Manfaat Oatmeal

 

Manfaat Oatmeal – Oatmeal merupakan sebuah bahan makanan yang telah mengandung sebuah serat alami tinggi dan juga memiliki berbagai kandungan nutrisi-nutrisi lain seperti mineral,

Vitamin serta kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kalian. Oatmeal juga merupakan jenis makanan sehat yang sangatlah terkenal di Eropa, tetapi oatmeal kurang dikenal di beberapa Negara Asia.

Meskipun oatmeal sangat terkenal di Eropa, ia memiliki sebuah bahan baku yang berasal dari Asia. Hal tersebut terjadi karena Bangsa Eropa telah terlebih dahulu membudidayakan dan juga memanfaatkan oatmeal sebagai sebuah bahan makanan yang utama.

Oatmeal juga sangat dikenal sebagai sebuah tanaman serealia yang sangatlah penting di daerah yang memiliki iklim sedang dan juga subtropis, karena ia memiliki fungsi sebagai bahan bahan pokok yang ada di Eropa dan juga Asia Barat.

Oatmeal juga merupakan sebuah bahan makan yang telah berasal dari oat, yang merupakan salah satu jenis tanaman yang sebenarnya masih menjadi satu keluarga dengan tanaman gandum. Perbedaan kedua tanaman tersebut adalah, oatmeal dapat dikonsumsi dengan langsung sedangkan tanaman gandum harus dikelolah terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Oatmeal juga sering dikenal sebagai havermut, tetapi sebutan tersebut cukup asing dan tidak terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Tentang Oatmeal

Apa Itu Oatmeal

Oatmeal juga merupakan sebuah bahan makanan yang memiliki serat alami yang sangatlah tinggi dan juga memiliki berbagai kandungan nutrisi lainnya. Meskipun masih sejenis dengan gandum, oatmeal memiliki sebuah kandungan gizi yang jauh lebih tinggi dari pada gandum.

Dalam 100gram oatmeal, ia telah memiliki 16gram protein dan juga 5,1gram serat laut. Sedangkan sebuah kandungan serat laut dan juga protein dalamnya adalah 100gram gandum, yang telah memiliki 2,2gram serat laut dan juga 13,7gram protein. Beras yang telah menjadi makanan pokok bagi Indonesia, memiliki sebuah kandungan gizi yang lebih sdikit jika di bandingkan dengan oatmeal dan juga gandum.

Oatmeal juga biasanya sangat terkenal di kalangan orang yang sedang melakukan diet. Oatmeal juga sering sekali dijadikan sebuah menu untuk sarapan pagi, karena oatmeal memiliki bentuk yang sangat Instan yang sangat mudah di cari.

Dengan itu, menu makanan oatmeal sangat mudah sekali dibuat dengan hanya menyeduhnya hingga menjadi sebuah bubur dan langsung bisa di makan. Tetapi di Indonesia, hanya sedikit orang yang telah memanfaatkan oatmeal sebagai menu sarapannya.

Ternyata, istilah kata oatmeal digunakan sebagai penggambaran bubur gandum yang umumnya terbuat dari sebuah gandum yang telah melangsungkan penggilingan, dipotong dan juga telah di gulung. Oatmeal juga telah mengacu kepada persiapan gandum yang telah dikupas, di kukus dan juga di ratakan. Oatmeal juga memiliki sebuah gizi yang sangatlah komplit.

Kandungang karbohidrat yang telah di miliki oleh oats bisa di bilang sangatlah spesial, hal itu sering di katakan karena oats memiliki kandungan karbohidrat kompleks.

Jika kalian tidak tahu tentang karbohidrat kompleks, karbohidrat kompleks merupakan sebuah zat gizi yang seluruhnya telah tersusun atas gula. Karbohidrat kompleks ini juga dapat menaikkan gula darah naik dengan stabil. Ada beberapa manfaat oatmeal bagi tubuh, berikut beberapa manfaatnya.

Simak juga: Cara Order Shopee Food

Manfaat Oatmeal Bagi Tubuh

Belakangan ini, banyak sekali praktisi medis dan juga para ahli gizi yang telah mendorong para pasien jantung untuk mengonsumsi oatmeal. Mereka melakukan hal tersebut karena, khasiat yang terkandung dalam oatmeal dapat menjaga kadar kolesterol dan juga gila darah menjadi tetap stabil.

Selain memiliki sebuah kandungan serat yang cukup tinggi, oatmeal juga memiliki protein, magnesium, vitamin B1, fosfor yang sangat berperan penting juga bagi tubuh kita. Berikut beberapa manfaat oatmeal.

1. Mengurangi resiko hipertensi

Mengurangi resiko hipertensi

Kandungan serat yang cukup tinggi pada oatmeal tidak hanya akan menawarkan sebuah manfaat dalam kesehatan jantung saja, tetapi ia juga dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi yang ada pada tubuh.

Hal ini sangat direkomendasikan bagai seorang wanita menopause yang seringkali mangalami hipertensi. Dengan itu, maka setidaknya ia harus mengonsumsi 6 porsi oatmeal ataupun biji-bijian di setiap harinya.

2. Menurunkan kolesterol

Oatmeal merupakan sebuah sumber makanan kaya serat laut, ia juga telah di temukan pada tanaman pir, prunes dan juga apel. Serat laut juga dapat menghambat tubuh kalian dalam penyerapan LDL yang disebut sebagai kolesterol jahat.

Satu dari secangkir oatmeal sudah mengandung lima gram serat lebih yang sangatlah cukup untuk mengurangi tingkatan kolestrol yang kalian miliki.

3. Antioksidan

Mengonsumsi oatmeal juga ternyata dapat meningkatkan lairan darah yang ada pada tubuh. Hal ini terjadi karena oatmeal memiliki suatu kandungan antioksidan yang memiliki tingkat sangat tinggi.

Oatmeal secara khusus juga telah mengandung polifenol yang merupakan sebuah senyawa nabati yang sangat kaya akan avenanthramines (jenis antioksidan yang hampir secara eksklusifnya berada di gandum). Manfaat avenanthramines bagi tubuh yaitu :

  • Dapat meningkatkan aliran darah
  • Mengurangi peradangan dan juga gatal-gatal
  • Dapat meningkatkan produksi asam nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh.

4. Dapat menyediakan banyak vitamin dan juga mineral

Jika mengonsumsi oatmeal secara teratur, maka kalian tidak perlu takut kekurangan mineral dan juga vitamin yang ada pada tubuh. Karean oatmeal merupakan sebuah makanan yang kaya akan nutrisi dan juga telah mengandung banyak vitamin dan mineral dengan kalori yang rendah.

Mengonsumsi sebuah makanan yang rendah kalori ternyata dapat menurunkan dan menstabilkan berat badan loh, jadi oatmeal merupakan makan yang sangat cocok di konsumsi pada saat kaloan sedang diet.

5. Dapat mengurangi resiko penyakit asma

Asma merupakan sebuah kondisi umum yang dapat berkembang selama kalian masih masa anak-anak. Ada juga sebuah bukti yang dapat menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi sesuatu dapat mengembangkan penyakit asma.

Ada penelitian terhadap 3.781 anak dapat menentukan bahwa yang mengonsumsi gandum sebagai makanan utama, maka semakin kecil resiko mereka menderita penyakit asma pada usia sekitaran 5 tahun.

6. Mengonsumsi oatmeal dapat menghilangkan sembelit

Sembelin merupakan sebuah masalah pencernaan yang hampir di lalui oleh semua orang. Nah ternyata, serat yang ada dalam oatmeal dapat membantu kalian untuk menjaga feses yang ada pada saluran pencernaan tetap melakukan pergerakan. Hal tersebut sangat berguna untuk meredakan ataupun mencegah sembelit.

7. Menurunkan resiko terkennya penyakit kanker usus besar

Penyakit kanker usus besar tentunya sangat menyakitkan. Terdapat sekumpulan satu studi yang telah di kumpulkan oleh para peneliti di Belanda dan juga Inggris, mereka telah menerbitkan sebuah bukti bahwa ada hubungan di antara orang-orang yang telah memakan makanan tinggi serat dengan resiko terkena penyakit kankernya.

Di studi ini telah di temukan bahwa setiap terdapat tambahan 10 gram serat dalam makanan sehari-hari seseorang, maka akan terdapat pengurangan 10% dalam resiko mereka terkena penyakit kanker.

8. Membantu mengatasi insomnia

Manfaat Oatmeal Bai Tubuh

Orang Skotlandia telah merekomendasikan mengonsumsi oatmeal pada malam hari dapat meningkatkan rasa ngantuk dan juga dapat membuat kalian merasa lebih baik.

Oatmeal juga mengandung karbohidrat kompleks dan melatonin yang dapat membantu untuk melebihkan Triptofan yang masuk kedalam otak kita. Oatmeal juga telah mengandung banyak sekali Vitamin 86 yang termasuk dalam pendamping dan juga pembantu dalam produksi lebih banyak sorotonin yang ada di dalam otak.

Nah begitulah beberapa manfaat oatmeal bagi tubuh kita. Tapi kalian tahu tidak bagaimana cara mengolah oatmeal? Ternyata, cara mengelola oatmeal sangat lah mudah. Kalian cukup menambahkan susu ataupun madu pada oatmel yang ingin kalian konsumsi.

Kalian juga bisa memilih susu yang rendah lemak, karena hal tersebut lebih sehat dibandingkan dengan susu yang lainnya. Kalian juga bisa menambahkan rempah-rempah seperti buah-buahan, kayu manis untuk menambah cita rasa dalam mengonsumsi makanan oatmeal.

Simak juga: Ide Bisnis Rumahan

Penutup

Nah, oatmeal sangat berguna bukan bagi kesehatan tubuh kita. Maka dari itu saya sangat merekomendasikan makanan ini untuk kalian konsumsi setiap harinya, apalagi bagi kalian yang sedang melakukan proses diet pada tubuh.

Begitulah beberapa penjelasan dan juga manfaat oatmeal yang bisa kami sampaikan pada kalain. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.