Marketing Plan

Dalam dunia bisnis, marketing plan memiliki peran yang cukup penting. Jika disederhanakan lagi, marketing plan sama dengan rencana pemasaran, atau strategi pemasaran. Itulah mengapa hal ini menjadi salah satu bagian penting yang perlu dipersiapkan dengan matang untuk berbisnis.

Jika rencana pemasaran kamu tidak cukup matang, maka bisnis tidak bisa dilakukan secara maksimal melakukan pendekatan dalam bentuk promosi kepada masyarakat maupun klien yang potensial. Untuk itu, diperlukan yang namanya perencanaan untuk pemasaran bisnis kamu.

Sebelum mengulik lebih dalam mengenai perencanaan-perencanaan tersebut, ada baiknya kamu memahami hal penting yang menjadi komponen penting dalam dunia marketing.

Apa Itu Marketing Plan?

Apa-Itu-Marketing-Plan

Marketing plan merupakan strategi pendekatan sebagai bentuk upaya untuk mengembangkan dunia pemasaran. Hal ini biasanya digunakan dalam berbagai macam situasi, contohnya saat proses peluncuran perusahaan baru atau kegiatan rutin dalam kegiatan pengembangan bisnis baru.

Perusahaan biasanya melakukan perbaharuan rencana pemasaran dalam beberapa bulan sekali, atau bahkan beberapa tahun sekali. Ketika melakukan hal ini, maka perusahaan akan memanfaatkan waktu tersebut untuk mengevaluasi kinerja dan strategi pemasarannya.

Seberapa Penting Marketing Plan Bagi Bisnis atau Perusahaan?

Seberapa Penting Marketing Plan Bagi Bisnis atau Perusahaan

1. Memudahkan seseorang dalam menyusun strategi marketing

Rencana pemasaran disini bisa membantu memudahkan kamu dalam menyusun strategi. Dari situ kita bisa mengetahui, mana yang akan kita lakukan dan mana yang tidak harus kita lakukan.

2. Meminimalisir dampak buruk di masa yang akan dating

Dalam hal ini, pastinya seluruh bagian yang ikut serta dalam mempersiapkan marketing plan dan sudah memiliki gambaran tujuan seperti apa yang akan dicapai, strategi apa saja yang perlu digunakan dan tidak perlu untuk dilakukan.

Bahkan siapa-siapa saja yang akan bertanggung jawab atas persiapan pembentukan strategi marketing ini pun juga wajib dibentuk dan mulai dilakukan.

Manfaat yang Bisa Didapat Ketika Melakukan Marketing Plan

Manfaat yang Bisa Didapat Ketika Melakukan Marketing Plan

Jika proses dalam membangun rencana pemasaran atau marketing plan cukup matang, maka kamu akan mendapatkan manfaat secara maksimal dan kesuksesan akan akan mengikuti. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

1. Dapat memicu seseorang untuk meninjau kembali perkiraan-perkiraan dari sisi yang lain

Marketing plan yang baik dapat memberikan manfaat pada sesorang agar keluar dari zona nyaman. Untuk itu, dalam hal ini kamu diperlukan untuk beradaptasi dengan hal-hal yang baru dan menantang.

2. Dapat mengurangi resiko untuk plan kedepannya

Sebuah rencana pemasaran disinyalir dapat membantu mengurangi resiko untuk kedepannya. Dengan mempertimbangkan target pasar, audiens, dan prospek bisnis akan membantu target bisnis kamu untuk berkembang lebih cepat, dan menguntungkan.

3. Membentuk rasa tanggung jawab

Dalam hal ini, membentuk marketing plan akan memicu rasa tanggung jawab dalam diri, hal ini dikarenakan kamu akan menentukan target dengan sendirinya.

Selain itu, kamu juga memiliki tanggung jawab lain dalam hal penyediaan sumber daya yang cukup. Sehingga rencana pemasaran tersebut dapat terlaksana dengan baik serta memiliki peluang untuk berhasil.

4. Dapat memicu dirimu sendiri untuk lebih berpikir sebelum bertindak

Ketika kamu dihadapkan untuk membuat sebuah keputusan, maka kamu diperlukan untuk merencanakan sebuah strategi marketing dengan baik dan matang. Hindari untuk bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu.

Tetapi jika kamu menyiapkan strategi ini dengan baik, rencana-rencana tersebut akan membentuk pola pikir dalam dirimu untuk memaksimalkan dampak-dampak kedepannya.

5. Dapat membentuk semangat untuk mencapai sebuah tujuan

Manfaat dari menyiapkan strategi marketing lain nya adalah dapat membentuk semangat untuk mencapai sebuah tujuan, untuk mengalahkan orang atau kelompok lain. Dalam hal ini strategi tersebut juga dapat menjadikan bisnis kamu berbeda, lho.

Unsur yang Ada Dalam Marketing Plan

1. Menyiapkan tujuan perusahaan

Menyiapkan tujuan perusahaan

Dalam membangun strategi marketing, langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengenali profil perusahaan dengan baik. Hal ini diperlukan supaya kamu bisa memastikan keadaan bisnis atau perusahaanmu dengan matang, sehingga tujuan yang kamu siapkan bisa tercapai.

2. Menentukan target perusahaan atau bisnis yang akan dicapai

Menentukan-target-perusahaan-atau-bisnis-yang-akan-dicapai

Untuk mengukur perkembangan perusahaan dalam mencapai target yang diinginkan, kamu perlu menentukan target utama sebagai upaya untuk membentuk strategi marketing tersebut. Tentunya, supaya kamu juga dapat mengetahui bagaimana kualitas perusahaanmu.

3. Menentukan target pasar perusahaan

Menentukan target pasar perusahaan

Strategi pemasaran juga diperlukan yang namanya target pasar. Dengan mengetahui target pasar, kamu bisa menyiapkan strategi tersebut dengan lebih siap dan matang. Dari situ nanti akan diikuti juga oleh penentuan gaya promosi kedepannya.

4. Menyiapkan berbagai jenis konten untuk promosi

Menyiapkan berbagai jenis konten untuk promosi

Di tengah kemajuan jaman dan teknologi, kini banyak sekali platform atau sarana lain guna menunjang kebutuhan konten bisnis kamu.

Konten ini bisa berbagai bentuk yang digunakan, untuk itu kamu harus benar-benar memastikan mana saja yang akan kamu gunakan. Tapi jangan lupa untuk menyiapkan dengan matang, agar target pasar yang sudah kamu bentuk bisa tercapai dengan maksimal.

5. Upayakan untuk mengenal pesaing usahamu

Upayakan untuk mengenal pesaing usahamu

Dengan melakukan riset, kamu akan mengenal pesaing usahamu dengan lebih mudah. Hal ini termasuk komponen penting dalam mempersiapkan strategi marketing, lho. Karena dari sini kamu bisa tahu apa kelemahan dan kelebihan kompetitormu.

Baca juga: Siklus Akuntansi

6. Menetapkan fokus dan skala prioritas

Menetapkan fokus dan skala prioritas

Setiap orang yang membangun bisnis atau perusahaan, biasanya selalu menyiapkan banyak ide dan rencana. Tapi kebanyakan orang yang memiliki ide dan rencana ini terlalu over atau berlebihan, hal ini juga dapat mengganggu fokus dan prioritasmu, lho.

Jadi jangan sampai kamu sendiri justru kewalahan karena banyaknya ide dan rencana yang akan dilakukan.

7. Menetapkan anggaran biaya

Menetapkan anggaran biaya

Untuk membentuk strategi marketing atau pemasaran, tetapkan budget atau anggaran biaya supaya langkah-langkah dalam melakukan pemasaran menjadi lebih lancar.

Tahapan Mempersiapkan Marketing Plan

Tahapan-Mempersiapkan-Marketing-Plan

  1. Memahami situasi bisnis yang sedang dihadapi oleh perusahaan.
  2. Memahami target serta teliti dalam menjalaninya.
  3. Memposisikan merek dalam persaingan pasar.
  4. Menentukan layanan yang akan digunakan.
  5. Memberbaiki layanan yang kurang prospek.
  6. Meneliti teknik pemasaran yang sudah pernah dilakukan.
  7. Meniliti alat serta keterampilan yang akan atau sudah digunakan dalam perusahaan.
  8. Melakukan pendataan pada jadwal dan anggaran perusahaan.

Teknik marketing planning yang tepat dan dipersiapkan dengan baik, akan menjangkau khalayak luas. Itulah mengapa yang namanya mempersiapkan strategi marketing ini cukup penting.

Tetapi, kamu juga harus siap dengan resiko-resiko kedepannya, seperti contoh strategi marketing dalam dunia online. Dalam dunia online kita tidak pernah tau kapan penyesuaian tersebut akan berhasil, dan bahkan dalam hal ini hampir sulit untuk diprediksi.

Kamu hanya memerlukan membentuk rasa siap, agar dapat menghadapi resiko-resiko terburuk dalam berbisnis. Walaupun, hal itu sendiri bisa diminimalisir dengan cara-cara yang sudah dijelaskan diatas.

Baca juga: Teknik Analisis Data

Selain online, kamu juga masih bisa memaksimalkan strategi pemasaran dalam dunia offline. Kamu hanya perlu meneliti lebih dalam dengan salah satu contohnya, terjun langsung ke lapangan. Hal ini dilakukan agar kamu dapat mempertimbangkan secara langsung strategi apa yang akan kamu bentuk.

Sebelum kamu memulai karier sebagai marketer, alangkah baiknya persiapkan marketing planning dengan matang berdasarkan informasi yang sudah kami berikan. Selamat mencoba, dan jangan takut gagal!