Kumpulan Rumus Countif Excel dengan Berbagai Kriteria

Rumus Countif Excel merupakan fungsi yag ada di Microsoft Excel untuk meghitung banyaknya data menggunakan kriteria, syarat hingga kondisi yang bisa ditentukan sendiri. Rumus ini bisa digunakan untuk menjumlahkan data dalam file Microsoft Excel yang dibedakan dalam suatu cell range.

Jika ingin menjumlahkan data dengan angka yang lebih banyak dalam file Excel, kamu bisa pakai rumus SUMIF atau SUMIFS. Namun perlu diketahui, sebelumnya kamu harus mengerti fungsi atau mengerti cara memasukkan Rumus Excel menggunakan tanda sama dengan fitur Insert Function.

Sebelum menggunakan fungsi countif, penting banget untuk kamu ketahui aturan penulisan rumus Countif Excel. Hampir sama dengan fungsi lainnya, fungsi Countif ini juga punya aturan penulisan, secara default, fungsi Countif seperti =COUNTIF (range,criteria).

Kumpulan Rumus Countif Excel

Kumpulan Rumus Countif Excel

Sedikit penjelasan terkait rumua Countif dan Inputnya, ada beberapa hal yang harus kamu tahu. Ada 2 Argument utama dalam fungsi Countif lho, yuk simak penjelasannya berikut ini.

  • Range: Hal ini merupakan sekelompok cell yang akan kamu hitung jumlah datanya.
  • Criteria: Argument ini merupakan kriteria, syarat serta kondisi yang ditentukan sendiri, atau bisa juga disebut dengan syarat data yang nantinya akan dihitung jumlahnya.

Singkatnya, Excel akan menghitung jumlah data pda Range berdasarkan kriteria yang sudah kamu tentukan seblumnya. Karena kriteria di rumus Countif Excel akan menghitung berapa banyak jumlah Cell pada Range. Berikut yuk simak macam-macam kumpulan rumus Countif Excel.

Baca juga: Cara Menghitung Rumus Diskon di Excel

1. Countif dengan Kriteria Angka Manual

Rumus satu ini umumnya digunakan menghtung jumlah seseorang atau barang dengan nominal atau angka yang sama. Salah satu contohnya, berapa banyak siswa yang mendapatkan nilai 60. Sebelumnya ketahui dulu jumlah Range dan kriteria yang sudah ada lalu terapkan rumus sebagai berikut:

  • Masukan Fungsi Countif pada cell yang sudah ditentukan dengan rumus =COUNTIF(
  • Langkah selanjutnya blok range yang ada di cell menurun sebanyak data yang kamu masukkan dan masukkan Countif hingga cell yang kamu isi berakhir.
  • Terakhir, ketika angka 60 sebagai kriteria, lalu ketik tanda tutup kurung lalu tekan enter. Maka hasilnya akan keluar.

2. Countif menggunakan Kriteria Cell Reference

Rumus berikut ini merupakan kriteria Cell Reference merupakan kriteria Rumus COUNTIF yang terdapat di Cell lainnya dan bisa dalam sheet yang sama maupun berbeda. Masih dengan perumpamaan yang sama, yuk simak bagaimana penerapan rumusnya berikut ini.

  • Langkah awal, kamu perlu ketik fungsi COUNTIF pada Cell dan blok Range data dan ketik pemisah rumus seperti ( , atau ; ) atau seperti =COUNITF (D1:D19,
  • Kedua, klik Cell yang diinginkan sebagai kriteria pada rumus.
  • Terakhir, ketik tanda tutup kurung kemudian tekan Enter

3. Countif dengan Kriteria Operator Perbandingan Rumus + Manual

Pada rumus Excel, perbandingan rumus sangat berguna untuk menguji logika. Karena, perbandingan rumus berupa tanda lebih dari (>), kurang dari (<) sama dengan (=) dan tidak sama dengan (<>). Masih dengan perumpaan yang sama dengan nilai, berikut ini:

  • Langkah utama ketikan fungsi Countif dan Blok Range data kemudian ketik rumus pemisah ( , atau ; ) seperti =COUNTIF (D1:D19,
  • Kedua ketik “>60”) dan tekan enter maka akan segera keluar hasil angka nominalnya

4. Countif dengan Kriteria Perbandingan Rumus + Cell Reference

Countif Excel kali ini merupakan rumus Countif yang menggunakan operator perbandingan Rumus serta Cell Reference. Menggunakan dengan perumpamaan yang sama dan kamu bisa mengubahnya dengan angka yang sesuai dengan kebutuhan, yuk ikuti tahapan rumus satu ini.

  • Langkah pertama dalah memasukkan rumus Countif, blok range data dan ketikkan ruus pemisah seperi biasa pada Cell yang akan kamu hitung.
  • Setelah menetik rumus penghitung lakukan dengan diapit dengan tanda kuti seperti ‘’<=’’ lalu ketik & sehingga rumus Countif menjadi =Countif (D1:D19,’’<=”&.
  • Langkah terakhir klik pada Cell yang kamu inginkan kemudian ketik tanda tutup kurung dan tekan Enter.

5. Countif Ganda dengan 2 Kriteria

Rumus Countif excel berikutnya merupakan sebuah trik atau tips untuk kamu yang ingin tahu seberapa banyak cell yang memiliki data sesuai dua krtieria pada range data yang sama. Dengan perumpamaan yang sama, berikut rumus penjumlahan kriterianya:

  • Cara pertama adalah memasukkan Countif pada Cell yang diinginkan dan blok range data dan ketik rumus pemisah ( , atau ; ) sehingga rumusnya seperti =Countif (D1:D19,
  • Lalu ketikkan 60 sebagai kriteria pertama kemudian ketik dengan tanda kurung tutup)
  • Lalu ketikkan tanda tambah + untuk menambah rumus Countif, sehingga menjadi (D1:D19 75)+
  • Tahap terakhir, ulangi tahap satu dan tambahkan dengan kriteria kedua lalu tekan enter.

6. Countif dengan Kriteria TeKS Murni

Rumus dengan menggunakan teks murni ini karena dalam rumus hanya disebutkan atau dituliskan teks saja. Karena biasanya rumus selalu ada tambahan simbol di setiap karakternya. Untuk rumus ini karakter dituliskan dalam bentuk teks bukan lagi banyaknya cell yang diblok.

Sama halnya dengan rumus Countif dengan kriteria angka manual, rumus teks ini juga hampir sama namun kriterianya dituliskan dalam bentuk teks seperti nama barang atau orang yang akan dihitung pada range. Contohnya =COUNTIF(D1:D19,’’Sepeda”)  setelah itu lalu tekan enter.

7. Countif Kriteria TeKS + Tanda Tanya (?)

Kali ini sesuai dengan judulnya Countif dengan kriteria teks + yang nantinya menggabungkan rumus dengan dengan tanda tanya. Rumus Countif Excel ini digunakan untuk menghitung banyak data dengan krieria yang cukup beragam. Satu tanda tanya bisa mewakili satu karakter apapun.

Kamu bisa menambahkan teks dan tanda tanya dalam rumus yang kamu ingin ketahui hasilnya. Contoh perumpaannya masih sama seperti berapa banyaknya sepeda pada setiap cell sehingga rumusnya sebagai berikut, =COUNTIF (D1:D19,’’Buku?) lalu tekan enter nantinya akan keluar haslinya.

8. Countif dengan Kriteria *

Ada rumus Countif yang menggunakan bintang tanpa menggunakan teks seperti rumus sebelum-sebelumnya. Lebih sederhana karena tidak perlu menuliskan kriteria seperti rumus teks murni. Namun yang perlu diketahui tanda bintang pada rumus bukanlah angka sehingga harus pakai tanda kutip.

Pasalnya Excel mengabaikan Cell yang berisi angka sehingga harus adanya tanda kutip di dalam rumus. Rumus dengan kriteria * ini menjadi seperti ini =COUNTIF (C1:C12, “*”) lalu tekan enter maka akan keluar hasilnya.

Beragam cara atau rumus menggunakan Countif Excel untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari yang menggunakan Microsoft Excel. Dengan rumus ini maka kamu bisa menghitung jumlah barang atau seseorang yang kamu inginkan hanya dengan rumus Countif dan berbagai caranya yang beragam.

Baca juga: Rumus Akar di Excel

Dengan melihat beberapa rumus di atas hingga bocoran penerapannya di Microsoft Excel langsung, apakah kini kamu sudah paham? Kalau sudah mengerti langsung cobain praktek ya.