Cara Mencari Data yang Sama di Excel

 

Ketika kamu sedang membuat laporan di Excel, terkadang kamu menemui masalah seperti menemukan kesamaan data. Alhasil semua data harus dicek untuk mengetahui apakah ada kesamaan data di cell lain. Maka cara mencari data yang sama di Excel dengan Vlookup bisa jadi solusi untuk masalah tersebut.

Cara ini mungkin tidak diketahui oleh banyak pengguna Excel. Alasannya mungkin karena kurang popular dibandingkan rumus-rumus lainnya. Padahal mencari data yang sama lewat Vlookup adalah cara yang penting karena menyangkut kemampuan kamu melakukan audit terhadap data yang ada di Microsoft Excel.

Bayangkan saja kalau terjadi kesamaan data di laporan yang dibuat. Walaupun jumlahnya tidak banyak tetapi bisa berpengaruh terhadap kredibilitas kamu di dunia kerja. Bisa jadi atasan atau manajer perusahaan mengira kalau kamu tidak teliti. Sesuatu yang pastinya dapat berdampak buruk bagi karir.

Cara Mencari Data yang Sama di Excel Dengan Vlookup

Cara Mencari data yang Sama

Mempelajari cara mencari data sama dengan Vlooklup harus menyeluruh. Kamu harus mengetahui Excel dan Vlookup dengan maksimal dan komperhensif. Tujuannya agar tidak sekedar tahu caranya saja. Tetapi juga paham sehingga bisa menjalankan semua proses pencarian data yang sama dengan sangat baik.

Akan sangat rugi kalau kamu hanya tahu caranya saja, tanpa memahami secara menyeluruh. Dalam mempelajari ini pertama-tama harus dipahami terlebih dahulu tentang ap aitu Vlookup. Berikut harus diketahui juga mengenai fungsi Vlookup di dalam Excel, dan puncaknya tahu cara menggunakannya.

1. Apa itu Vlookup

Apa itu Vlookup

Pertama-tama harus diketahui terlebih dahulu apa itu Vlookup. Tujuannya agar bisa lebih maksimal untuk menjalankan fitur tersebut. Vlookup adalah salah satu fungsi yang ada di Microsoft Excel. Sesuai namanya Vlookup adalah fungsi pencarian yang berguna untuk mencari data-data yang adai di lembar kerja Excel.

Pasalnya ketika membuat laporan di Excel, kamu sering kebingungan untuk mencari data-data tertentu. Alasannya mungkin karena datanya terlalu banyak. Padahal data dicari untuk mengetahui apakah ada kesamaan data atau tidak. Maka disini fungsi dari Vlookup yang membantu mencari data di dalam Excel.

Baca juga: Rumus Akar di Excel

2. Fungsi Vlookup

Fungsi Vlookup

Untuk tahu cara mencari data yang sama di Excel dengan Vlookup, kamu harus tahu apa fungsi dari Vlookup. Dengan mengetahui fungsi dari Vlookup, operasional Vlookup bisa semakin maksimal. Lalu akan timbul keinginan untuk mengeksplorasi Vlookup lebih jauh lagi sehingga fungsi fitur ini semakin optimal.

Setidaknya ada 4 fungsi dari Vlookup. Keempat fungsi ini sepatutnya harus kamu tahu jika ingin mahir dalam menguasai Vlookup. Diharapkan ketika tahu macam-macam fungsinya maka cara mencari data yang sama, bisa lebih dipahami. Bukan hanya sekedar dihapal di dalam kepala saja. Berikut ini 4 fungsinya.

  • Mencari Nilai. Vlookup dapat berfungsi untuk mencari suatu nilai di dalam cell atau tabel. Adapun nilai yang dimaksud seperti teks, tanggal, angka dan data-data lainnya. Sesuatu yang kerap kali ditulis oleh kamu ketika menggunakan Microsoft Excel, untuk keperluan membuat laporan kerja.
  • Tabel referensi. Fungsi lainnya adalah sebagai tabel untuk referensi. Tabel referensi akan muncul ketika Vlookup menemukan data yang sama. Oleh karenanya Vlookup berfungsi untuk mencari data yang sama sehingga, proses audit data di Microsoft Excel bisa semakin cepat dilakukan.
  • Fungsinya untuk mendapatkan kolom yang diinginkan. Kamu bisa mendapatkan data mengenai nomor kolom sehingga proses penulisan laporan bisa lebih maksimal.
  • Range lookup. Vlookup bisa menjadi panduan untuk menentukan apakah data yang kamu kumpulkan adalah data yang persis sama, atau data yang ternyata mendekati nilai. Adapun untuk

data yang persis sama muncul kata True, dan yang berbeda adalah False.

3. Belajar Mencari Data di Vlookup

Belajar Mencari Data di Vlookup

Sekarang belajar mengenai cara mencari data yang sama di Excel dengan Vlookup. Sebuah metode yang dapat membantu untuk mendapatkan data yang sama dengan mudah. Dalam mempelajari cara tersebut kamu harus membuat contoh data di Microsoft Excel. Hal ini dilakukan supaya bisa lebih paham.

Contoh ini bisa dibuat di dalam lembar kerja Excel. Dengan begitu, akan ada gambaran yang lebih jelas ketika ingin mengetahui lebih dalam soal cara mencari data yang sama di Excel, dengan menggunakan Vlookup. Berikut ini poin-poin yang bisa kamu tulis di Excel untuk contoh belajar Excel di Vlookup.

  • Pada cell B1 ditulis Tabel 1.
  • Lalu pada cell B2 ditulis Nomor.
  • Pada cell B3 sampai dengan B12 ditulis angka 1 sampai dengan angka 10.
  • Lalu pada cell C2 ditulis Nama.
  • Berikutnya pada C3 sampai dengan C12, tuliskan nama orang dengan 2 nama yang sama. Misalnya tuliskan nama Joko di C4, C9 dan C12.
  • Tulis D12 dengan Setoran.
  • Tulis D3 sampai D12 dengan jumlah setoran dalam rupiah.
  • Tulis G1 dengan Tabel 2.
  • Tulis G2 dengan Nama.
  • Tulis G3 dengan Nomor.
  • Tulis G4 sampai G8 dengan angka 1 sampai 5.
  • Biarkan H2 kosong
  • Tulis H3 dengan tulisan Nama.
  • Tulis I3 dengan tulisan Setoran.

Baca juga: Rumus Terbilang Excel

Cara Mencari data yang Sama di Excel dengan Vlookup

Sekarang kamu bisa mempelajari cara untuk mencari data yang sama di Excel dengan Vlookup. Beberapa langkah cara sekiranya harus dipahami betul supaya bisa mendapatkan data yang sama dengan cepat. Supaya tidak terjadi gangguan atau error, yang menghambat kerja kamu di Microsoft Excel.

  • Di cell A3, tuliskan rumus Excel yakni =C3:COUNTIF($C$3:C3;C3).
  • Selanjutnya Absolutkan cell C3 dengan cara menekan tombol F4 atau ketikkan simbol dollar antara huruf C yang pertama.
  • Silakan salin rumus tersebut hingga ke cell A12.
  • Buat tabel dummy di tabel 2 dan cell F4 dengan cara ketik =$H$2&G4 dan salin cell tersebut hingga F8. Nantinya kedua kolom dummy akan menjadi kunci dalam mencari data dengan Vlookup.
  • Kalau data sudah dibuat, silakan kamu masukkan rumus =VLOOKUP(F4;$A$2:$D$12;4;FALSE) di cell I4.
  • Lalu salin rumus hingga ke bawah.
  • Maka nama Budi beserta jumlah setoran yang dilakukan akan terlihat dengan menggunakan rumus tersebut.
  • Perlu diingat, jika data yang tampil hanya 3 data, sedangkan kamu menyalin rumus hingga 5 cell kolom maka akan muncul simbol #N/A atau nilai error.
  • Ketika kamu menghadapi situasi tersebut kamu jangan panik. Kamu hanya perlu menambahkan rumus IFERROR pada rumus agar error tidak terlihat.
  • Jadi kamu bisa menulis rumus dengan formasi =IFERROR(VLOOKUP(F4;$A$2;$D$12;4;FALSE);’’’).
  • Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan rumus Index-if-Small di Microsoft Excel. Cara ini cukup singkat dan kamu tidak memerlukan kolom dummy untuk mencari data yang sama.
  • Cara menggunakan rumus Index-if-Small di Excel adalah dengan memasukkan rumus =IFERROR(INDEX($D$3:$D$12;SMALL(IF($C$3:$C$12=$H$2;ROW($C$3:$C$12)-ROW($C$2));ROW(A1)));’’). Tulis rumus tersebut di cell I4, dan kamu akan mendapatkan data yang sama.

cara mencari data yang sama di Excel dengan Vlookup merupakan salah satu cara yang ampuh, untuk mendapatkan cari data yang sama di Excel. Namun, ada juga rumus Index-if-Small yang juga memberikan kemudahan dalam mendapatkan data di Excel.