Intip Info Besar Gaji Operasional KAI Terupdate dan Terbaru

Nizar Change

Intip Info Besar Gaji Operasional KAI Terupdate dan Terbaru

Loop.co.id – Gaji Operasional KAI menjadi topik yang perlu kamu ketahui. Siapa tau, dengan kamu mengetahui gaji kerja di KAI, kamu akan tertarik untuk bekerja disitu.

Tentunya dengan kamu yang tau ingin bekerja dimana, kamu pasti akan mulai berusaha agar bisa diterima kerja di tempat tersebut. Pastinya, ada usaha dan ada hasil. Siapa tau dengan tau gaji operasional KAI ini bisa memotivasi kamu.

Gaji operasional KAI ini berbagai macam sesuai dengan jabatannya. Penasaran dengan berapa range gajinya? yuk coba ikuti penjelasan di sepanjang artikel ini ya.

Posisi Dan Gaji Karyawan PT. Kereta Api Indonesia

Posisi Dan Gaji Karyawan PT. Kereta Api Indonesia

Bila kamu sudah pernah membuka website resmi KAI tentang pembukaan lowongan kerja, kamu akan tau sedikit info tentang posisi apa saja yang tersedia.

Tetapi bila kamu belum sempat untuk melihatnya, tidak perlu khawatir karena di artikel ini juga akan dijelaskan secara lengkap. Kamu juga akan dapat mengetahui berapa gaji operasional KAI.

Saat ini, ada sekitar 10 posisi karyawan di PT. Kereta Api Indonesia. Mulai dari yang bekerja di dalam kantor hingga pada yang bekerja di dalam keretanya. Penasaran? inilah penjelasan lengkap tentang masing-masing posisi tersebut.

1. Masinis

Pastinya pekerjaan dan posisi yang paling kamu soroti di PT. KAI adalah masinis. Tentu saja. Masinis merupakan seseorsng yang bertugas untuk menjalankan kereta. Pastinya, ia yang akan menjadi sorotan paling utama.

Baca Juga  Memahami Lanskap Gaji dan Peluang Karier di Bidang Teknologi Indonesia untuk Lulusan S1

Tanggung jawab dan tugas dari seorang masinis adalah mengoperasikan segala mesin di kereta untuk melajukan maupun memberhentikan.

Tetapi jangan salah, menjadi seorang masinis bukanlah suatu perkara yang mudah. Mereka harus mengetahui sinyal-sinyal yang juga diberikan oleh kantor pusat. Mereka juga harus bisa mengoperasikan kereta sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada.

Tak heran jika banyak orang bercita-cita menjadi masinis sejak kecilnya. Gaji operasional masinis KAI adalah sebesar 12 juta rupiah.

Besar gaji ini juga akan dipengaruhi dengan pengalaman dan berapa lama kamu sudah menjadi seorang masinis. Ingin mendaftar? pastikan kamu masuk kedalam syarat dan kriteria yang ada ya.

2. Kondektur Kereta

Selanjutnya pekerjaan yang juga paling terlihat di lapangannya adalah kodektur KAI. Bila diartikan secara harafiah, kondektur merupakan seorang yang membantu kepala transportasi.

Kondektur KAI sendiri bertugas dalam membantu masinis mengurusi hal-hal teknis dalam lapangan. Tugas yang diemban antara lain melakukan langsir dan koordinasi pada beragam petugas lain yang ada, khususnya di kereta.

Bukan hanya sekadar memeriksa tiket penumpang, kondektur juga bertugas sebagai leader bagi semua staff yang bertugas di kereta. Sehingga segala sesuatu yang terjadi di dalam kereta bisa terorganisir dengan baik.

Untuk gaji operasional KAI bagi kondektur sendiri adalah 3 hingga 5 juta sebulannya. Belum lagi beragam keuntungan dan jaminan lainnya yang didapatkan.

Jaminan yang didapatkan juga berupa BPJS kesehatan serta ketenagakerjaan, uang transportasi, makan, rekreasi, dan masih banyak lagi.

3. Manager Teknik

Selanjutnya, kita akan beralih pada pekerjaan yang ada di dalam kantor KAI. Di kantornya sendiri, ada berbagai posisi yang sangat menggiurkan dan diincar oleh banyak orang.

Salah satu posisi yang juga cukup populer adalah posisi general manager teknik. Sesuai dengan namanya, general manager yang berarti manager wilayah dan juga didukung dengan kata teknik.

Disini seorang general manager bertanggung jawab atas segala urusan teknik di satu wilayah tertentu. Seseorang dalma posisi ini haruslah memastikan semua teknik berjalan dengan baik dan semestinya.

Baca Juga  Cara Daftar Kartu Prakerja Online Terbaru 2023 Lewat HP

Bila ada sesuatu yang terganggu dan rusak, general manager teknik harus mengutus seseorang untuk memperbaikinya.

Gaji operasi KAI di posisi ini sendiri sangat menggiurkan juga loh. Diketahui bahwa gaji operasional KAI sebagai general manager teknik ini sebesar 27 hingga 30 juta rupiah.

Sangat menggiurkan bukan? tentunya ini juga sesuai ddengan tanggung jawab yang diemban dalam posisi ini pastinya.

4. Managemen

Posisi di dalam operasional kantor yang juga tidak kalah menarik adalah management. Sesuai dengan pengertian managemen yang kamu ketahui. Tugas dari posisi ini ada dalam ranah keuangan.

Bila kamu adalah seseorang yang punya pengalaman dalam dunia keungangan, pasti sangat familiar dalam posisi ini. Tetapi jangan salah juga, seseorang di posisi ini juga harus memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai.

Tugas dari seseorang yang berada dalam posisi managemen adalah sebgaai berikut:

  • Membuat dan menjalankan kebijakan seputar keuangan untuk biaya operasional.
  • Mengendalikan segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana dan laporan keuangan
  • Mnegurusi segala yang berhubungan dengan pengendalian dan kerja sistem

Walaupun pekerjaannya cukup rumit, tapi gaji operasional KAI ini juga sangat setara. Gaji operasional KAI yang diberikan pada posisi ini sangat besar yakni hinggal 30 juta rupiah.

5. Direktur Utama

Pastinya tidak kalah mennarik untuk dibahas yakni posisi direktur utama atau yang biasa dikenal dengan CEO. Posisi ini merupakan posisi yang paling tinggi di jejeran operasional KAI.

Seorang direktur utama ini tentunya menjadi sorotan dari KAI karena ialah yang mengendalikan semua pergerakan yang ada di KAI. Baik di perkantoran dan juga di lapangannya.

Tanggung ajwab seorang direktur utama juga bukanlah suatu yang main-main. Ia membawahi ratusan bahkan ribuan pegawai sehingga membuhkan sosok yang berhikmat untuk menjadi direktur. Gaji yang didapatkan oleh seorang direktur adalah sebesar maksimal 50 juta rupiah loh.

Baca Juga  Segini Besar Gaji Di PT ASDP Indonesia Ferry Terb

Gaji Operasional KAI Untuk Posisi Lainnya

  • Kontraktor sebesar 7 hingga 9 juta rupiah
  • Staf pelaksana sebesar 5 hingga 7 juta rupiah
  • Bagian teknik sebesar 2 hingga 9 juta rupiah
  • Call center sebesar 3 hingga 5 juta
  • Front Liner sebesar 2 hingga 3 juta rupiah
  • Pramugara atau pramugari sebesar 4 juta rupiah

FAQ (Frequently Ask Question)

FAQ

Apa saja syarat untuk bisa mendaftar dalam lowongan pekerjaan di KAI?

  • Berusia minimal 18 dan maksimal 25 tahun bagi lulusan SMA sederajat
  • Berusia maksimal 27 tahun bagi lulusan D3
  • Berusia maksimal 30 tahun bagi lulusan sarjana
  • Tinggi badan minimal 155 cm bagi cewe dan 160 cm bagi cowo
  • Tinggi badan bagi masinis dan posisi di lapangan adalah minimal 165 cm

Apakah ada faktor lain yang bisa mempengaruhi gaji operasional KAI?

Ada. Besar kecilnya gaji operasional KAI ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal lain. Faktor lainnya antara lain latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, kompetensi, golongan, dan tentu saja jabatan yang diemban.

Apakah ada pembukaan lowongan kerja untuk berbagai posisi yang ada di PT. KAI?

Tentu saja ada. Mungkin saat ini PT. KAI belum membuka lowongan. Tapi jangan bersedih karena setiap tahunnya akan ada pembukaan.

Bagi kamu yang ingin mendaftar lowongan di PT. KAI, usahakan terus memantau website resminya. Info-info terbaru seputar lowongan akan terus diupdate di website resminya.

Akhir Kata

Demikianlah dulu pembahasan kita tentang gaji yang didapatkan jika seseorang bekerja di PT KAI. Semoga dengan adanya penjelasan ini, kamu semakin termotivasi untuk emnjadi bagian yang juga bekerja disitu. Terima aksih sudah mengikuti artikel ini dan nantikan terus topik menarik lainnya.

Originally posted 2023-02-12 16:54:03.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya