Cara Main Lato Lato Untuk Pemula Langsung Jago Mainan Viral

Loop.co.id – Cara Main Lato Lato kini banyak di cari oleh orang banyak. Dikarenakan permainan ini kembali viral di kalangan masyarakat.

Permainan yang sudah lama ada ini kembali viral setelah ramai di sosial media. Sehingga permainan ini mulai banyak di cari dan dimainkan oleh masyarakat.

Maka pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Cara Main Lato Lato. Langsung saja kita masuk ke pembahasan artikel kali ini.

Mengenal Lebih Tentang Lato Lato

Mengenal Lebih Tentang Lato Lato

Sekarang ini, mainan lawas bernama lato-lato kembali banyak dimainkan setelah viral di TikTok. Lato-lato merupakan salah satu permainan yang sempat ramai di era tahun 90-an.

Permainan ini merupakan permainan simpel yang terdiri dari dua bola kecil dan sebenang tali. Saat ini, lato-lato bahkan ada dalam beberapa warna yang lebih menarik.

Dan pada bagian tengah permainan ini terdapat sebuah cincin plastik. Cincin plastik ini berfungsi sebagai penyeimbang ketika kamu bermain latto latto ini.

Di kota asalnya Makassar, lato-lato sering diperlombakan. Siapa yang sukses memainkannya dengan waktu paling lama tanpa gagal akan keluar sebagai pemenangnya.

Bukan hanya itu permainan ini juga dapat menjadi langkah bagi orang tua untuk mengurangi anak dari kecanduan gadget. Dengan bermain ini, anak-anak akan lebih menghabiskan waktunya untuk bermain dengan teman-temannya.

Cara Main Lato Lato juga sebenarnya tidaklah rumit. Tapi memang membutuhkan keahlian ketika kamu semua memainkan permainan ini.

Walaupun sederhana, permainan ini ternyata memiliki manfaat untuk melatih keseimbangan gerak otot lengan, menguji kesabaran, sampai membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Lato Lato memiliki beberapa nama contohnya misalnya Latto Latto, Tek Tek, Etek Etek dan masih banyak lagi nama lainnya tergantung pada daerah.

Etek etek sebenarnya  sudah ada dan heboh pada tahun 90an di Makassar. Karena itu banyak yang mengira bahwa  latto itu dari Makassar.

Padahal jika di teliti lebih dalam lagi permainan berasal dari Amerika. Tetapi, permainan ini  sempat tidak diperbolehkan di daerah asalnya karena suatu dan lain hal.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya permainan dibikin dari plastik. tapi bahan pembuatan permainan ini bukanlah plastik yang gampang rusak.

Plastik yang dipakai sebagai bahan dasar pembuatan etek etek merupakan plastik yang kuat dan berbahan keras serta juga padat.

Baca Juga  15 Twibbon Mixue Gang Yang Viral Dan Banyak Dicari

Karena Cara Main Lato Lato ini juga dapat disebut dengan latto latto yang nama tersebut dari suara yang dikeluarkan oleh benturan dari kedua  bola latto latto.

Asal Mula Permainan Ini

Asal Mula Permainan Ini

Pasti penasaran dengan asal muasal dari permainan yang menghebohkan ini. Karena permainan ini mendadak viral di kalangan masyarakat.

Dan ketika kamu mencari Cara Main Lato Lato kamu juga penasaran dengan asal permainan ini. Karena permain ini yang cukup unik untuk bermain nya.

Persis dengan yang sudah disampaikan sebelumnya, Latto Latto adalah mainan lawas tradisional yang diperkirakan berasal dari daerah Makassar, Sulawesi Selatan.

Karena nama permainan ini juga disebutkan berasal dari Cara Main Lato Lato itu sendiri. Dimana ketika memainkannya akan mengeluarkan suara latto latto.

Bunyi tersebut diambil dan dijadikan nama permainan ini. Kata latto latto juga diambil dari bahasa bugis sehingga banyak yang bilang permainan ini berasal dari daerah sana.

Fakta Tentang Latto Latto

Fakta Tentang Latto Latto

Sebelum kamu masuk ke pembahasan mengenai Cara Main Lato Lato. Alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai faktanya.

Karena permainan ini bukan hanya sekedar permainan biasa saja. Karena permainan ini sebenarnya sudah ada dari lama sebelum viral sekarang ini.

Maka langsung saja kita masuk ke pembahasan mengenai fakta nya sebelum ke Cara Main Lato Lato. Berikut beberapa fakta tentang permainan ini.

1. Permainan Tradisional

Permainan ini adalah  jenis permainan tradisional yang dapat kamu temukan di Indonesia. Clankers ini sangat terkenal pada tahun 1990an, apalagi bagi masyarakat yang berada di kawasan pedesaan.

Karena dahulu banyak anak anak didaerah pedesaan sudah memainkannya. Hal itu berkaitan juga dengan belum banyak nya handphone pada jaman dulu.

Namun permainan ini kembali hadir dikalangan anak kecil hingga remaja. Setelah banyak video di TikTok yang bermain memainkan permainan ini.

Dan karena Cara Main Lato Lato ini unik membuat banyak orang yang tertarik mencobanya. Sehingga permainan ini kembali viral sekarang ini.

2. Namanya Berasal Dari bahasa Bugis

Asal nama latto-latto adalah sebutan permainan tradisional dari bahasa Bugis. Di wilayah Makassar sendiri biasanya disebut katto-katto sedangkan di Pulau Jawa sering disebut dengan etek-tek.

Namanya sendiri berasal dari Cara Main Lato Lato itu sendiri. Karena ketika memainkannya akan berbunyi latto latto yang berulang.

Dengan begitulah masyarakat mulai menyebut permainan ini dengan sebutan lato-lato. Dengan cara bermain dan suara khas yang dihasilkan membuat banyak yang tertarik dengan permainan ini.

3. Bukan asli Indonesia

Walaupun banyak ditemukan di Indonesia dari jaman dulu. Tetapi, nyatanya permainan ini ditemukan pertama kali pada tahun 1960-an.

Kemudian permainan ini mulai populer di tahun 1970-an di wilayah Amerika. Di wilayah Amerika sendiri lato-lato dipanggil dengan sebutan clankers.

Permainan ini nyatanya tidak bertahana lama karena menimbulkan korban jiwa. Lalu pada tahun 1970-an di Amerika Serikat, clankers ini sempat tidak diperbolehkan oleh pemerintah sekolah sekitar.

Baca Juga  Download Aplikasi Kuning Selingkuh Viral Versi Terbaru 2023

4. Bahan Lato-lato dari kaca

Pada awal kemunculannya, bahan Lato-latto ini memakai bahan kaca dan cara bermainnya yang dianggap sangat berbahaya ke diri kamu sendiri.

Tidak jarang ketika memainkannya ini membanting clackers secara begitu keras sampai pecahan kacanya sampai bertebaran dan terkena tubuh orang lain.

Dengan seiring berjalannya waktu, bahan yang digunakan untuk lato-lato mulai disesuaikan dan menggunakan bahan yang lebih aman seperti plastik maupun kayu.

Sehingga ketika kamu memainkan permainan ini menjadi lebih ringan dan lebih aman dari dibandingkan lato-lato yang menggunakan bahan dasar dari kaca.

5. Harga Dari lato-lato Beragam

Harga lato Lato ini sendiri berbeda beda menyesuaikan dengan tempat ataupun wilayah kamu masing-masing. Tapi pastinya tetap terjangkau untuk di beli.

Permainan ini gampang untuk di temukan oleh kamu semua seperti di toko kelontong, sosial media , supermarket ataupun toko online yang lain.

Harga dari ini lato-lato cukup terjangkau untuk di beli dimana berkisar dari ribuan hingga belasan ribu rupiah yang dimulai dari harga Rp.8.000 – Rp12.000.

Manfaat Ketika Kamu Tau Cara Main Lato Lato

Manfaat Ketika Kamu Tau Cara Main Lato Lato

Ternyata walaupun permainan lato-lato tampak mudah untuk dimainkan, tetapi permainan ini terdapat juga memiliki beberapa  manfaat yang dapat kamu rasakan.

Karena ketika bermain membutuhkan juga beberapa keterampilan. Permainan ini tidak asal ketika memainkannya karena ada teknik mengenai Cara Main Lato Lato.

Maka langsung saja kami akan memberikan kepada kamu semua mengenai manfaat nya. Berikut ini daftar manfaatnya yang akan kamu dapatkan.

1. Menambah Kepercayaan Diri

Ketika kamu dapat menguasai Cara Main Lato Lato. Tentunya hal itu dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri kamu ketika memainkannya.

Karena banyak orang juga yang kesulitan ketika memainkan permainan ini. Tentunya butuh keahlian khusus untuk memainkan permainan ini.

2. Melatih Kemampuan Dasar Motorik

Ketika kamu tau Cara Main Lato Lato tentu saja sangat membantu kamu melatih kemampuan motorik kamu. Sudah jelas karena memainkan nya menggunakan gerakan tangan kamu.

Dengan bermain permainan ini akan membantu kamu menggerakkan tubuh mu. Dibandingkan kamu hanya bermain handphone seharian.

3. Melatih Ketenangan Pikiran

Saat bermain permainan ini juga dapat memberikan ketenangan pada diri kamu. Dikarenakan saat bermain permainan ini mempunyai ketukan yang senada.

Dan biasanya ketukan senada dan berulang bisa memberikan keterangan. Tapi untuk mendapat ketukan senada dan berulang tersebut kamu harus tau Cara Main Lato Lato yang benar.

4. Melatih Kesabaran

Bermain latto latto juga pastinya membutuhkan kesabaran yang luar biasa. Karena tidak mudah untuk memainkannya agar kedua bola saling berbenturan.

5. Melatih Keseimbangan Tubuh

Jika kamu memainkan permainan ini keseimbangan sangat diperlukan. Saat kamu bermain dan apabila kamu tidak seimbang bola akan melenceng dan sulit untuk saling berbenturan.

Baca Juga  Apa Arti Sadboy Dalam Bahasa Gaul, Wajib Harus Kamu Ketahui

Cara Main Lato Lato

 

Seperti yang kami terangkan, etek-etek adalah permainan tradisional yang berupa dari dua buah bola warna-warni yang berbahan kayu maupun plastik.

Kedua bolabola tersebut berukuran seperti bola bekel yang dihubungkan dengan seutas tali. Dan kini permainan ini mempunyai warna beragam.

Cara Main Lato Lato sebenarnya tergolong mudah. Kamu hanya perlu menggoyangkan lengan kamu serta menyeimbangkan dua bola lato-lato agar saling beradu dan berbenturan.

Benturan antar dua bola tersebut akan mengeluarkan bunyi yang unik dan khas dari permainan ini. Dan hal ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri permainan ini.

Meskipun terlihat mudah, Cara Main Lato Lato mungkin sulit untuk dimainkan bagi pemula. Dan juga, jika kamu memainkannya dengan cara yang kurang tepat.

Bola latto latto kemungkinan akan mengenai lengan dan melukai kamu. Karena tidak sedikit orang yang terluka akibat bermain permainan ini.

Maka langsung saja kita masuk ke pembahasan nya. Berikut panduan agar terhindar dari hal berikut tentang Cara Main Lato Lato yang bisa kamu ikuti:

  1. Sebelum memulai nya pastikan kedua bola ada di posisi yang sejahar atau seimbang.
  2. Jepit pada bagian cincin tengah pada tali lato-lato menggunakan jari kamu. Pergunakan jari yang paling nyaman kamu gunakan, contohnya ialah jari telunjuk serta jari tengah.
  3. Setelah kamu merasa nyaman dengan posisi jari, kamu mulai untuk memantulkan lato-lato secara perlahan hingga saling beradu.
  4. Kamu dapat menggerakkan maupun menggoyangkan tangan kamu ke atas serta bawah perlahan lahan sampai ke kecepatan yang tinggi.
  5. Gerakan terus tangan kamu hingga Lato Lato saling beradu dan mengeluarkan bunyi yang berulang-ulang.
  6. Jika sudah tahu ritmenya, kamu dapat mencoba berbagai trik untuk mengeluarkan bunyi yang sesuai dengan kemauan mu. Contohnya suara ketukan tepuk pramuka, helikopter, dan yang lainya.

FAQ

FAQ

Apa Itu Lato Lato ?

Lato Lato adalah permainan yang dimainkannya secara sederhana yang berupa dua bola dari plastik. Pada bagian tengah nya terdapat tali yang ada cincin Kecil sebagai pegangan.

Yang dimainkan nya dengan menggoyangkan lengan ke atas dan ke bawah. Hingga kedua bola tersebut akan saling berbenturan dan akan menghasilkan suara.

Bagaimana Cara Main Lato Lato ?

Untuk cara memainkan nya kamu harua menyeimbangkan terlebih dahulu kedua bola tersebut. Kemudian kamu secara perlahan mulai menggoyangkan lengan kamu.

Tunggu hingga pantulan bola tersebut lebih baik dan jika sudah merasa bagus mulai menggoyangkan tangan nya lebih cepat ke arah bawah dan atas.

Berasal Dari Wilayah Mana Lato Lato ?

Lato Lato sendiri namanya berasal dari bahasa bugis di daerah Makassar. Tetapi aslinya permainan ini berasal dari negara Amerika dengan nama clackers yang terbuat dari kaca.

Akhir Kata

Mungkin itu saja penjelasan kami pada artikel kali ini. Semoga penjelasan kami dapat berguna bagi kalian semua yang membaca dan menyimak artikel ini.