Cara Daftar UMKM

Cara Daftar UMKM – Pemerintah memberikan bantuan untuk masyarakat Indonesia di masa pandemi ini, dengan memberikan sejumlah bantuan sosial atau bansos.

Salah satunya yaitu bantuan untuk UMKM dengan jumlah tertentu. Untuk itu, ketahui cara daftar UMKM yang benar jika ingin mendaftar.

Bansos ini diberikan kepada para pengusaha kecil atau menengah, yang kesulitan modal karena masa pandemi.

Bantuan UMKM tersebut bisa didaftar secara online tanpa harus mengantri di bank. Jumlah bantuan UMKM di tahun 2020 ini sebanyak 1,2 juta rupiah.

Pemerintah sudah mengalokasikan dana tersebut sebanyak 3,6 trilyun rupiah. Pencairannya akan dilakukan mulai dari bulan Juli 2021 sampai bulan Desember 2021 akhir.

Maka bagi kamu yang belum sempat mendaftar bisa segera mendaftar sekarang juga.

BLT UMKM Tahun 2021

BLT UMKM Tahun 2021

Sebagian besar wilayah yang ada di Indonesia masih membuka pendaftaran UMKM untuk para pengusaha kecil dan menengah. Pendaftarannya juga dilakukan secara online, dengan link yang berbeda-beda tergantung wilayahnya masing-masing.

Bagi masyarakat yang belum pernah mendapat bantuan UMKM sama sekali atau bantuan apapun dari pemerintah, bisa mendaftarkannya sekarang juga selama pendaftaran masih dibuka.

Selain pendaftaran secara online bisa juga langsung datang ke dinas yang bergerak di bidang koperasi, serta UKM yang ada di kota/kabupaten tempat kamu tinggal.

Berkas atau dokumen yang diperlukan untuk mendaftar UMKM ini meliputi KTP, KK, dokumen bukti bahwa si pendaftar memang menjalankan usaha terkait, dan foto tempat usaha. Persyaratan untuk mendaftar BLT UMKM ini diantaranya yaitu:

  • Belum pernah memperoleh dana BPUM dari tahun sebelumnya yaitu di tahun 2020.
  • Tidak sedang menerima pinjaman KUR bagi si pemilik usaha mikro tersebut.
  • WNI.
  • Mempunyai usaha mikro yang bisa dibuktikan dengan surat usulan, dari calon penerima BPUM dan lampirannya lengkap.
  • Bukan termasuk pegawai ASN, TNI, POLRI, BUMN, atau BUMD.

Simak juga: Cara Daftar Kartu Prakerja

Cara Daftar UMKM Tahun 2021 dengan Benar

Berikut ini beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam cara daftar UMKM di tahun 2021:

  • Pertama-tama log in terlebih dulu melalui link eform.bri.co.id.
  • Kemudian scroll ke bawah dan pilih BPUM.
  • Masukkan nomor KTP kamu.
  • Masukkan kode verifikasinya.

Masukkan kode verifikasinya.

  • Klik Refresh apabila ada kode yang kurang atau tidak jelas.
  • Klik lagi Proses Inquiry.
  • Nanti akan muncul status kamu yang sudah terdaftar sebagai penerima BLT UMKM 2021 atau tidak.
  • Apabila sudah terdaftar sebagai penerima bantuan UMKM sebesar 1,2 juta rupiah maka kamu akan diarahkan pada proses reservasi secara online.
  • Masukkan data diri lengkap pada kolom yang sudah tersedia di sana.
  • Setelah itu konfirmasi sampai nanti muncul nomor referensi.
  • Mencatat nomor referensi tersebut.

Apabila pendaftaran sudah dilakukan dengan cara daftar UMKM di atas, dan kamu sudah tercatat sebagai penerima bantuan UMKM tersebut maka kamu akan mendapatkan uang sebanyak 1,2 juta rupiah tanpa harus mengantri di bank.

Baca juga: Cara Daftar NPWP Online

Manfaat Bantuan UMKM dari Pemerintah

Manfaat Bantuan UMKM dari Pemerintah

Program pemerintah berupa bantuan UMKM untuk para pelaku usaha mikro atau yang disebut dengan BLT UMKM tentu memiliki dampak yang positif. Program tersebut sejauh ini sudah terbukti mampu mencetak sejumlah wirausaha di Indonesia.

Efek dari BPUM ini memang luar biasa, terbukti dari data survei dari BPS yang menyebutkan bahwa adanya penambahan sebanyak 760 ribu orang yang mulai menjalankan usaha baru serta buruh yang sifatnya informal naik hingga 4,5 juta.

Manfaat lainnya yang diperoleh dari bantuan UMKM tersebut adalah bisa menekan lonjakan pengangguran, yang meningkat di masa pandemi. Ditambah lagi dengan adanya bantuan untuk sejumlah sektor UMKM dengan melalui BPUM tersebut.

Diberikannya bantuan UMKM tersebut memang diawali dengan bantuan untuk para pelaku usaha supaya bisa mempertahankan usaha mereka. Pemerintah juga telah berkomitmen untuk meneruskan kelangsungan bisnis dari UMKM tersebut dan di sektor yang lainnya.

Komitmen itu dibuktikan dengan program insentif yang lainnya, yang hampir serupa dengan bantuan UMKM itu sendiri. Misalnya berupa program Penempatan Dana Pemerintah ke Bank Umum, program Subsidi Bunga, dan Penjaminan Kredit Modal Kerja.

Bahkan ada juga pemberian Pph Final untuk para pelaku usaha UMKM yang ditanggung oleh pemerintah sepenuhnya. Anggaran untuk program lainnya mencapai 129 trilyun di tahun 2021 ini.

Baca juga: Cara Daftar Kartu Telkomsel

Tantangan untuk Para Pelaku UMKM untuk Memperoleh Biaya Modal Kerja

Tantangan untuk Para Pelaku UMKM untuk Memperoleh Biaya Modal Kerja

Sejak pandemi ini berlangsung, pemerintah juga sudah memberikan beragam stimulus di bidang ekonomi untuk sejumlah pelaku UMKM di Indonesia. Contohnya dalam memberi insentif untuk suku bunga KUR dan juga bantuan modal kerja yang lainnya.

Bahkan sejak beberapa bulan yang lalu terdapat dorongan UMKM yang berbentuk insentif subsidi bunga, serta adanya perlakuan secara khusus atau penjaminan yang dimana formulanya sedang dipersiapkan saat ini oleh pemerintah.

Para pelaku UMKM tersebut juga bisa memperoleh pembiayaan dalam hal modal kerja yang berasal dari Perbankan. Namun dengan adanya sifat hati-hati dari Perbankan tersebut dalam penyaluran kredit akan membuat akses dari pelaku UMKM tersebut menjadi sedikit terhambat.

Ada banyak kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh regulator yang akhirnya menjadi hak perbankan itu sendiri, dalam penyaluran kredit tersebut. Tantangan yang ada saat ini juga akan menimbulkan dampak multilateral.

Dalam hal ini regulator tentu tak bisa ikut campur dalam membuat/mengeluarkan kebijakan yang lainnya. Hal tersebut sudah menjadi urusan Perbankan dalam hal pembiayaan, siapa pembinanya, layak atau tidaknya si penerima menerima bantuan, atau harus ke dinas koperasi atau bagaimana.

Keputusan dari Perbankan dalam menyalurkan kredit itu sendiri akan dikembalikan pada keputusan yang berkaitan dengan bisnis. Itulah yang memerlukan sinergi dari berbagai pihak yang ada saat ini. Harus ada pihak/lembaga yang bisa mempertemukan pelaku UMKM dengan pihak Perbankan.

Baca juga: Cara Daftar Traveloka Eats Driver

Cara Mengecek Bantuan UMKM dari Pemerintah

Cara Mengecek Bantuan UMKM dari Pemerintah

Setelah kamu yakin semua persyaratan yang kamu ajukan sudah memenuhi syarat maka tahap selanjutnya adalah mendaftar. Panduannya bisa kamu lihat di cara daftar UMKM yang telah diuraikan dengan lengkap di atas.

Cara mengecek bantuan UMKM tersebut bisa dilakukan secara online yaitu dengan membuka link berikut eform.bri.co.id/bpum. Bantuan UMKM adalah bantuan yang berasal dari pemerintah dan menjadi bentuk kerjasama antara pemerintah dengan UMKM BRI.

Jika sudah terdaftar di sana maka cari tahu juga bagaimana caranya menerima bantuan usaha tersebut. Kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah dengan bank BRI ini dilakukan karena BRI merupakan bank pemerintah.

Sayangnya tak semua pelaku usaha UMKM bisa lolos dan menerima bantuan tersebut, sehingga jika kamu sudah mendaftar maka kamu bisa mengeceknya di situs eform.bri.co.id/bpum tersebut. Sebaliknya jika kamu lolos seleksi maka dana bantuan akan langsung masuk ke rekening BRI kamu.

Bagi kamu yang ternyata tidak lolos dan membutuhkan dana UMKM tersebut, bisa menggunakan layanan kredit pinjaman untuk UMKM secara online.

Simak juga: Cara Daftar Internet PLN dan Biaya Berlangganannya

Setelah mengetahui tahapan dalam cara daftar UMKM di atas, sebaiknya lakukan pendaftaran sekarang juga karena pemberian dana ini akan dilakukan sampai akhir bulan ini. Apalagi cara daftarnya pun mudah dan tak perlu waktu lama selama koneksi internetnya lancar.