Drop Point Artinya Apa Pada J&T dan Shopee Express

Nizar Change

Drop Point Artinya Apa Pada J&T dan Shopee Express

Loop.co.id – Drop point artinya apa mungkin sering kamu temukan kalau sedang berbelanja di platform online dan jadi familier dengan kata itu. Apalagi kalau kamu sering banget untuk mengecek lokasi paket kamu ketika sedang dikirim.

Nah kalau bahas tentang paket, untuk kita yang mengirim atau pun yang menerima juga tetap harus melakukan cek resi. Hal ini untuk terus memantau keadaan dan lokasi paket yang sedang dikirim saat ini. Dan biasanya muncul satu kata yaitu Drop point artinya apa pada hasil cek resi.

Tetapi apa kamu sebenarnya drop point artinya apa sendiri? Mungkin kamu memang sering melihat ataupun mendengarnya tetapi tidak tahu arti dari kata itu sendiri. Kalau begitu, artikel ini akan menjelaskan dengan menyeluruh tentang Drop point artinya apa, simak ya.

Drop Point Artinya Apa Itu?

Drop Point Artinya Apa Itu

Biasanya istilah ini selalu muncul ketika mengirim paket dengan jasanya J&T atau pun Shopee Express. Dan dari sekian banyak istilah istilah untuk pengiriman, masih banyak juga yang belum tau arti dari Drop point artinya apa sendiri.

Terdapat beragam jasa kirim barang yang juga punya istilah yang sama seperti drop poin ini. Kalau kamu tau artinya pastinya kamu tidak akan bingung dan akan lebih paham lagi dengan makna kata ini.

Khusus untuk kamu yang sering sekali belanja online, pastinya aktivitas cek resi sangat sering kamu lakukan. Tentunya kamu juga merasa tak sabar untuk menerima paket yang kamu beli makanya kamu sering cek resi paketnya.

Nah pastinya juga kamu sering nemu kata atau istilah Drop point artinya apa bukan? Kamu pun pasti penasaran dengan arti kata ini yang sering muncul kalau memakai jasa Shopee Express atau pun J&T.

Baca Juga  5 Jasa Pengiriman Motor Terbaik, Tercepat, dan Termurah

Drop point artinya apa sendiri juga mempunyai arti sebuah tempat yang menjadi perantara untuk kurir dengan si penerima paket. Kata tersebut memang berbahasa inggris yang kalau ditranslate mempunyai arti titik temu.

Penjelesan Lanjutan Mengenai Drop Point Artinya Apa

Jadi, misalnya kamu sedang beli barang lalu menunjuk J&T atau pun Shopee Express sebagai ekspedisi pengirimannya. Nanti, barang yang kamu beli pun akan diturunkan untuk kemudian disotrir pada Drop point artinya apa terlebih dulu.

Baru kemudian paketnya akan diantar langsung ke alamat tujuannya. Meskipun secara garis besar arti Drop point artinya apa sendiri sama, tetapi ada yang membedakan antara versi dari J&T dan juga Shopee Express.

Kalau di J&T sendiri, arti dari istilah itu yakni merujuk kepada kantor cabang atau juga agen yang resmi dan telah ditunjuk langsung oleh pihak perusahaan. Sehingga tidak ada campur tangan dari pihak luar dan merupakan tempat kerja resmi.

Sedangkan istilah tersebut untuk di Shopee Express tidak hanya buat kantor atau pun agen resminya saja. Tetapi rumah kamu sendiri juga bisa menjadi lokasi drop poinnya sehingga tidak perlu jauh jauh datang ke drop poin terdekat.

Drop point Artinya Apa Di J&T

Drop point Artinya Apa Di J&T

Seperti yang kami jelaskan di atas, untuk J&T dan Shopee Express sendiri punya perbedaan tentang istilah drop poin ini. Untuk itu, kami akan bahas istilahnya pada sudut pandang perusahaan J&T.

Drop poin untuk J&T merupakan sebuah tempat untuk menjembatani atau sebagai perantara antara sang kurir dengan kustomernya. Jembatan ini pun mempunyai peran sebagai perantara awal maupun perantara akhir.

Drop poin untuk J&T sendiri melayani juga drop off untuk paket dari penjual sebelum akhirnya dikirim menggunakan ekspedisi. Lalu sekaligus juga menurunkan paket sebelum diantarkan langsung ke pembelinya.

Baca Juga  List Terlengkap Semua Alamat Kantor Sicepat Seluruh Daerah

Sehingga kamu bisa mengartikan drop poin J&T ini sebagai kantor cabangnya atau juga agen resmi yang sudah menyebar di Indonesia. Persebarannya juga tidak hanya di kecamatan saja, melainkan sudah sampai ke kota, kabupaten, dan juga tingkat provinsi.

Sistem kerja dari drop poinnya J&T ini dengan metode sentralisasi yang bisa kamu anggap sebagai SSA (Sistem Satu Arah). Jadi, maksudnya adalah semua proses pengecekan dan juga penyortiran paket hanya dilakukan oleh satu tim saja.

Ketika kamu mengirim paket, kemudian paket pun akan diturunkan atau didrop pada titik drop poinnya dengan cara estafet. Dengan begitu, semakin banyak agen ataupun kantor cabang yang ada, maka barangnya pun akan cepat sampai.

Dan kalaupun paket kamu tidak sampai juga dalam estimasi waktu yang ditentukan, kamu bisa ambil sendiri paketnya di lokasi cabang tersebut. Kamu hanya perlu memperlihatkan no resi paketmu saja dan nanti kantor akan memeriksa paket milikmu.

Drop point Artinya Apa Di Shopee Express

Drop point Artinya Apa Di Shopee Express

Nah sedangkan drop poin di Shopee Express sendiri merupakan sebuah checkpoint bagi tim ekspedisi Shopee. Jadi, agen di lokasi akan menurunkan dan juga menyortir langsung paket sebelum akhirnya diantarkan oleh kurir ke pelanggan yang memesan.

Nah di tempat ini juga paket dilakukan scanning lalu lanjut dikirimkan ke alamat tujuannya. Dari proses scanning tersebut muncullah informasinya ketika kamu cek resi menjadi salah satu Drop Poin oleh Shopee Express.

Nah untuk sistem yang lebih jelasnya lagi, drop poin di Shopee Express punya 2 peran yang penting. Yang pertama sebagai tempat atau lokasi untuk drop off atau penurunan paket yang ditujukan kepada seller kalau dia tidak memakai fitur pick up.

Kedua yakni sebagai tempat atau lokasi untuk menurunkan serta menyortir paket yang baru datang atau transit. Kemudian kurir akan mengambilnya dan barulah diantar ke alamat pelanggan sesuai prosedur yang berjalan.

Baca Juga  Cara Cek Resi Anteraja Tanpa Captcha Terbaru

Itulah maksud dari drop point untuk ekspedisi Shopee Express dan juga J&T. Sekarang ini kamu jadi tau arti sesungguhnya dan tidak akan bingung lagi kalau melihat kata atau istilah tersebut ketika cek resi nanti.

FAQ

FAQ

1. Apakah Drop Point Ada Di Setiap Marketplace?

Setelah kami lakukan riset, istilah ini ada di setiap marketplace yang bekerja sama dengan Shopee Express maupun juga J&T. Karena jika ekspedisi yang digunakan adalah kedua perusahaan tersebut, setiap kali cek resi pasti muncul istilah atau kata tersebut.

Tetapi kalau jasa pengiriman yang dipilih bukanlah Shopee Express ataupun J&T maka mungkin istilah yang muncul lain lagi. Seperti Drop off bukannya drop poin yang juga memiliki arti mirip mirip.

2. Apa Bedanya Drop Point Dengan Pickup Point?

Drop point mempunyai arti titik pertemuan atau titik penurunan. Artinya menjadi titik dimana paket akan transit ke wilayah tempat penerima berada. Sedangkan pickup point berarti tempat untuk mengambil paket yang ingin diantar.

Jadi, kalau ada kurir atau agen yang menuju lokasi pickup point berarti mereka baru ingin mengambil paket. Barulah setelah itu paket dikirim ke lokasi tujuan langsung oleh kurir tersebut atau juga bisa diturunkan paketnya ke drop point.

Akhir Kata

Demikianlah lengkapnya penjelasan mengenai Drop point artinya apa dari kami Loop.co.id beserta perbedaannya pada beberapa ekspedisi pengiriman. Semoga dengan kamu membaca artikel ini kamu jadi lebih paham lagi seputar pengiriman paket kedepannya.

Originally posted 2023-02-20 19:56:04.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya