Link Serta Cara Buat Spotify Instafest Yang Sedang Viral Trend

Loop.co.id – Spotify Instafest akan mewujudkan konser musik impianmu. Jika deretan konser musik favorit kamu tahun ini tidak sesuai harapan, jangan khawatir. Aplikasi Spotify Instafest akan membuatkanmu poster festival musik impianmu.

Instafest ini dibuat berdasarkan musik favorit kamu di Spotify. Aplikasi yang dikembangkan oleh Anshay Saboo ini sepenuhnya gratis dan cukup mudah digunakan. Kamu hanya perlu masuk ke akun Spotify milikmu, lalu akan muncul poster berdasarkan artis yang paling sering kamu dengarkan.

Poster yang dihasilkan oleh Spotify Instafest sangat mirip dengan poster musik festival. Jadi kamu seolah-olah menciptakan konser versimu sendiri. Tunggu apalagi, kamu harus segera mencoba trend Instafest ini.

Sekilas Tentang Spotify Instafest

Sekilas Tentang Spotify Instafest

Dalam beberapa jam setelah diluncurkan, Spotify Instafest langsung menjadi bahan pembicaraan di media sosial. Tidak butuh waktu lama, aplikasi ini menjadi viral dan dishare oleh banyak orang, baik di Instagram ataupun di Twitter.

Melalui Spotify Instafest, warganet berlomba-lomba memposting daftar musik favorit mereka. Saboo, developer aplikasi ini, menginfokan bahwa sudah lebih dari 5 juta orang yang membuat poster Instafest mereka.

Aplikasi Instafest tampak mirip dengan aplikasi Lineupsupply, yang memungkinkan penggunanya membuat daftar putar melalui poster festival musik. Jadi, jika kamu menyukai poster Spotify Instafest, kamu juga dapat mencoba menggunakan aplikasi LineupSupply untuk membuat playlist.

Peluncuran aplikasi bertepatan dengan beberapa hari sebelum Spotify merilis 2022 Wrapped. Spotify Wrapped menunjukkan seluruh musik dan podcast yang paling sering didengarkan penggunanya. Jadi, bisa dibilang Instafest mirip seperti Wrapped versi posternya.

Perbedaannya terletak pada tampilan Instafest yang serupa dengan poster konser musik yang diisi oleh musisi-musisi favoritmu. Hal ini tentunya merupakan impian bagi setiap penggemar yang menginginkan idolanya berada dalam satu festival.

Spotify juga telah menghadirkan fitur serupa yang disebut Spotify Pie Chart. Sebuah fitur yang dikonsep oleh mahasiswa UCLA Darren Huang, yang memungkinkan penggunanya untuk mengkategorikan musik favorit mereka.

Baik Instafest maupun Spotify Pie Chart sama-sama memungkinkan penggunanya untuk membagikan daftar musik kesukaan mereka ke media sosial. Dengan demikian, dua fitur Spotify ini dengan cepat menjadi trend di kalangan warganet.

Baca Juga  Banyak Dicari Link Full Video Kebaya Hijau Berdurasi 8 Menit

Sang developer Instafest, Anshay Saboo berkata bahwa dia mendapatkan ide untuk aplikasi ini sambil memikirkan Coachella. Ia membayangkan seperti apa daftar artis Coachella jika dia yang memilih artisnya.

Ia mengatakan bahwa ia mendapat ide ketika dia sedang berbaring di tempat tidur sambil scrolling TikTok di suatu hari. Dia melihat video-video Coachella yang diposting para pengguna TikTok dan dia mulai berpikir bagaimana jika dia yang memilih artis tersebut.

Ia lalu tiba-tiba mendapatkan ide untuk membuat grafis menggunakan integrasi Spotify. Dari sanalah ide membuat Instafest muncul.

Fitur-Fitur Unik Spotify Instafest

Fitur-Fitur Unik Spotify Instafest

Instafest juga memiliki fitur ‘Basic Score’. Melalui fitur ini, Spotify mengkategorikan skor selera musik penggunanya. Dengan demikian, kamu dapat memamerkan selera musikmu jika mendapatkan skor tinggi. Namun jika skor musikmu cukup rendah, kamu juga dapat menyembunyikan skor ini.

Skor ini dibuat berdasarkan popularitas si artis dan dibuat dengan skor 0-100. Jika skormu tinggi, berarti kamu menyukai musisi terkenal. Akan tetapi jika skormu rendah, artinya kamu lebih menyukai musisi Indie.

Melalui Instafest, kamu dapat membuat poster berisi musisi favoritmu berdasarkan interval waktu. Kamu bisa bebas memilih empat minggu terakhir, enam bulan terakhir, ataupun sepanjang waktu.

Juga dapat memilih berbagai desain poster seperti LA Twilight, Malibu Sunrise, dan Mojave Dusk. Kamu bahkan bisa menambahkan namamu di dalam poster, mengganti background, serta memilih sendiri poster yang sesuai dengan seleramu.

Saboo sudah berupaya menambahkan dukungan untuk lebih banyak platform. Situs Instafest kini juga memungkinkan kamu membuat poster festival menggunakan riwayat Last.fm yang sering kamu dengarkan.

Selain itu, dukungan untuk Apple Music sedang dikerjakan. Saboo juga ingin menambahkan dukungan untuk layanan streaming musik lain seperti Amazon Music, YouTube Music, dan Deezer.

Meskipun demikian, ia juga menegaskan bahwa ia membutuhkan waktu karena tidak semua API seramah API Spotify. Saboo saat ini berfokus pada pemeliharaan Instafest dan menambahkan lebih banyak integrasi yang membuat daftar konser pengguna menjadi lebih menyenangkan.

Dia mengatakan bahwa memang terlalu dini untuk memberikan informasi terkait rencana jangka panjang. Namun, dia menjelaskan bahwa dia sedang menjajaki kemungkinan membuat jejaring sosial berbasis musik menggunakan grafis festival semacam Instafest.

Baca Juga  Download Aplikasi Kuning Selingkuh Viral Versi Terbaru 2023

Apakah Membuat Spotify Instafest Rumit?

Apakah Membuat Spotify Instafest Rumit

Seperti yang dijelaskan langsung oleh Anshay Saboo, untuk membuat Spotify Instafest versi festival musik favoritmu caranya cukup simpel. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengklik situs web Instafest disini. Kemudian akan muncul daftar 36 artis yang paling banyak kamu dengarkan.

Festival Instafest berlangsung selama tiga hari dan akan menampilkan tiga artis teratas dari daftar musik kesukaan kamu. Tiga artis teratas ini akan berperan sebagai headline konser setiap hari.

Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan poster tersebut. Kamu dapat menambahkan nama pengguna kamu, mengubah latar belakang, dan menentukan desain Spotify Instafest sesuai seleramu. Hasil dari desain tersebut dapat diunduh dan dibagikan ke media sosial.

Kamu tidak perlu mengunduh aplikasi Instafest untuk membuat poster. Kamu hanya perlu mengunjungi situs Instafest dan login menggunakan akun Spotify atau Last.FM milikmu. Voila, konser musik favoritmu berhasil dibuat.

Cara Membuat Spotify Instafest

Cara Membuat Spotify Instafest

Seperti disebutkan diatas, kamu memerlukan akun Spotify aktif untuk menggunakan Instafest. Jika saat ini kamu belum memiliki akun Spotify, kamu dapat mendaftar secara gratis.

Namun, karena Instafest melihat data dari musik yang paling sering kamu dengarkan, kamu perlu menggunakan aplikasi ini untuk beberapa saat. Sebelum kamu dapat membuat festival musik dari penyanyi favoritmu.

Perlu juga dicatat bahwa jika kamu bukanlah seseorang yang sering mendengarkan musik, kamu mungkin tidak akan memperoleh data Instafest. Atau mungkin, daftar artis Instafest milikmu akan lebih sedikit. Untuk itu, sebelum membuat Instafest, kamu perlu sering-sering mendengarkan musik.

Jika kamu tertarik mencoba Spotify Instafest, kamu perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Kamu dapat mencobanya melalui HP atau komputer.

  1. Buka link ini, dan pilih Masuk dengan Spotify
  2. Masukkan informasi akun Spotify kamu lalu pilih Login
  3. Klik tinjau informasi privasi yang muncul dan pilih Agree
  4. Kamu akan menemukan barisan hasil personalisasi selera musikmu
  5. Kamu dapat menyesuaikan dengan menggeser ke bawah
  6. Setelah itu, kamu dapat mengubah daftar artis berdasarkan selera kamu
  7. Kamu juga dapat memilih interval selama empat minggu terakhir atau enam minggu
  8. Selain itu, juga dapat mengubah gaya grafik dan menyembunyikan nama pengguna Spotify jika diinginkan.
  9. Pilih Simpan dan Bagikan
  10. Hasil unduhan dapat kamu lihat di folder Download komputer maupun perangkat HPmu
  11. Jika kamu ingin membagikan Instafest dengan teman-teman, kamu juga dapat membagikan ke sosial media.
Baca Juga  15 Twibbon Mixue Gang Yang Viral Dan Banyak Dicari

Aplikasi Dengan Fitur Serupa

Aplikasi Dengan Fitur Serupa

Sebenarnya, sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang memberikan fitur serupa seperti Spotify Instafest. Salah satunya adalah Receiptify.

Situs Receiptify dibuat oleh Michelle Liu, sarjana tahun pertama Sistem Informasi di Dietrich College. Situs ini sempat viral di tahun 2022 dan banyak dibagikan di sosial media karena tampilan grafisnya yang sangat unik.

Hampir setiap orang suka berbelanja. Namun sayangnya, struk hasil belanjaan sering dibuang cuma-cuma. Nah, bagaimana rasanya jika kamu berbelanja musik-musik kesukaanmu? Pastinya terasa sangat menyenangkan dan kamu akan menyimpan struk tersebut.

Proyek yang dibuat oleh Michelle Liu ini terinspirasi dari struk pembelian. Dengan situs ini, pengguna akan menerima bukti pembayaran layaknya di supermarket, namun berisi daftar musik serta artis favorit mereka.

Keunggulan Receiptify dibanding Instafest untuk saat ini adalah, aplikasi ini dapat terintegrasi dengan Spotify, Last.fm, dan juga Apple Music.

Daftar pada Receiptify ini didesain mirip struk yang kusut. Struk yang sering dibuang dan dilupakan, bisa dijadikan alat untuk mengabadikan momen melalui musik yang kamu sukai. Dengan demikian, kamu tidak akan menyia-nyiakan strukmu lagi.

Seperti halnya Spotify Instafest, pengguna Receiptify juga dapat memilih jangka waktu interval untuk musik-musik favorit mereka. Jangka waktu tersebut bisa sebulan, enam bulan, atau bahkan sepanjang waktu.

Berbeda dengan Instafest yang memiliki tampilan poster konser musik. Receiptify menggunakan judul lagu dan nama artis ditampilkan sebagai “item pembelian” pada tanda terima dan peringkat ditampilkan sebagai “kuantitas”. Lalu untuk panjang lagu, ditampilkan sebagai “jumlah”.

Tanda terima ini kemudian dapat diunduh sebagai file png untuk dibagikan dengan teman dan keluarga di sosial media. Baik Instafest dan Recepitify memiliki konsep yang sangat unik bukan?

Akhir Kata

Spotify Instafest adalah salah satu situs yang sedang viral saat ini. Melalui situs ini, pengguna Spotify dapat membagikan musik-musik favorit mereka dalam sebuah poster. Dengan demikian, kamu akan merasa impian menonton konser idola-idola kesukaanmu terwujud.