5 Cara Menghitung Persen di Excel (Perubahan Kenaikan, Penurunan)

halimah

5 Cara Menghitung Persen di Excel (Perubahan Kenaikan, Penurunan)

Cara menghitung persen di Excel yang bisa dicoba adalah cara menghitung persen perubahan kenaikan. Cara yang satu ini bisa membantu kamu dalam mengetahui persentase penambahan nilai lama, dibandingkan dengan nilai yang lama. Caranya dengan mengurangi nilai baru dengan nilai yang lama.

Cara ini cocok bagi kamu yang ingin mengetahui persentase sebuah data yang sifatnya terus bertambah. Contohnya data jumlah penduduk, data kenaikan gaji dan data-data lain yang sifatnya terus mengalami kenaikan setiap bulan atau setiap tahun. Jadi menggunakan cara yang satu ini benar-benar berguna.

  • Cara pertama adalah dengan membuat kolom kenaikan data di cell B3 sampai dengan B9.
  • Lalu buat kolom persentase kenaikan di cell C3 sampai dengan C9.
  • Dalam menghitung rumus ini, kamu gunakan =(B3-B2)/B2 di cell C3.
  • Nantinya kamu akan mengetahui mengenai hasil persentase kenaikan untuk data periode bulan dan tahun tertentu. Untuk mendapatkan data dalam format persentase, lagi-lagi kamu bisa mengikuti cara mengubah format angka menjadi persen.

5. Cara Menghitung Persen Perubahan Penurunan

Cara Menghitung Persen Perubahan Penurunan

Terakhir adalah cara menghitung persen perubahan penurunan. Sama seperti kenaikan, perubahan penurunan juga berfungsi untuk mengetahui persentase data yang cenderung menurun. Caranya juga sama dengan cara perubahan kenaikan.

Ternyata cara menghitung persen di Excel, tidak terlalu sulit. Asalkan kamu paham rumusnya dan sering menggunakan rumus saat mengakses Excel, maka dijamin kamu akan cepat menguasai rumus tersebut sehingga saat disuruh membuat laporan persentase hasil, semua bisa dilakukan dengan mudah.

Originally posted 2023-02-10 00:12:47.

Baca Juga  3 Cara Menambahkan Rp di Excel Format Currency, Accounting, Custom

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya