Cara Menambahkan Rp di Excel

Dalam ulasan kali ini, akan dibahas tentang bagaimana cara menambahkan Rp di Excel secara mudah. Ada beberapa cara dalam mengembangkan format rupiah di Excel. Menambahkan angka rupiah ini pun nyatanya bisa membuat laporan semakin rapi.

Microsoft Excel menjadi salah satu program yang paling sering digunakan untuk kepentingan akuntansi. Atau, segala laporan yang melibatkan tabel. Baik itu dalam bentuk laporan softcopy maupun hardcopy, Excel akan sangat membantu dalam hal menyelesaikannya.

Laporan kamu pun akan memiliki nilai lebih bagus ketika ada simbol rupiah untuk tampilan nominal uang. Selain rupiah, sebenarnya memang ada banyak simbol mata uang lainnya. Namun, karena Indonesia menggunakan mata uang rupiah maka simbol yang digunakan tentu adalah Rp.

Panduan Cara Menambahkan Rp Di Excel

IDR adalah symbol mata uang Indonesia di dunia Internasional dimana ini juga dilambangkan dengan Rp (rupiah). Symbol ini puncukup umum dan sering dipakaia dalam penulisan untuk kebutuhan akunting, salah satunya saat akan mengerjakan penulisan di Microsoft Excel.

Penulisan angka uang didalam Excel ini pun, biasanya diketikkan angka begitu saja tanpa symbol mata uang.

Hal ini disebabkan, jika memasukkan symbol mata uang kemudian diikuti dengan angka nominal uang,  maka biasanya tidak akan bisa dilakukan perhitungan seperti halnya penjumlahan untuk mendapatkan total perhitungan nilai uang tersebut.

Lalu apakah harus ditulis satu per satu di bagian depan angka tersebut?  Tentu saja ini akan menghabiskan banyak waktu bukan?Lalu bagaimana caranya? Mengenai cara menambahkan Rp di Excel dapat kamu ikuti panduan berikut dengan mudah.

1. Dengan Format Currency

Panduan Cara Menambahkan Rp Di Excel

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menambahkan simbol Rp yaitu format currency. Seperti halnya yang lain, cara ini dapat diakses setelah diaktifkan lewat menu format cell yang terdapat di Microsoft Excel.

Untuk menambahkan simbol Rp dengan cara format currency Ada sejumlah ciri yang mungkin penting untuk diketahui. Simbol Rp akan diletakkan persis di depan angka. Kamu dapat mengatur berapa jumlah desimal serta tampilan angka negatif yang diinginkan.

Lalu, bagaimana cara memakai format currency pada angka di Excel? Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Sorot atau blok mana saja Cell yang hendak Kamu tambahkan simbol Rp di depannya.
  • Berikutnya, tekanlah ctrl+1/klik kanan pada cell tersebut. Kemudian, pilih format cell.
  • Disamping itu, kamu juga bisa klik pada dropdown number format di tab home.
  • Selanjutnya, pilih more number formats. Jika pada menu klik kanan, pilih format cells.
  • Di dalam tab number pada jendela format cells, akan muncul currency. Selanjutnya, Kamu bisa pilih Rp Indonesian.
  • Masukkanlah juga jumlah desimal yang Kamu inginkan. Ini bisa dipilih pada decimal places.
  • Pilih juga bagaimana bentuk tampilan negatif yang dikehendaki. Ini bisa dipilih pada kotak negative numbers.
  • Selanjutnya klik OK. Maka, tampilan data di Excel sudah muncul simbol Rp.

Baca juga: Rumus SUMIFS Excel

2. Dengan Menggunakan Format Accounting

Cara menambahkan Rp di Excel selanjutnya yaitu dengan menggunakan format accounting. Ini bisa dilakukan pada format cell.Secara karakteristik, pada sejumlah poin yang harus diperhatikan tentang format accounting.

Simbol Rp akan diletakkan pada ujung kiri cell, tidak menyentuh dengan angka. Berikutnya, angka 0 akan tertulis dengan strip (-). Lalu, angka negatif akan tertulis dalam simbol kurung. Kamu juga bisa mengatur berapa banyak jumlah desimal yang hendak diinginkan pada angka.

Selanjutnya, cara menambahkan Rp di Excel dengan format accounting ini, yaitu sebagai berikut :

  • Sorotlah cell mana saja yang kamu ingin tambahkan simbol rupiah.
  • Selanjutnya, tekan ctrl+1 atau bisa juga dengan klik kanan pada sel itu. Berikutnya, Kamu dapat memilih format cell. Kamu juga bisa memilih tombol dropdown number format ada pada home kemudian pilih more number format.
  • Jika kamu melakukan pilihan klik kanan, maka pilih menu format cell. Kalau memilih dropdown number format maka pilih more number format.
  • Saat muncul dialog box format cell, maka pilih tab number dan kemudian pilih accounting.
  • Carilah simbol rupiah (Rp) yang ada pada dropdown.

Carilah simbol rupiah (Rp) yang

  • Selanjutnya, input berapa jumlah desimal yang Kamu inginkan untuk angka-angka kamu di box desimal places.
  • Klik ok untuk menyelesaikan perintah.

3. Dengan Format Custom

Cara menambahkan Rp di Excel bisa manual dengan format custom pada format cell. Langkah-langkahnya secara umum cukup mudah yaitu sebagai berikut :

  • Sorotlah mana saja setiap cell tempat kamu ingin menambahkan simbol rupiah.
  • Tekanlah ctrl+1 atau klik kanan pada cell yang ada kemudian pilihlah format cells. Sama seperti sebelumnya, kamu juga bisa klik tombol dropdown number format yang ada pada tab home. Selanjutnya, bisa memilih more number format.
  • Jika Klik kanan pilih format cell. Sementara jika pakai drop down menu number formats, pilih more number formats.
  • Akan muncul jendela dialog format Cell dan kemudian Kamu bisa pilih tab number. Selanjutnya pilih dropdown custom.
  • Silakan diketik format angka yang kamu inginkan pads box type. Jangan lupa untuk menambahkan simbol Rp diformat yang kamu pilih.
  • Untuk menyelesaikan perintah, klik OK.

Perbedaan Format Currency dengan Accounting di Microsoft Excel

Perbedaan Format Currency dengan

1. Currency (Mata Uang)

Jika kamu ingin menggunakan Currency untuk angka, maka biasanya simbol mata uang Rupiah atau RP akan berada pada tepat di samping digit pertama dari angka dalam sel.

Di dalam format Currency ini, kamu bisa menentukan ingin seberapa banyak jumlah desimal atau angka di belakang koma yang ingin dipakai. Bukan hanya itu, kamu juga bisa memilih tampilan angka negatif sesuai dengan kebutuhan kerjamu.

2. Accounting (Akuntansi)

Jika di Currency itu, simbol Rp akan muncul tepat di samping digit pertama dari angka, maka di Accounting ini sendiri, berada di samping nominal angka (rata kiri).

Bukan hanya di penempatan simbol mata uang, perbedaan lainnya yang bisa kamu perhatikan yaitu mengenai format accounting yang akan menampilkan 0 sebagai garis putus () dan angka negatif dalam tanda kurung.

Baca juga: Tidak Sama Dengan di Excel

Jika disuruh memilih mana format yang lebih bagus untuk dipakai, maka sangat disarankan untuk memilih format accounting. Mengapa? Hal ini dikarenakan untuk harga misalnya, akan menjadi lebih mudah dilihat dan data pun akan jauh terlihat rapi.

Sekalipun data angkanya adalah ribuan, jutaan, atau bahkan sampai milyaran, angka tersebut akan tetap bisa dilihat. Selain itu, dengan format Accounting, maka untuk harga misalnya, akan tetap mudah dibaca, sekalipun terdapat perubahan lebar dan tinggi cell atau tabel.

Informasi tentang cara menambahkan Rp di Excel yang sudah disebutkan diatas, akan lebih mudah dipraktekan jika kamu juga sambil berlatih. Panduan ini adalah cara terbaik untuk menambahkan symbol kedalam lembar kerja kamu.