10 Contoh Iklan Kolom, Pengertian, Ciri Ciri, Fungsi, Maksudnya

Fitri Winengsih

Contoh Iklan Kolom

Loop.co.id – Contoh Iklan Kolom – Untuk pengguna yang bingung membedakan antara iklan kolom dengan iklan baris dapat dilihat dari segi bentuk iklannya. Iklan kolom khas dengan bentuknya yang memiliki kolom-kolom.

Dimana pada kolom-kolom tersebut memuat informasi mengenai barang atau jasa beserta gambarnya sehingga iklan tersebut dapat menarik perhatian para pembaca. Iklan kolom sering juga disebut dengan iklan display karena struk iklan kolom terdiri dari kalimat serta foto atau gambar ilustrasi.

Iklan kolom juga banyak digunakan pada promosi-promosi, tidak hanya sebagai media penawaran barang dan jasa. Iklan biasanya digunakan untuk promosi seperti informasi mengenai pernikahan, ucapan terima kasih, hingga berita duka.

Selain dari segi bentuk, iklan kolom juga dapat dibedakan dari segi ukuran. Iklan kolom biasanya berukuran lebih besar daripada iklan baris. Semakin besar gambar yang dimuat pada iklan kolom maka akan semakin menarik pembaca.

Biaya dalam pemasangan iklan kolom bergantung dari ukuran iklan tersebut. Semakin besar ukuran kolom iklannya maka akan semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan. Sedangkan iklan baris, ditetapkan berdasarkan jumlah baris atau jumlah katanya. Berikut merupakan ciri-ciri dari iklan kolom secara detail.

Ciri – Ciri Iklan Kolom

  • Informasi yang disampaikan menggunakan kata-kata singkat dan disertai dengan gambar.
  • Iklan kolom memiliki ukuran iklan yang lebih besar daripada ukuran iklan baris, bahkan ukuran iklan kolom dapat meraih satu halaman koran.
  • Iklan kolom memuat informasi mengenai penawaran produk serta layanan jasa dan iklan pribadi, seperti ucapan terima kasih, berita duka, dan pernikahan.
  • Persamaan antara iklan baris dengan iklan kolom adalah biasanya iklan dimuat dalam media cetak seperti koran atau majalah.
Baca Juga  Rumah Adat DKI Jakarta, Jenis, Sejara dan Gambar Contohnya

Fungsi dan Tujuan Iklan Kolom

Setiap iklan pasti memiliki fungsi serta tujuan dari si pengiklan. Iklan akan dianggap baik dan tepat sasaran jika iklan tersebut memiliki tujuan dan tujuan tersebut tercapai. Berikut merupakan fungsi dan tujuan dari pembentukan iklan kolom.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya