Pinjaman Online Cepat Cair: Bunga, Tips, dan Aplikasi Pinjol Aman

Pinjaman Online Cepat Cair-Butuh pinjaman instan tanpa ribet? Kamu bisa mengandalkan aplikasi pinjaman online yang saat ini tengah tumbuh pesat. Dalam dua tahun terakhir ini, produk digital finance ini memang sangat mudah diterima di masyarakat. Meski dalam prosesnya juga tidak bisa lepas dari pro dan kontra.

Seperti yang telah diketahui, pengajuan kredit barang maupun uang pada perbankan bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Tidak sedikit yang ditolak karena syaratnya yang banyak, ribet, dan prosesnya memakan waktu yang banyak.

Kalau tidak terlalu kepepet sih lebih baik kamu tidak perlu mengajukan pinjaman online, karena memang rata-rata yang ada saat ini memiliki tenor yang relatif singkat, Namun apabila anda memang sedang mencari aplikasi pinjaman secara online yang terbaik saat ini, maka anda bisa menyimak ulasan yang akan kami bagikan kali ini.

Apa Itu Pinjaman Online?

Pinjaman online adalah jenis pinjaman yang diajukan secara online melalui aplikasi mobile ke pihak kreditur tanpa harus bertatap muka. Pinjaman dengan metode seperti ini memang terbukti memberikan kemudahan dan lebih cepat dalam mengajukan kredit.

Pengajuan kredit yang selama ini dinilai rumit, kini bisa dilakukan dengan cepat via online. Calon peminjam hanya perlu mendownload aplikasi pinjaman online yang tersedia di Playstore bagi pengguna Android dan AppStore untuk pengguna iOS.

pinjaman online

Keuntungan Menggunakam Pinjaman Online

1. Proses Persetujuan Cepat

Proses pengajuan dan persetujuan dengan pinjaman online hanya memakan waktu singkat. Bahkan kamu hanya perlu menunggu 24 jam untuk menunggu persetujuan. Tentunya hal ini jauh lebih efektif dibanding pihak bank yang mengharuskan nasabah menunggu 1-2 minggu.

2. Persyaratan Lebih Mudah

Salah satu alasan produk aplikasi pinjaman daring disukai banyak masyarakat adalah persyaratan lebih mudah. Bahkan kamu hanya memerlukan kartu identitas beripa KTP dan foto selfie untuk identifikasi wajah.  Sedangkan persyaratan lainnya biasanya bersifat opsional.

3. Hemat Waktu karena via Online

Setiap proses yang dilakukan secara online memang membutuhkan waktu yang lebih sedikit. Kamu tidak perlu melakukan tatap muka untuk mengajukan kredit. Jadi, calon peminjam bisa mengajukan pinjaman dimana saja dan kapan saja. Cukup bermodalkan smartphone dengan koneksi internet.

4. Tenor Lebih Fleksibel

Pinjaman online biasanya memperkenalkan tenor selama 30 hari. Tenor tersebut dianggap paling cocok digunakan mengikuti siklus gajian pegawai. Sedangkan perbankan biasanya menyediakan tenor minimum 6 bulan.

5. Plafon Lebih Kecil

Perlu diketahui bahwa pihak perbankan jarang memberikan plafon pinjaman yang kecil. Di KTA sendiri paling minimum Rp5 juta. Sedangkan untuk pinjaman online menawarkan mulai dari Rp400 ribu.

Tak heran jika plafon yang kecil seperti ini cocok bagi yang membutuhkan pinjaman uang tidak terlalu besar.

6. Tanpa Kartu Kredit

Aplikasi pinjaman secara online tidak mengharuskan kamu memiliki kartu kredit. Perlu diketahui bahwa hal ini merupakan big relief sehingga pengajuannya lebih mudah.

7. Tanpa Jaminan

Untuk bisa mengajukan pinjaman secara online, kamu tidak perlu menyiapkan agunan atau jaminan. Jadi, kamu tidak perlu menyerahkan aset yang dimiliki sebagai jaminan pinjaman.

Bunga Pinjaman Online

Salah satu bagian kritikal dalam pinjaman online adalah bunga yang dibebankan. Calon peminjam harus memperhatikannya sebelum mengajukan pinjaman. Adapun besaran bunga maksimum dari pinjaman online sudah dibahas AFPI.

AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) merupakan wadah bagi Fintech Lending di tanah air. Pedoman mengenai total biaya pinjaman sudah ditentukan, seperti bunga, biaya provisi, maksimumnya adalah 0.8% per hari.

Jadi dalam satu bulan (asumsi 30 hari), biaya fintecth maksimal yang dibebankan pada peminjam adalah 24%. Ketentuan ini sesuai dengan pedoman AFPI.

Sedangkan bagi fintech lending yang melanggar akan diberi sanksi yang cukup serius. Sanksi tersebut berupa dicabut dari keanggotaan yang berarti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga akan mencabut izin surat terdaftar.

Tips Menggunakan Pinjaman Online

Masih bingung dalam menentukan aplikasi mana yang akan anda pergunakan, untuk itu sebaiknya anda simak beberapa tips yang akan kami bagikan dibawah ini.

1. Bandingkan Beberapa Fintech

Tidak semua fintech bunganya mahal, ada juga yang di bawah ketentuan AFPI (maks 0.8%). Oleh karena itu, kamu perlu menghitungnya berdasarkan suku bunga harian karena tenor yang disediakan memang berbeda-beda.

2. Tidak Terpaku pada Suku Bunga dari Fintech

Jangan sampai terkecoh dengan beban bunga yang ditampakkan rendah oleh fintech, padahal tidak. Hal ini karena adanya potongan biaya admin atau provisi. Jadi, bunga dikatakan rendah, pada kenyataannya pencairan dana tidak sebesar plafon yang dipilih.

Baca juga: Pengertian Deposito

Kedua tips yang kami bagikan diatas, pastinya akan sangat bermanfaat sekali ketika kamu masih bingung dalam menentukan platform mana yang akan anda pergunakan.

pinjaman online aman

Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online

Pada dasarnya, aplikasi pinjaman online yang terdaftar di OJK  jumlahnya sudah 100+. Namun, berikut ini akan direkomendasikan beberapa untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman secara online.

1. Finmas

Finmas merupakan pinjaman yang sudah terdaftar di OJK dan bisa diandalkan untuk kebutuhan uang mendesak. Adapun kredit yang diberikan mulai dari Rp500.000 sampai Rp5.000.000. Tenor pinjaman mulai 30 hari dan 3 bulan.

Pada dasarnya, pilihan masa pinjaman dari Finmas hanya ada dua. Jadi, pilihannya tergantung dari jumlah pinjaman yang diajukan.

Untuk pinjaman mulai Rp500.000 s/d Rp2.500.000, tenor yang digunakan adalah 30 hari. Sedangkan pinjaman Rp3.000.000 s/d Rp5.000.000 menggunakan tenor 3 bulan. Bunga yang dibebankan adalah 0.7% per hari untuk pinjaman Rp500.000.

2. Uang Teman

Jika kamu membutuhkan pinjaman cepat cair dalam waktu kurang dari 24 jam, Uang Teman bisa menjadi pilihan. Aplikasi ini menyediakan tenor singkat selama 30 hari sehingga cocok dengan siklus pegawai dengan gaji bulanan.

Adapun dua produk yang bisa dipilih yaitu, pinjaman harian dan cicilan dengan besar bunga yang berbeda. Berikut contoh simulasinya.

  • Pinjaman harian plafon Rp1.500.000 s/d Rp3.000.000 untuk tenor 65-70 hari.
  • Pinjaman cicilan plafon Rp3.000.000 s/d Rp10.000.000 untuk tenor 3 bulan-6 bulan.

Baca juga: Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Undang Teman

3. Kredit Pintar

Kredit Pintar merupaan aplikasi yang banyak dipilih karena menyediakan pinjaman tunai online 24 jam cari. Aplikasi ini memiliki syarat-syarat yang cukup mudah yaitu KTP, tanpa kartu kredit, dan tanpa proses BI checking.

Adapun fitur pinjaman secara online yang ditawarkan Kredit Pintar adalah sebagai berikut.

  • Plafon mulai Rp600.000 s/d Rp1.800.000
  • Tenor 28 hari s/d 4 minggu

Untuk tenor maksimal selama 4 minggu tersebut, Kredit Pintar membaginya menjadi dua kali cicilan.

4. Kredivo

Kredivo menyediakan pinkaman dana tunai dengan plafon mulai dari Rp500.000, Rp1.000.000, dan Rp1.500.000 untuk tenor selama 30 hari. Contoh simulasi peminjaman di Kredivo adalah sebagai berikut.

Pinjaman Rp500.000, pembayarannya saat jatuh tempo adalah Rp525.050. Sedangkan dana bersih yang diterima saat pencairan adalah Rp470.000 karena ada biaya admin Rp30.000. Melalui skema ini, besar bunga yang diberikan adalah sebesar 11.71% dalam tempo 30 hari.

5. Rupiah Cepat

Aplikasi ini menawarkan pinjaman secara online dengan cicilan maksimal tenor 3 bulan. Kredit uang yang disediakan mulai Rp400.000 s/d Rp5.000.000 dengan pilihan tenor 65 hari, 75 hari, dan 90 hari.

Proses pengajuan tergolong cepat, hanya 15 menit dengan syarat KTP, nomor HP, dan rekening bank sesuai nama KTP.

Adapun pencairan di Rupiah cepat tidak ada potongan biaya seperti beberapa pinjaman fintech lainnya. Artinya jika mengajukan Rp2.000.000 dan disetujui, maka dana yang cair adalah Rp2.000.000.

Baca juga: Dong Bao Apk Penghasil Uang

Akhir Kata

Pinjaman online yang berkembang saat ini memang digadang-gadang bisa membantu di waktu mendesak. Namun, penggunaannya pun harus secara bijak agar tidak terlilit hutang yang sebenarnya tidak perlu.