Pengertian Tangga Nada Pentatonis, Jenis dan Contoh Lagunya

kuswono

tangga nada pentatonis

Pengertian Tangga Nada Pentatonis-Untuk menciptakan sebuah musik yang indah dan enak untuk didengarkan, tentunya kita membutuhkan perpaduan diantara tangga nada.Dalam sebuah musik tersendiri umumnya ada 2 jenis tangga nada yang populer atau sering digunakan. yaitu tangga nada pentatonis dan diatonis.

Tetapi kali ini saya akan membahas fokus pada nada pentatonis saja. Sebelum kita lanjutkan kamu harus paham dulu definisi dari tangga nada itu tersendiri apa? Selengkapnya bisa anda simak seperti berikut.

Pengertian Tangga Nada

Tangga nada merupakan suatu nada yang telah disusun menggunakan konsep berjenjang dan berasal dari nada pokok, Dari mulai nada dasar sampai nada oktaf .

Bisa dikatakan tangga nada adalah sebuah susunan not – not musik yang berurutan dan tersusun. Contoh tangga nada, Do, Re, Mi, Fa, So, La, Si, Do.

Dan ada pula yang mengatakan bahwa tangga ada adalah susunan nada yang dirangkai menggunakan rumus interval dari sebuah nada tertentu.

Apa interval nada itu? jadi, interval nada adalah jarak antara nada 1 dengan nada yang lain. Dan jaraknya sendiri itu beragam ada yang 1/2, 1, dan 2. Kemudian jarak itu yang menentukan  sebuah variasi nada dan jenis tangga nada yang dihasilkan.

Originally posted 2023-01-18 13:32:52.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya