Fungsi Merge Cells

 

Fungsi Merge Cells – Ketika menggunakan Excel, kamu tentu tahu tentang fitur yang disebut dengan merge cells. Fitur merge cells cukup lengkap, ia akan membantu kamu untuk membuat tampilan sheets dan perhitungan Excel lebih rapi.

Namun tidak semua orang tahu bagaimana menggunakan merge cells pada Excel. Jika kamu salah satunya, jangan khawatir, berikut adalah teknis dan penjelasan lengkap terkait dengan merge cells.

Pengertian Merge Cells

Pengertian Merge Cells

Merge cells merupakan fitur Excel yang dapat digunakan untuk menggabungkan satu atau lebih Excel dalam jarak yang berdekatan. Proses penggabungan ini akan menghasilkan satu cell baru, kamu masih bisa menempatkan datamu disana.

Untuk menggunakan fitur Excel ini, kamu bisa membuka tab menu Home di bagian Excel. Fitur ini memiliki nama lengkap merge and center. Dengan memilih fitur tersebut, kamu bisa langsung menggabungkan dua cell, sehingga memiliki ukuran yang lebih besar dan rapi.

Simak juga: Flowchart Simbol

Fungsi dari Merge Cells

Fungsi dari Merge Cells

Selanjutnya terkait dengan fungsi merge cells, ada beberapa fungsi yang dimiliki oleh fitur ini, diantaranya adalah:

  1. Merapikan tampilan cell yang ada, berikut dengan data yang ada di dalamnya. Tampilan yang lebih rapi membuatnya bisa disesuaikan dengan preferensi pengguna.
  2. Mengelompokkan data tertentu dalam satu cell, cell ini akan menjadi cell gabungan.
  3. Menampilan suatu data tertentu dengan lebih jelas.

Tujuan penggunaan merge cells berbeda beda, tergantung dengan kebutuhan. Ada yang membuat merge cells menjadi judul agar tampak lebih rapi dan besar. Ada pula yang ingin menggabungkan dua cells untuk kolom yang lebih teratur.

Cara Menggunakan Merge Cells

Untuk menggunakan merge cells sebenarnya tidak sulit, kamu bisa mencoba panduan berikut ini agar tidak melakukan kesalahan, berikut panduannya.

1. Blok Cells

Blok Cells

Langkah pertama adalah menyorot blok yang ingin di-mergekan menjadi satu cell. Kumpulan cell ini harus memiliki posisi yang berdekatan antara satu dengan yang lain jika berjauhan, maka merge cell tidak boleh dilakukan.

Namun ingat, ketika kamu menuliskan data di dalam cell yang diblok, hanya data yang ada di cell sebelah kiri bagian atas yang akan tersisa. Data di cell lain akan terhapus dan kamu harus menuliskan kembali data tersebut.

Simak juga: Rumus SUMIFS Excel

2. Pilih Fitur Merge Cells

Pilih Fitur Merge Cells

Jika sudah diblok, kamu bisa mengarahkan kursor ke bagian tab menu Home. Disana kamu akan menemukan fitur merge and center yang ada di bagian tengah. Klik fitur tersebut untuk mengaktifkan fungsinya.

Setelah melakukan blok pada cell tersebut, maka kamu bisa mengetahui fungsi merge cell dalam Excel. Cell yang telah diblok dan di merge akan bergabung menjadi satu cell gabungan.

3. Pilihan Fitur Merge

Pilihan Fitur Merge

Kalau kamu tidak suka dengan pilihan merge yang tersedia, kamu bisa memilih dari dropdown yang tersedia di menu tersebut. Ada empat pilihan yang bisa kamu gunakan, diantaranya:

  1. Merge and center, ini akan membuat cell yang kamu blok menjadi rata di bagian tengah.
  2. Merge and across, akan menggabungkan cell yang sudah diblok antar baris.
  3. Merge cells, fitur ini akan menggabungkan cell Excel secara biasa.
  4. Unmerge cells, fitur ini digunakan untuk memisahkan gabungan cell yang sebelumnya digabungkan dengan merge cells.

Kamu sudah selesai menggabungkan cells tersebut, kamu hanya perlu mengisinya dengan data yang diinginkan. Untuk mengembalikan fungsi merge cells, kamu bisa menggunakan fitur unmerge yang tersedia di kolom fiturnya.

Melakukan Shortcut untuk Merge

Melakukan Shortcut untuk Merge

Jika kamu malas memilih fitur menu yang ada, kamu bisa menggunakan shortcut. Fungsi shortcut adalah membuat jalan pintas, sehingga kamu mengaktifkan fitur merge cell lebih cepat dengan bantuan keyboard.

Untuk melakukan shortcut merge, cukup dengan menyorot semua cells yang ingin digabungkan. Setelahnya, kamu hanya perlu menekan Alt, H dan M, ikuti pula beberapa huruf dibawah ini untuk mendapatkan fungsi yang lebih spesifik.

  1. C = huruf ini digunakan untuk mengaktifkan fitur merge and center.
  2. A = dengan menggunakan huruf A, kamu bisa mengaktifkan fitur merge across.
  3. M = digunakan untuk mengaktifkan merge cells biasa.
  4. U = huruf U bisa kamu gunakan untuk menggunakan fitur unmerge cells.

Shortcut diatas hanya bisa digunakan untuk kamu yang menggunakan laptop atau PC dengan sistem operasi Windows. Untuk sistem operasi Mac OS maupun Linux, pengaktifkan fitur merge and cells tidak bisa dilakukan dengan shortcut, harus dengan cara manual.

Fitur Unggulan Excel

Selain fitur dan fungsi merge cells, ternyata Excel juga memiliki fitur unggulan lain yang akan mempermudah proses perhitungan yang kamu lakukan. Berikut adalah fitur unggulan yang dimiliki oleh Excel, diantaranya:

1. Power Map

Power Map

Jika kamu sudah menggunakan Excel Power versi BI, kamu akan menemukan fitur power map. Fitur ini akan membuat kamu lebih mudah dalam melakukan visualisasi data. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat bentuk 3D berbasis data geografis maupun data waktu.

Kalau kamu punya data yang bersumber dari tab Excel, kamu juga bisa menggunakan power mapuntukmembuat peta tambahan. Nantinya kamu bisa memasukkan cuplikan gambar atau video di dalamnya.

2. Sparkliness

Sparkliness

Ingin membuat grafik di Excel? Tenang kamu bisa menggunakan fitur sparkliness yang akan membuat tampilannya makin menarik. Sama seperti sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk ExcelPower versi BI.

Informasi yang akan kamu tampilkan tentu bisa lebih menarik, ditambahkan dengan tampilan fluktuasi data yang lebih akurat. Ini akan membuat kamu bisa makin efisien dalam menyampaikan data kepada audiens.

3. Basic Template

Basic Template

Selain fitur merge cells yang bisa membuat tampilan sheets lebih rapi, ternyata kamu juga bisa menggunakan basic template untuk membuat sheets yang kamu gunakan makin menarik. Penggunaan basic template juga akan membuat kamu lebih efisien dalam pembuatan kolom.

Ada berbagai basic template yang disediakan oleh Excel, diantaranya financial budgeting, pelaporan bulanan, listing dan lainnya. Kamu hanya perlu memilih template yang tersedia dan megeditnya jika memang dibutuhkan.

4. Freeze Panes

Freeze Panes

Data yang diinput terlalu banyak bisa membuat kamu kesulitan dalam melihat kesalahan. Karena itu, manfaatkan fitur freeze panes yang disediakan oleh Excel. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu bingung membaca dan meneliti data yang sudah diinput.

Kamu bisa menggunakan fitur ini di bagian tab menu View, cukup dengan mengaktifkan fiturnya, kamu bisa memasukkan data dengan lebih cepat. Kesalahan juga bisa diminalisir, sehingga tidak membuat banyak waktu untuk menelitinya nanti.

Simak juga: Kegunaan Microsoft Excel

Teknis dan fungsi merge cells yang telah dijelaskan sebelumnya akan makin mudah dipahami kalau kamu sekaligus praktek di platform Excel. Sebagai penunjang dan tambahan, kamu juga bisa menonton video terkait dengan pengaktifan fitur merge cells di situs streaming video agar lebih cepat paham.