Apa Itu Public Speaking

Mungkin sebagian besar dari kamu, ada yang belum tahu apa itu public speaking, apa tujuannya, apa manfaatnya, dan bagaimana cara melakukannya. Jika kamu termasuk salah satunya, maka sedang membaca artikel yang tepat.

Jika dilihat dari namanya, istilah public speaking ini berkaitan erat dengan berbicara di depan umum. Ya, pernyataan tersebut memang tidak ada salahnya.

Namun untuk tahu secara lebih pasti, berikut ini beberapa informasi mengenai public speaking yang perlu untuk diketahui.

Apa itu Public Speaking?

Apa itu Public Speaking

Public speaking adalah kemampuan atau skill yang sangat menguntungkan bagi seseorang. Tidak hanya dalam lingkungan pendidikan dan pekerjaan, kemampuan ini bisa kamu gunakan di berbagai kegiatan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pada dasarnya, public speaking ini merupakan suatu kemampuan dalam mempresentasikan dan menyampaikan suatu topi di depan umum tanpa adanya rasa gugup sedikitpun. Seseorang dapat menyampaikan informasi di hadapan para audience dengan jelas dan menguasai teknik yang tepat.

Poin yang paling penting dalam keahlian public speaking ini, yakni tentang bagaimana seseorang bisa berbicara dengan baik dan terstruktur. Jadi gagasan yang disampaikan saat berbicara, bisa dipahami oleh banyak orang dengan mudah.

Tidak hanya mengandalkan pada cara orang melakukan komunikasi saja, skill yang satu ini juga perlu disertai dengan keyakinan diri yang tinggi. Dengan pembawaan yang baik (body language yang tepat), maka audience akan merasa nyaman mendengarkan info yang kamu sampaikan.

Tujuan Public Speaking

Walaupun sekilas praktek dari public speaking ini seperti halnya berpidato pada umumnya, namun teknik yang kamu gunakan perlu disesuaikan dengan tujuannya. Nah, berikut ini beberapa tujuan dari penggunaan public speaking.

1. Menginformasikan Sesuatu

Menginformasikan Sesuatu

Menyampaikan suatu informasi pada banyak orang adalah tujuan yang paling dasar public speaking ini. Untuk jenis informasi yang dibawakan bisa saja beragam, mulai dari penyuluhan terhadap gerakan sosial, berita atau informasi penting, hingga ilmu pengetahuan yang baru bagi para audience.

2. Menyampaikan Motivasi

Menyampaikan Motivasi

Sadar atau tidak, ternyata kata-kata yang disampaikan menggunakan teknik public speaking yang baik dapat merubah cara padang para pendengarnya terhadap suatu hal. Biasanya seseorang juga bisa menyalurkan energi dan semangat baru pada orang-orang di sekitarnya walaupun hanya secara lisan.

3. Mengendalikan Situasi

Mengendalikan Situasi

Bisa dikatakan bahwa keahlian berbicara juga mampu membantu kamu untuk mengontrol kondisi dan suasa di sekitarmu. Contoh saja saat dalam sebuah acara terasa hening, maka kamu bisa mengambil alih dengan public speaking yang benar untuk kembali menghidupkan suasana.

4. Mempengaruhi Audience

Mempengaruhi Audience

Tidak hanya dituntut untuk bisa mengolah sebuah informasi supaya orang lain mudah untuk memahaminya, public speaking ini juga memiliki tujuan agar audience tertarik untuk mendengar topik hingga selesai disampaikan. Hal ini dilakukan untuk mendapat keyakinan dari para audience.

5. Menghibur Audience

Menghibur Audience

Tahukah kamu, jika seorang komedian yang biasa kamu lihat di acara komedi ternyata juga dituntut agar bisa menggunakan teknik public speaking yang baik. Ini karena para audience bisa merasa tertarik dan terhibur jika si komedian bisa membawakan materi lawakannya dengan jelas.

Manfaat Public Speaking

Jika kamu berhasil menguasai teknik public speaking dengan baik, maka akan merasakan banyak sekali manfaatnya. Oleh karena itu, langsung saja berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penguasaan soft skill yang satu ini.

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Berbicara di depan banyak orang membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi. Namun jika kamu sudah biasa melakukannya, maka secara perlahan kepercayaan diri akan terus meningkat. Tentu saja hal ini akan terasa sangat berguna ketika kamu berada di lingkungan kerja atau kehidupan sehari-hari.

2. Modal Untuk Memulai Bisnis

Modal Untuk Memulai Bisnis

Kemampuan di depan banyak orang ini juga bisa menjadi salah satu modal penting bagi seorang pebisnis, terutama pada saat memasarkan produknya. Misalnya saja ketika kamu ingin mengenalkan produk ke pasar, tentu saja penyampaian yang dilakukan harus benar-benar sesuai.

3. Menumbuhkan Skill Kepemimpinan

Menumbuhkan Skill Kepemimpinan

Seorang pemimpin yang baik, pastinya harus tahu cara untuk berkoordinasi yang baik dengan setiap anggotanya. Maka dari itu, seorang pemimpin juga perlu paham tentang skill public speaking sebagai salah satu bentuk implementasi dalam mengontrol para anggota dan dirinya sendiri.

4. Mudah Dalam Bergaul

Mudah Dalam Bergaul

Manfaat berikutnya yang bisa dirasakan dari menguasai public speaking ini adalah lebih mudah dalam bersosialisasi sehari-hari. Jika kamu menguasai public speaking, tentu punya cara agar pembicaraan bisa terus berjalan. Dan ini bisa membuat circle kamu menjadi lebih luas, karena lebih mudah dalam bergaul.

5. Menyampaikan Ide Dengan Lancar

Menyampaikan Ide Dengan Lancar

Salah satu cara yang terbaik untuk menyampaikan ide atau gagasan, adalah dengan berbicara di khalayak umum. Jika kamu terus menyimpan ide di pikiran, tentu saja orang-orang tidak akan tahu. Namun penyampaian ide ini perlu dilakukan dengan cara yang benar, agar ide tersebut bisa diterima.

6. Memberikan Pengetahuan Baru

Memberikan Pengetahuan Baru

Dengan menjalin komunikasi yang baik dengan banyak orang, maka kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru secara tidak langsung dari lawan bicara. Kemampuan ini juga bisa kamu gunakan untuk mengukur kemampuan dalam memahami berbagai tipe audience.

Baca juga: Kata-Kata Motivasi

Cara Public Speaking

Cara Public Speaking

Bagi sebagian orang, teknik public speaking ini cukup sulit untuk dikuasai. Namun kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar lebih cepat menguasai teknik public speaking seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Mempersiapkan Dengan Matang

Apabila kamu belum terbiasa untuk bicara di depan khalayak umum, maka cobalah mempersiapkan diri beberapa waktu sebelum tampil. Kamu bisa coba menuliskan kerangka hal-hal yang akan dibahas di atas kertas, kemudian praktik berbicara di depan kaca terlebih dahulu.

Memberikan Impresi Baik Pada 10 Detik Awal

10 detik awal merupakan saat yang krusial yang akan menentukan apakah kamu bisa menjalin komunikasi yang menarik dan interaktif pada audience atau tidak. Dalam waktu ini, kamu akan benar-benar menjadi perhatian utama dan berilah impresi yang baik untuk memikat minat audience.

Membangun Rasa Percaya Diri

Pada saat berbicara di depan banyak orang, modal utama yang dibutuhkan adalah kepercayaan diri. Ketika rasa percaya diri kamu sudah tinggi, biasanya materai yang sebelumnya telah dikuasai akan lebih mudah disampaikan.

Menciptakan Gesture Tubuh yang Baik

Rasa percaya diri seperti yang tadi dikatakan, biasanya juga akan diikuti dengan gesture tubuh yang baik. Gesture yang dimaksud dalam hal ini seperti vokal dan kontak mata yang jelas. Bahasa dan gerakan tubuh yang tepat, tentunya membuat para audience merasa lebih nyaman.

Terus Membiasakannya

Seperti yang telah diketahui, bahwa butuh waktu yang tidak sebentar untuk membangun soft skill dalam diri sendiri. Jadi jika kamu ingin benar-benar menguasai teknik public speaking dengan baik, maka perlu membiasakannya.

Baca juga: Apa Itu Podcast

Sekarang sudah jelas kan, apa itu public speaking, apa tujuannya, apa manfaatnya, dan bagaimana cara melakukannya? Pada intinya, keahlian public speaking ini akan terus meningkat jika kamu sudah terbiasa melakukannya.