Ini dia Tabel Trigonometri (Sin Cos Tan) Semua Kuadran Lengkap

halimah

Tabel Trigonometri

Loop.co.id – Trigonometri merupakan salah satu pembahasan dalam Matematika yang dianggap sulit bagi sebagian orang. Salah satu cara agar materi ini bisa dipelajari dengan mudah adalah menggunakan tabel Trigonometri. Tabel tersebut akan memuat nilai sin, cos, dan juga tan di setiap besaran sudutnya.

Materi tentang Trigonometri tidak saja penting bagi mereka yang masih duduk di bangku SMA, bagi mereka yang ingin masuk ke jenjang perkuliahan juga terkadang masih berurusan dengan materi ini. Untuk itu, penting untuk mengetahui beberapa hal terkait Trigonometri.

Berikut ini akan kita bahas mengenai Trigonometri mulai dari pengertian, rumus menghitungnya, hingga tabel yang akan menampilkan nilai dari sudut-sudutnya. Silakan simak artikel ini sampai akhir untuk mempelajari tentang beberapa hal tersebut.

Apa Itu Trigonometri?

Istilah Trigonometri berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata “trigonon” dan “metron”. Trigonon memiliki arti 3 buah sudut, lalu Metron memiliki arti mengukur. Dengan kata lain, Trigonometri adalah cabang ilmu matematika yang mempelajari hubungan panjang sisi dan sudut pada segitiga siku-siku.

Trigonometri juga merupakan perbandingan antara tiga sisi utama pada segitiga siku-siku, yaitu sisi miring, sisi tegak, dan sisi alas. Perbandingan di antara masing-masing sisi tersebut akan membentuk istilah sin, cos, tan, dll. Untuk memahaminya, silakan lihat ilustrasi berikut ini:

Ilustrasi Trigonometri

Originally posted 2023-02-03 15:19:19.

Baca Juga  Kode Bully PS2 Paling Lengkap Dengan Bahasa Indonesia

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya