0813 Kartu Apa dari Nomor Operator Apa? Inilah Jawabannya

 

0813 Kartu Apa – Sebuah perangkat berupa smartphone maupun ponsel jadul membutuhkan suatu jaringan radio dengan frekuensi tertentu sebagai media penghubung antara satu ponsel dengan ponsel lainnya.

Jaringan tersebut bisa digunakan untuk berkomunikasi dalam bentuk teks seperti SMS, Chat melalui Whatsapp, dan media sosial maupun dalam bentuk audio dan video seperti telpon dan video call.

Untuk terhubung pada suatu jaringan radio, kita memerlukan suatu benda bernama kartu selular yang dipasang pada perangkat ponsel maupun smartphone. Kartu ini dibuat oleh perusahaan yang menyediakan layanan komunikasi, biasa disebut dengan operator.

Operator menyediakan layanan berupa jaringan komunikasi dengan berbagai bentuk dan kecepatan, mulai dari 2G (GPRS, EDGE), 3G (HSPA, HSUPA, HSDPA, HSDPA+) dan 4G (LTE). Jaringan yang paling umum di Indonesia sendiri saat ini adalah 3G dan 4G.

Kartu selular ini menyimpan beberapa informasi penting berupa identitas dari kartu tersebut. Identitas tersebut adalah nomor kartu, jaringan operator, jenis jaringan yang digunakan, informasi pulsa, kuota data pengguna, serta beberapa nomor pengguna lainnya sebagai info kontak. Dengan begitu, pengguna dapat menggunakan jaringan operator tersebut sesuai kebutuhan.

Beberapa Jaringan Operator Indonesia

Beberapa Jaringan Operator Indonesia

Setiap negara memiliki jaringan operator yang berbeda satu sama lain. Hal ini dikarenakan suatu perusahaan (operator) hanya beroperasi di satu negara. Namun terdapat beberapa operator yang beroperasi lebih dari satu negara. Operator ini menyediakan layanan berupa jaringan selular dan dapat digunakan untuk mengakses internet dimanapun kita berada selama tempat teresbut terdapat jaringan selular.

Dengan menggunakan jaringan selular yang tersedia di Indonesia, kita bisa berkomunikasi dengan kerabat dan keluarga. Cukup gunakan kartu selular tersebut pada smartphone, kita bisa langsung menggunakannya untuk terhubung pada jaringan radio maupun jaringan internet. Penggunaan layanan dari operator tentunya memakan biaya dengan tarif beragam, tergantung dari operator tersebut. Jaringan selular yang terdapat di Indonesia adalah:

1. XL Axiata

XL adalah salah satu operator selular pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1989 dengan nama perusahaan PT Excelcomindo Pratma Tbk. Saat ini, perusahaan tersebut berganti nama menjadi PT XL Axiata Tbk (EXCL).

Layanan yang disediakan oleh XL terdiri dari beberapa jaringan yaitu XL Prabayar, Live On, XL Prioritas (Pascabayar) dan AXIS. AXIS sendiri sebenarnya merupakan operator selular yang beroperasi secara terpisah namun telah diakuisisi oleh XL Axiata. Saat ini, AXIS tergabung dalam PT XL Axiata Tbk.

2. Telkomsel

Telkomsel adalah salah satu operator dengan umur yang paling tua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1995. Perusahaan dari Telkomsel sendiri adalah PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Baca juga: Cek Nomor Telkomsel

Layanan yang tersedia dari Telkomsel berupa simPATI, kartu As, kartuHalo,  kartu As Flexi, kartuHalo Flexi, Telkomsel Flash, Simpati LOOP, dan yang terbaru adalah by.U. By U sendiri adalah kartu selular pertama yang mengusung sistem digital pada segala hal yang berkaitan dengan layanan operator menggunakan satu aplikasi saja bernama by.U

3. Indosat Ooredoo

Selain Telkomsel dan XL Axiata, operator Indosat juga merupakan salah satu yang tertua yaitu didirikan pada tahun 1996 dengan nama Indosat. Indosat saat ini memiliki nama Indosat Ooredoo dengan nama perusahaan PT Indosat Tbk (ISAT).

Layanan dari Indosat Ooredoo yang tersedia saat ini adalah IM3 Ooredoo, Mentari Ooredoo (telah bergabung dengan IM3 Ooredoo), Matrix Ooredoo (telah bergabung dengan IM3 Ooredoo Freedom Postpaid), dan GIG.

4. Three

Three atau 3 (dibaca Tri) adalah operator yang muncul belakangan yaitu pada tahun 2002. Operator ini berdiri dengan nama Hutchison Whampoa dan saat ini perusahaan dari operator Three adalah PT Huchison 3 Indonesia (Three). Layanan dari operator Three sendiri tersedia di beberapa negara seperti Australia, Inggris, Austria, Italia, Swedia, Irlandia, Denmark, Hongkong, dan Indonesia.

5. Smartfren

Smartfren adalah operator yang muncul beberapa tahun setelah XL dan Telkomsel muncul. Operator Smartfren muncul pada tahun 2002 dengan nama perusahaan PT Mobile-8 Telecom Tbk. Berbeda dengan operator lainnya, operator ini muncul dengan teknologi jaringan CDMA sementara operator lain mengusung sistem jaringan GSM.

Baca juga: Cek Nomor Smartfren

Namun, sejak munculnya teknologi 4G pada jaringan GSM , Smartfren mengubah jaringan miliknya menjadi GSM 4G LTE. Hal ini dikarenakan teknologi CDMA yang tidak bisa dikembangkan lebih jauh lagi sehingga Smartfren memilih untuk merubah jaringan miliknya.

Prefix Kartu Selular Kode Nomor 0813

Setiap kartu jaringan selular memiliki identitas yang terdapat pada kartu tersebut. Identitas tersebut adalah kombinasi dari beberapa digit angka yang terdapat pada nomor kartu tersebut. Kombinasi angka teresbut terletak di bagian awal nomor yang dinamakan dengan nomor Prefix.

Setiap operator jaringan selular memiliki nomor Prefix yang berbeda satu sama lain. Contohnya, nomor Prefix dari operator jaringan selular XL Axiata akan berbeda dengan nomor Prefix operator Indosat Ooredoo. Perbedaan ini ditujukan agar setiap operator memiliki identitas masing – masing dan orang dapat mengidentifikasi operator dari kartu tersebut hanya melalui nomor kartu tersebut.

Nomor Prefix juga memiliki kegunaan lain selain identifikasi operator jaringan selular. Panggilan melalui jaringan telepon selular yang dilakukan pada jaringan selular dengan operator berbeda akan terkena tarif yang lebih mahal daripada telepon kepada operator yang sama.

Dengan mengetahui operator apa yang akan dituju, kita bisa memperkirakan biaya yang dikenakan pada panggilan tersebut. Dengan begitu, kita dapat mempersiapkan pulsa yang cukup untuk menelpon atau mengurungkan niat sebelum memulai telepon agar pulsa yang kita miliki tidak terpakai habis hanya karena satu panggilan telepon selular saja.

Kombinasi angka dari nomor Prefix biasanya terdiri dari empat digit angka di awal nomor kartu selular. Misalkan terdapat nomor selular 0857 – 1234 – 5678, maka nomor prefix dari nomor selular tersebut adalah 0857 dan merupakan jaringan selular operator Indosat (IM3). Jika kalian ingin menelpon ke nomor tersebut, sangat disarankan untuk menggunakan kartu operator selular yang sama agar pulsa yang digunakan tidak terlalu banyak.

0813 Kartu Apa

Setelah mengetahui 4 digit kombinasi angka di awal nomor kartu selular, kalian bisa menentukan operator apa yang digunakan oleh kartu tersebut. Bagaimana dengan nomor Prefix 0813? Nomor prefix tersebut adalah nomor prefix yang dikeluarkan oleh operator Telkomsel (Simpati). Telkomsel sendiri mengeluarkan beberapa nomor prefix yang saat ini tersedia di Indonesia, yaitu:

  • 0812
  • 0813
  • 0821
  • 0822
  • 0823
  • 0852
  • 0853

Baca juga: 0831 Nomor Apa

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai nomor prefix 0813 yang digunakan oleh Telkomsel. Jika kalian menggunakan kartu selular dengan nomor prefix 0813, artinya kalian menggunakan operator Telkomsel sebagai operator jaringan selular perangkat kalian.

Saat kalian menerima pesan dari nomor dengan prefix 0813, artinya orang terebut memakai operator Telkomsel dan kalian bisa menelpon nomor teresbut dengan operator yang sama agar minim biaya panggilan. Semoga artikel 0813 Kartu Apa, Operator dan Daerah Mana bisa bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!