5 Cara Menghitung Persen di Excel (Perubahan Kenaikan, Penurunan)

Loop.co.id – Microsoft Excel adalah aplikasi yang dapat menghitung persen atau persentase dengan mudah. Asalkan kamu harus tahu mengenai cara menghitung persen di Excel. Kalau kamu tidak tahu, tidak apa-apa. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, dan kalau ada niat kamu bisa belajar dan mahir menghitung persen.

Semua hal dalam hidup adalah soal belajar. Termasuk ketika kamu belajar menghitung persen di Excel. Dalam menghitung persen di Excel, dibutuhkan ketelitian dan pengetahuan soal cara menghitung. Salah satunya menghitung persen yang selama ini menjadi momok, bagi pengguna Excel di PC atau di laptop.

Padahal kalau kamu belajar dengan giat, kamu bisa mengatasinya. Kalau rajin belajar, tidak menutup kemungkinan kamu bisa mahir dan di luar kepala mengenai rumus menghitung persen. Tetapi, untuk memulai semuanya diharuskan untuk tahu terlebih dahulu informasi mengenai cara mengitung persen.

Cara Menghitung Persen di Excel

Cara Menghitung Persen di Excel

Ketika kamu ingin mengitung persen, ada sejumlah informasi yang harus dipahami. Ini merupakan langkah awal sebelum akhirya menjadi mahir dan dapat menghitung persen di Excel tanpa harus membaca rumus. Jadi kalau sudah mahir, semua informasi bisa kamu ketahui di luar kepala dengan sangat sangat mudah.

Informasi yang dimaksud mulai dari cara menampilkan format persen di Excel, hingga cara menghitung persen dalam berbagai kasus perhitungan. Semua informasi ini bisa dipahami supaya kamu lebih paham secara menyeluruh soal menghitung persen di Excel. Berikut ini informasi yang wajib diketahui dan pelajari.

Baca Juga  Rumus Tidak Sama Dengan di Excel dan Cara Menggunakannya

1. Cara untuk Menampilkan Simbol Persen di Excel

Cara untuk Menampilkan Simbol Persen di Excel

Ketika memulai untuk menghitung persen di Excel, maka kamu harus menampilkan simbol persen atau % di Excel. Tujuannya agar proses penghitungan bisa berjalan maksimal, dan kamu tidak bingung ketika menghitung laporan persen di Microsoft Excel. Simbol di dalam perhitungan Excel adalah keniscayaan.

Simbol % menjadi identitas, untuk kamu supaya bisa menghitung persen dengan baik. Bayangkan saja kalau menghitung persen tanpa adanya simbol %. Maka identitas angka yang menyatakan itu persen, tidak sesuai dan kamu juga akan bingung sendiri. Jadi kau harus tampilkan simbol persen ketika menghitung.

  • Cara pertama adalah cara manual. Kamu tinggal ketikkan lambang % di sebelah angka dan angka kamu berstatus sebagai angka persentase.
  • Cara kedua dengan membuka tab Home.
  • Lalu kamu pilih Number dan pilih Percentage atau (%). Nanti akan muncul simbol % di dalam data angka yang kamu punya.
  • Cara ketika dengan mengarahkan kursor ke kolom angka dan klik kanan.
  • Selanjutnya kamu pilih format cell dan pilih percentage. Nantinya angka yang ada di dalam cell akan memiliki lambang persen atau simbol %.

2. Cara Menghitung Persen di Excel

Cara Menghitung Persen di Excel

Setelah kamu memformat seluruh angka menjadi persen, maka bisa lebih mudah menghitung persentase. Kamu cukup menghitung variabel yang akan dihitung untuk persentase, kemudian akan muncul hasil dari penghitungan persentase. Selanjutnya kamu tinggal ikuti cara tersebut untuk mendapatkan hasil persen.

Kembali ke cara hitung persen. Dalam menghitung, setidaknya ada 2 variabel yang harus ada. Pertama Nilai Awal dan kedua Nilai Pembanding. Nilai Awal atau X adalah nilai tertentu yang ingin dihitung. Sedangkan nilai pembanding adalah nilai secara keseluruhan. Berikut ini cara lengkap untuk menghitung.

  • Contoh soalnya adalah dicari persentase 6 orang pria dari 10 orang yang ada di dalam ruangan.
  • Lalu kamu masukkan data tersebut ke dalam cell B1 atau B2, dan masukkan data mengenai hasil persentase ke B3.
  • Masukkan rumus =B1/B2 ke Cell B3, dan nantinya akan langsung terlihat hasil dari penghitungan tersebut. namun perlu diketahui bahwa format penghitungannya belum menjadi persen. Untuk mengubahnya, kamu bisa mengikuti cara mengubah format persen dan hasil persen akan muncul.
Baca Juga  Pengertian Perbedaan Row Column, Fungsi, & Posisinya di Excel

3. Cara Menghitung Persen Perubahan di Excel

Cara Menghitung Persen Perubahan di Excel

Trik selanjutnya yang juga perlu diketahui adalah cara menghitung persen perubahan di Microsoft Excel. Dalam kajian matematika, persentase perubahan adalah rumus yang digunakan untuk mengetahui selisih atau perbedaan antara nilai sebelum, dengan nilai sesudah dalam bentuk persentase dari nilai sebelum.

Contoh yang sering dipakai oleh rumus persen ini adalah perubahan, untuk menghitung persentase perubahan pendapatan sebuah perusahaan. Misalnya menghitung berapa persen pertambahan atau penurunan yang terjadi setiap bulan. Supaya lebih jelas berikut ini cara menghitung persen perubahan.

  • Misalnya di cell B3 sampai B8 berisi informasi soal pendapatan dari bulan Januari hingga Juni.
  • Lalu untuk mengetahui persentase perubahan pada Excel, kamu bisa buat cell C3 sampai dengan C8 yang berada di samping cell B3 hingga B8.
  • Kemudian untuk menghitung hasil persentase perubahan dari bulan Januari ke Februari maka kamu gunakan rumus =(B3-B2)/B2 atau data bulan 2 dikurang bulan 1 lalu dibagi data bulan 2. Nantinya akan muncul hasil persentase atau persen perubahan dari bulan Januari ke Februari.
  • Seperti biasa untuk melihat data persentasenya, kamu harus mengikuti cara mengubah format angka jadi persentase seperti yang sudah ditulis di tutorial sebelumnya.
  • Untuk melakukan di pada bulan-bulan lainnya, kamu tinggal mengganti rumus dengan bulan-bulan lain. Dengan menggunakan rumus tersebut, kamu akan melihat masing-masing persentase untuk masing-masing data setiap bulannya.
  • Perlu diketahui jika muncul keterangan (-) maka itu artinya terjadi penurunan persentase dibandingkan periode sebelumnya. Sedangkan jika ada tanda (+), maka itu artinya terjadi peningkatan persentase dibandingkan periode atau bulan sebelumnya.

4. Cara Menghitung Persen Perubahan Kenaikan

Cara Menghitung Persen Perubahan Kenaikan

Cara menghitung persen di Excel yang bisa dicoba adalah cara menghitung persen perubahan kenaikan. Cara yang satu ini bisa membantu kamu dalam mengetahui persentase penambahan nilai lama, dibandingkan dengan nilai yang lama. Caranya dengan mengurangi nilai baru dengan nilai yang lama.

Baca Juga  2 Cara Menggunakan Rumus IF pada Excel (Tunggal & Majemuk)

Cara ini cocok bagi kamu yang ingin mengetahui persentase sebuah data yang sifatnya terus bertambah. Contohnya data jumlah penduduk, data kenaikan gaji dan data-data lain yang sifatnya terus mengalami kenaikan setiap bulan atau setiap tahun. Jadi menggunakan cara yang satu ini benar-benar berguna.

  • Cara pertama adalah dengan membuat kolom kenaikan data di cell B3 sampai dengan B9.
  • Lalu buat kolom persentase kenaikan di cell C3 sampai dengan C9.
  • Dalam menghitung rumus ini, kamu gunakan =(B3-B2)/B2 di cell C3.
  • Nantinya kamu akan mengetahui mengenai hasil persentase kenaikan untuk data periode bulan dan tahun tertentu. Untuk mendapatkan data dalam format persentase, lagi-lagi kamu bisa mengikuti cara mengubah format angka menjadi persen.

5. Cara Menghitung Persen Perubahan Penurunan

Cara Menghitung Persen Perubahan Penurunan

Terakhir adalah cara menghitung persen perubahan penurunan. Sama seperti kenaikan, perubahan penurunan juga berfungsi untuk mengetahui persentase data yang cenderung menurun. Caranya juga sama dengan cara perubahan kenaikan.

Ternyata cara menghitung persen di Excel, tidak terlalu sulit. Asalkan kamu paham rumusnya dan sering menggunakan rumus saat mengakses Excel, maka dijamin kamu akan cepat menguasai rumus tersebut sehingga saat disuruh membuat laporan persentase hasil, semua bisa dilakukan dengan mudah.