Pengertian Kode OTP, Jenis-jenis, dan Cara/Upaya Melindunginya

halimah

Pengertian Kode OTP, Jenis-jenis, dan Cara Upaya Melindunginya

Sesuai dengan namanya, one time password cukup dilakukan hanya satu kali saja. One time password (OTP) sendiri digunakan pertama kali oleh salah satu bank di Indonesia, lalu diikuti oleh beberapa layanan dalam aplikasi. Sehingga, banyak orang juga mulai mengenal system ini untuk melakukan transaksi.

Walaupun one time password memiliki kelebihan dalam perlindungan layanan, OTP juga memiliki sisi negatif. Hal ini dikarenakan beberapa orang memanfaatkan kesempatan, dengan memberikan kode tersebut kepada orang yang tidak dikenal untuk kepentingan tertentu, atau tindak kejahatan.

Cara-cara atau Karakter yang Dimiliki Kode OTP

Untuk lebih mengenal karakter atau ciri-cirinya, simak beberapa penjelasan berikut ini agar kamu lebih mengenal lebih rinci one time password.

1. Kode OTP hanya bisa digunakan satu kali

Kode OTP hanya bisa digunakan satu kali

Kode ini hanya bisa digunakan satu kali, hal ini memang sengaja dibentuk untuk memperkuat keamanan transaksi. Untuk itu, jika sudah menggunakan satu kali, maka kamu perlu untuk meminta kembali, agar transaksi dapat terus berjalan.

2. Memiliki batas waktu untuk digunakan

Memiliki batas waktu untuk digunakan

Untuk mengakses suatu layanan, kode tersebut diperlukan sebagai alat perlindungan pelayanan. Tetapi hal ini hanya bisa dilakukan dalam waktu tertentu dan biasanya hanya tersedia beberapa menit saja.

Originally posted 2023-01-19 11:15:48.

Baca Juga  Cara Daftar UMKM Bantuan Pemerintah 2024 Terbaru Pasti Dapat

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya

totoagung totoagung2 cantiktoto amintoto restoslot4d slotgacor4d qdal88 https://motivasiagung.com/ https://antartidargentina.com/ https://whalebonestudios.com/ https://167.71.213.43/ https://167.71.204.61/ https://cadizguru.com/ https://157.245.54.109/ https://128.199.163.73/ https://hokkaido-project.com/ https://akb48nensensou.net/