Arti Scan

Apakah arti dari scan? Seperti yang telah diketahui bahwa kegiatan seperti arsip dokumen biasanya terkait dengan scan seperti scan dokumen serta alatnya yang berfungsi untuk melakukan scan yang disebut dengan scanner. Scan dan scanner merupakan dua hal yang berbeda sehingga memiliki pengertian yang berbeda pula. Scan merupakan proses dari memindai suatu objek dokumen yang nantinya akan diubah menjadi file digital yang dapat disimpan pada perangkat.

Pengertian scan ini mengacu pada sebuah kata kerja terkait pengerjaan yang dilakukan (pemindaian dokumen) dengan menggunakan alat yang disebut dengan scanner. Scanner bekerja dengan menduplikat objek menggunakan bantuan sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Untuk mengetahui perbedaannya secara lebih lengkap dapat melanjutkan membaca artikel di bawah ini.

Apa Perbedaan Scan dan Scanner?

Arti Scan dapat dipahami sebagai sebuah proses berupa pemindaian dokumen. Kemudian hasil pemindaian tersebut akan menghasilkan input berupa image ke dalam suatu perangkat. Untuk melakukan scan atau scanning dapat menggunakan alat yang disebut dengan Scanner atau Scanner Image. Scanner merupakan alat elektronik yang digunakan untuk memasukan data yang dipindai berupa image dan diproses melalui perangkat komputer. Hasil scan tersebut dapat ditampilkan pada layar komputer dan diproses secara manual oleh komputer. Data yang diambil oleh scanner dapat dimasukkan ke semua perangkat.

Apa Kegunaan Scan?

Scanner adalah alat elektronik yang berfungsi sebagai pengganda atau penduplikat file yang nantinya akan dikonversi dan disimpan dalam bentuk digital. Scanner bekerja dengan cara memindai setiap sisi bagian pada lembaran yang ingin discan secara keseluruhan. Scan berfungsi sebagai proses pemindaian objek dokumen dimana file tersebut dapat berupa tulisan, gambar, maupun foto. Kertas akan terdeteksi oleh sensor pada mesin scanner, kemudian scanner akan melakukan konversi dalam bentuk file berformat pdf atau jpeg.

Manfaat melakukan scan adalah pengguna dapat menggandakan objek yang awalnya berupa hard copy atau kertas menjadi bentuk digital. Hal ini dapat mempermudah pengguna dalam menyimpan berkas. Selain itu, jika dokumen fisik atau hard copy nya hilang, pengguna masih memiliki file duplikat nya dalam bentuk digital.

Jenis-Jenis Scanner

Alat scanner kini sudah banyak ditemukan di pasaran. Jenisnya pun beragam berdasarkan bentuknya. Scanner kini tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk melakukan scanning. Namun, scanner saat ini sudah dilengkapi dengan fungsi lainnya seperti printer, fax, dan copy. Scanner secara umum berfungsi sebagai alat elektronik yang mampu dalam memindahkan data yang terdeteksi pada lensa scanner ke dalam memori perangkat yang digunakan. Alat scanner terdiri dari berbagai macam berdasarkan bentuk dan jenisnya. Selain itu, scanner juga dibedakan berdasarkan objek yang dipindai.

Scanner Flatbed

Alat scanner ini paling banyak dijumpai di perkantoran maupun tempat digital printing. Scanner ini memiliki bentuk yang datar dan menggunakan teknologi Charge Coupled Device (CCD). Charge Coupled Device (CCD) dapat memproses pemindaian dokumen. Scanner dengan jenis seperti ini paling banyak digunakan karena sifatnya yang kompatibel serta menggunakan ukuran kertas standar seperti  A4, legal, letter, hingga A3.

Scanner Drum

Scanner jenis ini berbentuk tabung dengan resolusi yang dihasilkan tergolong tinggi dan sangat detail yakni hingga 24000 pixel /inch. Alat ini memiliki kelebihan yakni mampu menghasilkan gambar yang pas, tidak mengalami distorsi atau getaran, serta mampu dalam melakukan scan objek baik pada kertas yang cukup besar hingga objek yang datar.

Film Scanner

Film Scanner merupakan alat scanner menggunakan teknologi film negative. Alat scanner ini juga menggunakan teknologi CCD seperti Scanner Flatbed. Scanner ini hanya mampu memindai dalam bentuk film negative saja, selain dari itu tidak dapat dipindai. Alat ini tergolong sulit ditemui dan mahal. Namun, jenis seperti ini sangat bermanfaat bagi keperluan khusus. Film Scanner memiliki kelebihan yakni sanggup melakukan convert pada objek yang tersimpan dalam film negative. Hasil convert akan berbentuk digital dan dapat disimpan di perangkat.

Hand Scanner

Hand Scanner termasuk jenis scanner yang menarik dengan bentuknya yang minimalis. Hand Scanner biasanya dimanfaatkan sebagai alat keamanan. Contohnya seperti scan barcode, scan dokumen, hingga scan untuk melakukan pemindaian terhadap barang. Hand scanner merupakan salah satu jenis scan yang sangat praktis.

Roller Scanner

Roler scanner merupakan jenis scanner yang mirip dengan scanner flatbed. Scanner ini dapat memindai objek yang berbentuk lembaran dan diletakkan di dalam scanner. Scanner Roler berbeda dengan scanner lain jika dilihat berdasarkan metode pengerjaannya. Roler scanner memiliki cara kerja yang mirip dengan printer.

Scanner flatbed menggunakan teknologi CCD dengan mata sensor yang bergerak memindai dokumen. Sedangkan Roller Scanner tidak menggerakkan mata sensor scanner melainkan menggerakkan dokumen. Roller scanner terdiri dari dua macam yakni scanner ADF (Automatic Document Feeder) untuk melakukan pemindaian dokumen dalam jumlah banyak namun dilakukan secara manual satu persatu dan Scanner Sheet Feed atau Scanner Portable dengan fungsi yang sama namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Baca juga: Cara Membuat Garis Tepi di Microsoft Word

Penjelasan Arti Scan Menurut Cara Kerjanya

Scan adalah proses dalam memindai objek file yang bekerja dengan menggunakan scanner untuk mengkonversikannya menjadi file digital. Alat Scanner memiliki cara kerja tersendiri. Berikut merupakan cara kerja scanner dalam melakukan konversi dokumen menjadi file digital.

  • Letakkan kertas pada layar scan, kemudian pencet tombol scan. Mesin akan secara otomatis menampilkan proses scanning.
  • Mesin akan memancarkan cahaya sensor CCD.
  • Teknologi CCD tersebut akan melakukan pengiriman hasil pemindaian ke ADC. ADC menerima data dari CCD dan melakukan konversi menjadi bentuk digital.
  • Setelah hasil konversi masuk dan tersimpan di komputer, file dapat disimpan dan diedit sesuai keinginan.
  • Selesai, scan dokumen telah berhasil dilakukan.

Dari penjelasan kami diatas, maka setidaknya anda sudah mengetahui gambaran dari arti scan ini. Aktifitas satu ini tidak hanya bisa dilakukan dengan beberapa alat seperti diiatas, melainkan bisa juga lewat android atau iOS.

Bagaimana Cara Melakukan Scan Dengan Smartphone Android?

Menggunakan Google Drive

Untuk para pengguna smartphone yang belum tahu, Google Drive pun mampu dalam melakukan scan dokumen. Pengguna tidak perlu lagi melakukan install aplikasi untuk melakukan scanning. Berikut cara melakukan scan dengan menggunakan smartphone dan memanfaatkan fitur Google Drive.

  • Buka Google Drive
  • Lalu pada bagian pojok kanan bawah klik “Tambah” atau “Add”
  • Kemudian pilih opsi “Scan”
  • Letakkan objek berupa hard copy yang ingin dipindai dan lakukan pengambilan foto dokumen dengan baik.
  • Kemudian sesuaikan area pemindaian dengan melakukan Crop pada hasil pengambilan foto dokumen.
  • Lalu ambil foto lagi dan klik “Re-scan halaman” atau “Re-scan current page”. Pindai halaman lain dan klik “Tambah” atau “Add”.
  • Klik Done untuk menyimpan hasil scan.

Baca juga: Safe Mode Windows 10

Menggunakan Aplikasi Tiny Scanner

Selain menggunakan Google Drive, pengguna dapat melakukan scan dengan menggunakan aplikasi Tiny Scanner. Aplikasi Tiny Scanner dapat ditemukan di Google Play Store secara gratis. Berikut merupakan cara melakukan scan dengan menggunakan smartphone dan aplikasi Tiny Scanner.

  • Buka aplikasi Tiny Scanner
  • Pilih ikon yang berada di paling bawah seperti ikon photo atau ikon gallery. Jika ingin mengambil foto langsung dapat memilih ikon photo, jika ingin mengambil foto dari galeri dapat memilih ikon galeri.
  • Kemudian pilih foto yang akan dilakukan scan
  • Setelah itu lakukan crop pada gambar yang dipilih dan klik OK jika sudah selesai.
  • Selesai, foto atau berkas yang dipindai telah berhasil di scan. Selain itu, pengguna juga dapat memilih format hasil scan yang diinginkan seperti PDF atau JPG hingga PNG. Hasil scan juga dapat dibagikan dengan menggunakan Whatsapp, Drive, Bluetooth, dan sebagainya.

Cara Scan Dokumen Menggunakan Smartphone iOS

Selain cara melakukan scan dokumen dengan menggunakan smartphone Android,  terdapat pula cara melakukan scan dokumen dengan menggunakan smartphone Apple / iOS. Sebelum itu, pengguna harus memastikan bahwa iPhone telah diupgrade ke iOS 11 atau lebih tinggi. Berikut merupakan langkah – langkah dalam memindai dokumen ke smartphone iPhone dengan memanfaatkan fitur pemindaian di Notes.

  • Buka Notes.
  • Klik ikon kotak dengan pensil di bagian dalam untuk membuat catatan yang baru.
  • Klik lingkaran dengan tanda + pada bagian dalam.
  • Menu akan muncul di atas keyboard. Pada menu tersebut klik lagi lingkaran dengan tanda + di bagian dalam.
  • Pilih Scan Documents.
  • Arahkan kamera smartphone di atas dokumen yang akan dipindai.
  • Notes akan secara otomatis mengatur fokus dan mengambil gambar dokumen atau pengguna dapat mengaturnya secara manual.
  • Setelah selesai melakukan pemindaian halaman, aplikasi Notes akan mmenampilkan pratinjau dan memberikan opsi untuk tetap menjaga hasil scan (Keep Scan) atau scan ulang (Retake).
  • Setelah selesai memindai semua halaman, pengguna dapat melakukan peninjauan daftar dokumen di Notes. Pengguna dapat melakukan koreksi pada hasil scan seperti memotong gambar atau memutar gambar. Lakukan klik pada gambar halaman yang ingin dikoreksi. Notes akan membuka halaman dan menampilkan opsi pengeditan.
  • Jika sudah selesai, klik Done dan simpan hasil pindaian.

Hasil Scan Biasanya Berupa Apa dan Disimpan Dimana?

Pada umumnya hasil scan yang disimpan menggunakan format gambar (JPEG). Tetapi seiring dengan adanya perkembangan zaman dan teknologi, kini hasil scan sudah dapat disimpan ke berbagai format yang dibutuhkan pengguna untuk mempermudah dalam membuka, mengatur, melakukan edit, hingga memprosesnya di berbagai perangkat elektronik. File hasil scan saat ini bisa berupa JPG, JPEG, PNG, hingga PDF. Jika melakukan scan dengan scanner pengguna dapat menemukan file tersebut disimpan pada folder My Document.

Baca juga: Aplikasi Ivive

Penutup

Demikianlah artikel mengenai pengertian dan arti dari scan. Istilah scan dan scanner pun memiliki arti yang berbeda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan tentang pengertian scan, perbedaan scan dan scanner, jenis – jenis scanner, cara melakukan scan dengan smartphone, dan sebagainya. Semoga bermanfaat!