2 Rumus Index Excel (Array dan Reference) untuk Ribuan Data

halimah

2 Rumus Index Excel (Array dan Reference) untuk Ribuan Data

Contohnya dalam worksheet untuk mencari tunjangan ada di kolom ketiga maka ketik 3 untuk Argument column_num, kemudian ketik tanda tutup kurung lalu tekan enter. Sehingga dalam rumus Index tampilannya menjadi =INDEX (C3;E7,3,3) selanjutnya Enter.

Makna Fungsi Index dalam Rumus

Makna Fungsi Index dalam Rumus

Secara singkat rumus INDEX merupakan =INDEX(C3;E7,3,3) yang berarti mengambil data dari Cell C3 hingga E7 yang terdapat pada baris ke 3 dan kolom ke 3 dari Range Data atau array. Pada dasarnya rumus ini mengambil data di kolom atau tabel yang kamu tuliskan pada data tersebut.

Dengan rumus tersebut maka kamu akan memperoleh hasilnya dengan mudah. Namun apakah rumus tersebut mengambil data dengan benar. Kamu bisa membuktikannya dengan menuliskan rumus INDEX array dengan arahan rumus di atas, apakah hasilnya sesuai dengan hitungan manual kamu?

Sekilas Terkait Argument Array

Sekilas Terkait Argument Array

Pada contoh sebelumnya menggunakan C3;E7 yang merupakan sebagai argument array, tentunya juga termasuk pada judul kolom di tabel. Namun ada beberapa keadaan kamu bisa menggunakan Range C5;E7 yang meripakan argumen array di tabel tanpa judul di kolom pertama.

Jika hal tersebut dilakukan, maka ROW 5 akan menjadi baris pertama. Sehingga jika kamu ingin mengambil data dari Cell D6 kamu perlu menyesuaikan ulang dan disamakan dengan tanpa judul kolom.

Originally posted 2023-02-07 05:42:48.

Baca Juga  Tabel Perkalian 1 Sampai 10 Lengkap dengan Gambarnya

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya