Perkalian 3

 

Di Excel kamu bisa mengerjakan dengan mudah semua data yang berhubungan dengan hitung-hitungan termasuk perkalian 3. Yuk, belajar rumus-rumus dasar yang akan dikupas serinci mungkin di bawah ini!

Kamu mau belajar ms. Excel untuk mempermudah pengerjaan data? Tepat sekali klik artikel ini! Di sini kami akan membahas mengenai beberapa rumus di Microsoft Excel yang bisa membantumu mempercepat pengoperasian data.

Rumus-rumus Dasar di Excel

Untuk beberapa orang tentu saja tidak asing lagi dengan aplikasi Excel ini, satu dari banyaknya aplikasi dasar yang dibutuhkan orang. Salah satu fungsi utamanya yaitu penghitungan, makanya banyak sekali yang menggunakan aplikasi ini dari mulai pelajar sampai pekerja kantoran.

Rumus excel ini banyak sekali yang bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari, seperti pengolahan data, perhitungan matematika dan logika. Ada baiknya bila kamu menguasai beberapa rumus dasar saja agar bisa dimanfaatkan dengan optimal. Banyak sekali keuntungan bila kamu menguasai apk ini.

Walaupun akhir-akhir ini makin banyak bermunculan software spreadsheet baru, tetap saja ms. Excel tidak tergantikan bahkan menjadi standar acuan untuk spreadsheet lain. Namun, Microsoft Excel ini memiliki banyak sekali rumus yang harus dihapal di antara rumus dasarnya yaitu perkalian.

Sesuai judul rumus yang akan kita bahas kali ini adalah rumus dasar excel. Berikut beberapa rumus dasar excel yang bisa kamu gunakan :

1. Rumus Perkalian di Excel

Rumus Perkalian di Excel

Bila ingin menghitung perkalian, baik perkalian 3 atau perkalian lainnya kamu bisa menggunakan salah satu dari dua opsi. Dua opsi yang bisa dipakai yaitu menggunakan tanda * (bintang) atau formula PRODUCT.

Contoh 1 :

Kamu ingin mengalikan nilai yang ada pada sel A1 dengan sel B1. Maka di sel C1 kamu tinggal menuliskan rumus =A1*B1 lalu tekan enter dan jadilah hasilnya.

Contoh 2 :

Bila contoh di atas menggunakan tanda * maka contoh sekarang menggunakan formula PRODUCT. Rumusnya menjadi =PRODUCT(A1:B1) lalu tekan enter, hasilnya akan keluar secara otomatis.

Bagaimana, mudah bukan mengaplikasikannya? Rumus di atas bisa digunakan juga untuk perkalian 3 bila kamu mau. Selanjutnya kamu akan belajar rumus pembagian, pengurangan dan penjumlahan excel cara pengaplikasiannya pun sebenarnya mirip hanya beda di tanda saja.

2. Rumus Pembagian di Excel

Rumus Pembagian di Excel

Tidak jauh berbeda dengan rumus perkalian, rumus pembagian juga sangat mudah dipahami tinggal ingat-ingat tanda yang digunakan saja. Bila rumus perkalian menggunakan tanda * maka pembagian menggunakan tanda / sebagai syaratnya. Rumus pembagian tidak memiliki pilihan seperti perkalian.

Contoh :

Kamu mau membagi sel A2 dengan B2, maka di sel C2 kamu menggunakan rumus =A2/B2 klik enter dan munculah hasilnya. Bila kamu ingin hasilnya muncul di sel D2, ketik rumusnya di sana karena hasil akan muncul di sel tempat kita ketik rumus.

Catatan :

Hasilnya tak selalu harus di samping, bisa diaplikasikan di tempat mana pun yang diinginkan.

3. Rumus Penjumlahan di Excel

Rumus Penjumlahan di Excel

Sama seperti rumus perkalian, penjumlahan juga bisa dilakukan dengan dua pilihan yaitu menggunakan tanda + atau fungsi SUM.

Contoh 1 :

Misal kamu mau menjumlahkan nilai di sel A3 dengan B3 maka di sel yang kamu mau ketik rumus =A3+B3 enter.

Contoh 2 :

Sekarang coba kamu jumlahkan menggunakan fungsi SUM, maka rumusnya akan menjadi =SUM(A3:B3) jangan lupa tekan enter.

Keduanya sama-sama menjumlahkan, kamu bisa pilih salah satu yang menurutmu gampang. Tidak ada yang susah bukan dalam pembelajaran rumus dasar?

4. Rumus Pengurangan di Excel

Rumus Pengurangan di Excel

Rumus pengurangan ini hanya bisa menggunakan tanda – saja, tidak ada opsi lain. Untuk penggunaan rumus dasar juga sebenarnya sama dengan ketiga rumus di atas. Pandai-pandai kamu saja dalam menghapal setiap tanda yang digunakan.

Contoh :

Kamu akan melakukan operasi pengurangan sel A1 dan B1 maka rumus yang harus kamu tuliskan adalah =A1-B1 selanjutnya tekan enter dan selesai.

Bagaimana, semua rumus yang ada di atas tentu saja sangat mudah dihapal karena hanya rumus dasar. Untuk bisa mahir menggunakan ms. Excel pahami juga rumus lain beserta fungsinya. Ada beberapa rumus fungsi yang akan sangat membantu mengelola data-datamu juga.

Setelah mengetahui rumus dasar ada baiknya kamu tahu dulu keunggulan menguasai ms. Excel dalam kehidupan terutama pekerjaan. Di bawah ini kami akan mengulas beberapa keunggulan ms. Excel dalam menangani permasalahan perhitungan.

Baca juga: Cara Menghitung Persen di Excel

Manfaat Menguasai Ms. Excel pada Pekerjaan

Manfaat Menguasai Ms. Excel pada Pekerjaan

Ms. Excel merupakan salah satu aplikasi pokok yang sangat dianjurkan untuk dikuasai. Pada zaman sekarang banyak sekali perusahaan yang mengharuskan para calon karyawannya menguasai excel. Beberapa di antaranya pekerjaan yang membutuhkan excel adalah data analis dan akuntan.

Tidak hanya akuntan dan analis saja, bahkan seorag marketer juga sangat membutuhkan aplikasi exce juga. Di excel ada diagram dan pembuatan grafik yang bisa membantu para marketer mengambil keputusan untuk melangkah ke depan.

Menguasai excel memang sangat direkomendasikan karena di dalamnya terdapat banyak alat atau fungsi yang bisa mengatasi beberapa masalah. Berikut ini adalah beberapa keunggulan ms. Excel dalam menyelesaikan masalah pekerjaan :

1. Akurat dalam Menyelesaikan Masalah

Biasanya saat mengkalkulasikan data secara manual, selalu ada saja perhitungan yang keliru. Bila menggunakan ms. Excel kamu tidak perlu menghitung lagi, semua bisa dihitung dengan cepat dan lebih akurat.

2. Bisa Memvisualisasikan Data

Apakah pekerjaanmu mengharuskan kamu mengirim visualisasi atau presentasi depan atasan? Maka kamu wajib menggunakan ms. Excel karena di sana kamu bisa memvisualisasikan data jadi lebih mudah dan menarik.

3. Merapikan Data

Kadang ketika kita sedang mengatur banyak data sekaligus, data yang tersimpan jadi tidak beraturan entah ada dimana-mana datanya. Dengan menggunakan ms. Excel ada fungsi yang bisa mengatur semua data tersusun rapi dalam kategori-kategori.

4. Mempercepat Pengolahan Data

Dengan function yang ada dalam ms. Excel kamu bisa mengolah banyak data sekaligus dengan cepat dan akurat. Jadi, kamu tidak perlu capek mengolah data satu-satu sampai banyak waktu terbuang untuk membereskan data saja.

5. Penggunaan Praktis

Cara mengaplikasikannya juga gampang, kamu hanya tinggal ketik rumus untuk intruksi dan semuanya akan diolah dengan tepat. Syaratnya hanya kamu harus menguasai semua rumus pasda aplikasi ms. Excel.

Bagaimana? Banyak sekali bukan fungsinya bila kamu menguasai ms. Excel tidak akan menyesal. Segera pelajari dari sekarang agar membuat pekerjaanmu lebih mudah dan cepat.

Baca juga: Formula Bar Excel

Kamu juga bisa melampirkan “menguasai Microsoft Excel” di dalam surat lamaran kerja atau CV. Pada saat hendak melamar pekerjaan.

Diharapkan setelah membaca ini kamu bisa memahami dan mempraktekan ke-empat rumus dasar di atas. Setelah paham, kamu bisa juga mengoperasikan perkalian 3 dengan rumus perkalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan mudah dipahami. Klik artikel lainnya di sini untuk menjadi ahli ms. Excel.