Pengertian Perbedaan Row Column, Fungsi, & Posisinya di Excel

Loop.co.id – Pengguna Microsoft Excel pastinya melihat adanya bentuk baris dan kolom yang ada di dalam Excel. Kalau kamu sadar akan hal tersebut maka perlu diketahui kalau itu bernama Row dan Column. Tetapi, tahukan mengenai pengertian perbedaan Row Column. Kalau tidak tahu, kamu mulai sekarang belajar tahu itu

Row Column adalah ruh atau nyawa dari sebuah layanan di Microsoft Excel. Tanpa adanya Row Column maka kamu pasti kesulitan untuk mengerjalan sebuah laporan di Microsoft Excel. Namun, kalau kamu tidak mengetahuinya maka kamu keterlaluan karena Row Column merupakan sesuatu yang penting sekali.

Selain itu, Row Column juga merupakan salah satu bagian mendasar dari layanan Microsoft Excel. Jadinya kamu harus memahami betul mengenai Row Column ini. kalau tidak memahaminya dengan baik maka siap-siap kamu bakal kebingungan ketika mengoperasikan Excel untuk kebutuhan kerja atau belajar.

Pengertian Perbedaan Row Column

Pengertian Perbedaan Row Column

Info pertama  yang harus diketahui mengenai Row Colum secara lengkap. Oleh karena itu, kamu harus memahami pengertian dari Row Column. Harus dipahami betul dengan seksama mengenai Row Column. Tujuannya agar kamu tidak bingung atau tidak pusing ketika mengoperasikan Microsoft Excel di PC laptop.

Berikutnya adalah mengenai perbedaan dari Row Column. Ternyata ada sejumlah perbedaan yang kamu harus ketahui dari Row Column. Maksudnya kamu harus sadar akan berbagai perbedaan row column. Tujuannya lagi-lagi untuk memudahkan orang dalam ketika mengakses Row Column di Microsoft Excel.

1. Pengertian Row

Kamu harus memisahkan dahulu apa itu Row dan apa itu Column. Pertama kita bahas Row. Sebenarnya baris di Excel adalah garis horizontal yang dapat membentuk suatu lembar kerja di dalam Microsoft Excel. Row membantu pembentuan cell di Excel, karena row bertemu dengan column dalam suatu titik.

Baca Juga  5 Cara Menghitung Persen di Excel (Perubahan Kenaikan, Penurunan)

Berikutnya pada titik-titik tersebut dapat dipakai untuk mengisi data kamu.  Dengan adanya fitur row dalam Microsoft Excel ini, maka kamu menjadi lebih mudah dalam mengetahui dan mereferensikan posisi horizontal dari data yang ada di Microsoft Excel. Jadinya mengerjakan laporan di Excel jadi lebih mudah.

2. Posisi Row

Posisi Row berbentuk horizontal. Kalau kamu bingung, Row bisa dilihat dari koordinat cell ketika kamu ingin mendefinisikan posisi cell sebuah file di Excel. Dalam koordinat cell tersebut, posisi baris atau Row dilambangkan dengan suatu angka. Mulai dari angka 1 hingga angka 1.048.576. patokannya pada angka.

Singkatnya Row adalah baris yang berbentuk horizontal. Letaknya berada di lembar kerja Microsoft Excel kamu. Dalam Row, posisi baris akan melebar secara horizontal atau dari kiri ke kanan, jika dilihat dari layar laptop atau PC kamu. Itu kira-kira letak atau posisi, dari Row supaya kamu menjadi lebih paham lagi.

3. Fungsi Row

Dalam mempelajari pengertian perbedaan Row Column, harus mengerti juga soal fungsi dari Row. Ketika diterapkan oleh pengguna Row atau baris digunakan untuk memasukkan laporan pada Excel. Biasanya Row dipakai untuk memisahkan data berdasarkan kategori misalnya nama, alamat, usia, nomor.

Nantinya dalam satu row, ada berbagai jenis kategori data yang diberi nama dan harus dimasukkan data-datanya. Artinya row membantu kamu untuk mengkategorikan data berdasarkan nama atau jenis datanya. Semua data tersebut akan berada di dalam tabel dan kamu harus isi semua hingga penuh supaya selesai.

4. Pengertian Column

Selanjutnya bahas mengena Column atau kolom. Column bisa dibilang sebagai bagian vertikal yang ada di dalam file atau lembar kerja Microsoft Excel. Bisa dibilang ini menjadi pelengkap dari Row karena posisinya saling bertolak belakang. Kalau Row berada di posisi horizontal, sedangkan column vertikal.

Baca Juga  Manfaat Oatmeal Apa Saja? Berikut Manfaat Untuk Diet, Kulit Dll

Bukan cuma itu saja. Ada yang sedikit beda antara Row dan Column. Row didefinisikan dengan lambang angka, dan Column lambangnya huruf. Jadinya akan terlihat perbedaan mengenai Row dan Column, ketika kamu sedang membuka layanan di Microsoft Excel. Jika ingin tahu dimana Column bisa lihat A hingga Z.

5. Posisi Column

Dalam mempelajari pengertian perbedaan Row Column, kamu juga harus memahami soal posisi Column. Sekedar informasi karenya posisinya yang vertikal maka posisinya berada di atas layar. Saat kamu membuka Excel, maka akan terlihat deretan huruf A-Z yang berada di bagian atas Excel kamu.

Karena posisinya vertikal, maka satu column atau kolom, maka urutannya akan vertikal dari atas ke bawah. Misalnya kolom A, maka yang masuk dalam kolom A, adalah yang berada di urutan paling atas hingga bawah. Begitu pun untuk kolom B, C, D dan seterusnya. Jadi itu kira-kira posisi dari column pada Excel.

6. Fungsi Column

Sekarang fungsi dari Column. Sejatinya Column berfungsi untuk melengkapi Row yang ada di Excel. Pasalnya dalam setiap kolom, akan diisi oleh masing-masing data dari setiap kategorinya. Jadi dalam pengertian perbedaan Row Column, Column akan diisi oleh ragam data yang sudah dikategorikan Row.

Fungsi Column sebagai pelengkap Row dapat terlihat dari posisi Column. Posisi Column berada di bagian bawah dan disusun secara vertikal. Letaknya yang vertikal membuat Column biasanya diisi oleh berbagai data-data yang sudah dipetakan di setiap baris atau Row di dalam Microsoft Excel. Jadi laporan lebih rapi.

Perbedaan Row dan Column Terlengkap

Pengertian Perbedaan Row Column

Sekarang kamu harus mengetahui lebih detail mengenai perbedaan antara Row dan Column. Berbagai perbedaan ini harus diketahui dengan baik, karena pengertian perbedaan Row Column sudah tentu harus dihapal dengan baik. Alasannya kalau tidak bisa membedakan keduanya resikonya sangat fatal.

Baca Juga  14 Rumus Excel Lengkap (Utama/Basic), Fungsi, & Kegunaannya

Seperti diketahui kalau Row dan Column adalah fitur yang penting di dalam Excel. Karena fitur tersebut penting, maka kamu harus memahaminya dengan baik perbedaan untuk kedua fitur tersebut. diharapkan kamu bisa lebih maksimal ketika ingin menggunakan Excel karena mengetahui perbedaan Row Column.

Perbedaan Arah

Perbedaan pertama yang mencolok dari variabel arah. Seperti sudah disinggung sebelumnya kalau Row atau baris memiliki arah yang horizontal. Jadi saat kamu melihat ada pola yang berbentuk horizontal maka bisa pastikan itu adalah Row atau baris. Sedangkan untuk Column atau kolom bentuknya vertikal.

Kamu bisa melihat, pola yang berbentuk vertikal maka dipastikan pola tersebut adalah Column. Oleh karenanya, kamu harus memperhatikan perbedaan ini supaya bisa lebih mengerti lagi mengenai perbedaan Row dan Column.

Perbedaan Lambang

Perbedaan yang harus diketahui adalah lambang. Perlu kamu ingat kalau Row atau baris dilambangkan dengan simbol angka. Artinya mulai dari angka 1 sampai dengan angka terakhir yang ada di dalam Excel. Sedangkan kalau Columns disimbolkan dengan huruf. Mulai dari huruf A sampai dengan Z.

Perbedaan Posisi Lembar Kerja

Perbedaan Row dan Column terakhir adalah posisinya di lembar kerja. Untuk Row, posisinya berada di sebelah ujung kiri pada lembar kerja. Sedangkan untuk Column posisinya berada di ujung atas lembar kerja.

Berbagai informasi tentang pengertian perbedaan Row Column sangat penting untuk diketahui bersama. Harapannya, agar kelak kamu bisa semakin mahir dalam mengerjalan laporan untuk pekerjaan atau kebutuhan sekolah.