Cara Mengurus BPKB Hilang Bukan Atas Nama Sendiri Praktis

loop.co.id – Kehilangan BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor) adalah masalah yang bisa dialami oleh siapa saja. Ketika BPKB hilang bukan atas nama sendiri, misalnya jika Anda membeli kendaraan bekas atau kendaraan tersebut atas nama orang lain, proses pengurusannya bisa menjadi sedikit lebih rumit. Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengurus BPKB hilang bukan atas nama sendiri.

Cara Mengatasi BPKB Hilang Bukan Nama Sendiri

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat memperoleh kembali BPKB kendaraan Anda dengan mudah.

1. Laporkan Kehilangan ke Kepolisian

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melaporkan kehilangan BPKB ke kantor kepolisian terdekat. Saat melaporkan, berikan informasi yang jelas tentang kepemilikan kendaraan dan sertakan dokumen-dokumen yang ada, seperti surat jual beli atau dokumen resmi lainnya yang dapat membuktikan kepemilikan kendaraan tersebut.

2. Peroleh Surat Keterangan Kehilangan

Setelah melaporkan kehilangan ke polisi, Anda akan diberikan Surat Keterangan Kehilangan. Pastikan untuk menyimpan salinan surat ini dengan baik, karena akan digunakan dalam proses selanjutnya.

4. Hubungi Pemilik Asli atau Dealer

Jika kendaraan yang Anda miliki dibeli dari seseorang atau dealer, segera hubungi mereka untuk memberitahukan kehilangan BPKB dan meminta kerjasama mereka. Jika Anda membeli kendaraan dari pemilik asli, mintalah mereka untuk membantu dalam proses pengurusan BPKB baru. Mereka perlu memberikan surat kuasa atau dokumen lain yang diperlukan untuk memperoleh kembali BPKB.

5. Persiapkan Dokumen-dokumen Pendukung

Selain Surat Keterangan Kehilangan, Anda juga perlu menyiapkan dokumen-dokumen lain untuk proses pengurusan BPKB baru. Beberapa dokumen yang umumnya dibutuhkan meliputi:

6. Kunjungi Samsat Terdekat

Setelah semua dokumen pendukung sudah siap, kunjungi kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) terdekat di wilayah Anda. Serahkan dokumen-dokumen tersebut dan berikan penjelasan lengkap tentang kehilangan BPKB bukan atas nama sendiri. Petugas akan memproses permohonan Anda dan memberikan informasi tentang langkah-langkah selanjutnya.

7. Ikuti Petunjuk dan Bayar Biaya yang Ditetapkan

Ikuti petunjuk petugas Samsat dan bayar biaya yang ditetapkan untuk proses pengurusan BPKB baru. Biaya ini bisa berbeda-beda tergantung pada daerah dan jenis kendaraan yang Anda miliki. Pastikan untuk membawa uang tunai yang cukup dan menanyakan metode pembayaran yang diterima.

8. Tunggu dan Ambil BPKB Baru

Setelah proses pengurusan selesai, Anda akan diberikan BPKB baru atas nama Anda. Biasanya, waktu tunggu antara 1-2 minggu tergantung pada kebijakan di wilayah Anda. Setelah mendapatkan pemberitahuan bahwa BPKB baru telah selesai diproses, kunjungi Samsat lagi untuk mengambilnya dengan membawa dokumen identitas asli.

Penutup: Mengurus BPKB hilang bukan atas nama sendiri bisa menjadi proses yang sedikit rumit, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat memperoleh kembali BPKB kendaraan Anda. Penting untuk tetap sabar dan menjaga komunikasi yang baik dengan pemilik asli atau penjual kendaraan serta petugas Samsat. Semoga panduan ini membantu Anda dalam mengatasi masalah kehilangan BPKB dan memperoleh BPKB baru dengan sukses.

Originally posted 2023-06-10 21:29:09.