Pengertian Kode OTP, Jenis-jenis, dan Cara/Upaya Melindunginya

halimah

Pengertian Kode OTP, Jenis-jenis, dan Cara Upaya Melindunginya

Seiring berjalannya kemajuan teknologi masa kini, membuat dunia digital semakin terdepan. Dalam hal ini berlaku juga dengan perpindahan system yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat dalam melakukan transaksi, yang tadinya menggunakan system offline saat ini berubah ke system online.

Selain karena efek kemajuan teknologi, praktis dan mudahnya saat transaksi online menjadi pilihan kebanyakan orang saat ini. Untuk itu, dalam melakukan hal ini diperlukan yang namanya kode OTP.

Lalu, apa yang dimaksud dengan kode OTP? Kode OTP sendiri adalah kode password yang nantinya akan dikirimkan melalui sms. Pada era kemajuan digital saat ini, kode tersebut banyak digunakan oleh berbagai aplikasi. Karena hal tersebut dinilai bisa menjaga pengguna dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kode OTP Adalah Fitur Layanan Keamanan Perbankan

Kode OTP Adalah Fitur Layanan Keamanan Perbankan

Di era digital jaman sekarang, beberapa pihak perbankan mulai menambah layanan dengan adanya m-banking untuk melakukan transaksi keuangan. Hal ini menjadikan beberapa layanan dompet digital menggunakan one time password (OTP), sebagai alat keamanan dalam bentuk kata sandi.

Dalam hal ini, kode tersebut biasanya dikirimkan melalui sms maupun email. Itulah kenapa kode ini menjadi komponen utama dalam melakukan transaksi di bank atau layanan lainnya. Sebagai upaya meminimalisir tindakan kejahatan atau kriminal, kode OTP digunakan sebagai keamanan utama transaksi.

Originally posted 2023-01-19 11:15:48.

Baca Juga  Pengertian Perbedaan Row Column, Fungsi, & Posisinya di Excel

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya