Cara Menggunakan Rumus Hlookup dan Vlookup

Cara menggunakan Rumus Hlookup dan Vlookup dapat dikatakan sangat praktis apabila kamu bisa menggunakannya secara tepat.  Fungsi  VLOOKUP dan HLOKKUP digunakan untuk menampilkan beberapa data dalam tabel.

Khusus penulisan pada tabel acuan, kamu harus terlebih dahulu melakukan block tabel acuan tersebut dengan cara menuliskan rumus C13 : F16.

Selanjutnya padukan beberapa angka tersebut dengan menekan tombol menu F4 pada keyboard atau bisa juga simbol $ dengan otomatis.

Fungsi Rumus Hlookup dan Vlookup

Fungsi Rumus Hlookup dan Vlookup

Makna dari rumus VLOOKUP yaitu rumus pada Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk mencari beberapa nilai-nilai tertentu yang tertera di dalam kolom.

Atau berasal dari sumber data lainnya yang menggunakan keyword atau kata kunci tertentu berbentuk vertikal dan horizontal. Bentuk penulisan dari rumus fungsi tersebut antara lain VLOOKUP.

Kemudian masukkan look up fellow, tabel array  dan col index num, adapun makna dari ketiga rumus tersebut menggambarkan letak table, nilai kunci, dan nomor kolom. Sehingga diperoleh  hasil yang sempurna.

Proses kerja yang digunakan pada kedua rumus fungsi tersebut yaitu berguna untuk mencari beberapa nilai secara vertikal yang terletak di posisi kolom paling kiri dari tabel yang disajikan sebagai sumber data.

Sehingga cara ini mampu mengembalikan  nilai pendekatan terkait dengan nilai pencarian

Cara Menggunakan Rumus Hlookup dan Vlookup

Cara menggunakan Rumus Hlookup dan Vlookup bisa dipelajari dengan mudah asalkan tahu apa saja fungsi dan tujuan dari rumus ini.

Tujuan dari menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOKKUP adalah untuk menghitung tunjangan, gaji pokok, total gaji, biaya transportasi, biaya gaji bersih dan total dan biaya total pajak yang akan dibayarkan setiap tahunnya.

Dengan begitu rumus ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah fungsi lengkap dari penggunaan rumus VLOOKUP dan HLOKKUP:

1. Menghitung Besar Gaji Pokok

Menghitung Besar Gaji Pokok

Cara menggunakan rumus tersebut bisa diimplementasikan dalam menghitung besar gaji pokok yang dikeluarkan.

Menghitung gaji pokok dapat digunakan dengan cara memasukkan fungsi VLOOKUP di dalam sel berbentuk D5, lalu kombinasikan dengan formula di Cell dengan cara mengcopy drag.

Kamu bisa menggunakan sel berbentuk d9 dengan format penulisannya yaitu VLOOKUP diurutkan menjadi (lookup value, table array, col index num).

Selanjutnya, isilah data tersebut menggunakan nilai dasar sebagai kunci keberhasilan dalam pembacaan tabel data yang efektif.

Hal yang perlu kamu ketahui dalam penghitungan fungsi ini yaitu bahwa didalam lookup value, harus diisi menggunakan nilai-nilai yang tepat.

Selanjutnya, pada tabel array harus menggunakan ring data yang disusun secara vertikal dan tangga dengan memanfaatkan tabel bantu yang dibaca.

Begitupun dengan numerik col index num, harus menggunakan beberapa urutan pada kolom yang dapat difungsikan untuk melakukan pembacaan tabel secara efektif, yakni dimulai dari kolom pada posisi bagian kiri.

Dengan begitu penghitungan besar gaji akan terdeteksi secara cepat.

Rumus yang digunakan dalam penghitungan gaji pokok di antaranya yaitu letakkan posisi pada tabel gaji di antara posisi yang paling tepat.

Tujuannya yaitu menghindari beberapa kesalahan yang terjadi saat proses copy formula atau melakukan gerak dengan menambahkan simbol $.

Ketika menggunakan formula tersebut, maka ini dapat membantu kamu untuk mengabsolutkan Cell atau range yang digunakan agar proses pengerjaannya sesuai dengan yang diharapkan.

2. Menghitung Biaya Tunjangan

Menghitung Biaya Tunjangan

Rumus VLOOKUP dan HLOKKUP seringkali difungsikan untuk menghitung besar tunjangan yang terjadi pada pengolahan data.

Proses penghitungan tersebut bisa diawali dari menggunakan sel E5, selanjutnya isilah beberapa formula dengan mengkopi atau melakukan gerak pada sel E9.

3. Menghitung Besar biaya Transportasi

Menghitung Besar biaya Transportasi

Melalui rumus tersebut, maka kamu dapat memfungsikan nya untuk menghitung berapa besar biaya transportasi yang dikeluarkan.

Caranya sangatlah mudah, yaitu dengan memasukkan rumus pada sel F5 kemudian melakukan formula dan gerak pada sel F9, dengan begitu cara ini sangat bagus.

Baca juga: Cara Menghitung Rumus Diskon di Excel

Melihat beberapa deretan data yang dicari dalam penghitungan gaji tersebut, maka cobalah untuk memasukkan angka nominal dual agar nantinya data gaji yang tepat di dalam kolom kedua tersebut sesuai dengan tabel acuan yang diberikan.

Misalnya dengan menekan enter .

4. Menghitung Besar Total Gaji yang Akan Dikeluarkan

Menghitung Besar Total Gaji yang Akan Dikeluarkan

Bagi kamu yang bekerja dalam bidang bisnis maupun perkantoran, melalui Microsoft Excel kamu dapat memanfaatkan kedua rumus tersebut untuk menghitung besar total gaji yang akan dikeluarkan untuk karyawan.

Caranya adalah, gunakan fungsi SUM yang terletak pada sel G5. Setelah itu, lakukan penulisan rumus dengan tepat yaitu mengisi beberapa formula di Cell G5 selanjutnya drag dan kopilah pada sel G9.

Jangan lupa, digunakan langsung untuk menjumlahkan beberapa penghitungan pada setiap sel sehingga nantinya dapat di copy ke bagian bawah.

5. Melakukan Penghitungan Pajak

Melakukan Penghitungan Pajak

Manfaat lainnya dengan mempelajari Cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOKKUP yaitu dapat membantu kamu dalam menghitung pajak setiap tahunnya.

Caranya adalah masukkan salah satu fungsi rumus tersebut pada sel H5 kemudian kopi setia formula ataupun melakukan gerak pada H9.

Melalui rumus Excel tersebut, maka kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mencari data dari beberapa tabel yang berbentuk vertikal dan juga horizontal.

Namun jangan lupa saat ingin memasukkan dan memisahkan rumus yang digunakan, gunakanlah dengan; (tanda titik koma).

6. Dimanfaatkan untuk Menghitung Gaji Bersih

Dimanfaatkan untuk Menghitung Gaji Bersih

Cara efektif lainnya dari penggunaan dua fungsi tersebut adalah untuk menghitung besar gaji bersih yang akan dikeluarkan setiap bulan.

Caranya sangat konkret, yaitu memasukkan rumus fungsi pada bagian sel i5, lalu lakukan copy formula atau drag pada sel l9.

Jangan lupa, ketika melakukan copy atau gerak tersebut hitunglah besar total dari masing-masing bagian yang sudah kamu kerjakan pada tabel menu sebelumnya.

Baca juga: Countif Excel

Antara lain yaitu memanfaatkan beberapa fungsi SUM, dengan melakukan copy pada sel D10, sehingga hasil pengerjaan maksimal.

Berikut ini beberapa penjelasan penting yang perlu kamu ketahui dan pahami mengenai unsur-unsur yang termuat di dalam rumus Microsoft Excel menggunakan dua fungsi tersebut.

Tepatnya ketika kamu memilih untuk menggunakan cat yang berbeda diantaranya adalah :

  • Kolam berbentuk acuan, yaitu kolom yang berisikan banyak data berbentuk angka ataupun teks yang akan dilakukan pencarian.
  • Tabel berbentuk acuan, yaitu tabel yang berisikan Sumber data yang nantinya dipindahkan ke dalam kolam berbentuk acuan.
  • Kolom yaitu merupakan urutan dari beberapa kolom data yang akan digunakan pada sebuah tabel acuan yang tepat.
  • Angka berbentuk nol yaitu merupakan rumus dari deretan angka yang akan membantu memindahkan nilai efektif menjadi lebih absolut.

Apabila kamu memilih angka racing look up dengan nilai fals, maka hasil yang akan didapatkan dari dua fungsi tersebut pada kolom pencairan Rian akan menghasilkan data nilai berbentuk N/A. Selain itu, pada fungsi kedua rumus tersebut juga dapat membantu kamu untuk mengembalikan nilai.

Pada dasarnya cara menggunakan Rumus Hlookup dan Vlookup tidaklah terlalu sulit. Asalkan mengikuti panduan yang ada di atas dengan seksama.