Cara Cek Tarif Pos Indonesia Secara Online dan Aplikasi

Nizar Change

Cara Cek Tarif Pos Indonesia Secara Online dan Aplikasi

Loop.co.id – Tarif Pos Indonesia yang merupakan salah satu tarif paling dicari dan mendapat perhatian netizen terhadap harga yang ditetapkan.

Sebab Pos Indonesia adalah salah satu jenis jasa pengiriman milik pemerintah yang kerap kali menjadi pilihan warga untuk mengirim paket. Mulai dari barang, bahkan sampai dokumen pun bisa dikirim melalui Pos Indonesia.

Penasaran dengan harga Tarif Pos Indonesia lengkap semua barang dan bagaimana perhitungannya? Simak artikel dibawah ini untuk selengkapnya tentang seputar informasi Pos Indonesia.

Tahukah Kamu Apa Itu Pos Indonesia?

Pos Indonesia merupakan salah satu perusahaan milik pemerintah yang ada di Indonesia dan satu-satunya yang bergerak di bidang pengiriman.

Perusahaan ini juga menjadi salah satu jasa pengiriman yang bergerak di bawah naungan BUMN. Layanan pengirimannya bukan hanya barang, tetapi dokumen, yang, dan sebagainya.

Awalnya Pos Indonesia adalah sebuah perusahaan yang lebih bertujuan untuk mengadakan pelayanan publik. Yang mana adalah PTT (Post, Telegraph, dan juga Telephone) di bawah pimpinan seorang Kepala Jawatan.

Selanjutnya berkembang menjadi perusahaan negara pos dan telekomunikasi yang disebut juga sebagai PN Postel. Dan akhirnya setelah 17 tahun berstatus Perum, perusahaan ini resmi menjadi bisnis perseroan.

Dengan nama akhir yaitu PT Pos Indonesia yang sampai saat ini masih melayani para pelanggannya dengan baik dalam jasa pengiriman.

POS Indonesia menjadi salah satu jasa pengiriman yang masih mampu bersaing di tengah maraknya jasa-jasa pengiriman lainnya. Juga tentunya para pelanggan setia yang masih tetap menggunakan jasa pengiriman ini diluar jasa-jasa pengiriman lainnya.

Baca Juga  List Ongkir Tarif Herona Express Terlengkap Ke Berbagai Daerah

Apakah kamu pernah mendengar bahwa ada sebuah perusahaan yang membuka lowongan kerja dan mengharuskan mengirimkan dokumen nya melalui Pos?

Kenapa tidak dikirimkan menggunakan jasa pengiriman lainnya yang sedang marak saat ini dan masih mempercayakan Pos Indonesia?

Hal tersebut dikarenakan Pos Indonesia yang sudah cukup lama berpengalaman lebih dalam jasa pengiriman dibanding jasa-jasa lainnya.

Yang mana masih terhitung baru-baru kehadirannya di angka 5/10 tahun belakangan ini. Selain itu, untuk kepercayaan dalam pengiriman dokumen, Pos Indonesia masih menjadi yang nomor satu.

Pos Indonesia juga memiliki berbagai macam jenis layanan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dalam mengirimkan paket.

Layanan-layanan ini ditawarkan untuk meningkatkan kualitas pengiriman dan meningkatkan kepuasan konsumen terhadap layanan Pos Indonesia.

Berbagai Macam Layanan Pos Indonesia

Berbagai Macam Layanan Pos Indonesia

Setiap jasa pengiriman, tidak heran jika mereka menawarkan banyak layanan-layanan yang hadir untuk para pelanggannya. Karena dengan keanekaragaman layanan ini akan memudahkan pelanggan dan juga petugas dalam proses pengiriman nantinya.

Sama halnya dengan Pos Indonesia yang juga memiliki sekitar lebih dari 1 layanan yang bisa digunakan oleh pelanggannya. Layanan-layanan ini dapat kamu pilih secara bebas dan menyesuaikan dengan kebutuhan paket kamu mana layanan yang paling cocok.

Untuk itulah kami akan menjelaskan beberapa layanan Pos Indonesia secara lengkap agar kamu tidak merasa bingung nantinya. Silahkan simak dan nikmati pembahasan dibawah ini mengenai layanan tersebut.

1. Layanan POSERBA (Pos Serba Ada)

Layanan Poserba ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan jenis layanan yang paling maksimal. Karena pihak Pos Indonesia menyediakan berbagai macam kebutuhan dan kelengkapan yang sekiranya dibutuhkan oleh pelanggan.

Dalam Poserba ini, kamu akan diberikan kemudahan untuk mengirim paket yang akan dituju. Jika ingin menambahkan kelengkapan lain seperti kartu ucapan di dalamnya, kamu dapat menggunakan itu di dalam Poserba.

Baca Juga  Cek Tarif Pengiriman Shopee Standar Express Terbaru

Secara umumnya, Poserba adalah kantor Pos Indonesia yang tersebar di berbagai daerah dan wilayah Indonesia. Kehadirannya ini hampir sudah menjangkau seluruh Indonesia bahkan ke daerah-daerah timur sekalipun.

Kamu tidak akan merasa kesulitan karena Poserba akan memberikan dan melayani kamu dengan semaksimal mungkin. Kalaupun ada yang masih bingung, kamu dapat menanyakannya kepada petugas untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Letak kantor Poserba ini bisa dibilang cukup strategis dan akan ditemukan secara mudah oleh siapapun. Sebab akan ada logo Pos Indonesia dengan besar di depan kantornya agar lebih mudah lagi ditemukan.

2. Layanan POSARLING (Pos Pemasaran Keliling)

Untuk kamu yang mager keluar rumah tetapi harus mengirimkan paket, Pos Indonesia memiliki solusinya. Yaitu dengan menggunakan layanan Posarling.

Petugas dari Pos Indonesia akan melakukan aktivitas berkeliling ke rumah-rumah masyarakat untuk berbagi layanan dari Pos Indonesia.

Dengan menggunakan layanan Posarling, kamu juga dapat menghemat Tarif Pos Indonesia yang lebih kecil dibanding layanan lainnya.

Sebab kamu tidak perlu keluar rumah dan mengeluarkan ongkos, hanya perlu duduk manis dan bairkan petugas menjemput paket kamu.

Layanan yang akan kamu dapatkan dari Posarling ini contohnya seperti penjualan benda pos dan materai serta penerimaan kiriman pos.

Selain menghemat Tarif Pos Indonesia yang akan kamu gunakan, layanan ini juga akan mendekatnya Pos Indonesia kepada masyarakat.

Karena petugas akan berhadapan dan bertemu langsung dengan masyarakat dan melayani mereka yang membutuhkan layanan Pos Indonesia.

Harga Kisaran Tarif Pos Indonesia Dalam Negeri

Harga Kisaran Tarif Pos Indonesia Dalam Negeri

Tarif Pos Indonesia ke dalam negeri menggunakan 2 jenis perhitungan untuk penentuan tarifnya yang perlu kamu ketahui.

Agar ketika nanti mengirimkan paket dan ternyata tarif tidak sesuai dengan hitungan, kamu tidak akan keliru dan kebingungan.

Baca Juga  Tarif Genesis.lionparcel, Cara Pakai, dan Lama Pengiriman

Umumnya, paket yang dikirim akan menggunakan perhitungan berat per 1 kilogram untuk menetapkan tarif ongkos kirimnya. Namun Pos Indonesia juga memperhatikan hal lain sebagai perhitungan mereka.

Yaitu dengan menghitung berat yang merupakan perhitungan kilogram dan juga perhitungan volume barang. Jika volume barang melebihi ketetapan berat, maka tarif yang akan dikenakan juga akan berbeda, walaupun beratnya sama.

Pos Indonesia juga sudah memiliki rumus perhitungannya sendiri untuk memudahkan pelanggan yang ingin menghitung tarifnya sendiri.

Rumusnya adalah panjang x lebar x tinggi x 1 kg. Hasil dari perhitungan tersebut akan dikenakan biaya 6.000 rupiah per paket yang akan kamu kirim.

Untuk hasil melebihi dari rumus tersebut, maka kamu harus melipatgandakan biaya diatas sesuai dengan hasil. Jadi ketika mengirim barang melalui Pos Indonesia, kamu juga perlu memperhatikan volume barang juga, ya.

Ada 2 cara yang dapat kamu gunakan untuk mengecek Tarif Pos Indonesia lebih detailnya. Yaitu melalui website dan juga melalui aplikasi resmi dari Pos Indonesia.

FAQ About Tarif Pos Indonesia

FAQ

Apakah Tarif Pos Indonesia Relatif Murah Dibanding Jasa Pengiriman Lain?

Kalau dibilang relatif murah, mungkin jawabannya adalah iya tarifnya lebih terjangkau. Namun kembali lagi akan dipengaruhi juga oleh jarak pengiriman ke alamat yang akan dituju.

Biasanya Tarif Pos Indonesia akan jauh lebih mahal ke daerah-daerah desa yang belum dijangkau oleh jasa pengiriman lain.

Apakah Bisa Kirim Paket Ke Luar Negeri Menggunakan Pos Indonesia?

Jawabannya bisa, selain itu Tarif Pos Indonesia ke luar negeri juga cukup terjangkau untuk keterkaitan masalah jarak. Karena perlu dikirim melalui udara atau bahkan melalui perairan.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa informasi mengenai Tarif Pos Indonesia dan informasi lain selengkapnya tentang Pos Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba layanan Pos Indonesia!

Originally posted 2023-02-18 19:36:35.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya