Rumus Vlookup Excel dengan Ratusan Sheet Berbeda

 

Salah satu rumus dalam Microsoft Excel yang paling sering diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari adalah rumus Vlookup Excel. Membantu mempercepat pengolahan data yang melibatkan banyak data yang bersifat penghitungan. Sehingga pekerjaan bisa selesai sebelum waktu yang ditentukan.

Saat mengolah data ada banyak sekali rumus yang dibutuhkan untuk mengolah angka menjadi data yang jelas. Seperti rumus perkalian, penjumlahan dan mencari total perhitungan dari sebuah data. Tentu saja fungsi rumus tersebut berguna untuk membuat data mudah dipahami dan juga rapi.

Rumus Vlookup Excel dengan Sheet Berbeda

Vlookup ini sangat diperlukan untuk mencari sebuah data dengan cepat dan mudah. Daripada mencarinya satu demi satu, baris demi baris, maka dengan memakai fungsi pencarian akan dapat ditemukan dengan lebih mudah dan cepat.

Mungkin kalau datanya hanya ratusan masih sanggup mencarinya dengan scroll keatas ataupun kebawah. Namun apa jadinya ketika data yang dikerjakan berjumlah ribuan. Dengan ratusan sheet yang berbeda dalam satu project yang harus ditemukan segera.

Rumus Vlookup

Rumus Vlookup

VLOOKUP(NilaiYangDicari; TabelReferensi; Nomorkolom; [RangeLookup])

Awalan huruf V pada rumus Vlookup Excel ini memiliki arti sebagai vertikal. Hal ini mengacu pada bentuk tabel referensi yang dipakai. Pada tabel yang digunakan ini field datanya disusun kebawah secara vertikal kemudian judul berada di posisi yang paling atas.

Poin Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Vlookup

Poin Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Vlookup

Ketika sedang menggunakan rumus Vlookup pada Microsoft Excel dan mencari nilai pertama pada kolom referensi maka harus memperhatikan ada beberapa poin penting:

  • Memastikan bahwa pada kolom pertama data yang tertulis tidak berisi, penggunaan tanda kutip lurus atau lengkung. Tidak ada spasi awal dan akhir, atau karakter non cetak agar hasilnya akurat.
  • Tidak menyimpan data sebagai teks saat mencari nilai angka atau tanggal.
  • Rumus Vlookup Excel ini hanya berlaku mengambil data pertama yang ditemukan, diperlukan cara lain ketika yang dicari lebih dari satu..
  • Beberapa Fungsi Rumus Vlookup Excel Yang Wajib Diketahui

Kalau dalam pekerjaan kamu sering melakukan pengolahan data, ada baiknya memahami berbagai rumus yang ada dalam Excel. Dijamin pekerjaanmu akan selesai dengan sempurna. Rumus Vlookup Excel ini ada 4 fungsi, dengan cara dan penggunaan yang sama pentingnya.

  • Tabel Referensi: Sebagai tabel referensi, maka data ini setidaknya memiliki dua kolom atau lebih. Saat pencarian selesai maka pada kolom pertama akan muncul nilai yang diinginkan.
  • Nilai Yang Di Cari: Ini adalah satu nilai yang dicari pada kolom pertama tabel atau dari tabel referensi adalah kolom yang terletak paling kanan. Yang terdiri teks, tanggal, angka dan nilai, data ini bis ditulis langsung atau dari sebuah referensi sel. Atau bahkan hasil dari rumus excel yang berupa nilai.
  • Range Lookup: pada bagian ini diisi dengan memakai nilai Boolean True untuk mencari nilai hampir Atau nilai Boolean False untuk mencari nilai yang persis. Nilai logika yang mendasari rumus Vlookup ini adalah sebagai panduan saat kita menggunakannya. Apakah mencari hasil yang akurat atau hanya yang memiliki nilai mendekati.
  • True: Nilai yang dicari hanya akan ditemukan Vlookup pada tabel referensi pencarian yang sama atau yang kira-kira mendekati. Namun bagaimana ketika nilai yang dicari tidak ada yang sama di dalam data? Maka hasil yang akan ditemukannya adalah nilai terbesar yang tidak lebih besar dari nilai yang dicari.
  • False: Fungsi logika ini hanya akan menemukan nilai yang sama dengan nilai yang dicari pada tabel referensi yang ditemukan oleh Vlookup. Ketika ternyata nilai yang dicari tidak ada di dalam data, hasil akhirnya adalah error #NA!.
  • Nomor Kolom: Nomor kolom ini berasal dari argumen tabel referensi yang memiliki nilai data yang ingin kita ambil. Nilai ini berada satu baris dengan menggunakan nilai pencari di kolom pertama.

Baca juga: Rumus Index Excel

Penerapan Fungsi Excel dalam Kehidupan

Penerapan Fungsi Excel dalam Kehidupan

Banyak sekali rumus dalam Microsoft Excel yang mempermudah pengelolaan data sehari-hari. Tak hanya fungsi Vlookup saja, masih banyak fungsi lainnya yang akan meringankan beban pengolahan data. Penting untuk dipelajari dan dikuasai dengan baik sesuai dengan penggunaan yang dibutuhkan.

Kalau kamu memiliki pekerjaan sebagai pengelola data pasti akan sangat terbantu dengan Rumus Vlookup Excel ini saat sedang mencari data. Banyak sekali pekerjaan yang terbantu dengan adanya software pengolah data ini. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Mempermudah penyelesaian soal-soal matematika.
  • Mempermudah pembuatan beragam diagram dan grafik.
  • Mempermudah penghitungan statistika dan aritmatika.
  • Mempercepat proses pengolahan data seperti mengedit, menganalisa, meringkas dan mengurutkan.
  • Mempermudah analisa dan riset harga dengan cepat.
  • Melakukan penghitungan dan pengelolaan investasi, inventaris, penjualan, pinjaman, pembelian, dan lain-lain.
  • Mempermudah proses pencatatan anggaran, keuangan dan penyusunan laporan keuangan.
  • Mempermudah penghitungan hasil penelitian dan anggarannya.

Contoh Manfaat Microsoft Excel Dalam Pekerjaan

Contoh Manfaat Microsoft Excel Dalam Pekerjaan

Dijaman serba komputerisasi ini banyak sekali bidang pekerjaan yang membutuhkan microsoft Excel. Karena dengan Excel beban pekerjaa bagian keuangan akan menjadi lebih ringan setelah memakai rumus-rumusnya. Maka akan sangat bagus kalau menguasai sofware yang satu ini sebagai salah satu skill.

Beberapa manfaat Microsoft Excel dalam pekerjaan adalah:

1. Sebagai Pengelola Data

Peran Excel sebagai pengelola data adalah melakukan berbagai fungsi pengolahan database statistik. Seperti  mencari nilai rata-rata, nilai tengah, dan juga melakukan pencarian dari nilai minimum dan nilai maksimum dari sebuah data.

2. Di Bidang Akuntansi

Sudah pasti Excel ini akan dipakai di bidang akuntansi yang selalu berkutat dengan keuangan. Excel senantiasa digunakan saat menghitung besarnya keuntungan atau kerugian suatu perusahaan dalan suatu waktu.

Untuk menghitung berapa upah yang akan dibayarkan kepada seluruh staff dan karyawan yang bekerja. Menghitung berapa jumlah pembelian dan penjualan yang sudah dilakukan. Menghitung hasil produksi dalam suatu periode dan lain sebagainya.

3. Pembuatan Grafik

Saat ingin membuat grafik dengan cara yang paling mudah maka Excel adalah solusinya. Misalnya grafik jumlah kelahiran dan kematian dalam satu tahun. Pertumbuhan penduduk di suatu tempat pada satu periode. Perkembangan jumlah murid di suatu sekolah atau lembaga pendidikan.

Excel menyediakan berbagai macam jenis grafik yang bisa diaplikasikan dengan mudah. Cukup dengan memasukkan datanya kemudian menggunakan fitur insert chart yang diinginkan. Maka dalam sekejap jadilah grafik yang dibutuhkan dengan mudah.

4. Kalkulasi Matematis

Kamu mungkin pernah suatu hari perlu melakukan kalkulasi untuk sebuah data. Seperti mencari data hasil pengurangan, perkalian dan juga penjumlahan. Yang disertai dengan berbagai macam variasinya.

5. Operasi Tabel

Ketika kamu memiliki pekerjaan di bidang input data dengan jumlah ribuan. Kemudian membutuhkan sangat banyak jumlah kolom dan baris, jangan khawatir. Karena Microsoft Excel memiliki 1.084.576 baris untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Selain itu juga dilengkapi dengan 16.384 kolom yang membuat pengguna leluasa.+

Baca juga: Rumus Standar Deviasi Excel

Teknologi semakin hari semakin maju dan canggih, membuat kehidupan dan pekerjaan menjadi lebih mudah. Berbagai macam aplikasi dan software baru terus bermunculan. Akan sangat sayang kalau tidak belajar mengikuti perkembangan jaman.

Karena berbagai macam hal baru ditemukan sebagai jawaban dari sebuah masalah. Demikian juga dengan Rumus Vlookup Excel ini. Ditemukan dan dibuat untuk membantu pekerjaan keuangan dan pengolahan data yang sering membuat pusing.