Rumus Rata Rata di Excel

 

Microsoft Excel merupakan platform yang membantu kamu untuk membuat laporan, serta menghitung dengan baik. Salah satunya menghitung rumus rata rata di Excel yang sering dilakukan. Tujuannya baik untuk kebutuhan menghitung laporan pekerjaan, usaha, atau tugas sekolah dan kuliah yang sifatnya rutin.

Dengan berbagai tugas yang kamu perlu kerjakan, maka rumus rata-rata menjadi sesuatu yang penting. Kamu harus memahaminya dengan baik, serta mampu mengimplementasikan di kehidupan sehari-hari. Tujuannya agar semua proses pekerjaan yang berkaitan dengan menghitung rata-rata bisa cepat selesai.

Memang tidak ada yang tidak mungkin. Asalkan kamu mau belajar mengenai rumus rata-rata pada Microsoft Excel dan rajin berlatih maka kamu segera bisa menguasainya dengan baik. Lalu kamu akan mampu meningkatkan produktivitas kerja atau belajar kamu, karena bisa melakukan rumus rata-rata Excel.

Rumus Rata Rata di Excel Terlengkap

Rumus Excel Terlengkap

Banyak sekali informasi seputar rumus rata-rata untuk Microsoft Excel. Kamu harus menyerap seluruh informasi tersebut, tujuannya agar kamu bisa melakukan penghitungan rata-rata di Excel dengan sangat cepat. Diharapkan kamu juga lebih paham semua rumus supaya bisa menerapkannya di dunia kerja.

Memang sepintas semua rumus rata-rata dianggap terlalu sulit. Padahal kalau kamu tahu, tidak terlalu sulit. Hal terpenting yang harus kamu ketahui adalah, perlu kedisplinan dan fokus untuk berlatih. Tujuannya agar tidak salah langkah ketika melakukan perumusan di Excel, yang membuat kerja kamu tidak cepat selesai.

1. Rumus Rata-Rata Average

Rumus pertama adalah Average. Bisa dibilang ini adalah rumus yang umum dipakai untuk menghitung rata-rata di Microsoft Excel. Kenapa dibilang umum, karena rumus tersebut banyak digunakan oleh pengguna Excel di dunia. Hal tersebut mengapa Average menjadi salah satu rumus yang umum di Excel.

Rumus Average mengkombinasikan koordinat cell atau call rage sebuah tabel yang berisi angka-angka. Kemudian untuk menghitung masing-masing angka yang ada di cell, kamu bisa menggunakan tanda titik dua atau (:) di antara cell yang ingin dihitung. Berikut ini contoh rumus dari Average untuk rata-rat Excel. .

  • Rumus Average adalah =Average (C1: C16)

2. Rumus Rata-rata Averageif

Rumus rata rata di Excel berikutnya Averageif. Rumus ini bisa menjadi opsi, bagi kamu yang ingin mendapatkan perhitungan rata-rata dengan mudah dan cepat. Pasalnya dengan menggunakan Averageif, proses penghitungan rata rata di Excel bisa dilakukan dengan sangat cepat, dan beberapa tahapan saja.

Untuk menggunakan Averageif, call range tempat data yang ingin dihitung rata-ratanya dilakukan berdasarkan kriteria, kriterianya sendiri dan juga cell range angka. Berikut ini gambaran rumus mengenai rata-rata Averageif.

  • =Averageif(range, kriteria, [range_angka])

3. Rumus Rata-rata Averageifs

Rumus ketiga adalah rata-rata Averageifs. Rumus rata rata di Excel ini, merupakan rumus untuk menghitung rata-rata dengan data lebih dari satu kriteria. Rumus rata-rata Averageifs merupakan penyempurnaan dari rumus Averageif sebelumnya. Pasalnya bisa dilakukan untuk lebih dari satu kriteria.

Dalam input data dari Averageif, call range atau tempat data yang bisa dievaluasi adalah data yang dengan kriteria, dengan adanya kriteria sendiri, serta dengan adanya cell range angka. Kamu tidak bia memasukkan cell range angka khusus jika cell tempat kamu mengevaluasi sama dengan kriteria kamu.

  • =Averageifs (range_angka, range1, kriteria1, …)

Baca juga: Cara Menghitung Umur di Excel

4. Rumus Rata-rata Average

Rumus ini cocok bagi kamu yang ingin memperhitungkan semua cell, dan menganggap semua cell sebagai 0. Maka jika hal tersebut ingin kamu lakukan, maka kamu bisa menggunakan rumus rata rata di Excel, dengan cara Averagea.

Average memiliki sedikit perbedaan dengan Avaragea. Perbedaannya terletak pada pelibatan data dalam proses perhitungan. Pada Average, mengabaikan semua data selain angka. Sedangkan Average tidak mengabaikan data selain angka, namun semua data tersebut dianggap sebagai data 0, atau data kosong.

  • =Average (data1, [data2], …)

5. Rumus Rata-rata Trimmean

Saat ingin menghitung rata-rata untuk mean statistik, kemungkinan kamu perlu untuk mengabaikan persentil pada atas, dan bawah tertentu dari kumpulan angka yang ada di dalam file data kamu. Sekedar info kalau persentil adalah angka-angka terbesar atau yang terkecil dari sebuah kumpulan angka-angka

Misalnya kalau kamu berkata 25% persentil atas pada suatu kumpulan angka, maka hal tersebut mencakup 25% angka-angka terbesar dari kumpulan angka tersebut. Adapun dalam rumus Trimmean pada Excel maka kamu harus mengetahui informasi mengenai rumus dari Trimmean yang isinya sebagai berikut ini.

  • =TRIMMEAN(range_angka, persen_persentil)

6. Rumus Rata Rata Subtotal

Rumus rata rata di Excel lainnya adalah rumus rata rata subtotal. Rumus ini bisa menjadi opsi bagi kamu yang ingin menghitung rata-rata semua angka yang telah lolos filter dari fitur filter yang telah diaplikasikan di dalam tabel. Pasalnya untuk menerapkan itu rumus Average tidak bisa untuk melakukan cara tersebut.

Rumus Average tidak bisa dipakai, karena Average akan mengikutkan angka-angka yang tidak lolos dalam filter. Bagi kamu yang ingin melakukan cara tersebut, solusinya adalah dengan subtotal. Dengan penerapan rumus Subtotal maka kamu bisa mengihitung rumus yang telah difilter. Berikut ini rumusnya.

  • =SUBTOTAL(1/101, range_angka_terfilter)

Tips Mengitung Rumus Rata-rata di Excel

Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan, untuk menghitung rumus rata-rata di Excel. Berbagai tips ini bisa menjadi acuan untuk kamu ketika ingin menghitung sebuah laporan dalam Microsoft Excel. Harus diakui bahwa dalam menulis di Excel, rumus saja tidak cukup butuh keseriusan kamu dalam menghitungnya.

Apalagi ada banyak sekali rumus dan masing-masing keunggunaan dari rumus tersebut. Jadinya jangan sampai kamu salah tulis sehingga laporan kamu berantakan. Oleh karena itu solusi dari masalah ini yakni dengan menerapkan berbagai tips ini. Berikut ini berbagai tips yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

1. Pastikan Tulis Rumus dengan Benar

Pastikan Tulis Rumus dengan Benar

Microsoft Excel adalah sebuah sistem komputer. Oleh karena itu, kamu tidak boleh lengah atau salah ketika menulis rumus. Pastikan kamu menulisnya dengan benar. Tujuannya agar proses perhitungan bisa berjalan lancar dan sistem secara otomatis bisa menghitung rumus rata rata di Excel dengan benar.

Supaya kami bisa melakukan hal tersebut, kuncinya adalah ketelitian. Kamu harus teliti ketika menulis rumus supaya tidak terjadi kesalahan sistem. Dampak dari kesalahan sistem membuat produktivitas kerja semakin menurun, karena durasi kerja menjadi semakin lama dan kamu tidak bisa mengerjakan yang lain.

2. Tulis Rumus Sesuai Tipe Angka yang Ingin Dihitung

Tulis Rumus Sesuai Tipe Angka yang Ingin Dihitung

Berikutnya adalah, tulis rumus sesuai tipa rata-rata yang mau kamu hitung. Kamu bisa mempelajari tipe-tipe kasus dalam perhitungan di Excel supaya tidak salah. Alasannya kalau terjadi kesalahan yang sedikit saja. Dampaknya bisa fatal, dan bisa mengganggu produktivitas kamu. Jadi kamu harus lakukan tips ini.

Baca juga: Formula Bar Excel

Berbagai rumus rata rata di Excel beserta tips, merupakan cara lengkap dalam mencari melakukan perhitungan data di Excel. Selain itu semua rumus rata-rata ini diberikan agar mempermudah pekerjaan kamu ketika berhadapan dengan data angka yang kadang membingungkan.