. Jika bekerja dengan tanaman memberi kamu kegembiraan, pertimbangkan untuk memulai bisnis perawatan lansekap dan rumput.

Memulai bisnis lansekap akan membutuhkan lebih banyak modal awal daripada beberapa ide lain dalam daftar ini. Anda harus berinvestasi dalam mesin pemotong cepat berkualitas tinggi, yang kemungkinan akan menelan biaya beberapa ribu dolar. Kamu juga memerlukan pemangkas rumput liar, peniup daun, peralatan berkebun, serta truk dan trailer untuk mengangkut peralatan dan peralatan.

Kamu juga harus sehat secara fisik. Pemeliharaan taman dan rumput adalah pekerjaan yang menuntut fisik, dan Anda mungkin akan berjalan beberapa mil setiap hari dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengangkat dan memuat alat dan peralatan berat. Namun, jika Anda mengetahui pasar dan harga layanan kamu secara kompetitif, ini bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

22. Usaha Sampingan Menjadi Pembersih Rumah

Usaha Sampingan Menjadi Pembersih Rumah

Layanan pembersihan rumah adalah usaha sampingan yang dianggap sebelah mata. Namun, konsumen semakin sadar akan efek kesehatan dari produk pembersih komersial dan mereka bersedia membayar lebih untuk alternatif yang lebih aman.

Dengan bisnis pembersihan rumah, kamu menawarkan layanan pembersihan yang sama dengan pesaing kamu. Namun, kamu hanya akan menggunakan produk pembersih yang aman dan ramah lingkungan.

23. Usaha Sampingan Menjadi Dekorator Musiman

Usaha Sampingan Menjadi Dekorator Musiman

Memasang lampu liburan atau dekorasi musiman bisa menjadi hal yang merepotkan, terutama bagi bisnis dan pengecer yang sedang mempersiapkan musim belanja liburan yang sibuk.

Di sinilah Anda masuk. Anda dapat terhubung dengan bisnis lokal dan pemilik rumah untuk menyediakan layanan dekorasi liburan.

Merangkai dan mendekorasi ringan adalah bisnis sampingan musiman. Namun, jika Anda memasangkan bisnis ini dengan ide bisnis musiman lainnya, seperti layanan lansekap, Anda dapat menciptakan pekerjaan yang cukup untuk tetap sibuk sepanjang tahun.

24. Usaha Sampingan Menjadi Youtuber

Usaha Sampingan Menjadi Youtuber

Ide usaha sampingan lainnya adalah dengan memulai saluran YouTube. Menurut situs pemeringkat Alexa , YouTube adalah situs yang paling banyak dikunjungi kedua di dunia setelah Google. Artinya, jika kamu bisa membuat konten video yang ingin ditonton orang, ada potensi pendapatan yang sangat besar. Kamu dapat memulai saluran YouTube tentang hampir semua hal, selama saluran tersebut mematuhi pedoman komunitas dan kebijakan penerbitan YouTube .

Meskipun relatif murah untuk memulai saluran YouTube, kamu akan memiliki peluang sukses yang lebih baik jika kamu menggunakan peralatan berkualitas tinggi. Banyak YouTuber yang menggunakan kamera DSLR beserta aksesoris lainnya seperti tripod, lensa yang berbeda, dan ring light LED. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai saluran yang sukses, lihat panduan Akademi Pembuat Konten YouTube, “ Memulai dengan YouTube.

25. Usaha Sampingan Menjual Barang Di Online Shop

Usaha Sampingan Menjual Barang Di Online Shop

Banyak orang menghasilkan pendapatan penuh waktu dengan menjual barang di online shop dengan menghasilkan jutaan dengan menjual barang di situs tersebut. Ini adalah usaha sampingan yang mudah untuk dimulai karena seperti kebanyakan orang, kamu memiliki banyak barang yang tidak diinginkan di sekitar rumah kamu sekarang yang mungkin dapat diubah menjadi uang tunai.

Meskipun relatif mudah untuk memotret dan mencantumkan item di situs web, kamu harus strategis untuk memaksimalkan keuntungan di online shop dan menjadi sukses. kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan menjadi pemasar afiliasi di online shop. Melalui program afiliasi, kamu dapat memperoleh komisi hingga 4% saat mengarahkan lalu lintas ke situs web dan pelanggan melakukan pembelian.

26. Usaha Sampingan Menjadi Manajer Media Sosial

Usaha Sampingan Menjadi Manajer Media Sosial

Orang – orang dalam bisnis ini cenderung menjadi penduduk asli digital yang menyukai pembangunan komunitas. Pengelola Media Sosial sebagai Bisnis Sampingan dari Rumah, terkadang kita semua bersalah karena menghabiskan terlalu banyak waktu di Facebook, Twitter, atau Tiktok. jadi mengapa tidak dibayar untuk menggunakan keahlian kamu sebagai ide usaha sampingan ?

Banyak perusahaan terutama perusahaan rintisan atau yang bergerak di bidang ritel dan perjalanan bahkan influencer memiliki kehadiran media sosial yang besar dan selalu membutuhkan orang untuk membantu membangun merek mereka secara online. Kamu dapat menemukan jenis peluang ini di situs seperti Flexjobs , Career Builder, dan Uptowork.

Sebagian besar pemberi kerja di situs web ini dikondisikan untuk bekerja dengan orang yang mengoperasikan layanan ini sebagai ide bisnis sampingan mereka. Seiring waktu saat kamu tumbuh dalam kemampuan dapat memanfaatkan berbagai saluran sosial, kamu dapat menambahkan lebih banyak penawaran layanan seperti menjalankan kampanye Iklan Facebook dengan pengembalian tinggi atau mengadakan kompetisi undian yang menguntungkan untuk merek yang ingin kamu ajak bekerja sama.

Bangun pengikut sosial media kamu sendiri dan ciptakan merek pribadi untuk diri kamu sendiri seperti yang telah dilakukan oleh Matt Nelson, pendiri WeRateDogs ( sehingga menumbuhkan pengikutnya menjadi lebih dari 2,8 Juta orang ), dan banyak peluang akan menghampiri Anda untuk mengubah ide bisnis sampingan semacam ini menjadi bisnis penuh waktu.

27. Usaha Sampingan Pakar Iklan Berbayar Google

Usaha Sampingan Pakar Iklan Berbayar Google

Jika kamu dapat mengoptimalkan kampanye iklan berbayar, ide usaha sampingan rumahan ini sangat cocok untuk kamu. Jika kamu mengetahui satu atau dua hal tentang pemasaran internet berbayar dan merasa nyaman dengan Google

Cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai ide bisnis sampingan adalah dengan menandatangani kontrak lepas untuk mengelola Kampanye Iklan Google secara bertahap untuk dapat menghasilkan lebih banyak klien saat bisnis konsultasi Anda berkembang. Pastikan untuk memoles semua bahasa gaul bisnis yang tepat dan jargon industri yang menyebar di dunia pemasaran online sebelum Anda meluncurkan ide bisnis sampingan ini tanpa persiapan.

28. Usaha Sampingan Menjadi Konsultan Desain Presentasi

Usaha Sampingan Menjadi Konsultan Desain Presentasi

Saatnya untuk memonetisasi keterampilan Powerpoint tersebut dengan bisnis yang sangat nyata ini. Ya, bahkan presentasi PowerPoint memerlukan konsultasi dari luar sesekali terutama jika itu bukan keahlian kamu. Tobias Schelle dari 24 Slides adalah bukti nyata bahwa Anda dapat mengubah keahlian Anda dalam desain presentasi slideshow menjadi ide bisnis sampingan yang sah—dan berpotensi menghasilkan hingga $20 per slide untuk waktu dan bakat Anda.

29. Konsultan Perjalanan

Konsultan Perjalanan

Ide bisnis yang lebih sempurna tidak ada bagi mereka yang suka bepergian. Jika kamu suka bepergian dan menemukan diri kamu secara acak mencari penjualan tiket pesawat atau menjelajahi Lonely Planet , mengapa tidak membuat ceruk untuk diri Anda sendiri sebagai agen perjalanan pribadi ? Bangun konsultasi perjalanan menjadi salah satu ide bisnis sampingan kamu dengan memulai dengan rekomendasi dari mulut ke mulut dari teman yang tahu bahwa mereka dapat mengandalkan kamu untuk penerbangan termurah.

Buat grup Facebook atau LinkedIn untuk mengundang orang-orang yang ingin tetap mengetahui penawaran terbaru dan pada akhirnya Anda dapat mengubah ide bisnis ini menjadi konsultasi penuh waktu—atau bahkan memulai blog perjalanan yang mengajari orang-orang cara mewujudkan perjalanan impian mereka.

30. Usaha Sampingan Menjadi Fotografer Potret

Usaha Sampingan Menjadi Fotografer Potret

Jika kamu memiliki kamera, memulai bisnis fotografi potret lepas bisa menjadi cara yang sangat alami untuk mengubah keterampilan dan hasrat Anda menjadi ide bisnis yang menguntungkan.

Mulailah dengan melakukan pemotretan gratis untuk teman dan keluarga untuk membangun portofolio online yang kuat, kenali perlengkapan pemotretan dan proses pengeditan, lalu kamu akan dapat dibayar untuk memotret bidikan kepala profesional dan momen perayaan keluarga sebagai ide usaha sampingan kamu.

Kata Akhir

Ada banyak sekali usaha sampingan yang beredar di Internet. Namun, usaha sampingan terbaik adalah pekerjaan yang benar – benar kamu minati. Ketika kamu bersemangat tentang apa yang  dilakukan, maka kamu tidak akan kesulitan mengumpulkan kegigihan yang diperlukan untuk terus berjalan ketika keadaan menjadi sulit.

Untuk meningkatkan peluang sukses kamu, pelajari cara menulis rencana bisnis dan luangkan waktu untuk menyusun dan mengatur bisnis. Jika kamu membutuhkan modal tambahan, ajukan hibah usaha kecil . Kamu mungkin juga ingin terhubung dengan pemilik bisnis lain di komunitas atau industri. mulailah dengan membangun jaringan dukungan mentor dan teman. Terimakasih banyak untuk kamu yang sudah menjadi pengunjung setia pada blog kami. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.