2 Rumus Index Excel (Array dan Reference) untuk Ribuan Data

halimah

2 Rumus Index Excel (Array dan Reference) untuk Ribuan Data

Loop.co.id – Banyak rumus di Microsoft yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaan, termasuk rumus Index Excel. Fungsi index ini termasuk dalam kategori Lookup and Reference atau fungsi pencarian dan refrensi. Kategori ini sama dengan Fungsi Lookup, Hlookup hingga Vlookup.

Fungsi Index satu ini pada Excel ini digunakan untuk memperoleh sebuah nilai atau refrensi pada sebuah nilai yang ada di tabel atau kolom Excel. Kata lainnya untuk memperoleh nilai dari sesuatu sel berdasarkan pencarian di table data worksheet yang telah dibuat dan dirancangkan angka maupun text.

Pencarian menggunaman rumus Index Excel ini akan memudahkan kamu untuk mencari informasi yang diinginkan mulai dari posisi kolom dan baris. Pencarian ini mengacu pda kolom dan baris pertama table atau tanga data tertentu. Fugsi Index ini punya jenis sintaksis sebagai berikut ini:

Cara Menggunakan Rumus Index Excel

Cara Menggunakan Rumus Index Excel
  • Array, rumus ini diperlukan pada sebuah range data atau konstanta array. Jika nantinya array berisi satu kolom atau baris, maka argumen Nomor_Baris atau Nomor_Kolom terkait pilihan.

Jika array memiliki lebih dari satu baris dan lebih dari satu kolom, jika hanya Nomor_Baris atau Nomor_Kolom maka bisa digunkana rumus INDEX untuk mengembalikan barisan seluruh kolom atau baris dalam array.

  • Nomor _Baris jika diperlukan. Memilih baris dalam array sama dengan mengembalikan nilai. Jika Nomor_Baris dikosongkan, maka Nomor_Kolom sangat diperlukan untuk rumus Index.
  • Nomor_Kolom, bisa menjadi pilihan jika memilih kolom di dalam array yang mengembalikn nilai. Apabila Nomor_Kolom dikosongkan, maka Nomor_Baris  jika diperlukan.
  • Reference jika diperlukan refrensi ke satu atau lebih rentang sel. Jika dimasukkan rentang yang tidak berdekatan untuk refrensi, maka bisa disertkan refrensi di dalam kurung.
  • Nomor_Baris diperlukan nomor baris di dalam refrensi untuk mengembalikan nilai.
  • Nomor_Area Opsional memilih rentang di dalam refrensi untuk mengembalikan bagian Nomor_Baris dan Nomor_Kolom. Fungsi area pertama ini dipilih atau dimasukkan lalu diberi nomor 1, 2, 3 dan seterusnya. Jika Nomor_Area nantinya dikososngkan, maka Index menggunakan area 1.
Baca Juga  5 Cara Menjumlahkan di Excel dengan Rumus Berbagai Kondisi

Rumus Index Excel yang Bisa Dimanfaatkan

Rumus Index Excel yang Bisa Dimanfaatkan

1. Rumus Index Excel Array

Ada tiga argument untuk fungsi Index Array, ketiga argument tersebut ada yang bersifat wajib dan  bersifat pilihan atau optional. Rumus Array tersebut merupakan wajib digunakan, sedangkan rumus) row_cum wajib namun juga optional, sedangkan column_num wajib dan optional.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya