Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Cara Melihat Spesifikasi Laptop – Hardware dan software, dua komponen utama yang membuat sebuah perangkat bisa bekerja. Komputer dan laptop juga sama, keduanya membutuhkan hardware dan software yang baik agar bisa berjalan dengan seharusnya.

Hardware dan software saling bekerja sama untuk menjalankan sistem demi memudahkan pekerjaan manusia. Jika komponen utama dari hardware dan software ada yang rusak maka laptop tidak bisa berjalan dengan semestinya atau bahkan tidak mau hidup sama sekali.

Laptop memiliki spesifikasi yang dibawanya, tergantung dari perusahaan yang membuatnya. Komponen di dalam laptop juga memiliki fungsi yang unik dan tidak bisa digantikan satu sama-lainnya.

Untuk menyimpan file, sebuah laptop membutuhkan storage berupa hardisk atau SSD. Storage ini tidak bisa digantikan dengan perangkat lain contohnya digantikan dengan VGA karena fungsinya berbeda.

Komponen laptop memiliki andil besar dalam kualitas kinerja perangkat yang berjalan. Saat menjalankan tugas berat seperti editing video dan pemodelan 3D, tentu komponen VGA yang bagus adalah sebuah keharusan.

Untuk mengetahui seberapa baik kinerja sebuah laptop, kalian tidak perlu langsung mengeceknya dengan editing video atau render 3D. Kalian bisa mengetahuinya hanya dengan melalui spesifikasi laptop tersebut. Lalu bagaimana melihat spesifikasi laptop kalian? Mari simak ulasan di bawah ini.

Spesifikasi Laptop Dan Komputer

Spesifikasi Laptop Dan Komputer

Komputer dan laptop memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan hal ini selalu menjadi perdebatan khususnya di kalangan gamer. Ingin komputer dengan kinerja luar biasa namun hanya bisa digunakan di satu tempat saja, atau ingin sedikit mengorbankan performa untuk bisa digunakan dimana-mana.

Intinya, keduanya menggunakan komponen yang berbeda sehingga menghasilkan performa yang berbeda.

Laptop maupun komputer yang dipasang komponen dengan teknologi terbaru biasanya akan jauh lebih baik kinerjanya dibandingkan dengan teknologi beberapa tahun sebelumnya. Komputer dengan komponen yang bisa dilepas-pasang lebih mudah untuk diupgrade ketimbang laptop yang memiliki komponen yang fix atau tidak dapat diganti.

Jika komponen dianggap sudah tidak bisa mengikuti perkembangan software, maka pengguna komputer hanya perlu mengganti komponen yang memang harus diupgrade, sisanya tidak perlu diganti.

Mengapa spesifikasi dan pemilihan komponen menjadi begitu penting? Hal ini disebabkan oleh kinerjanya saat menjalankan software tertentu. Bahkan, dunia game pun berkembang dengan pesat pada komputer.

Dahulu, game hanya berukuran sekitar 500MB saja dan dianggap sudah sangat canggih. Di jaman sekarang, game tertentu sudah mencapai ukuran 100GB, apakah komputer dengan komponen terdahulu bisa mengimbangi kemajuan teknologi game seperti ini? Tentu tidak.

Oleh karena itu spesifikasi komputer dan laptop adalah hal yang sangat krusial, tidak bisa dipandang sebelah mata.

Karena software menuntut hardware yang baik pada sebuah komputer dengan spesifikasi tertentu, mengecek spesifikasi adalah kewajiban. Baik gamer maupun pekerja seni profesional, komputer yang digunakan tidak boleh sembarangan.

Lalu, bagaimana cara untuk mengecek spesifikasi sebuah komputer atau laptop? Untuk mengetahuinya, silakan simak cara-cara mengecek spesifikasi laptop pada ulasan di bawah ini.

Cara Cek Spesifikasi Laptop Windows 7,8,10

Salah satu software yang paling dasar dan paling utama dari sebuah laptop adalah OS atau Sistem Operasi. OS yang paling banyak digunakan saat ini adalah OS terbaru dari Windows yaitu Windows 10. Namun, masyarakat Indonesia juga menggunakan salah satu OS Windows yang sudah berhenti diupdate beberapa tahun lalu, yaitu Windows 7 dan 8.

Mengapa Windows 7 dan windows 8 masih digunakan meskipun sudah tidak diupdate lagi oleh pihak Windows? Jawabannya karena OS ini adalah salah satu OS ringan yang bisa digunakan pada laptop dengan spesifikasi rendah sekalipun. Tidak heran, masih banyak orang yang menggunakan laptop dengan spesifikasi rendah karena memang laptop tersebut hanya digunakan untuk mengetik saja.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengecek spesifikasi laptop dan komputer pada Windows 7,8,10:

1. Melalui Properties My Computer

Melalui Properties My Computer

Cara pertama adalah dengan menggunakan cara paling umum dan standar dari laptop kalian, yaitu dengan Properties. Caranya adalah:

  • Buka File Explorer atau My Computer
  • Klik Kanan pada icon “This PC”
  • Pilih “Properties”

Dengan metode ini, kalian bisa melihat spesifikasi dari beberapa jenis komponen standar seperti prosesor yang digunakan, nama perangkat, jumlah ram, serta tipe OS (32 atau 64 bit). Spesifikasi yang muncul merupakan spesifikasi dasar, namun kalian sudah bisa menggunakan spesifikasi ini untuk referensi mengenai seberapa baik kinerja dari laptop tersebut. Untuk melihat spesifikasi ini, kalian bisa menggunakan shortcut dengan menekan tombol “Windows + E” untuk masuk ke File Explorer.

2. Melalui Control Panel

Melalui Control Panel

Selanjutnya adalah melalui Control Panel, salah satu cara dasar untuk mengecek spesifikasi dari sebuah laptop. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan tombol “Windows + R” pada keyboard
  • Ketik “control panel”
  • Tekan Enter
  • Klik “System and Security”
  • Lalu klik “System”

Cara ini menampilkan informasi yang sama dengan cara pertama, yaitu spesifikasi dasar dari sebuah laptop. Cara ini dikenal sebagai salah satu cara alternatif dari cara pertama dengan hasil yang sama seperti melihat spesifikasi laptop melalui Properties. Untuk melihat spesifikasi dasar seperti ini, silakan gunakan cara pertama atau kedua, sesuai keinginan kalian.

3. Melalui DirectX Diagnostic Tool

Melalui DirectX Diagnostic Tool

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan DirectX Diagnostic Tool, atau lebih dikenal dengan sebutan “DXDiag”. Sebutan DXDiag diambil dari cara kita mengetik dxdiag untuk masuk ke bagian spesifikasi. Caranya adalah:

  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard
  • Ketik “dxdiag” pada kolom “Open”
  • Tekan tombol Enter
  • Akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool

Berbeda dengan cara pertama, cara ini menampilkan spesifikasi yang lebih detail lagi dari laptop kalian. Di bagian “System”, selain merek dan jenis laptop, kalian juga bisa melihat OS, prosesor, jenis BIOS, jumlah RAM, serta versi DirectX.

Pada bagian Display, kalian bisa melihat jenis GPU atau VGA yang kalian gunakan. Jika laptop kalian memiliki VGA tambahan seperti NVIDIA atau RADEON, kalian bisa melihatnya pada bagian Render. Sound dan Input juga bisa digunakan untuk menampilkan komponen tambahan yang terpasang pada laptop seperti Keyboard, Mouse, serta Speaker.

4. Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Tiga cara di atas masih kurang detail? Jika iya, kalian bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk mengecek informasi dari laptop kalian. Aplikasi ini sangat terkenal dalam urusan menampilkan spesifikasi laptop karena informasinya sangat detail dan kalian bisa mendapatkannya dengan gratis. Aplikasi ini bernama CPU-Z. Silakan ikuti langkah – langkah berikut:

  • Download CPU-Z pada situs resmi
  • Setelah selesai download, install aplikasi CPU-Z
  • Tunggu hingga aplikasi selesai diinstall
  • Jalankan aplikasi CPU-Z

Informasi dari CPU-Z ini sangat detail. Tidak hanya jenis komponen saja, tapi juga serial number dan berbagai informasi penting terkait produk serta perusahaan pembuatnya. Terdapat beberapa menu pada CPU-Z yaitu CPU, Caches, Mainboard, Memory, SPD, Graphics, Bench, dan About, semuanya digunakan untuk mengecek seluruh spesifikasi dan bagian pada laptop kalian.

Prosesor, RAM, VGA ditampilkan pada menu utama yaitu CPU, Memory, SPD, serta Graphics. Bahkan, beberapa menu menampilkan tegangan dan clockspeed Real Time, artinya perubahan tegangan pada komponen juga ditampilkan pada aplikasi ini.

5. Menggunakan Speccy

Menggunakan Speccy

Selain menggunakan CPU-Z, kalian bisa menggunakan aplikasi selanjutnya yang bernama Speccy. Sama seperti CPU-Z, Speccy juga bisa didapatkan secara gratis melalui situs resmi. Sebenarnya aplikasi ini tidak sedetail CPU-Z, namun bagi kalian yang merasa bingung karena informasi yang terlalu detail dari komponen yang ditampilkan pada CPU-Z, Speccy bisa menjadi solusi pengganti. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Download Speccy pada situs resmi
  • Setelah selesai download, install aplikasi Speccy
  • Tunggu hingga aplikasi selesai diinstal
  • Jalankan aplikasi Speccy

Mirip seperti CPU-Z, Speccy menampilkan berbagai informasi mengenai komponen pada laptop kalian berdasarkan kategori. Terdapat kategori Summary, Operating System, CPU, RAM, Motherboard, Graphics, Storage, Optical Drives, Audio, Peripherals, serta Network.

Semuanya menampilkan informasi secara detail tanpa membuat pengguna bingung. Oleh karena itu, kalian bisa menggunakannya untuk mengecek spesifikasi laptop kalian dengan detail namun dengan informasi yang lebih mudah dicerna.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dari Sebuah Perangkat Laptop Atau Komputer

Jika kalian memiliki laptop atau komputer yang kalian gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, mengecek spesifikasi biasanya hanya dilakukan saat ingin menginstall sebuah aplikasi baru. Namun, jika kalian ingin melakukan pengecekan spesifikasi untuk laptop yang ingin kalian beli, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Beberapa hal tersebut adalah:

  1. Ukuran dan bobot laptop
    Tidak hanya software dan hardware, ukuran dan bobot dari sebuah laptop sangat lah penting. Tidak seperti komputer yang bisa ditaruh di bawah meja, laptop adalah perangkat yang compact sehingga semua komponen berkumpul menjadi satu. Ukuran dan bobot laptop yang terlalu besar bisa melelahkan pengguna saat dibawa kemana-mana. Sebaliknya, ukuran laptop yang terlalu kecil biasanya kurang nyaman untuk digunakan saat bekerja.
  2. Media penyimpanan
    SSD atau Hardisk? Mana yang ingin kalian pilih? Kecepatan atau kapasitas? Tentu saja seiring berkembangnya jaman, penggunaan SSD lebih diutamakan karena mampu memberikan kinerja yang jauh lebih baik meskipun kapasitasnya lebih terbatas. Namun, pilihan SSD dan Hardisk ini ada di tangan kalian, ingin kinerja yang unggul atau kapasitas yang lega.
  3. Ekspansi RAM
    Tidak sedikit pengguna laptop yang kecewa ketika tahu bahwa laptopnya tidak bisa ditambahkan RAM. Biasanya, pengguna baru menyadari betapa pentingnya penambahan RAM ketika sudah dipakai beberapa bulan atau beberapa tahun karena kinerja laptop tersebut sudah tidak sesuai dengan perkembangan software. Oleh karena itu, selalu cek terlebih dahulu apakah laptop tersebut tersedia slot RAM tambahan atau tidak.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai cara melihat spesifikasi laptop Windows 7. Untuk melihat seberapa baik kinerja laptop kalian, kalian bisa mengecek spesifikasi laptop kalian dengan berbagai cara di atas. Sebelum menginstall aplikasi dan game yang berat, pastikan untuk selalu melihat spesifikasi laptop kalian terlebih dahulu.

Jangan sampai kalian menginstall aplikasi tersebut namun tidak bisa digunakan dengan lancar karena laptop kalian tidak cukup kuat untuk menjalankannya. Semoga artikel loop.co.id ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!