Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas, Tol Jagorawi Arah Jakarta Diberlakukan Contraflow

Mustakim.org

Loop, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menerapkan arus balik dari KM 21+800 menuju KM 11+600 di Tol Jagorawi arah Jakarta. Arus balik ini mulai berlaku pada pukul 11.50 WIB.

Alvin Andituahta Singarimbun, Direktur Senior Tol Plaza Divisi Regional Jakarta Cibubur, Kantor Perwakilan 1 Gasamarja Metropolitan Tollroad, mengatakan, arus balik ini dilaksanakan atas kebijaksanaan polisi untuk mengantisipasi peningkatan lalu lintas.

“Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi jalur perjalanannya guna meningkatkan rekayasa lalu lintas saat ini” kata Alvin dalam keterangannya, Senin (1/1/2023).

Selain itu, pihaknya juga tak lupa mengingatkan pengendara untuk memastikan saldo kartu elektroniknya cukup untuk menghindari kemacetan kendaraan saat bertransaksi di tol.

“Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk memastikan saldo e-card yang cukup sebelum memulai perjalanan untuk menghindari kemacetan saat bertransaksi di gerbang tol,” ujarnya.

Ia menyimpulkan dengan mengatakan, “Selalu patuhi lampu lalu lintas dan ikuti arahan petugas di lokasi kejadian.”

Sebelumnya, Satlantas Polres Bogor menerapkan sistem satu arah dari Kecamatan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, hingga Jakarta pada Senin sore (1 Januari 2023).

Rekayasa ini dilakukan untuk mencegah kemacetan lalu lintas di jalur wisata Puncak pasca perayaan malam tahun baru 2024 yang diharapkan dapat meningkatkan pergerakan masyarakat dari Puncak menuju Jakarta.

Pernyataan dari akun Instagram @tmcpolresbogor menulis: “Pada hari Senin tanggal 1 Januari 2024 akan diberlakukan jalur wisata Puncak dengan rekayasa satu arah menuju Jakarta.”

Oleh karena itu, bagi kendaraan yang ingin menuju Cianjur melalui Jalan Puncak dapat digunakan jalur alternatif seperti via Gongol (Cibubur, Celungsi, Gongol, Serio, Cikalong, Cianjur) dan via Sukabumi (Siawi, Sikorug, Sibadak, Kota Sukabumi, Cianjur ) . .

Baca Juga  Cara Mengurus Tilang Elektronik: Panduan Lengkap dan Praktis

Ia menambahkan, “Kendaraan yang menuju Punchak harus menggunakan jalur alternatif.”

Selain itu, Jasa Marga menerapkan sistem satu arah di Jajurawi dari arah Puncak hingga Jakarta untuk mendukung deskripsi kendaraan.

“Prioritas satu arah berlaku hingga 12.34 WIB #Tol Jagorawi Puncak,” tulis akun

“Berlaku CONTRAFLOW/JALUR KANAN Gn Putri KM 21+800 – Cipayung KM 11+600. Harap tetap mematuhi sistem antrian,” imbuhnya.

Sistem satu arah ini diterapkan dalam Operasi Lilin Lodaya 2023 untuk menjamin arus mudik masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Ia berkata, “Tahun ini ada dua arus repatriasi dan arus pulang, dan hari ini adalah arus pulang yang ke-26 dan yang pertama. Banyak kantor yang mulai bekerja pada tanggal 27, jadi diperkirakan hari ini adalah harinya.” Ini akan menjadi arus balik yang pertama.” Brigadir Jenderal Paul, Komisaris Polisi dan Lalu Lintas. Ia mengutip Yousry Younis dkk.

Dijelaskan, menyusul gelombang kepulangan pertama pada libur panjang Natal, akan ada gelombang kepulangan kedua pada libur panjang Tahun Baru Imlek tahun 2024.

Yousri memperkirakan arus balik selanjutnya akan terjadi pada 30-31 Desember 2023 dan arus balik berikutnya terjadi pada 1-2 Januari 2024.

Oleh karena itu, hari ini puncaknya dan arus balik pertama ke Jakarta melalui Cekambik meningkat, kata Yusri.

Originally posted 2024-01-01 14:26:31.

Tags

Bagikan:

Mustakim.org

Blogger enthusiasm, content writter dan pelajar jadi satu. Hobi baca buku dan solo touring.

Artikel Lainnya

Leave a Comment