Pengertian Range dalam Excel dan Cara Buat Range di Microsoft Excel

 

Informasi tentang pengertian range memang harus dipahami oleh siapapun yang bergelut dengan Microsoft Excel. Dalam tutorial kali ini memang ditujukan untuk kamu yang benar-benar baru mengenal program kerja ini.

Bagi yang sudah mengetahui mengenai apa konsep dasar menggunakan Microsoft Excel, kamu bisa melewati pembahasan ini. Namun, Tidak ada salahnya juga untuk membacanya terlebih dahulu karena mungkin ada hal yang belum diketahui.

Seperti yang diketahui, Excel menjadi program yang sangat berguna untuk berbagai kebutuhan. Baik itu untuk pekerjaan, bisnis, atau bagi anak sekolah banyak yang menggunakan program ini. Salah satu konsep yang harus dipahami adalah range yang akan dibahas di sini.

Pengertian range, Cell Serta Colum Dalam Excel

Pengertian range, Cell Serta Colum Dalam Excel

Berbicara mengenai Microsoft Excel untuk pemula, tentu tidak akan terlepas dari pembahasan dasar mengenainya. Beberapa poin yang penting dipahami yaitu pengertian range, cell, row dan colum yang akan dijelaskan berikut.

Pengertian Range

Dalam excel, pengertian range yaitu kumpulan sel yang sudah ditentukan untuk pengolahan data. Misalnya, pada lembar kerja dimulai dari Cell C2 hingga dengan F12 yang disorot, dan itu merupakan range.

Pengertian Cell

Berikutnya yang harus diketahui adalah pengertian cell yang merupakan pertemuan baris dan kolom. Namanya akan teridentifikasi dalam bentuk huruf dan nomor. Angka akan menunjukkan baris dan huruf menggambarkan kolom.

Pengertian Column

Pengertian column yaitu urutan pada lembar kerja Excel secara horizontal. Identifikasinya sendiri dilambangkan dengan huruf yang diawali A, B, C, D dan seterusnya.

Pengertian Row

Row adalah baris di dalam Microsoft Excel yang urutannya dari atas ke bawah. Kamu akan dapat menjumpai angka dimulai 1 hingga 1.048.576.  Angka tersebut adalah jumlah baris pada Excel.

Simak juga: Rumus Index Excel

Cara Membuat Range Di Dalam Excel

Karena dalam artikel ini lebih difokuskan mengenai pengertian range, maka selanjutnya akan dibahas tentang bagaimana cara membuatnya. Membuat range berarti melakukan inisialisasi pada data. Berikut langkah-langkahnya :

1. Memberikan Nama Langsung Di Name Box

Memberikan Nama Langsung Di Name Box

Cara pertama yaitu bisa dengan membuatnya secara langsung di name box. Agar mempermudah, akan dijelaskan beserta contoh gambar berikut.

Tentukanlah data yang ingin dibuat range. Di dalam contoh, kolom NILAI1 akan dibuatkan range dengan nama nlai_1. Maka, setelah disorot kamu langsung memberikan nama di box dan kemudian tekan enter. Jangan menggunakan spasi.

2. Dengan Cara Klik Kanan

Dengan Cara Klik Kanan

Cara berikutnya untuk membuat range yaitu dengan Klik kanan. Langkahnya cukup sederhana, kamu tinggal sorot cell mana yang ingin diidentifikasikan sebagai range. Berikutnya pilih name a range.

Setelah itu, kamu bisa memberikan nama pada range tersebut. Selanjutnya, kamu bisa klik ok dan akhirnya range berhasil dibuat. Cara ini dianggap salah satu yang paling mudah dialkukan.

Penggunaan Range dan Cara Mencarinya di Lembar Kerja Excel

Penggunaan Range dan Cara Mencarinya di Lembar Kerja Excel

Setelah kamu paham pengertian range dan bagaimana cara membuatnya, berikutnya mungkin pertanyaan muncul. Apa fungsi range ini di dalam lembar kerja yang kamu buat? Ketika kamu hendak memasukkan rumus dan menghitungnya, tentu akan menyeleksi sejumlah cell atau kolom.

Di saat memilih beberapa cell ini, otomatis sudah menggunakan range  Hal tersebut juga berlaku saat memilih sejumlah Cell yang berisi angka untuk dijumlahkan. Di sini, kamu sudah memakai range Excel dan di dalamnya ada angka atau data.

Sementara untuk mencari range pada lembar kerja Microsoft Excel, kamu dapat dilakukan dengan langkah-langkah mudah. Sebelumnya, buatlah data terlebih dahulu lembar kerja seperti gambar berikut ini.

  • Kamu bisa blok dari mulai C2 hingga c11.
  • Selanjutnya, di status bar akan kelihatan berapa jumlah data range dan max.
  • Untuk mengaktifkan range, kamu bisa klik kanan di area status.
  • Hasilnya, akan nampak jendela customized status bar.
  • Di samping mencari range, kamu juga bisa menghitung berapa jumlah data (count), menghitung berapa jumlah angka (sum) mencari nilai paling tinggi (max) serta mencari nilai paling rendah (min).
  • Pilih count atau average. Pada Excel, range juga bisa disebut jangkauan data dari yang terbesar hingga terkecil. Dalam hal ini memang semua bisa mencarinya dengan cara tersendiri. Banyak langkah membuat atau menemukan range ini.

Simak juga: Cara Menjumlahkan Di Excel

Cara Membuat Range di MS Excel

Cara Membuat Range di MS Excel

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat range pada lembar kerja Ms Excel, yang akan mempermudah setiap pekerjaanmu. Diantaranya:

1. Membuat Range Dengan Mouse

Cara yang pertama ini bisa dikatakan cukup sederhana. Hal ini dikarenakan, kamu bisa memilih range pada lembar kerja hanya dengan menggunakan mouse saja, layaknya seperti memblok pada umumnya.

  • Klik kiri dan tahan Mouse di salah satu sel yang ingin kamu pilih range-nya.
  • Setelah itu, sambil menahan klik kiri pada Mouse, tarik berdasarkan range yang ingin di pilih sampai warna pada beberapa sel itu menjadi abu-abu.
  • Jika sudah membuat range lepas klik kiri pada Mouse dan selesai .

2. Dengan Tombol Shift

Cara yang kedua ini biasanya dipakai oleh orang-orang yang suka bekerja menggunakan Keyboard atau tidak ingin menggunakan Mouse.

  • Pertama klik pada salah satu sel yang hendak kita pilih range-nya.
  • Setelah itu, tekan tombol Shift dan kemudian
  • Sambil menahan tombol Shift, pilih range dengan cara menekan tombol arah kanan, kiri, atas atau bawah pada Keyboard sesuai dengan banyaknya range yang diinginkan, sampai sel yang di pilih itu terblok dan bewarna abu-abu.
  • Jika sudah sesuai kebutuhan, lepaskan tombol Shift untuk melihat

3. Dengan Mode Extension

Masih tetap menggunakan tombol Keyboard dalam memilih range, hanya sedikit berbeda dengan sebelumnya.

  • Jika sebelumnya kamu harus menekan terus tombol Shift, sementara pada cara ini kamu tidak harus menekan terus Shift, namun hanya dengan sekali tekan F8 untuk mengaktifkan Mode Extension. Lalu silahkan tekan tombol arah sesuai keinginan.
  • Kemudian klik pada sel awal yang ingin di jadikan range.
  • Lalu tekan F8 pada keyboard untuk mengaktifkan Mode Extension. Jika kamu perhatikan, di sinilah letak perbedaannyadibandingkan ketika kamu menggunakan cara yang sebelumnya.
  • Setelah itu pilih sel yang ingin di gunakan sebagai r Ketahuilah jika pemilihan range bisa dengan menggunakan tombol panah pada Keyboard atau juga bisa dengan cara klik kiri memakai mouse pada sel yang di tuju.
  • Setelah itu tekan kembali tombol F8 untuk menonaktifkan Mode Extension jika misalnya kamu sudah selesai dalam memilih r Sementara untuk kamu yang ingin melihat status Mode Extension masih aktif atau tidaknya, maka bisa melihatnya pada bar status yang terletak di sudut bawah sebelah kiri jendela Ms Excel.

Simak juga: Rumus Pembulatan Excel

Secara singkat, pengertian range adalah kumpulan atau gabungan banyak sel yang diblok atau dipilih. Kamu yang ingin belajar lebih lagi mengenai range ini bisa mengikuti panduan di atas.