Apa Itu Podcast

Belakangan ini, banyak sekali influencer dan content creator yang membuat konten berupa siaran radio atau yang sering kita sebut dengan nama podcast. Lalu sebenarnya apa itu podcast? Apa saja jenis podcast? Bagaimana cara membuat podcast? Dan apa manfaat dari siaran radio ini?

Bisa dikatakan jika saat ini podcast menjadi sebuah konten yang terkesan menarik namun tetap santai. Karena kesannya fleksibel dan intens, membuat banyak orang menyukai jenis konten ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut informasi seputar podcast yang perlu diketahui.

Apa Itu Podcast?

Apa Itu Podcast

Nah, sebelum tahu berbagai hal mengenai podcast, alangkah lebih baik jika kamu paham terlebih dahulu apa itu podcast. Podcast sendiri, merupakan hasil rekaman suara yang bisa didengarkan melalui berbagai media di internet oleh khalayak umum.

Podcast ini bisa diimplementasikan dimana saja dan kapan saja, asalkan kamu menggunakan media elektronik yang bisa mengakses internet. Tentu saja hal ini berbeda dengan radio yang hanya bisa ditayangkan secara langsung pada frekuensi tertentu saja.

Untuk saat ini, kamu juga bisa menikmati atau bahkan membuat podcast dengan beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa ditemukan di internet. Podcast ini banyak digemari oleh para pengguna internet karena memiliki sifat on-demand.

Hal ini berarti kamu bisa mendengarkan podcast buatan siapa saja tanpa ada batasan akses, waktu, dan juga frekuensi. Hanya dengan mencari dengan kata kunci tertentu, maka kamu sudah bisa mendengarkan dan menikmati podcast dengan tema dan narasumber yang diinginkan.

Jenis-jenis Podcast

Jika kamu sudah paham tentang apa itu podcast, kini selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis-jenis dari siaran radio tersebut. Dengan ini, diharapkan pengetahuan akan dunia penyiaran yang kamu miliki bisa lebih bertambah.

1. Interview Podcast

Interview Podcast

Jenis podcast yang pertama adalah interview podcast, yang mana pihak host atau pembawa acara akan melakukan sesi wawancara pada narasumber atau tamu yang berbeda di setiap episode-nya. Salah satu podcaster yang terkenal dengan jenis podcast ini ada pada channel YouTube Deddy Corbuzier.

Seperti yang diketahui, Deddy Corbuzier selalu mengundang tamu yang berbeda di setiap episode-nya. Tentu saja, berbeda episode maka berbeda juga pembahasannya. Maka dari itu, host harus bisa mengikuti pembahasan yang sesuai dengan narasumber.

2. Solo Podcast

Solo Podcast

Jenis podcast yang berikutnya adalah solo podcast. Sesuai dengan namanya, jenis podcast ini hanya dilakukan oleh host itu sendiri. Jadi tidak ada dialog di dalam siaran yang berlangsung. Hanya monolog yang disampaikan oleh host.

Solo podcast ini dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan berbagai macam informasi dan juga opini. Apabila ada sesi tanya jawab pun, sesi tersebut ditujukan oleh host bagi para pendengarnya yang bisa bertanya melalui kolom komentar.

3. Multi Host Podcast

Multi Host Podcast

Kemudian jenis podcast yang ketiga adalah multi host podcast, yang mempunyai jumlah host lebih dari orang. Tujuan utama dari adanya multi host podcast ini, yakni untuk melakukan diskusi karena adanya perspektif dan pendapat setiap host berbeda. Dengan ini, maka akan muncul sebuah diskusi yang menarik.

Jadi jika kamu mendengarkan jenis podcast ini, maka rasanya akan seperti mendengarkan sebuah perdebatan. Nah, perdebatan itulah nilai hiburan tersendiri yang dimiliki oleh multi host podcast ini. Semakin banyak hal yang dibahas, maka akan semakin banyak pula perdebatan yang terjadi selama podcast.

Cara Membuat Podcast

Untuk membuat sebuah konten podcast yang menarik, ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Tentu saja, kamu tidak bisa menyepelekan hal-hal tersebut karena akan sangat berdampak pada hasil rekaman podcast. Untuk itu, langsung saja berikut ini cara untuk membuat podcast yang menarik.

1. Menentukan Tema yang Tepat

Menentukan Tema yang Tepat

Tahapan pertama dalam membuat sebuah podcast, yakni kamu perlu memastikan topik bahasan atau tema yang akan dikembangkan terlebih dahulu. Untuk saat ini, ada banyak sekali podcast yang tayang melalui berbagai platform di internet.

Dalam platform-platform tersebut, kamu bisa menemukan beberapa kategori podcast seperti musik, politik, komedi, horror, film, olahraga, dan lain sebagainya. Nah, pastikan kamu memilih tema dan topik pembicaraan sesuai dengan minatmu, agar kamu sendiri juga nyaman ketika membawakannya.

2. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Mempersiapkan Alat dan Bahan

Tahap yang berikutnya, kamu perlu mempersiapkan semua kebutuhan baik itu bahan maupun alat untuk proses pembuatan podcast. Alangkah lebih baik untuk menggunakan mikrofon eksternal dan lebih profesional, bukan mikrofon built-in atau bawaan yang ada di laptop atau smartphone.

Kamu bisa membeli jenis mikrofon sendiri dari luar yang mempunyai fitur peredam suara. Jenis mikrofon ini, tetap bisa membuat hasil perekaman suara terdengar bersih dan minim gangguan suara di sekitar kamu. Namun, kamu juga perlu melakukan proses rekaman suara di tempat yang jauh dari keramaian.

3. Membuat Konten Sesuai dengan Tema

Membuat Konten Sesuai dengan Tema

Jika kamu sudah menentukan tema yang akan dibahas dan juga semua alat sudah dipersiapkan, maka hal yang harus dilakukan berikutnya adalah membuat script yang akan direkam. Langkah pertama dalam pembuatan script ini, bisa dimulai dengan menentukan durasi dari podcast yang akan dibuat.

Namun durasi tersebut juga perlu disesuaikan dengan topik yang dibawakan. Jangan sampai pembahasan tiba-tiba dipotong oleh durasi. Jangan lupa pula untuk membawakan podcast dengan bahasa yang jelas, informatif, padat, dan juga interaktif.

Baca juga: Download Template PPT

4. Menggunakan Software Editing

Menggunakan Software Editing

Saat ini kamu bisa menemukan banyak sekali aplikasi pengedit audio yang tersedia seperti Adobe Audition dan juga Audacity. Kedua software tersebut, adalah software pengedit audio yang direkomendasikan karena mampu menghasilkan kualitas suara yang sangat baik.

Jika kamu ingin software editing yang gratis, maka bisa menggunakan Audacity. Namun kamu ingin yang fiturnya lebih fleksibel dan juga kompleks, lebih direkomendasikan untuk menggunakan Adobe Audition. Silahkan pilih salah satu software sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.

5. Upload File Podcast

Upload File Podcast

Setelah file podcast yang diinginkan sudah jadi, maka tahapan terakhir yang perlu dilakukan adalah upload file audio tersebut. Kamu bisa menambahkan beberapa keterangan tambahan seperti judul, deskripsi, seri, kategori, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan layanan dari pihak ketiga seperti Anchor, untuk upload podcast ke berbagai macam platform media seperti YouTube, Spotify, SoundCloud, dan lain-lain. Pastikan file audio podcast yang kamu buat benar-benar diupload.

Rekomendasi Podcast Indonesia

Rekomendasi Podcast Indonesia

Apabila kamu masih bingung atau ragu dengan podcast, maka bisa mencari referensi dari beberapa podcaster ternama dari Indonesia. Nah, berikut ini rekomendasi podcast Indonesia terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

  • Asumsi bersuara
  • Do you see what i see
  • Deddy Corbuzier
  • Kejar paket pintar
  • Makna talks
  • Podcast awal minggu
  • PORD (Podcast Raditya Dika)
  • Rapot
  • So mad about life
  • Subjective
  • Sudut pandang

Baca juga: Flowchart Simbol

Kamu bisa memilih salah satu atau lebih, dari daftar podcaster Indonesia di atas sesuai dengan keinginan. Nah, sekarang apa kamu sudah mantap untuk membuat sebuah podcast untuk disiarkan ke berbagai platform?