Flowchart Simbol

Flowchart merupakan sebuah urutan proses kegiatan yang akan digambarkan dengan beragam bentuk simbol yang ada. Jika simbol flowchart merupakan sebuah elemen penting yang dalam penyusunannya flowchartnya ataupun di bagian alir.

Sudah menjadi hal umum bahwa flowchart memiliki tujuan sebagai penggambaran urutan penyelesaian sebuah masalah dengan rapi, sederhana dan juga sangatlah jelas. Tetapi dalam dunia komputer, flowchart memiliki kegunaan yang berbeda diantaranya.

  1. Untuk memastikan sebuah progam, agar memiliki alur sendiri.
  2. Digunakan untuk melihat suatu progam secara keseluruhannya.
  3. Untuk melihat jalannya suatu progam.
  4. Sebagai acuan utama untuk menyusun dan juga mengembangkan aplikasi yang inin digunakan.

Berbeda bukan  kegunaan flowchart di komputer. Dengan komputer kalian dapat menggunakan flowchart sebagai kegunaan yang ada di atas. Banyak sekali simbol-simbol di dalam flowchart yang memiliki sebuah arti sangat berbeda-beda. Simbol ini juga biasanya di bagi menjadi 3 jenis, berikut simbol yang berada di simbol flowchart.

Flowchart Simbol

Processing Symbols

Processing Symbols biasanya digunakan sebagai sebuah simbol yang akan menyatakan suatu rangkaian proses di dalam suatu flowchart. Dalam kategori ini terdapat beberapa contoh yang dapat kalian gunakan sebagai processing symbols. Berikut beberapa contoh yang ada dalam processing symbols tersebut.

  1. Simbol manual, sebuah simbol yang menyatakan bahwa suatu proses yang tidak di lakukan dengan komputer.
  2. Simbol proses, sebuah simbol yang akan menyatakan suatu proses yang dilakukan dengan menggunakan komputer.
  3. Simbol predefined Process, simbol yang akan menyatakan sebuah penyediaan tempat penyimpanan terhadap pengelolaan pemberian harga pada barang.
  4. Simbol decision, sebuah simbol yang akan menunjukkan beberapa kondisi tertentu yang akan menghasilkan 2 buah kemungkinan.
  5. Simbol terminal, sebuah simbol yang akan menyatakan awal dan juga akhir suatu progam.
  6. Simbol offline Storage, sebuah simbol yang akan menjelaskan bahwa data yang terdapat di dalamnya akan di simpan.
  7. Simbol Keying Operation, simbol yang akan menyatakan bahwa semua jenis operasi yang sedang mengalami proses dengan menggunakan sebuah mesin yang telah dimiliki oleh keyboard.
  8. Simbol Manual Input, simbol yang akan memasukkan data dengan cara manual di online keyboard.
  9. Simbol Input atau Simbol Output

Simbol Input ataupun output ini memiliki sebuah tujuan yaitu, untuk menunjukkan jenis-jenis peralatan yang akan digunakan sebagai sebuah media input ataupun output. Terdapat beberapa simbol yang akan digunakan oleh simbol Input dan output ini, berikut beberapa simbol yang bisa kalian gunakan nanti.

  1. Simbol Input atau output, sebuah simbol yang akan menyatakan proses input ataupun output tanpa tergantung dengan adanya jenis peralatan.
  2. Simbol Magnetic Tape, simbol yang akan menyatakan input yang berasal dari sebuah pita magnetis ataupun output disimpan di pita magnetis.
  3. Simbol Punched Card, merupakan sebuah simbol yang akan menyatakan input berasal dari kartu ataupun output yang ditulis di kartu.
  4. Simbol Disk Storage, merupakan sebuah simbol yang menyatakan input bersal dari sebuah disk ataupun output yang telah di simpan di disk.
  5. Simbol Display, merupakan sebuah simbol yang menyatakan penggunaan dengan peralatan output misalnya yaitu layar, printer, monitor dan yang lainnya.
  6. Simbol Document, sebuah simbol yang akan menyatakan bahwa input berasal dari dokumen berbentuk kertas ataupun sebuah output yang perlu di cetak menggunakan kertas.
  7. Flow Direction Symbols

Flow Direction Symbols atau biasa di sebut juga dengan connecting line biasanya digunakan untuk menghubungkan suatu satuan simbol dengan simbol yang ada lainnya. Simbol ini biasanya berfungsi untuk menunjukkan suatu garis alir dari suatu proses yang ada.  Berikut beberapa contoh dari flow direction symbols.

  1. Simbol Flow atau arus, merupakan sebuah simbol yang menjalankan arus suatu proses.
  2. Simbol Connector, merupakan simbol yang menyatakan adanya sambungan proses ke proses lainnya dalam sebuah halaman yang masih sama.
  3. Simbol Communication link, merupakan sebuah simbol yang akan menyatakan transmisi data dari satu lokasi tertentu ke lokasi yang lainnya.
  4. Simbol Office Connector, merupakan sebuah simbol yang akan menyatakan suatu sambungan proses ke proses lain dalam suatu halaman yang telah berbeda.

Nah begitulah beberapa simbol yang ada pada flowchart. Flowchart juga merupakan sebuah gambaran secara grafik berupa tahapan dari penyelesaian suatu masalah yang ada, dan terdiri atas beberapa kumpulan simbol. Di dalam masing-masing simbol tersebut akan mempresentasikan suatu kegiatan tertentu. Flowchart juga menjadi cara penyajian dari suatu progam algoritma.

Fungsi flowchart sendiri untuk digunakan sebagi alat mendisain, menganalisa, memanajemen dan juga mendemonstrasikan sebuah proses ataupun progam yang telah ada di berbagai bidangnya masing-masing. Secara khusus juga, flowchart telah berfungsi sebagai alat pembantu yang menggambarkan sebuah situasi apa yang sedang terjadi dan apa yang akan terjadi dari sebuah simbol dan juga tenda penghubungnya.

Flowchart juga mampu memperjelas suatu alur dari sistem baik itu dalam kelebihan maupunkekurangan yang ada dalam proses di dalam tahapan suatu sistemnya. Flowchart juga dapat menggambarkan suatu urutan ataupun tahapan yang ada dalam suatu masalah dan juga ia dapat menggambarkan permasalahan secara teruarai, sederhana, rapi dan juga sangat jelas.

Flowchart ini dapat membantu penganalisis dan juga progammer untuk dapat memecahkan masalah ke dalam sebuah bagian-bagian yang lebih kecil dan juga dapat menolong dalam menganalisis alternatif lain dalan pengoperasiannya. Flowchart dapat mempermudah kalian dalam penyelesaian suatu masalah khususnya yaitu sebuah masalah yang perlu di evaluasi dengan lebih lanjut lagi. Tapi apasih yang dimaksud siklus dalam flowchart? Jika penasaran maka simaklah artikel ini lebih lanjut lagi.

Baca juga: Siklus Akuntansi

Siklus dalam flowchart

Siklus dalam flowchart merupakan sebuah siklus input-proses-output ataupu sering disebut dengan siklus IPO. Siklus ini dapat di analogikan sebagai sebuah komponen hardware yang ada dalam komputer. Seperti komputer input keyboard, scanner, mouse dan juga dapat kita andaikan sebagai sebuah input atau penerimaan suatu perintah data yang akan melangsungkan sebuah proses.

Komponen proses yang ada seperti CPU akan mengeloah data yang sudah masuk dalam komponen input, hal tersebut dilakukan agar menghasilkan suatu hasil. Hasil pengelolaan data maupun perintah tersebut akan dilakukan oleh CPY yang ditampilkan pada monitor printer atau speaker. Nah begitulah siklus yang ada di dalam flowchart.

Dalam menggambar sebuah flowchart, kalian juga memerlukan simbol-simbol yang telah representatif agar urutan suatu penyelesaiannya dapat di gambarkan dengan flowchart dan juga terlihat secara jelas dan sangat mudah dipahami dengan cepat. Simbol-simbol yang dipakai sudah saya jelaskan di atas. Ada beberapa jenis flowchart, berikut beberapa jenisnya :

Flowchart Sistem atau Sytem Flowchart

Flowchart sistem merupakan bagian yang akan menampilkan tahapan suatu kerja maupun proses yang sedang berlangsung di dalam suatu sistem dengan menyeluruh dan juga akan menguraikan urutan yang ada dalam setiap prosedur yang telah berada di dalam system. Dengan ini, flowchart disebut sebagai gambaran grafik urutan suatu prosedur Yeng telah berkombinasi dalam bentuk sistem.

Flowchart Skematic

Flowchart Skematic merupakan bagian yang akan menampilkan sebuah alur prosedur di suatu sistem yang sama dengan flowchart sistem. Tetapi, ada perbedaan dalam penggunaan simbol yang ada dalam menggambar sebuah alur. Selain kalian menggunakan simbol yang ada pada flowchart sistem, kalian juga bisa menggunakan sebuah gambar komputer beserta dengan peralatan lainnya. Kalian bisa menggunakannya untu mempermudah dalam pembacaan flowchart kepada orang yang kurang mengerti.

Flowchart Dokumen atau Document Flowchart

Flowchart dokumen merupakan sebuah bagian yang akan menampilkan arus dari sebuah laporan dan juga formulir, yang akan tembus menggunakan beberapa simbol seperti yang ada pada flowchart sistem. Flowchart dokumen juga merupakan bahan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan juga formulir yang termasuk dalam tembusannya.

Flowchart Program

Flowchart program atau yang biasa disebut dengan diagram alir program merupakan sebuah bagian yang terbuat dari derivikasi flowchart system yang mempunyai isi menjelaskan tenteng tahapan dan juga langkah-langkah dari suatu program dengan lengkap. Diagram alir ini terdiri dari 2 macam sekaligus yaitu diagram alir program komputer terinci dan juga diagram alir logika program.

Flowchart Proses

Flowchart proses merupakan cara penggambaran dengan rekayasa industrial dengan rinci dan juga telah menganalisis langkah-langkah selanjutnya yang ada dalam suatu prosedur ataupun sistem. Bagi kalian yang menggunakan flowchart, maka hal ini lebih efektif dipakai karena ia digunakan untuk menelusuri alur laporan ataupun from secara prosedural.

Baca juga: Contoh Kata Pengantar

Penutup

Nah begitulah beberapa jenis flowchart simbol  yang bisa kami jelaskan kepada kalian. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan kepada kalian mengenai flowchart simbol ini. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian tentang flowchart simbol. Semoga artikel ini berlaku, sampai jumpa dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.