2 Cara Mengatasi WiFi ID Tidak Bisa Login Auto Connect

Pernahkah Anda merasa kesal ketika WiFi id tidak bisa login? Tidak dapat login ke jaringan WiFi merupakan salah satu keluhan yang sering muncul dari para pengguna WiFi ID. Padahal, password yang dimasukkan sudah benar.

Nah, salah satu hal yang menyebabkan WiFi ID gagal login ini adalah bisa saja dikarenakan cache yang sudah terlalu banyak menyimpan file pada browser Anda. Selain itu, hal ini juga bisa dikarenakan smartphone yang Anda gunakan harus menggunakan cara manual untuk menghubungkan WiFi tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi WiFi ID yang gagal login ini, salah satunya adalah dengan mengubah pengaturan dari IP address serta DNS nya. Mungkin Anda sendiri pernah mengutak-atik kedua pengaturan tersebut sehingga menyebakan WiFi ID menjadi susah login.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur ulang IP address Anda dan DNSnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijabarkan ulasan terkait dengan bagaimana cara dalam mengatasi WiFi ID yang gagal login.

mengatasi wifi.id tidak dapat login

Cara Mengatasi WiFi ID Tidak Bisa Login

Ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi WiFi ID yang gagal login. Simak saja penjelasannya berikut ini.

Mengubah Settingan IP Address

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke menu setting yang ada di ponsel Anda tersebut
  • Kemudian, silahkan Anda pilih menu WiFi, dan pilih aktifkan WiFi
  • Tunggu beberapa saat hingga jaringan @wifi.id muncul di layar ponsel Anda
  • Lalu, setelah itu silahkan Anda coba koneksikan lagi ke jaringan @wifi.id tersebut
  • Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah silahkan sentuh dan tahan pada pilihan @wwifi.id tersebut hingga muncul beberapa menu pada layar ponsel Anda
  • Selanjutnya, silahkan Anda klik pada pilihan “kelola pengaturan jaringan”
  • Setelah itu, jangan lupa untuk Anda centang pada opsi ‘tampilkan opsi lanjutan”
  • Pada tahap ini, Anda akan melihat menu pengaturan IP dengan beberapa sub menu DHCP serta proksinya
  • Langkah selanjutnya adalah silahkan Anda klik pada opsi sub menu DHCP-nya, lalu pilih opsi statik
  • Silahkan Anda ubah pada bagian IP Address tersebut dengan nomor kode 192.168.1.1
  • Sementara untuk opsi lainnya biarkan saja tetap default, dan jangan Anda ubah
  • Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah silahkan Anda klik simpan

Jika memang semua langkah yang sudah dijelaskan diatas bisa Anda lakukan dengan baik dan benar, maka jangan Anda tergesa untuk mencoba menghubungkan ponsel Anda dengan jaringan WiFi ID terlebih dahulu.

Sangat disarankan untuk Anda melakukan restart terlebih dahulu pada ponsel Anda tersebut. Tujuan dilakukannya restart ini adalah untuk mengkondisikan ponsel Anda agar jauh lebih fresh lagi.

Memang cukup banyak yang mengeluhkan bahwa smartphone Androidnya tidak bisa mendeteki jaringan WiFi. Hal ini dikarenakan kondisinya saat itu memang mungkin jaringannya sedang trouble, sehingga jaringan WiFi pun tidak bisa berfungsi dengan baik dan maksimal.

Nah, begitu handphone Android Anda sudah selesai di restart, maka Anda bisa melanjutkan cara sebelumnya dengan masuk ke menu setting. Lalu, aktifkan WiFi Anda hingga berhasil terdeteksi.

Setelah itu, silahkan coba Anda hubungkan ulang jaringan WiFi IDnya dengan ponsel Android Anda tersebut. Jika memang Anda diharuskan untuk membuka browser terlebih dahulu, maka Anda sudah sukses terhubung ke jaringan WiFi ID nya.

Jika memang Anda sudah masuk ke halaman login dari wifi.id, maka silahkan saja langsung Anda masukkan username dan password yang sudah Anda miliki dan gunakan selama ini.

Namun, jika memang cara yang satu ini belum juga berhasil untuk membuat ponsel Android Anda terhubung ke jaringan wifi.id, maka Anda bisa menggunakan cara yang kedua.

Baca juga: Cek Password Wifi

Mengubah Settingan DNS

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam menggunakan cara kedua ini adalah masuk ke menu setting terlebih dahulu.
  • Setelah itu, silahkan Anda pilih WiFi, dan aktifkan mode WiFinya.
  • Kemudian, silahkan Anda tap dan tahan pada opsi jaringan dari @wifi.id.
  • Selanjutnya, silahkan Anda pilih opsi ‘kelola pengaturan jaringan’. Lalu, silahkan saja Anda centang pada opsi ‘tampilkan opsi lanjutan’.
  • Scroll kebawah hingga sampai di bagian pengaturan IP addressnya, dan ubah menjadi statis.
  • Silahkan Anda cari pengaturan DNS 1 dan DNS 2 untuk mengatur ulang opsi DNS pada ponsel Anda.
  • Ada beberapa rekomendasi DNS yang lebih stabil dan cepat yang bisa Anda coba. Untuk area Jakarta, silahkan Anda gunakan nomor kode 202.134.0.155 atau 203.130.196.5. Sementara bagi Anda yang tinggal di Surabaya bisa menggunakan nomor kode 202.134.1.10.

Silahkan Anda coba otak-atik sendiri dan sesuaikan pengaturan DNS pada ponsel Anda berdasarkan dengan lokasi Anda saat ini. Anda juga bisa mecari daftar DNS yang lebih lengkap di internet.

Sebelum Anda mencoba kedua cara yang sudah disebutkan diatas, maka silahkan Anda pastikan terlebih dahulu bahwa memang kualitas dari jaringan @wifi.id Anda sedang bagus.

Hal ini tentunya akan mempengaruhi hasil nantinya, dimana kualitas dari sinyal yang lemah bisa menjadikan performa dari wifi.id ini menjadi kurang maksimal.

Selain masalah gagal login ke jaringan wifi.id, banyak juga pengguna yang mengeluhkan perihal kecepatan jaringannya. Hal ini juga bisa disebabkan oleh smartphone Anda sendiri yang mungkin pengaturan jaringannya sedang bermasalah atau tidak tepat.

Baca juga: Cara Login Wifi Id

Akhir Kata

Itulah beberapa langkah mudah dalam mengatasi WiFi id tidak bisa login yang bisa Anda coba. Semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba!