Cara Mengurus STNK Hilang Bukan Atas Nama Sendiri Praktis

Muhammad Topik

Cara Mengurus STNK Hilang Bukan Atas Nama Sendiri Praktis

loop.co.id – Mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang hilang adalah tugas yang cukup rumit, terlebih jika kendaraan tersebut tidak terdaftar atas nama Anda. Meskipun demikian, dengan pengetahuan yang tepat dan mengikuti prosedur yang benar, Anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan mudah.

Mengurus STNK Hilang Bukan Nama Sendiri

Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah yang harus diambil untuk mengurus STNK hilang bukan atas nama sendiri.

1. Laporkan Kehilangan ke Kepolisian

Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah melaporkan kehilangan STNK kepada pihak kepolisian setempat. Saat melaporkan kehilangan, berikan semua informasi yang relevan tentang kendaraan dan kondisi kehilangan. Jelaskan bahwa kendaraan tersebut tidak terdaftar atas nama Anda, tetapi jelaskan hubungan Anda dengan pemilik resmi. Polisi akan memberikan bukti laporan kehilangan yang nantinya akan digunakan dalam proses pengurusan STNK baru.

2. Ajukan Permohonan Ke Pengadilan Negeri

Setelah Anda mendapatkan bukti laporan kehilangan dari kepolisian, langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan ke Pengadilan Negeri setempat. Permohonan ini bertujuan untuk mendapatkan surat kuasa pengurusan STNK baru atas nama pemilik resmi. Dalam permohonan, jelaskan secara rinci hubungan Anda dengan pemilik resmi, keadaan kehilangan, dan cantumkan bukti-bukti yang relevan seperti fotokopi identitas pemilik resmi, bukti kepemilikan kendaraan, dan bukti laporan kehilangan.

3. Proses Pengadilan dan Keputusan Hakim

Setelah permohonan diajukan, Pengadilan Negeri akan memprosesnya sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. Anda mungkin akan diminta untuk hadir di pengadilan dan memberikan kesaksian mengenai hubungan Anda dengan pemilik resmi. Hakim akan mempertimbangkan bukti-bukti yang diajukan dan memutuskan apakah akan mengeluarkan surat kuasa pengurusan STNK baru kepada Anda.

Baca Juga  Panduan Lengkap Mengurus STNK Motor Hilang dengan Mudah

4. Mengurus STNK Baru

Setelah mendapatkan surat kuasa pengurusan STNK dari Pengadilan Negeri, langkah selanjutnya adalah mengurus STNK baru di Samsat (Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap) terdekat. Bawa semua dokumen yang diperlukan, seperti surat kuasa pengurusan STNK, fotokopi identitas Anda dan pemilik resmi, fotokopi dokumen kepemilikan kendaraan, serta bukti administrasi lainnya yang mungkin diminta oleh Samsat.

5. Bayar Biaya dan Ambil STNK Baru

Setelah melengkapi prosedur pengurusan STNK baru, Anda akan diminta untuk membayar biaya administrasi yang ditetapkan oleh pihak Samsat. Setelah pembayaran selesai, Anda akan diberikan STNK baru atas nama pemilik resmi.

Penutup: Meskipun mengurus STNK hilang bukan atas nama sendiri mungkin membutuhkan beberapa prosedur tambahan, hal ini dapat diselesaikan dengan langkah-langkah yang benar. Penting untuk selalu mengikuti prosedur hukum yang berlaku dan memberikan informasi yang akurat kepada pihak berwenang. Dengan sabar dan ketelitian, Anda dapat mengurus STNK baru dengan sukses dan kembali menjalankan kendaraan tersebut secara sah.

Originally posted 2023-06-10 12:47:27.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya