Cek Lokasi Nomor HP

Semua orang pasti tidak ingin kehilangan HP. Akan tetapi, kamu tidak pernah tahu kapan musibah itu datang sehingga bisa saja kamu akan mendapatkan musibah kehilangan HP entah ketika berada di sekolah, tempat kerja atau kendaraan umum. Untuk itu kamu perlu tahu cara cek lokasi nomor HP.

Ketika HP kamu hilang, kamu dapat melacaknya dengan menggunakan nomor HP. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menemukan HP yang hilang dengan bantuan nomor HP. Terlebih lagi perkembangan teknologi semakin maju sehingga melacak lokasi berdasarkan nomor HP jadi mudah.

Daftar Cara Cek Lokasi Nomor HP

Setidaknya ada 4 cara untuk mengecek lokasi nomor HP dengan mudah. Cara-cara ini ada yang menggunakan aplikasi dan ada juga yang tidak. Akan tetapi, semua cara ini cukup efektif untuk membantu kamu dalam melacak lokasi HP yang hilang berdasarkan nomor HP. Berikut ini cara-caranya.

1. Cara Mengecek Lokasi Nomor HP Lewat Google Find My Device

Cara ini cocok bagi kamu pengguna smartphone Android. Dengan menggunakan aplikasi Google My Device, kamu bisa lebih mudah untuk melacak lokasi nomor HP yang hilang, sehingga lebih mudah untuk ditemukan. Cara melacaknya juga cukup mudah dan berikut ini cara selengkapnya untuk kamu ikuti.

  • Pertama-tama kamu bisa meminjam HP teman atau keluarga kamu dan unduh aplikasi Google Find My Device di ponsel.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pengunduhan selesai dan buka aplikasi tersebut.

Tunggu beberapa saat sampai proses pengunduhan selesai dan buka aplikasi tersebut.

  • Lakukan registrasi dengan menggunakan akun Google Mail (Gmail), kamu dan pilih layanan “Sign In As A Guest” untuk masuk ke dalam HP kamu yang hilang.
  • Nantinya akan muncul mengenai perijinan di aplikasi Google Find My Device dan silakan kamu klik “Allow” agar aplikasi Find My Device dapat mengakses lokasi terkini perangkat HP kamu.
  • Setelah itu Google akan menampilkan posisi perangkat HP kamu secara real-time, dan memberikan 3 opsi untuk mengamankan perangkat HP.
  • Opsi pertama denga Play Sound dimana ponsel yang hilang akan berdering secara otomatis sehingga menarik perhatian orang lain untuk menemukannya. Opsi kedua yakni Lock untuk mengunci perangkat yang hilang sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain.

Opsi pertama denga Play Sound dimana ponsel yang

  • Opsi yang ketiga adalah Erase dimana seluruh data ponsel akan terhapus secara otomatis sehingga tidak ada data pribadi yang diketahui orang lain. Pilih salah satu opsi tersebut dengan menekan ikon di masing-masing opsi.
  • Setelah lokasi diketahui, dan kamu sudah memilih opsi yang ada, berikutnya silakan kamu cari HP kamu yang hilang dengan merujuk lokasi terkini HP kamu.

Baca juga: Cara Melacak Orang Lewat Nomor HP

2. Cara Mengecek Lokasi Nomor HP Lewat Google Maps

Cara kedua menggunakan Google Maps. Ternyata Google Maps juga bisa digunakan untuk mengecek lokasi nomor HP dengan baik. Cara ini bisa menjadi pilihan ketika ingin mengetahui lokasi HP. Selain itu cara ini hampir sama dengan cara sebelumnya, hanya bedanya kalau ini menggunakan Google Maps.

  • Pertama-tama buka aplikasi Google Maps yang ada di HP teman atau keluarga kamu. Jika belum mengunduhnya, kamu bisa menguduh aplikasi Google Maps di Play Store secara gratis.
  • Setelah membuka aplikasi Maps, pilih menu “Option” dan silakan masuk ke dalam layanan “Fried List” di Maps.
  • Disana kamu bisa klik menu “Add Friend” untuk mengundang nomor HP yang ingin kamu cek lokasi keberadaannya. Pastikan kamu menulis nomor HP dengan benar agar proses pengecekan dapat dilakukan dengan baik.

Disana kamu bisa klik menu Add Friend untuk mengundang nomor HP

  • Setelah itu tunggu beberapa saat karena, sampai Maps memberikan informasi mengenai lokasi nomor HP secara otomatis. Maps akan cek lokasi nomor HP secara otomatis dengan menggunakan satelit.
  • Jika lokasinya sudah ditemukan silakan kamu datangi lokasi yang dimaksud untuk menemukan HP kamu yang hilang.

3. Cara Mengecek Lokasi Nomor HP Lewat Google Mail (Gmail)

Mengecek lokasi nomor HP bisa juga menggunakan Google Mail. Cara ini bisa dilakukan karena biasanya dalam sebuah layanan Gmail, terdapat data mengenai nomor  HP. Jadi lebih mudah untuk mengecek lokasi menggunakan nomor HP. Bagi yang penasaran, berikut ini cara-cara selengkapnya.

  • Pertama-tama kamu bisa meminjam laptop atau HP teman atau keluarga kamu. Pastikan laptop dan HP tersebut terkoneksi dengan jaringan internet sehingga dapat dengan mudah mengecek lokasi HP kamu.
  • Berikutnya silakan buka Google Mail atau Gmail yang terpasang di HP kamu, menggunakan web browser seperti Google Chrome.
  • Silakan klik ikon titik 9 yang berada di pojok kanan atas layar HP kamu.
  • Berikutnya silakan kamu masuk ke menu akun Google, dan pilih opsi “Buka Aktivitas Saya” yang ada di Gmail.
  • Lalu kamu klik menu dengan ikon strip 3 yang berada di pojok kiri layar, dan pilih “Kontrol Aktivitas” serta pilih menu “Kelola Aktivitas”

Lalu kamu klik menu dengan ikon strip 3 yang berada di pojok kiri layar, dan pilih Kontrol Aktivitas serta pilih menu Kelola Aktivitas

  • Dengan memilih menu tersebut, nantinya Google akan menunjukkan aktivitas terbaru yang ada di dalam ponsel termasuk lokasinya.
  • Untuk memperjelas dan cek lokasi nomor HP, kamu bisa menekan ikon titik 3 yang berada di pojok kanan atas layanan Google Mail.
  • Kamu bisa melihat perkiraan lokasi perangkat HP kamu. Lokasi tersebut bisa menjadi petunjuk untuk kemudian kamu hampiri lokasi tersebut supaya HP kamu bisa segera ditemukan.

Baca juga: Aplikasi Telkomsel Finder

4. Cara Mengecek Lokasi Nomor HP Lewat Mi Account

Cara ini bisa dilakukan untuk pengguna HP Xiaomi baik dengan merek Xiaomi, Mi ataupun Poco. Fitur ini sengaja dihadirkan oleh Xiaomi untuk membantu pengguna dalam mengecek lokasi nomor HP untuk HP yang hilang. Untuk mempermudah pengguna, proses pengecekannya tidak ribet dan berikut ini caranya.

  • Pertama-tama silakan buat dan aktifkan akun Mi Account lewat tautan ini,. Penuhi semua proses registrasi sehingga kamu bisa memiliki Mi Account.
  • Berikutnya di Mi Account, silakan kamu aktifkan layanan Find Device.

Berikutnya di Mi Account, silakan kamu aktifkan layanan Find Device.

  • Lalu buka situs i.mi.com yang merupakan situs untuk membantu mengecek lokasi HP berdasarkan nomor HP.
  • Di situs tersebut silakan kamu masukkan layanan Mi Account, dan klik menu “Find Device”.
  • Nantinya kamu akan dialihkan langsung ke lokasi HP terkini.
  • Untuk menyelamatkan HP, terdapat 3 opsi yang bisa dipilih yakni Noise Mode, Lost Mode atau Wide Mode.

Untuk menyelamatkan HP, terdapat 3 opsi yang bisa dipilih yakni Noise Mode, Lost Mode atau Wide Mode.

  • Opsi Noise Mode, adalah opsi yang membuat HP Xiaomi kamu yang hilang akan berbunyi. Harapannya agar HP menarik perhatian orang yang lewat sehingga bisa segera diamankan dan kamu bisa segera mendapatkan HP kamu kembali.
  • Opsi kedua yakni Lost Mode dimana, kamu dapat memblokir HP Xiaomi sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain.
  • Terakhir adalah Wipe Device. Dengan memilih opsi ini, maka seluruh data di HP Xiaomi kamu yang hilang akan terhapus secara otomatis. Cara ini bisa dilakukan untuk mencegah agar data pribadi kamu tidak diakses orang lain untuk kepentingan tertentu.

Simak juga: Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat No HP

Keempat cara ini diharapkan dapat membantu kamu untuk cek lokasi nomor HP, agar HP bisa lekas ketemu. Tujuannya agar kamu bisa kembali berkomunikasi dengan normal dan seluruh data-data pribadi kamu yang ada di HP bisa tetap terjaga kerahasiannya.