Kwitansi

 

Kwitansi – Dalam kegiatan ekonomi keberadaan kwitansi memegang peranan penting. Pada saat jual beli jasa atau barang, kwitansi dapat berfungsi sebagai konfirmasi pembayaran atau transaksi, terutama untuk transaksi yang cukup mahal. Kwitansi juga mengikat secara hukum jika dipasangi oleh materai. Jika kamu sering melakukan kegiatan transaksi yang berhubungan dengan keuangan , baik jual beli, tentunya penting untuk memahami contoh cek yang benar.

Kwitansi masih difungsikan dengan remeh dan diabaikan sebagai bukti pembayaran. Padahal kwitansi sangat penting dan diperlukan dalam situasi tertentu, seperti sengketa transaksi palsu atau pembayaran palsu. Dalam prakteknya, kwitansi masih belum dipahami oleh kebanyakan orang.

Ini karena terdapat beberapa dokumen pembelian dan penagihan yang sama. Misalnya, faktur dan giro tiket sering disertakan dalam suatu transaksi. Jadi bagaimana kamu membedakan faktur dari kwitansi ? Contoh – contoh dan informasi seputar akuntansi di bawah ini dapat memberikan penjelasan yang detail. Agar kamu tidak menghadapi fenomena yang tidak diinginkan, pelajari terlebih dahulu informasi seputar kwitansi dibawah ini.

Sejarah Kwitansi

Sejarah Kwitansi

Kata “receipt ( kwitansi dalam bahasa inggris )” berasal dari kata Prancis Norman Kuno untuk receipt dan kata Latin untuk menerima. Kwitansi adalah “pengakuan tertulis bahwa barang atau sejumlah uang tertentu telah diterima.” Lebih tepatnya, kwitansi mengandung dua elemen utama: kliring barang atau jasa dan penyelesaian pembayaran. Banyak negara mengharuskan kwitansi diberikan di tempat penjualan atau setelah menerima barang yang dijual.

Selain itu, beberapa negara mengamanatkan bahwa pajak juga disertakan pada semua penerimaan. Tidak ada formulir yang ditetapkan untuk kuitansi, meskipun kuitansi sering kali berisi rincian pembayaran dan transaksi seperti daftar barang dan jasa yang disediakan, biaya masing-masing barang, pajak atas barang tersebut, total sebelum pajak, dan jumlah lengkap sebelum pajak. total setelah pajak. kwitansi sering kali berisi nama penjual atau vendor beserta alamat vendornya.

kwitansi berbeda dari faktur, meskipun dalam beberapa kasus kwitansi dan faktur digabungkan. Kwitansi dokumen tanda terima pembayaran dan daftar barang dan jasa yang disediakan. Kwitansi juga dapat diberikan oleh pembeli atau penjual. Faktur adalah persyaratan transaksi yang disepakati yang diberikan kepada pembeli oleh penjual. Pada dasarnya, kwitansi menunjukkan transaksi yang lengkap sementara faktur biasanya menyiratkan uang yang harus dibayar.

Konsep kwitansi telah ada setidaknya selama 5.000 tahun dan merupakan salah satu contoh penulisan tertua yang diketahui. Tablet tanah liat runcing ini mencantumkan pakaian beserta harganya dan digunakan di Mesopotamia Kuno. Beberapa ahli pengeluaran mendefinisikan ini lebih spesifik sebagai faktur atau daftar belanja karena tidak mendokumentasikan kwitansi pembayaran.

Penerimaan telah datang jauh dari tablet tanah liat. Sebagian besar kwitansi saat ini adalah dokumen kertas yang dicetak secara otomatis di tempat penjualan. Sebelum terminal penjualan mencetak kuitansi, kuitansi dibuat dengan tangan—dan beberapa masih ditulis tangan sampai sekarang. Kuitansi kertas dapat ditulis untuk transaksi yang lebih jarang atau ketika tidak ada terminal komputer yang tersedia.

Namun, tak lama kemudian, kuitansi kertas bisa menjadi tablet tanah liat. Langkah logis selanjutnya adalah beralih ke kwitansi digital. Kuitansi digital banyak digunakan saat ini oleh beberapa pengecer dan kemungkinan besar akan menggantikan kuitansi kertas sepenuhnya. Selain menghabiskan ruang dompet, penerimaan kertas menyumbang 640.000 ton kertas yang digunakan di AS setiap tahun.

Layanan seperti Itemize dapat menangkap informasi kwitansi dalam 15 detik saat dipindai dengan ponsel, sehingga mengurangi kebutuhan penyimpanan kwitansi fisik. Meskipun ini sangat mengurangi ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan kwitansi, itu tidak menyelesaikan masalah sumber daya. Penerimaan digital hampir dapat menghilangkan masalah ini. Dengan mengirim email atau SMS kwitansi ke pelanggan alih-alih mencetak kwitansi di atas kertas, pemborosan kwitansi kertas berkurang dan akhirnya diberantas.

Bayangkan jika hukuman karena tidak memiliki kwitansi adalah kematian. Sebenarnya, di dunia kuno kamu bisa dihukum mati karena tidak membayar pajak. Bahkan jika kamu membayar, tidak memiliki kwitansi untuk membuktikan bahwa kamu melakukannya tetap akan berakhir buruk bagi kamu. Penerimaan selalu menjadi bisnis yang serius.

Seberapa serius? Menulis itu sendiri mungkin telah ditemukan sebagai cara untuk membuat kwitansi. Tulisan yang menggunakan simbol daripada gambar ditemukan di Samaria sekitar 3200 SM. Itu digunakan untuk melacak barang-barang yang diberikan ke kuil sebagai persembahan. Ini bertindak sebagai semacam kwitansi internal.

Munculnya Kwitansi

Kwitansi tertua yang pernah ditemukan adalah untuk lima domba, satu domba, dan empat anak laki – laki yang diberi makan rumput. Kuitansi itu diberikan kepada seorang pria bernama Alulu. Itu adalah sepotong tanah liat setebal satu inci kali satu inci dan setengah inci. Seperti kuitansi modern, itu bisa dengan mudah hilang, mengakibatkan mimpi buruk akuntansi kuno yang bisa berakibat fatal. Mungkin itu sebabnya akuntan dan pemegang buku menganggap kuitansi begitu serius sekarang.

Ide penerimaan menyebar dari Samaria ke Mesir, di mana mereka digunakan untuk lebih dari persembahan bait suci. Kuitansi papirus ditemukan berasal dari masa pemerintahan Ramses II ( 1278  – 1237 SM ). Mereka mencatat pembelian barang-barang seperti ternak, biji-bijian, dan bir. Djedi, seorang Homer Simpson dengan riasan mata, membeli sebotol bir dari Djau dan pulang.

Di sana dia bertemu dengan Nofret (Marge, minus rambut biru) yang meminta kwitansi sehingga dia bisa melacak berapa banyak dia menghabiskan brews setiap bulan. Tentu saja itu jatuh dan hancur sehingga dia harus tidur dengan babi-babi itu.

Sejarah Kwitansi Pada Masa Renaisans

Maju cepat ke Italia abad pertengahan akhir dan penemuan perbankan modern di mana penerimaan menjadi lebih penting. Antonio, Pedagang Venesia ingin melakukan perjalanan ke Paris untuk urusan bisnis. Alih-alih membawa banyak koin yang berat dan mudah dicuri, dia menyimpan uangnya dengan Giacomo si bankir.

Siapa, kamu dapat menebaknya, akan memberinya kwitansi. Antonio kemudian melakukan perjalanan ke Paris. Sesampai di sana ia mengunjungi Pierre bankir yang mengambil kwitansi dan memberinya uang tunai dengan imbalan sedikit biaya penanganan.

Tak lama setelah mesin cetak Gutenberg menghasilkan Alkitab pertamanya, mereka mulai membuat buku kwitansi. Pedagang, bankir, dan petani dapat menghemat waktu dengan mengisi bagian yang kosong pada formulir yang telah dicetak sebelumnya. Tidak butuh waktu lama untuk kwitansi ditemukan di mana-mana dan untuk semuanya.

Kwitansi masih membutuhkan waktu untuk ditulis dan kamu tidak dapat disalahkan karena tidak memiliki tanda terima untuk setiap pembelian terutama jika kamu sedang terburu – buru. Alasan ” tidak ada tanda terima saya sedang terburu – buru ” bekerja sampai tahun 1890-an. Saat itulah Perusahaan Kasir Nasional menemukan mesin kasir modern yang menghasilkan penerimaan.

Kwitansi Menjadi Populer

Pada awal Perang Dunia I, mesin NCR ada di mana-mana. Permintaan struk cetak begitu besar sehingga NCR menjadi printer terbesar di Amerika Serikat. 1969 adalah tahun besar untuk langkah kecil bagi manusia dan lompatan raksasa bagi umat manusia.

Berkat pendaratan di bulan dan pengenalan pencetakan tanpa tinta pada kertas termal. Kertas termal berarti biaya yang lebih rendah dan lebih banyak detail pada tanda terima, termasuk tanggal dan waktu. Para akuntan bersukacita atas peningkatan tersebut karena kantong para pebisnis dipenuhi dengan kuitansi.

Kwitansi Pada Masa Sekarang

Itu membawa kita ke sini dan sekarang dan apa yang mungkin menjadi awal dari akhir penerimaan kertas. Semakin banyak bisnis yang menawarkan tanda terima elektronik pelanggan yang dikirim langsung ke kotak masuk mereka. Mereka siap untuk dimasukkan dalam laporan pengeluaran tanpa pernah melihat cahaya hari. Kami telah menempuh perjalanan jauh dari hari-hari ketika seorang Sumeria dapat memberi tahu akuntannya bahwa dia tidak memiliki tanda terima karena dia memecahkannya.

Pengertian Kwitansi

Pengertian Kwitansi

Pengertian kwitansi merupakan sebuah dokumen yang mengkonfirmasikan penerimaan atau pembayaran sejumlah uang yang sudah dikeluarkan dan di berikan tanda tangan oleh penerima, kemudian ditransfer ke pemberi atau pembayar. Bisa juga ditandatangani oleh dua belah pihak agar lebih memperkuat sisi hukum.

Secara terminologi, kwitansi adalah dokumen yang membuktikan penyelesaian transaksi keuangan antara dua pihak. Dalam konteks penjualan, penjual mengeluarkan cek kepada pembeli sebagai bukti. Biasanya kwitansi baru bisa dikeluarkan setelah proses pembayaran selesai dan barang atau jasa telah diterima.

Adanya dokumen kwitansi akan mempermudah penyimpanan arus kas keluar dan masuk di pembukuan kas. Sebagai aturan, kuitansi menjelaskan judul toko / lembaga / lntansi / perusahaan, nama pembayar, nomor kwitansi, banyaknya uang yang ditunjukkan dalam huruf dan angka nominal, peruntukan pembayaran, tanggal dan tempat, nama pembayar, penerimaan uang atau pembayaran, nama penerima dan tanda tangan.

Agar kwitansi tersebut mempunyai sifat hukum yang kuat di pengadilan, jika kedepannya mulai timbul masalah atau perselisihan lain, kamu dapat melampirkan meterai, setelah itu ditandatangani atau ditandatangani oleh masing – masing pihak.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Kwitansi

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Kwitansi

Jika kamu ingin membuat atau menggunakan struk untuk penggunaan transaksi, kamu perlu memperhatikan poin – poin berikut agar tidak salah.

  • Langkah pertama hindari menandatangani kwitansi yang sedang kosong agar tanda tangan kamu tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tanda tangan akan menunjukkan kuitansi mana yang palsu dan mana yang asli.
  • Catat juga secara tertulis nama lengkap penerima dan pengirim yang bersangkutan.
  • Tambahkan juga tanda di ujung penulisan, misalnya di bagian “untuk pembayaran”. Tujuannya agar tidak lagi ditambah dengan klarifikasi atau saran lain di bagian luar proses transaksi.
  • Mencantumkan nama kemudian tanggal transaksi dan tempat transaksi di samping tanda tangan yang menerima uang.
  • Jika jumlah transaksi sangat besar maka gunakanlah materai, tanda tangan yang ditulis harus mengenai materai pada kuitansi.

Ciri – Ciri Kwitansi

Ciri - Ciri Kwitansi

Pahami dan pelajari ciri – ciri kwitansi agar tidak kebingungan pada saat menggunakannya nanti.

  • Biasanya, setiap struk memiliki dua sisi: luar, atas, dan bawah. Kwitansi luar di sebelah kiri disebut kwitansi tambahan. Tanda terima tambahan ini digunakan sebagai bukti bagi penerima uang, sedangkan sisi kanan dikeluarkan kepada pemberi sebagai bukti penyerahan uang atau pembayaran.
  • Bahwa kwitansi yang merangkap atas dan bawah biasanya bagian tersebut akan diserahkan kepada pembayar dan bagian bawah digunakan oleh penerima transaksi untuk arsip keuangan.
  • Isi kuitansi meliputi besarnya uang yang harus dibayarkan atau dinyatakan dalam angka atau dieja (huruf), kolom tanda tangan, tempat transaksi, dan tanggal transaksi.

Jenis Kwitansi Dari Penggunaannya

Jenis Kwitansi Dari Penggunaannya

Berikut adalah jenis kwitansi yang perlu kamu waspadai, tergantung penggunaannya:

Jenis Kwitansi Pembelian

Kwitansi tidak hanya berfungsi sebagai konfirmasi pembayaran, tetapi juga merupakan dokumen penting saat melakukan pembelian. Format kuitansi tidak jauh berbeda antara keduanya, namun tetap mencantumkan informasi dasar. Namun, kwitansi pembelian sering kali berisi detail produk seperti nama, jumlah, dan harga satuan. Agar lebih jelas, kami berikan contoh struk pembelian yang bisa kamu ikuti atau terapkan. Perhatikan baik-baik dan pahami untuk melakukan perubahan pada struk pembelian kamu.

Jenis Kwitansi Pembelian Tanah

Transaksi jual beli tanah tentunya tidak hanya terkait dengan lembaga hukum, tetapi juga dengan kuitansi. Untuk transaksi dalam jumlah banyak, biasanya perlu menggunakan stempel sebagai konfirmasi. Ini berlaku surut dan umumnya di Indonesia, di mana transaksi di atas  250.000 Rupiah harus termasuk materai. Nilai yang digunakan juga berbeda tergantung pada nilai yang dideklarasikan.

Dalam transaksi antara 250.000 Rupiah sampai 1 juta harus dibubuhi stempel 3000. Dalam transaksi di atas 1 juta harus menggunakan materai 6000. Hal ini juga biasa terjadi pada contoh kwitansi jual beli tanah. Kedua belah pihak biasanya menyepakati jumlah tertentu untuk pengalihan kepemilikan.

Jenis Kwitansi Pengiriman Uang

Kwitansi jenis ini biasa dimanfaatkan di dalam dunia perbankan, dimana kwitansi dengan jelas mencantumkan nomor rekening si penerima.

Jenis Kwitansi Transaksi Tentang Produk

Kwitansi jenis ini menjelaskan secara detail produk apa saja yang akan dibeli oleh konsumen, meliputi nomor seri dari produk, jenis produk, alamat pembeli, dan harga produk.

Jenis Kwitansi Untuk Pengiriman Uang

Kwitansi jenis ini paling sering dimanfaatkan. Kwitansi ini menjelaskan berapa banyaknya uang yang ditransfer kepada orang / perusahaan / lembaga, dimana penggunaannya dapat dianggap sebagai tada bukti bahwa pembayaran sudah sah dan disepakati oleh masing – masing pihak terkait.

Jenis Kwitansi Tentang Bukti Pembayaran

Kwitansi jenis ini biasanya digunakan untuk pembelian dan penjualan. Konfirmasi pembayaran bisa secara cicilan /cicilan atau full. Tanda terima ini biasanya juga menjelaskan jumlah uang yang harus dibayarkan dan informasi tentang pembayar atau sponsor.

Poin penting yang perlu diperhatikan saat menggunakan kwitansi pembayaran contoh tanda terima pembayaran merupakan format pengisian. Kamu harus mencatat sistem pembayaran dari apa yang sedang dilakukan, apakah itu cicilan atau pembayaran penuh.

Pastikan denominasi dan pembayaran dihitung dengan tepat agar kwitansi valid. Disini kami menyediakan form lengkap untuk mengisi kwitansi pembayaran. Anda dapat menggunakan ini sebagai panduan untuk menyusun kwitansi untuk bermacam – macam transaksi penjualan atau pembayaran.

Jenis Kwitansi Penerimaan Kas

Kwitansi jenis ini digunakan pada lingkungan dunia kerja. Kwitansi jenis ini menjelaskan dana yang masuk atau keluar, yang salinannya akan diarsipkan untuk bukti keuangan pada saat audit.

Jenis Kwitansi Kosong

Umumnya, menerbitkan cek kosong sangat tidak dianjurkan. Pasalnya, banyak sekali kasus penyalahgunaan cek blanko. Cek tanpa informasi rinci sengaja digunakan untuk keuntungan atau penipuan. Bahkan sebagian orang sengaja melakukan “korupsi” dengan menggunakan cek kosong.

Meski begitu, tidak ada salahnya mengetahui contoh kwitansi kosong. Kedepannya format ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ini dapat dikonversi menjadi penerimaan individu atau lembaga. Kamu dapat menghapus ikon logo saat tidak digunakan. Sama halnya dengan poin lain seperti angka.

Jenis Kwitansi Pemeriksaan bagasi

adalah dokumen akuntansi utama untuk pendaftaran transportasi bagasi menggunakan transportasi umum

Jenis Kwitansi Terima Kargo

Kwitansi terima kargo adalah dokumen yang menyatakan penerimaan oleh satu atau lain badan kereta api atau transportasi jalur air pedalaman dari kargo tertentu untuk transportasi. Ini juga merupakan tanda terima dari pengangkut bahwa ia telah menerima barang inventaris. Tanda terima semacam itu dibuat hanya atas nama pengirim tertentu. Dalam hal kehilangan atau kehilangan kargo, tanda terima memberikan hak untuk mengajukan klaim terhadap pengangkut, serta klaimTanda

Jenis Kwitansi Kasir

Kwitansi kasir adalah jenis tanda terima yang umum di Indonesia dan di beberapa negara lain di belahan dunia, dokumen yang dicetak pada pita khusus oleh mesin kasir , yang merupakan dokumen fiskal , yaitu terkait dengan pembayaran pajak .

Jenis Kwitansi Tanda Terima Uang

Kwitansi tanda terima uang merupakan dokumen dalam bentuk resmi dari formulir yang ditetapkan dan dikeluarkan oleh perusahaan, organisasi atau lembaga tertentu kepada pembayar uang yang sudah mengkonfirmasi jumlah uang yang disetorkan oleh klien ke kasir untuk layanan apa pun, pembayaran pajak dan omset, pengembalian uang muka, dan pembayaran moneter lainnya. Tanda terima diperuntukan untuk sekuritas dalam penyimpanan – tanda terima dari bank tertentu, yang mengonfirmasi bahwa data bagian tertentu adalah valid dan dimiliki langsung oleh klien.

Mulai simpan struk yang kamu terima dari setiap transaksi. Jangan membuang cek atau membuangnya secara tidak sengaja. Dalam banyak kasus perdata dan pidana, contoh kwitansi dapat digunakan sebagai barang bukti. Jika bukti hilang, Anda akan sulit membuktikan kesalahan terdakwa. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan dan melestarikan barang bukti yang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Jenis Kwitansi Resi Paket

Kwitansi resi paket adalah dokumen pengangkutan khusus yang menggantikan bill of lading dalam hal kargo berharga diangkut dalam lot kecil yaitu kargo paket.

Jenis Kwitansi Penyimpanan Barang

Tanda terima penyimpanan barang merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh pemilik gudang langsung ke pemilik kargo; itu menjelaskan sertifikasi penerimaan kargo untuk penyimpanan. Resi tersebut terdiri dari dua bagian: resi gudang, serta waran gudang (dokumen yang mengkonfirmasi penerimaan barang, yang dikeluarkan oleh satu manajer gudang kepada orang yang menempatkan barang tertentu di gudang. Dokumen tersebut juga menunjukkan nama barang Digunakan sebagai sertifikat gadai.

Jenis Kwitansi Jual Beli Sepeda Motor

Ketika kamu membeli sepeda motor secara langsung jangan lupa untuk meminta bukti pembayaran berupa kwitansi. Bukti ini akan sangat membantu ketika kamu mengurus dokumen yang diperlukan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyimpan struk untuk keperluan mendesak.

Contoh kwitansi jual beli sepeda motor sama dengan kwitansi pada umumnya. Anda harus menunjukkan identitas kedua belah pihak. Pastikan nama yang kamu masukkan sesuai dengan identitas kamu yang sudah terdaftar, seperti KTP atau paspor. Hal ini sangat membantu ketika terjadi sengketa hukum di kemudian hari.

Jenis Kwitansi Jual Beli Mobil

Kwitansi tidak selalu dikeluarkan oleh lembaga atau perusahaan. Sebagian besar kwitansi ditandatangani dengan nama pribadi. Contoh struk penjualan mobil adalah salah satunya. Terlepas dari kenyataan bahwa tanda terima dikeluarkan untuk individu, mereka mengikat secara hukum. Jika kwitansi diketahui kedua belah pihak dan ditandatangani oleh penjual, maka kwitansi itu mengikat.

Menariknya, kuitansi individu sering kali menggunakan template atau format yang sama. Beberapa orang secara sadar membeli kwitansi yang tersedia secara bebas di pasar. Ini bukan masalah, itu benar-benar sangat berguna. Kamu juga dapat menggunakan tanda terima pasar dalam penjualan dan pembelian.

Jenis Kwitansi Tanda Terima Hotel

Apakah kamu menginap di hotel atau penginapan ? Jika demikian, maka kamu mungkin sudah mengetahui format kwitansi yang Anda terima. Staf hotel biasanya akan memberikan tanda terima pada saat check – in atau check – out. Tanda terima hotel dapat diformat secara berbeda karena dikeluarkan atas nama hotel.

Jika diperhatikan baik-baik, itu adalah kualitas nama karyawan, kepribadian tamu, tipe kamar, tanggal dan biaya menginap. Semua bentuk pembayaran akan ditunjukkan pada tanda terima, termasuk pesanan layanan kamar.

Jenis Kwitansi Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki format dan bentuk kuitansi sendiri – sendiri. Salah satu perbedaan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya adalah logonya. Di bagian atas tanda terima adalah logo dan nama perusahaan. Selain dua kartu identitas, perusahaan juga mengesahkan kuitansi dengan stempel atau stempel resmi.

Seperti yang kamu ketahui, kwitansi berfungsi sebagai alat pembayaran. Nah, kwitansi perusahaan memiliki fungsi lain, yaitu untuk memudahkan pembukuan. Akuntansi arus kas akan lebih mudah dan teratur dengan adanya pencantuman kwitansi. Sampel kuitansi perusahaan juga disiapkan sesuai dengan format transaksi pembelian dan pembayaran dari perusahaan.

Jenis Kwitansi Microsoft Word

Beberapa orang menggunakan kemajuan teknologi untuk membuat dan merancang kwitansi mereka sendiri. Banyak orang menemukan bahwa contoh penerimaan kwitansi sebenarnya sangat berguna untuk arus kas atau tujuan akuntansi. Setidaknya dokumen teks tidak mudah hilang dan tersimpan rapi di komputer atau laptop.

Selain itu, dokumen dapat dicetak ulang untuk tujuan tertentu. Tentunya tanpa mengubah data yang sudah dimasukkan tadi. Menariknya, data dalam dokumen teks akan lebih mudah diperiksa ketika terjadi perubahan. Saat dokumen diubah, tanggal perubahan akan langsung terbaca oleh komputer. Nah, format kwitansinya sama dengan kwitansi biasa.

Jenis Kwitansi Microsoft Excel

Tidak hanya dalam format dokumen teks, tetapi juga dapat diterapkan pada dokumen Excel tanda terima sering dibuat. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kwitansi manual, word dan excel. Semua bagian dari tanda terima tetap ditentukan secara rinci, termasuk denominasi dan tanggal. Menggunakan Excel sendiri dinilai lebih bermanfaat dan mudah.

Alasan inilah yang akhirnya menyebabkan banyak orang membuat format kwitansi sendiri di Excel. Seperti kuitansi Word, contoh kuitansi Excel juga sangat mudah disimpan dan dibuka kembali. Poin ini merupakan nilai tambah bagi pemilik bisnis yang ingin merapikan pembukuan mereka.

Jenis Kwitansi Rental Mobil

Saat melakukan bisnis, sangat penting untuk mencatat transaksi. Kamu harus memahami denominasi yang memudar dan pergi dalam periode tertentu. Sama halnya dengan perusahaan rental mobil yang baru memulai atau beroperasi. Contoh kwitansi sewa mobil tentu bukan hal baru untuk menjaga agar segala sesuatunya berjalan lancar.

Jenis Kwitansi Travel

Saat menggunakan perjalanan, kamu harus mendapatkan tanda terima untuk pembayaran. Ini adalah bukti bahwa pembayaran kamu telah diterima untuk perjalanan tertentu. Baru – baru ini, tanda terima seperti itu sudah langka bagi beberapa pelancong.

Baca juga: Contoh Kata Pengantar

Perbedaan Antara Faktur Dan Kwitansi ?

Perbedaan Antara Faktur Dan Kwitansi

Faktur dan kwitansi adalah dokumen akuntansi penting untuk memelihara catatan bisnis. Mereka berguna bagi pembeli dan vendor ketika ada transaksi yang melibatkan pertukaran barang atau jasa untuk pembayaran.

Kedua dokumen tersebut memberikan perincian tentang jumlah yang terutang dan dibayar untuk pertukaran barang dan jasa. Faktur dan kwitansi biasanya mencakup informasi vendor dan pelanggan serta jumlah total yang harus dibayar.

Karena mereka memiliki banyak kesamaan, dapat dimengerti mengapa mereka sering dianggap dapat dipertukarkan. Namun, beroperasi seolah-olah faktur dan kuitansi sama dapat membuat bisnis Anda bermasalah saat harus mengajukan pajak atau biaya klaim , seperti yang akan kami jelaskan di seluruh artikel ini.

Faktur dan kwitansi juga tidak boleh disamakan dengan pesanan pembelian. Pesanan pembelian pada dasarnya adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pembeli kepada vendor atau klien yang menjelaskan barang atau jasa yang diminta bersama dengan jumlah dan harga yang disepakati.

Untuk mengetahui apa saja perbedaan antara faktur dan pesanan pembelian secara lebih rinci, termasuk mengapa perusahaan tertentu mungkin perlu kedua dokumen dalam urusan bisnis, baca buku untuk perbedaan antara pesanan pembelian dan faktur Mari kita simak beberapa perbedaan utama antara faktur dan kwitansi di bawah ini :

  • Karena faktur adalah permintaan pembayaran, itu selalu dikeluarkan sebelum pembayaran dilakukan. Mengingat bahwa kwitansi mengakui pembayaran, mereka diberikan setelah pembayaran.
  • Sementara faktur adalah dokumen yang mengikat secara hukum yang memberi tahu pembeli tentang jumlah total yang harus dibayar, kwitansi adalah dokumen hukum yang membuktikan bahwa pembayaran telah dilakukan dan dapat bertindak sebagai bukti kepemilikan.
  • Faktur adalah dokumen komersial yang biasanya mencantumkan barang dan jasa yang pembayarannya jatuh tempo. Harapkan untuk melihat detail seperti jumlah produk atau jam layanan. Kwitansi menunjukkan berapa banyak yang telah dibayarkan dan metode pembayaran, tetapi mungkin tidak menyertakan tingkat detail yang sama dengan faktur.
  • Faktur selalu langsung ke konsumen yang harus melakukan pembayaran sedangkan kwitansi dapat pergi ke pelanggan atau pihak ketiga karena itu hanya bukti pembayaran.
  • Bisnis menggunakan faktur untuk melacak penjualan produk dan layanan sementara tujuan utama kwitansi adalah sebagai bukti jumlah yang telah dibayar pembeli untuk barang atau jasa.
  • Faktur mencakup detail tentang penjual dan pembeli. Sebagian besar mengikuti pola pemformatan umum dengan detail vendor di salah satu sudut atas halaman. Anda biasanya akan menemukan nama bisnis, alamat perdagangan, dan nomor telepon. Rincian yang sama disediakan untuk pelanggan di sisi berlawanan dari halaman.
  • Memberikan nomor faktur di bagian atas halaman memudahkan untuk mengidentifikasi faktur dan pembayaran dengan tim akuntansi Anda.
  • Faktur memberikan rincian spesifik tentang produk atau layanan yang dibeli. Harus ada nama dan deskripsi bersama dengan tarif dan jumlah yang dibeli.
  • Biasanya ada detail lain seperti syarat pembayaran, diskon tunai atau pembayaran lebih awal*, tanggal faktur, tanggal jatuh tempo pembayaran, metode pembayaran yang dapat diterima, PPN (jika Anda terdaftar PPN ) dan banyak lagi.

Perbedaan Kwitansi Dan Nota Kredit

Perbedaan Kwitansi Dan Nota Kredit

Kwitansi dan nota kredit menggambarkan uang yang dikreditkan ke rekening Pelanggan / Sub – Reseller kamu. Tidak ada banyak perbedaan antara kwitanis dan nota kredit, kecuali dalam pengertian definisi. Dari perspektif akuntansi, kwitansi menandakan Penerimaan uang yang sebenarnya, sedangkan nota kredit akan digunakan untuk mengkredit Pelanggan / Sub – Reseller kamu dengan dana tanpa Tanda Terima uang yang sebenarnya. Mari kita ambil contoh untuk memahami ini dengan lebih baik :

  • Jika Pelanggan kamu mengirimkan cek sebesar USD 200, dan Anda mengkreditkannya ke rekeningnya, Anda akan melakukannya sebagai kwitansi.
  • Jika kamu memutuskan untuk menawarkan diskon kepada Pelanggan kamu pada Pendaftaran sebelumnya, kamu dapat memilih untuk memberikan Nota Kredit untuk diskon tersebut, dengan menambahkan dana ke akun Pelanggan menggunakan Nota Kredit. Tidak ada penerimaan uang yang sebenarnya, tetapi kamu masih ingin menambahkan dana ke rekening pelanggan tersebut.

Baik Receipts dan Credit Notes digunakan untuk Menambahkan Dana ke rekening Pelanggan/Reseller Anda dalam pengertian itu. Setiap Tanda Terima yang ditambahkan segera menambah saldo yang tersedia dari Pelanggan atau Sub – Reseller Anda. Mari kita lihat kolom yang membentuk kwitansi dan nota kredit :

  • ID Transaksi : Ini adalah nilai bilangan bulat numerik yang secara unik mengidentifikasi setiap transaksi. Sistem secara otomatis menghasilkan nomor seri untuk kamu, secara terpisah untuk pelanggan dan Sub – Reseller kamu, mulai dari 1, bertambah ke atas untuk setiap kwitansi dan nota kredit tambahan yang dibuat.
  • Tanggal Transaksi : Ini adalah tanggal pembuatan kwitansi atau nota kredit.
  • Deskripsi : Ini adalah deskripsi dari Kwitansi atau nota kredit.
  • Kwitansi atau nota kredit Amount : Ini adalah jumlah kwitansi atau nota kredit. Saat menambahkan kwitansi atau nota kredit, jumlah ini akan ditambahkan ke total saldo yang tersedia dari Pelanggan / Sub – Reseller tersebut. Jika Mata Uang Penjualan Anda berbeda dengan Mata Uang Akuntansi Anda, Anda akan melihat Jumlah kwitansi atau nota kredit di kedua mata uang tersebut.
  • Pending Amount : Ini adalah jumlah dana yang tidak terpakai dari kwitansi atau nota kredit tertentu. Untuk memulainya akan sama dengan Jumlah kwitansi atau nota kredit. Misalnya, jika jumlah Tanda Terima adalah USD 200, jumlah yang tertunda juga akan menjadi USD 200. Jika Pelanggan sekarang memilih untuk membayar Faktur sebesar USD 100 menggunakan Tanda Terima ini, Jumlah Tertunda dalam Tanda Terima sekarang akan menjadi USD 100. Jual Mata Uang berbeda dari Mata Uang Akuntansi Anda, Anda akan melihat jumlah Tertunda di kedua mata uang tersebut.
  • Detail Lainnya : Kwitansi berisi beberapa detail lain seperti Informasi Kontak, Informasi Pajak, dan lain – lain.

Penting untuk dicatat bahwa tidak satu pun dari bidang di atas dapat diubah setelah kwitansi atau nota kredit dibuat. Jumlah, informasi alamat, semuanya tetap apa adanya. Aspek penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah bahwa kwitansi atau nota kredit bahkan berisi detail kontak kamu.

Jika kamu mengklik tombol cetak di tampilan detail kwitansi atau nota kredit, detail kontak kamu juga akan ditampilkan. Rincian kontak ini disimpan secara terpisah dengan setiap kwitansi atau nota kredit. Ini juga tidak dapat dimodifikasi. Bahkan jika Anda mengubah nama perusahaan Anda setelah 1 bulan, hal itu tidak akan mempengaruhi kwitansi atau nota kredit yang telah dibuat dengan nama perusahaan sebelumnya. Perubahan ini hanya akan mempengaruhi transaksi yang lebih baru.

Baca juga: Contoh Surat peringatan

Akhir Kata

Kwitansi sering kita jumpai ketika sedang melakukan kegiatan transaksi, setelah kamu mempelajari tentang informasi kwitansi diatas dapat menyadarkan kamu bahwa kwitansi merupakan bukti yang sangat penting sehingga tidak bisa dianggap remeh. Sekian dari penjelasan kami dan mohon maaf apabila ada kesalahan kata. Sampai bertemu lagi pada artikel selanjutnya.