Cara Daftar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja-Untuk bisa memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya, seseorang akan bekerja demi mendapatkan penghasilan yang mencukupi. Pekerjaan apapun dilakukan, mulai dari pekerjaan fisik yang keras sampai pekerjaan yang menguras otak. Di belahan bumi manapun kedua jenis pekerjaan ini selalu ada, termasuk di Indonesia. Pekerjaan keras seperti kuli bangunan hingga pekerjaan yang menggunakan otak seperti guru dan ilmuwan pun ada. Semuanya tersedia, tergantung dari masyarakat itu sendiri ingin memilih pekerjaan mana yang sesuai dengan kemampuannya.

Meskipun lapangan pekerjaan tersedia dimana – mana, mencari pekerjaan tetaplah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Saingan dari seluruh penjuru akan datang untuk mendapatkan posisi pada pekerjaan tersebut. Sementara itu, banyak pendaftar yang tidak kebagian tempat dan harus mendaftar pada tempat lainnya. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa orang tersebut tidak mendapat posisi di pekerjaan lainnya dan terpaksa harus menunggu kesempatan lain saat ada lowongan pekerjaan.

Pemerintah tidak tinggal diam melihat fenomena seperti ini dan mengadakan suatu program untuk memberikan bantuan dana pada para pencari pekerjaan seperti ini. Program ini sudah berjalan selama 1 tahun dan hingga sekarang masih berjalan. Nama program ini adalah program Kartu Prakerja, dikhususkan untuk orang yang tidak sedang terikat pada suatu pekerjaan. Penasaran dengan Kartu Prakerja ini? Simak ulasan berikut.

apa itu kartu prakerja

Apa Itu Kartu Prakerja?

Selama bertahun – tahun hidup di Negara Indonesia, kalian pasti sering mendengar beberapa jenis kartu yang terikat dengan layanan dari pemerintah. Seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Imunisasi, Kartu Indonesia Sehat, dan lain – lain. Kartu ini digunakan sebagai identitas dari masyarakat yang terdaftar sebagai warga negara Indonesia untuk mendapatkan layanan dari pemerintah. Layanan yang diberikan oleh pemerintah biasanya akan saling terkait dengan identitas masyarakat tersebut.

Jika seseorang ingin mendapatkan layanan pada Rumah Sakit, biasanya orang tersebut akan dimintai bukti identitas berupa KTP dan Kartu Indonesia Sehat (BPJS). Untuk mengurus kendaraan, seseorang akan diminta untuk menyertakan KTP dan SIM. Semuanya saling berkaitan dengan identitas diri dari orang tersebut, tergantung dari layanan publik apa yang ingin digunakan oleh orang tersebut.

Lalu, muncullah satu kartu bernama Kartu Prakerja. Kartu ini merupakan identitas bagi masyarakat Indonesia yang sedang dalam status tidak bekerja. Pencari pekerjaan yang sedang kerepotan karena daya saing yang rendah bisa menggunakan layanan dari Kartu Prakerja untuk mendapatkan pelatihan khusus untuk bidang tertentu yang diminati. Mulai dari kursus Bahasa Inggris, kursus memasak, dan lain – lain.

Dengan adanya kartu Prakerja, masyarakat sangat terbantu dan daya saing mulai meningkat, terlebih dengan adanya sertifikat yang diberikan setelah mengikuti suatu kursus bidang tertentu. Tidak hanya kesempatan untuk mengikuti kursus yang diberikan oleh pemerintah, bahkan masyarakat yang terdaftar pada Kartu Prakerja mendapatkan insentif dalam kurun waktu tertentu. Jumlah insentif ini tidaklah sedikit, bahkan bisa digunakan sebagai modal awal suatu usaha bagi yang berminat untuk membuka usaha sendiri.

keuntungan kartu prakerja

Apa Manfaat Dari Kartu Prakerja?

Sejak munculnya virus covid 19 yang lebih dikenal dengan istilah virus korona, banyak masyarakat yang lepas dari pekerjaannya. Demi menghindari penyebaran virus yang sangat mudah menular melalui kontak, pemerintah akhirnya memutuskan untuk menerapkan lock down di berbagai kota. Tidak hanya itu, bahkan para pekerja diharuskan bekerja dari rumah, dikenal dengan istilah Work From Home atau WFH.

Namun, orang – orang yang hanya terdampak sistem WFH adalah orang yang beruntung. Nyatanya, banyak sekali pekerjaan dan bisnis yang terhenti karena pandemi virus ini sehingga banyak masyarakat yang terkena PHK. Mau tidak mau, orang – orang tersebut harus berdiam diri di rumah selama berbulan – bulan tanpa mendapatkan penghasilan lagi. Oleh karena itu, hadirnya Kartu Prakerja sangat membantu masyarakat. Terutama masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah, bantuan kursus dan dana yang diberikan bisa memberikan banyak sekali manfaat, seperti:

  1. Meringankan biaya pelatihan atau kursus karena ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan penyedia pelatihan tertentu.
  2. Memberikan informasi tentang pelatihan secara gratis ke masyarakat
  3. Pengurangan mismatch pekerjaan, dalam artian seseorang mendapat kesempatan untuk bekerja sesuai dengan bidangnya
  4. Menyediakan pendidikan formal untuk bidang tertentu

keuntungan kartu prakerja

Apa Keuntungan Dari Kartu Prakerja?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, masyarakat yang terdaftar pada Kartu Prakerja mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa dana pelatihan atau kursus. Selain itu, masyarakat yang terdaftar juga mendapatkan bantuan dana insentif utama sebanyak Rp600.000 atau Enam Ratus Ribu Rupiah per bulan selama empat bulan, dengan total Rp2.400.000 atau Dua Juta Empat Ratus Rupiah. Dana sebesar ini bisa digunakan untuk membuka usaha atau memperkaya diri dengan pelatihan agar lebih siap menghadapi dunia pekerjaan nantinya.

Namun, insentif dari Kartu Prakerja tersebut hanyalah tambahan saja. Dana utama dari Kartu Prakerja sebesar Rp1.000.000 atau Satu Juta Rupiah diberikan kepada masyarakat terdaftar dalam bentuk biaya pelatihan. Dana ini bisa kalian gunakan untuk memilih kursus yang ada, seperti kursus memasak, baking atau membuat roti, bahasa Inggris, dan lain – lain. Setelah menyelesaikan pelatihan, orang tersebut akan diberikan sertifikat digital karena pelatihan juga dilakukan secara digital.

Ada satu dana lagi dengan total Rp150.000 atau Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah, dana ini merupakan dana insentif survei keberkerjaan. Jadi, seorang yang terdaftar pada Kartu Prakerja akan mendapatkan dana total sebesar Rp3.550.000 atau Tiga Juta Lima Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah. Dana ini dapat membantu perekonomian seseorang dan membantu orang tersebut untuk mendapatkan pekerjaan dengan bantuan sertifikat digital dan kemampuan yang didapatkan melalui pelatihan tersebut.

Syarat Kartu Prakerja

Bagi kalian yang sedang tidak bekerja, mungkin kalian penasaran dengan persyaratan untuk bisa mendaftarkan diri pada Kartu Prakerja. Ternyata, syaratnya sangat mudah, hanya ada tiga syarat yang harus kalian penuhi. Tiga syarat tersebut adalah:

Warga Negara Indonesia

Syarat utama ini tidak bisa diganggu gugat karena orang yang layak mendapatkan dana bantuan melalui Kartu Prakerja adalah warga negara Indonesia saja. Jika ada seseorang dengan kewarganegaraan asing, meskipun sudah lama tinggal di Indonesia, orang tersebut tetap tidak bisa mendapatkan dana bantuan ini. Kecuali jika warga negara asing tersebut berganti kewarganegaraan menjadi Warga Negara Indonesia atau WNI, maka orang tersebut bisa mendaftarkan diri untuk Kartu Prakerja

Berusia Di Atas 18 tahun

Syarat selanjutnya adalah batasan minimum usia untuk bisa mendaftarkan diri pada Kartu Prakerja. Kartu Prakerja dikhususkan untuk orang yang sudah berumur lebih dari 18 tahun. Mengapa umur 18 tahun menjadi patokan untuk Kartu Prakerja? Karena di kisaran umur 18 tahun ke atas, seseorang mulai mencari pekerjaan jika orang tersebut tidak berstatus sebagai mahasiswa atau akademisi dari instansi mana pun.

Tidak Sedang Sekolah Atau Kuliah

Syarat terakhir adalah tidak berstatus sebagai orang yang sedang sekolah atau kuliah, baik SMA, universitas, atau akademi lainnya yang setara. Hal ini dikarenakan Kartu Pelajar dibuat untuk membantu orang yang sedang mencari pekerjaan sehingga pelajar tidak diperbolehkan untuk ikut mendaftar Kartu Prakerja.

cara daftar kartu prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja

Setelah mengetahui semua syarat untuk bisa mendaftarkan diri pada Kartu Prakerja, saatnya untuk mendaftar pada situs resmi dari Kartu Prakerja yang sudah disediakan oleh pemerintah. Perlu diingat, selain cara yang sudah disediakan oleh pemerintah, tidak ada cara lain lagi untuk mendaftarkan diri kalian pada program Kartu Prakerja ini. Cara untuk mendaftar Kartu Prakerja adalah:

  1. Kunjungi situs resmi Kartu Prakerja yaitu prakerja.go.id, bisa lewat browser komputer maupun browser smartphone kalian
  2. Klik “Daftar Sekarang” di pojok kanan atas layar dan masukkan email kalian dan buat password baru untuk akun kalian. Bisa juga menggunakan kolom bertuliskan “Masukkan e-mail kamu” di halaman awal
  3. Lakukan verifikasi melalui kotak masuk email kalian dengan membuka link yang ada pada pesan email tersebut
  4. Kembali ke situs Kartu Prakerja lalu masuk ke akun kalian (Klik “Masuk” pada pojok kanan atas layar)
  5. Kalian akan diminta untuk memasukkan identitas kalian, siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan NIK
  6. Lengkapi data diri pada kolom yang disediakan, jangan sampai ada kesalahan sedikit pun
  7. Setelah melengkapi data diri, ikuti petunjuk yang disediakan untuk membuat akun
  8. Persiapkan alat tulis, karena akan ada Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Tes ini berlangsung secara online
  9. Silakan klik “Gabung” pada gelombang Kartu Prakerja yang tersedia

Setelah itu, kalian hanya perlu menunggu notifikasi atau pengumuman mengenai status seleksi kalian. Kalian akan diberi pengumuman lolos seleksi melalui SMS pada nomor yang kalian masukkan ke dalam data diri saat mendaftar Kartu Prakerja tersebut. Biasanya pengumuman dari Kartu Prakerja akan memakan waktu beberapa minggu hingga bulan, tergantung dari seleksi yang dilakukan oleh sistem Kartu Prakerja tersebut. Jika sudah lolos, akan ada instruksi atau petunjuk untuk selanjutnya mengikuti program Kartu Prakerja tersebut. Jika tidak lolos, kalian tidak perlu khawatir karena kalian bisa mengikuti program Kartu Prakerja pada gelombang selanjutnya.

Baca juga: Siklus Akuntansi

Selalu Waspada Terhadap Penipuan Yang Mengatasnamakan Kartu Prakerja!

Kartu Prakerja adalah sebuah program yang fenomenal karena seseorang bisa mendapatkan dana bantuan dari pemerintah hanya dengan mendaftarkan diri saja. Siapa yang tidak ingin mendapatkan uang sebesar 600 ribu Rupiah selama empat bulan berturut – turut secara cuma – cuma? Oleh karena itu, fenomena ini disalahgunakan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab dengan cara membuat situs palsu dengan mengatasnamakan Kartu Prakerja.

Banyak sekali situs palsu dari Kartu Prakerja yang sengaja dibuat oleh orang – orang untuk mengelabui calon pendaftar Kartu Prakerja. Biasanya situs ini memiliki nama yang mirip dengan situs resmi. Beberapa contoh situs palsu dari Kartu Prakerja adalah:

  • xyz
  • net
  • vip
  • kartu-prakerja.com
  • com
  • Dan masih banyak lagi

Karena situs penipuan seperti ini sangat banyak jumlahnya dan akan terus bertambah, masyarakat harus waspada dengan tidak tergiur untuk langsung membuka link tersebut. Selalu ingat bahwa situs resmi dari Kartu Prakerja hanya ada satu saja yaitu www.prakerja.go.id, selain situs ini bisa dipastikan situs palsu.

Baca juga: Cara Daftar NPWP Online

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai cara mendaftar program Kartu Prakerja. Kalian bisa mendaftarkan diri kalian jika memenuhi syarat yang telah disediakan oleh pemerintah negara Indonesia. Dengan mendapatkan bantuan berupa pelatihan dan insentif, kalian bisa mengembangkan diri dengan lebih dalam lagi agar bisa bersaing dengan calon tenaga kerja lainnya. Ingat, jangan gunakan dana bantuan insentif untuk hal – hal negatif dan sia – sia! Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!