Cara Menjumlahkan Di Excel

Cara menjumlahkan di Excel memang memerlukan sejumlah rumus tentu. Bahkan, untuk menghitung data yang paling sederhana tetap membutuhkan rumus. Ada sejumlah rumus yang bisa digunakan, dimana sebenarnya penjumlahan itu dilakukan tergantung kebutuhan.

Microsoft Excel ini sendiri sangat membantu banyak orang dalam mengerjakan tugas. Baik untuk para pelajar, para pengusaha, maupun para profesional banyak yang menggunakannya untuk pembuatan laporan yang berkaitan dengan perhitungan.

Dalam hal ini, operasi penjumlahan menjadi salah satu yang yang sering digunakan. Namun, masih banyak orang yang belum memahami bagaimana cara operasi rumus penjumlahan. Lalu seperti apa cara menghitung penjumlahan dalam Microsoft Excel yang tepat?

Penjumlahan dalam Microsoft Excel

Sebelum kamu mengetahui seperti apa cara menjumlahkan di Excel, maka kamu harus tahu dahulu mengenai istilah dasar di Microsoft Excel. Ada dua cara dasar yang bisa dilakukan untuk melakukan perhitungan di Excel yakni menggunakan rumus dan fungsi.

1. Rumus

Rumus

Dalam Excel, rumus bisa dikatakan sebuah ekspresi yang menghitung nilai sel. Bukan hanya satu tetapi bisa menyeluruh, bahkanmelebihi satu baris dimana ini semua tergantung akan kebutuhan pengguna. Sebagai contoh, =A1+A2+A3, yang menunjukkanjumlah nilai dari sel A1 sampai sel A3.

2. Fungsi

Fungsi

Fungsi merupakan sebuah rumus yang sudah ditentukan sebelumnya di Excel. Misalnya: =SUM(A1:A3). Artinya, fungsi akan menjumlahkan semua nilai dari A1 hingga A3. Pada saat menganalisis data, maka secara umum, bnayak pengguna yangmemasukkan rumus dasar Excel.

Lalu bagaimana cara menjumlahkan setiap data yang ingin diketahui total keseluruhan? Berikut beberapa cara baik itu mneggunakan rumus maupun fungsi yang bisa kamu praktekkan langsung.

Simak juga: Kegunaan Microsoft Excel

5 Cara Umum Menjumlahkan Di Excel

Banyak hal yang nyatanya bisa kamu  lakukan saat ini saat bekerja dengan menggunakan Microsoft Excel, salah satunya adalah mengetahui cara menjumlahkan di Excel. Tentu saja ini adalah teknik dasar dari perhitungan, yang sebenarnya wajib kamu ketahui saat bekerja dengan produk Microsoft ini.

Apalagi di zaman sekarang ini, mau tidak mau kamu memang harus mengikuti teknologi yang ada. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Bukan hanya itu saja, banyak pekerjaan yang harus selesai dalam waktu yang singkat dan aplikasi yang ada sekarang ini bermaksud untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan.

Demikian halnya juga dengan cara menjumlahkan di Excel, yang saat ini banyak dipakai untuk berbagai kebutuhan.

Biasanya, untuk keperluan akuntansi pun akan sangat membutuhkan operasi penjumlahan ini. Ada beberapa cara untuk menjumlahkan di Excel yang bisa kamu lakukan. Diantaranya:

1. Cara Menjumlahkan Dari Atas Ke Bawah

Cara Menjumlahkan Dari Atas Ke Bawah

Sebenarnya ada sejumlah rumus yang bisa dipakai, dimana itu tergantung seperti apa datanya.

Pada sistem penjumlahan ini, kamu bisa coba pakai menggunakan panduan berikut:

  • Buatlah data dengan contoh seperti di atas.
  • Aktifkan kursor pada kolom yang diinginkan.
  • Masukkan rumus yang paling sederhana di di sel dan kemudian ketikkan =data C2+C3+C4+C5+C6
  • Tekan enter dan selanjutnya akan muncul data total penjumlahannya.
  • Penjumlahan pada kolom pertama sudah selesai. Untuk menghitung penjumlahan yang tersisa, kamu tidak usah mengetik kan rumus secara satu persatu.
  • Caranya cukup mudah, yaitu meletakkan kursor di sel C7 selanjutnya mengarahkan kursor ke sudut kanan bawah. Berikutnya tariklah sampai ke sel G7.
  • Cara ini dilakukan untuk meng-copy rumus yang dibuat dan selanjutnya data sudah terisi secara otomatis.

Simak juga: Rumus Pembulatan Excel

2. Cara Menjumlahkan Ke Samping

Cara Menjumlahkan Ke Samping

Mengenai cara menjumlahkan di Excel ke samping, sebenarnya persis dengan cara sebelumnya. Akan tetapi, penggunaan sel nya yang berbeda. Pada contoh berikut ini, perhitungan rumusnya adalah berikut =dataA1+dataB1+dataC1+dataD1.

  • Misalnya, kamu punya data seperti yang terlihat di atas. Yang hendak dihitung adalah baris dari mulai C2 sampai dengan G2.
  • Maka, letakkan kursor di H2. Selanjutnya ketikkan rumus =C2+D2+E2+F2+G2 dan kemudian tekan enter.
  • Maka, hasil penjumlahannya akan secara otomatis muncul.
  • Untuk menghitung pada penjumlahan yang lain, kamu bisa mengcopy rumus yang dengan cara arahkan kursor ke H2.
  • Berikutnya, tarik bagian sudut ke bawah sampai semua kolom H terisi sesuai data penjumlahan.
  • Jika sudah, maka seluruh operasi penjumlahan ke samping akan muncul.

Simak juga: Rumus Excel Lengkap

3. Cara Menjumlahkan Di Excel Memakai Fungsi SUM

Cara Menjumlahkan Di Excel Memakai Fungsi SUM

Jika kamu ingin menjumlahkan total baris/kolom penuh, maka biasanya berisi banyak sekali data. Dalam hal ini, kamu mungkin akan merasa repot jikalau harus mengetik satu persatu untuk menjumlahkannya.

Daripada menjumlahkannya satu persatu, akan lebih mudah memakai cara menjumlahkan di Excel menggunakan fungsi SUM. Fungsi ini memang sangat mempermudah perhitungan dengan data yang cukup banyak. Berikut ini panduannya:

  • Buatlah di lembar kerja Excel contoh seperti diatas.
  • Penjumlahan dengan sum umumnya dipakai untuk perhitungan total data pada sebuah baris maupun kolom.
  • Di Dalam contoh, kamu akan menghitung berapa jumlah kolom laki-laki.
  • Adapun caranya yaitu taruh kursor di sel yang hendak menjadi tempat total perhitungan. Selanjutnya, ketikan rumus =SUM(seluruh data sel laki-laki). Jika sudah, tekan enter.
  • Maka, hasil akumulasinya akan muncul.
  • Untuk menghitung total jumlah pada kolom yang lain kamu bisa Klik dan tarik sampai ke kotak berikutnya.
  • Rumus ini bisa digunakan untuk banyak kolom maupun baris. Susunannya juga tidak harus ada di 1 baris atau kolom, sesuai dengan kebutuhan saja.
  • Kelebihan penjumlahan dengan SUM memang akan sangat mempermudah jika menjumlahkan data yang sangat banyak. Jadi, kamu tidak perlu harus mengetik atau mengarahkan kursor ke sel satu persatu.

4. Menjumlahkan Beberapa Angka dengan Satu Sel

Menjumlahkan Beberapa Angka dengan Satu Sel

Saat akan menjumlahkan angka pada Excel, maka kamu cukup membuat rumus sederhana untuk melakukannya, yaitu dengan memanfaatkan tanda sama dengan (=). Berikut panduannya:

  • Pertama klik sel kosong di mana saja, kemudian beberapa angka dipisahkan dengan tanda tambah (+). Contohnya, 50 + 10 +5 +3
  • Kemudian tekan Return, jika mislanya kamu memakai contoh angka di atas, maka akan keluar hasil dari penjumlahan tersebut.

5. Menjumlahkan Beberapa Angka dengan Referensi Sel

Menjumlahkan Beberapa Angka dengan Referensi Sel

Referensi sel adalah sebuah cara menjumlahkan beberapa angka dalam Excel dengan menggabungkan huruf kolom dan baris angka. Jika kamu ingin menggunakan referensi sel dalam rumus bukan nilai sel, maka kamu bisa mengubah nilai tanpa harus mengubah rumus. Sebagai contoh A1 atau F345.

Berikut panduannya:

  • Pertama ketik angka, misalnya 5 di sel C1, lalu coba ketik angka selanjutnya, seperti 3, di kolom D1
  • Kemudian di sel E1, cobalah ketik tanda sama dengan (=), sekaligus C1 + D1 untuk memulai rumus
  • Terakhir klik Return. Jika misalnya kamu memakai contoh di atas, maka hasilnya akan menunjukkan angka 8.

Simak juga: Cara Menambahkan Rp di Excel

Informasi cara menjumlahkan di Excel yang sudah di jelaskan di atas, adalah cara yang bayak dipakai orang dalam aktivitas sehari-hari, yang kamu juga bisa coba langsung.