Rumus Akar di Excel

 

Rumus Akar di Excel – Software Microsoft Excel memiliki banyak rumus yang bisa dimanfaatkan penggunanya, termasuk rumus akar di Excel yang memudahkan untuk perhitungan sebuah data. Dalam matematika sendiri kita mengenal banyak operasi hitung, seperti tambah, kurang, kali serta pembagian yang pastinya tak asing.

Operasi hitung tersebut juga kerap dilakukan dalam kehidupan sehari-hari saat membeli barang atau saat kamu bekerja yang membutuhkan operasi hitung tersebut dan menggunakan rumus-rumus di Excel. Selain menghitung angka, kamu juga akan bergelut dengan dunia perhitungan nominal uang.

Memang sejak dulu sekolah kita diajarkan untuk mengetahui banyak rumus yang dapat kita jabarkan saat menghitung, namun jika berada di perangkat digital berbeda lagi caranya. Kamu bisa menghitung cepat terhadap jumlah data dengan menggunakan beberapa rumus berikut ini, yuk simak penjelasannya.

Pengenalan Apa Itu Rumus Akar di Excel?

Pengenalan Apa Itu Rumus Akar di Excel

Ada banyak rumus akar di Excel yang bisa kamu terapkan dalam perhitungan matematika yang ditemukan. Sebelum  mengetahui apa saja fungsinya, yuk simak dulu teori dari rumus akar di Excel yng nantinya akan berguna saat kamu menghapal rumus akarnya.

Apa Itu Bentuk Akar?

Bentuk akan merupakan salah satu bagian dari bilangan irasional namun hasilnya bukan bilangan rasional atau irasional. Bentuk akar ini punya banyak jenis mulai dari akar pangkat dua hingga bilangan tak terhingga yang bisa digunakan.

Seperti akar pangkat dua atau akar kuadrat merupakan kebalikan dari pangkat dua suatu bilangan. Contohya seperti jika X= sehingga =y.

Simbol

Simbol rumus akar di Excel berbeda dengan simbol akar yang digunakan untuk operasi hitung secara manual. Simbol sendiri punya bentuk seperti huruf r kecil namun memiliki garis yang panjang di bagian atas.

Simbol yang panjang di bagian atas ini untuk menuliskan angka atau jumlah bilangan yang akan diakar kuadrat dengan bilangan lainnya yang ada di luar akar tersebut. Simbol akar ini pergama kali dikemukakan oleh Christof Rudolff.

Sifat Operasi Hitung

Apabila kamu mempelajari fungsi akar dalam matematika dan operasi hitung jauh lebih banyak, maka nantinya kamu menemukan beberapa sifat dalam perhitungannya. Sifat ini yang digunakan dalam perhitungan fungsi akar di Excel.

Baca juga: Rumus IF Pada Excel

Formula Rumus pada Akar di Excel

Formula Rumus pada Akar di Excel

Tidak hanya rumus akar di Excel yang bisa kamu temukan dan gunakan dalam sebuah tabel dan kolom dii Excel, namun masih banyak lagi rumus-rumus lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membudahkan perhitungan bilangan dan angka di Microsoft Excek nantinya.

Ada banyak function library yang bisa kamu gunakan menghitung bilangan saat kamu di dunia kerja dan membutuhkan perhitungan cepat agar pekerjaan kamu juga cepat selesai. Beragam nama dan fungsi sesuai dengan kegunaannya, yuk simak deretan rumusnya berikut ini.

AutoSum

Rumus AutoSum ini kamu akan menemukan bagian yang berfungsi untuk  bilangan yang membutuhkan rumus penjumlahan, rata-rata, nilai maksimal, nilai minimal serta perhitungan jumlah secara otomatis dalam satu kolom Excel. Caranya cukup mudah hanya dengan rumus AutoSum tersebut.

Penerapannya cukup memilih salah satu menu di AutoSum di cell terakhir dari kolom tertentu. Rumus ini berguna untuk kamu yang bekerja sebagai guru untuk menentukkan nilai rata-rata murid, dan perhitungan penjumlahan secara cepat otomatis hanya dengan satu kolom Excel saja.

Logical

Fungsi Rumus Logical ini bisa kamu gunakan untuk perhitungan di Excel. Bahkan kamu juga bisa melihat rumus yang ada dalam kelompok logical tersebut yaitu, IF, AND, FALSE, NOT TRUE, IFERROR dan lain sebagainya.

Financial

Tidak hanya untuk perhitungan biasa, rumus akar di Excel juga bisa digunakan untuk menghtiung Financial. Microsoft Excel bisa digunakan untuk melakukan perhitungan finansial langsung. Seperti menghitung jumlah asset pada produk tertentu pada beberapa periode tertentu.

Text

Selain itu ada pula perhitungan text selain angka yang mengubah data berupa text di dalam Excel melalui kelompok fungsi ‘’Text’’.

Lookup and Reference

Fungsi Rumus akar di Excel Lookup and Reference ini kamu bisa mengambil data dari tabel lain untuk dimasukkan ke kelompol data tertentu menggunakan fungsi vlookup atau hlookup dalam kelompok fungsi lookup and reference.

Date and Time

Dalam Excel tidak hanya untuk perhitungan angka atau jumlah, namun juga bisa digunakan untuk menghitung periode waktu tertentu. Dengan Excel kamu bisa menggunakan fungsi date and time. Ada beragam fungsi yang termasuk kelompok ini yaitu DAY, DATE, DATEVALUE, MONTH dan lainnya.

Math  and Trig

Selanjutnya Rumus akar di Excel satu ini bisa kamu temukan dalam kelompok fungsi math and trig seperti matematika hingga trigonometri. Tidak hanya akar, kamu juga bisa menemukan banyak operasi hitung matematika di Excel seperti cosinus, sinus, radian hingga log.

Baca juga: Rumus Rata Rata di Excel

Cara Menghitung Menggunakan Rumus Akar di Excel

Cara Menghitung Menggunakan Rumus

Akar Pangkat 2

Untuk menghitung akar pangkat dua, cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan rumus SQRT. Kamu hanya perlu memasukkan rumus SQRT dengan angka-angka yang akan kamu hitung, maka kamu akan menemukan hasilnya segera. =SQRT(angka yang ingin diakar kuadratkan).

Ada cara lainnya yaitu menggunakan rumus POWER atau menuliskan kuadratnya dengan manual, hanya menggunakan bantuan tanda ^. Kamu hanya perlu memasukkan angka pada rumus. =POWER (angka yang ingin diakar, lalu kuadratkan, ½). Bagaimana cukup mudah bukan rumusnya?

Akar Pangkat 3

Hampir sama dengan akar pangkat 2, rumus akar di Excel untul pangkat 3 juga menggunakan rumus SQRT yang perlu memasukkan angka-angkanya dalam rumus. =SQRT (angka yang ingin diakar kuadratkan). Contohnya seperti =64^(1/3). Maka hasilnya akan keluar.

Hal yang sama bisa kamu lakukan untuk beberapa pangkat lainnya. Kunci dalam kuadrat yang benar adalah akar pangkat 3 atau 1/3 harus berada di dalam kurung sehingga hasilnya otomatis akan keluar. Kamu bisa langsung mempraktekkan rumus satu ini.

Akar Pangkat 4

Kamu juga bisa mempraktekkan akar pangkat 4 dengan rumus akar pangkat 2 dan 3 di atas. Kuncinya kamu perlu tahu hanya dengan rumus SQRT dan menyematkan tanda kurung dalam angka kuadratnya. Jika hal tersebut disematkan maka secara otomatis hasilnya akan keluar.

Tidak terlalu sulit, namun kamu harus menghapalkan rumus serta kunci dari kuadrat tersebut. Cukup mudah bukan? Terapkan pada kuadrat lainnya.

Ada beberapa logika dan rumus akar di Excel yang berguna untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan memudahkan pekerjaan. Jika kamu bekerja yang mengharuskan menggunakan Microsoft Excel, maka rumus-rumus akar serta pangkat di atas bisa berguna untuk pekerjaan kamu selanjutnya.

Baca juga: Cara Menghitung Rumus Diskon di Excel

Tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu menghapalkan rumus akar maka secara otomatis, kamu bisa secara langsung menerapkan beberapa rumus yang sudah dijabarkan di atas dan memasukkan angka-angka dalam rumusnya. Semoga cara di atas bisa bermanfaat.