Formula Bar Excel (Cara Menampilkan dan Menghilangkannya)

 

Formula bar Excel adalah sebuah kotak persegi panjang di bagian atas dari Microsoft Excel. Fungsinya adalah untuk menampilkan isi atau formula dari suatu sel yang sedang aktif digunakan. Artinya isi dari sebuah formula bar adalah input data yang sedang dikerjakan.

Pada bagian ini pula yang digunakan untuk mengelola rumus, seperti memasukkan rumus. Termasuk juga saat ingin mengkoreksi rumus Excel yang telah dibuat sebelumnya. Isi dari formula  bar ini bukan hanya rumus saja, namun juga data, sesuai dengan dokumen, atau file yang sedang dikerjakan.

Fungsi Formula Bar Pada Excel

Fungsi Formula Bar Pada Excel

Fungsi formula bar Excel ini cukup membantu buat kamu yang sering mengerjakan tugas dengan Excel. Sehingga akan sangat baik kalau dikuasai dengan jelas, sehingga pekerjaan lebih maksimal. Fungsi utama dari formula bar ini ada 3 point. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai tempat untuk mengaktifkan fitur formula builder pada Microsoft Excel.
  • Tempat untuk menuliskan rumus dengan jelas, meskipun rumusnya sangat panjang. Juga sekaligus tempat untuk memperbaiki rumus yang sedang dikerjakan.
  • Sebagai tempat hasil akhir proses pembuatan dokumen, apakah diterima atau ditolak.

Icon Penting Formula Bar Excel

Letak formula bar Excel ini adalah, diantara ribbon dan workspace atau worksheet area. Dimana pada bagian kiri formula bar tersebut terletak name box. Bagian khusus pada Excel yang menunjukkan nama atau alamat dari sel yang sedang aktif.

Icon segitiga kecil yang ada pada name box ketika di klik akan list range atau nama-nama sel yang sedang digunakan. Nama range ini ada pada workbook yang sedang kamu gunakan, sehingga nama-nama ini akan kosong, ketika membuka file yang baru.

Diantara formula bar dan name box, memiliki tiga icon dengan fungsinya masing-masing. Yang dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan. Tiga icon tersebut adalah:

  1. ENTER: tombol icon berbentuk centang (v) ini, terletak pada bagian paling kiri. Fungsinya untuk menerima proses perubahan data pada formula bar, juga untuk menerima input data pada sel aktif. Serupa dengan tombol enter pada keyboard pada umumnya.
  2. CANCEL: Icon cancel ini terletak pada bagian tengah dengan bentuk silang (X). Fungsinya sebelum tahap pengeditan adalah untuk membatalkan input sel. Juga untuk membatalkan editing, atau perbaikan data yang sedang dikerjakan di sel aktif atau formula bar. Fungsinya serupa juga dengan tombol ESC pada keyboard.
  3. INSERT FUNCTION: tombol insert function ini memiliki fungsi untuk mengaktifkan Formula Builder. Ketika tombol ini di klik maka muncul kotak jendela insert function yang terbuka. Dimana terdapat urutan data fungsi Excel yang dapat digunakan untuk menyusun rumus yang diperlukan.

Baca juga: Cara Menghitung Persen di Excel

Cara Merubah Ukuran Formula Bar

Cara Merubah Ukuran Formula Bar

Mungkin saat bekerja kamu memerlukan ukuran formula bar yang luas  atau yang sempit. Jangan khawatir, karena formula bar dapat diatur sesuai dengan keinginan. Bisa diperlebar keatas atau kesamping, bisa juga dikecilkan sampai sesempit mungkin dengan cara berikut:

  1. Klik bagian bawah formula bar lalu drag kebawah sampai ukurannya sesuai dengan yang kamu inginkan. Cara ini digunakan untuk ukuran lebar keatas.
  2. Namun, ketika ingin lebarnya ke arah samping maka langkah yang harus dilakukan adalah sebaliknya. Klik bagian samping formula bar, lalu geser ke arah kanan sampai ukuran yang diinginkan.
  3. Untuk mengecilkan ukurannya juga bisa dengan klik bagian samping formula bar dan menggeser ke arah kanan dan kiri sampai menemukan ukuran yang diinginkan.
  4. Ukura formula bar juga bisa dikecilkan atau dilebarkan dengan menggunakan shortcut. Yaitu tombol CTRL+Shift+U yang ditekan bersama-sama.

Cara Menampilkan Atau Menyembunyikan Ukuran Formula Bar

Cara Menampilkan Atau Menyembunyikan Ukuran Formula Bar

Formula Bar Excel ini ternyata bisa juga disembunyikan seperti Ribbon Excel. Sehingga yang menginginkan memiliki area kerja yang luas bisa mendapatkannya.

Beberapa orang yang bekerja dengan menggunakan Microsoft Excel lebih memilih menyembunyikan formula barnya. Tujuannya adalah agar rumus yang sedang dikerjakannya tidak dapat dilihat orang lain di sekitarnya. Karena saat sel aktif, akan menampilkan formula atau fungsi dari sel aktif tersebut.

Cara untuk menyembunyikan atau tidak menampilkan formula bar tidaklah sulit. Bahkan Excel memiliki dua pilihan untuk melakukan prosesnya:

1. Dengan Menggunakan Jendela Excel Option

Cara yang pertama ini cukup mudah diikuti langkah-langkahnya:

  • Klik Menu kemudian pilih option.
  • Setelah kotak dialog Excel option terbuka pilihlah tab advanced.
  • Kemudian pastikan posisi berada pada display.
  • Setelah memastikan berada pada display, hilangkan icon centang di check box yang bertuliskan show formula bar.
  • Kemudian langkah terakhir adalah menekan tanda ok.

2. Dengan Menggunakan Tab View

Cara yang kedua ini juga tak kalah gampang dibandingkan yang pertama.

  • Saat melakukan klik pada tab view, pastikan berada pada kelompok show.
  • Setelah itu hilangkan tanda centang yang ada di kotak centang yang bertuliskan formula bar.
  • Secara otomatis, formula bar akan hilang dari layar sehingga terasa lebih luas dan leluasa.

Demikianlah dua cara pada Microsoft Excel yang bisa digunakan untuk menampilkan dan menyembunyikan formula bar. Meskipun tidak sering memakainya saat bekerja, namun harus dipahami agar saat membutuhkannya tidak bingung.

Baca juga: Rumus Hlookup Excel

Cara Melihat Formula Atau Rumus Pada Excel

Cara melihat Formula Atau Rumus Pada Excel

Ketika kita ingin memperbaiki sebuah formula atau rumus yang sedang kita kerjakan. Atau mungkin  juga ingin melihat sebuah formula dari suatu sel untuk dipelajari. Ikuti beberpa langkah dibawah ini:

1. Menggunakan Formula Bar

Ketika anda memilih suatu sel dengan kursor, maka formula bar dimana kursor tersebut berada akan menampilkan datanya. Data yang berupa teks maupun rumus yang ada di dalamnya.

  • Ketika ingin melihat rumus atau formula yang ada di sel C5.
  • Maka kursor harus menyorot ke sel C5.
  • Secara otomatis formula bar akan menampilkan rumus yang ada di sel C5.
  • Meskipun pada formula sel menampilkan rumus akan tetapi pada sel tidak berubah, tetap menampilkan hasilnya saja.

2. Menampilkan Rumus Di Sel Aktif

Demikian juga ketika ingin menampilkan rumus tampil pada sel aktif, ada caranya tersendiri. Tidak hanya tampil di formula bar saja saat sedang disorot, caranya dengan menggunakan tombol pada keyboard. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Sorot sel yang ingin ditampilkan rumusnya.
  • Cari tombol F2 pada keyboard, kemudian tekan.
  • Secara otomatis rumus akan tampil pada sel aktif tersebut.
  • Cara ini hanya berlaku pada satu sel yang disorot saja. Sehingga saat ingin mengetahui sel yang lain, maka harus mengulang cara yang sama satu demi satu.

3. Menggunakan Ribbon Excel

Kali ini bisa menggunakan fitur show formulas pada ribbon Excel.

  • Seret pada sel yang diinginkan.
  • Kemudia carilah menu formulas.
  • Kemudian pastikan berada pada grup auditing, Klik Show Formulas yang ada disana.
  • Semua rumus yang ada pada sheet tersebut akan tampil serentak.
  • Untuk mengembalikannya seperti semula setelah dikoreksi, maka tinggal melakukan klik lagi pada show formulas.

Memahami Formula Bar Excel adalah langkah awal untuk bisa memahami dengan baik Microsoft Excel. Ketika sudah menguasai dengan baik, maka akan lebih mudah saat mengaplikasikannya pada pekerjaan. Bagian mana yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat.