Cek Tarif Gosend Per KM dan Info Harga Di Luar Jabodetabek

Nizar Change

Loop.co.id – Tarif Gosend yang terjangkau dan murah untuk layanan pengiriman secara instan ini menarik perhatian para seller dan pelanggan. Kebutuhan yang mendesak atau tiba-tiba sangat urgent akan sangat diuntungkan jika menggunakan layanan ini.

Selain memiliki ongkos yang murah, Gosend juga memberikan akses transparan untuk dapat mengecek Tarif Gosend sebelum menggunakannya.

Penasaran dengan apa itu layanan pengiriman Gosend dan bagaimana perhitungan Tarif Gosend yang diterapkan untuk per jaraknya?

Apa Itu Layanan Pengiriman Gosend?

Apa Itu Layanan Pengiriman Gosend

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi ketika mendengar layanan pengiriman Gosend ini. Karena memang cukup terkenal dan populer dikalangan para pebisnis atau pun seller bahkan dari masyarakat sekalipun.

Gosend ini merupakan salah satu fitur layanan dari induknya yaitu Gojek yang dikenal melayani dalam bidang pengantaran. Biasanya orang-orang mengenal Gojek ini untuk memesan ojek secara online atau bahkan penjemputan menggunakan mobil.

Atau karena biasanya orang-orang menggunakan Gojek untuk memesan makanan secara online dengan fitur layanan Gofood. Tetapi tahukah kamu bahwa Gojek juga memiliki layanan pengantaran barang instan yang disebut Gosend?

Layanan ini memungkinkan kamu untuk mengirimkan apapun dalam waktu yang singkat atau instan. Kamu dapat mengirim barang, dokumen, paket, makanan, dan sebagainya.

Yang paling menjadi layanan terbaik mereka adalah kecepatan dalam proses pengiriman yang dipesan. Dikarenakan layanannya adalah instan, maka kemungkinan paling lambat barang sampai ke tangan tujuan adalah 2-3 jam saja.

Tak heran jika layanannya menerapkan perhitungan Tarif Gosend yang cukup berbeda dari layanan Gojek yang lainnya. Selain diperlukan waktu proses yang cepat, kurir juga harus memastikan paket tetap aman selama perjalanan pengiriman yang terhitung cepat ini.

Baca Juga  Alamat Rungkut DC Shopee Express Jam Operasional, dan Nomor

Perhitungan tarif ongkos kirim yang diterapkan dalam layanan Gosend adalah tergantung dari seberapa jauh jarak alamat tujuan kamu. Jadi bukan berdasarkan dari berat barang atau apapun itu yang ingin dikirimkan.

Kalau pada layanan pengiriman lain yang dihitung adalah berat barangnya, maka dengan Gosend yang dihitung adalah jarak dan waktu pengirimannya. Mulai dari menerapkan tarif Gosend dari perhitungan per 1 kilometer.

Untuk selengkapnya akan kami jelaskan secara rinci pada pembahasan selanjutnya dibawah ini. Jadi untuk mengetahui lebih detail mengenai tarif-tarif dan perhitungannya, silahkan baca sampai akhir dan dengan seksama.

Karena informasi ini sangat penting dan berguna untuk kamu sebelum menggunakan layanannya agar lebih bijak dalam pengiriman nantinya.

Bagaimana Perhitungan Untuk Mengetahui Tarif Gosend Pada Paket Yang Ingin Dikirim?

Bagaimana Perhitungan Untuk Mengetahui Tarif Gosend Pada Paket Yang Ingin Dikirim

Pembahasan kali ini akan memberikan penjelasan secara lengkap dan detail mengenai Tarif Gosend dan bagaimana perhitungannya.

Kami juga akan memberikan contoh kasus agar kamu lebih mudah mengerti mengenai ketentuan dalam perhitungannya nanti.

Paling utama, Gosend menerapkan ketentuan perhitungan untuk tarifnya berdasarkan dari jarak ke alamat tujuan. Semakin jauh jarak pengirimannya, maka tarifnya pun akan semakin tinggi lagi.

Tiap 1 km diberikan harga sebesar Rp.2.500 yang dapat menjadi patokan untuk perhitungan km selanjutnya. Dengan ketentuan minimal Rp.20.000 untuk setiap pengiriman, dibawah biaya tersebut maka tidak dapat menggunakan layanannya.

Untuk gambaran mudahnya, kamu hanya perlu mengalikan jarak alamat yang ingin dituju dengan harga 2.500 pada setiap km nya.

Jika jarak yang ditempuh untuk pengirimannya adalah 2 km, maka tarif yang dikenakan 2.500 x 2 adalah 5 ribu. Namun kembali lagi, minimal tarif dalam setiap pengiriman adalah 20.000 atau sekitar 8 km.

Lalu bukan hanya itu saja, akan ada biaya tambahan yang diperlukan untuk setiap ketentuan yang berlaku. Berapakah biaya tambahan tersebut dan apa saja ketentuannya?

  • Untuk jarak pengiriman 10-20 km akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp3.000
  • Pengiriman diatas 20 km, dikenakan biaya sebesar Rp6.000
  • Pengiriman pada jam-jam tengah malam hingga waktu hampir pagi yaitu jam 23.00 – 05.00. Akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000
  • Pengiriman waktu dan lokasi padat, biaya yang dikenakan adalah Rp3.000
Baca Juga  Info Update Gaji Kurir Shopee Express dan Sistem Bonus

Contohnya, jika kamu ingin mengirimkan barang dengan jarak sekitar 30 km dan dengan waktu pengiriman jam setengah 12 malam. Bagaimana cara perhitungan untuk Tarif Gosend yang dikenakan?

30 km akan dikalikan dengan 2.500 (harga per 1 km) yaitu 75.000. Lalu ditambah dengan biaya tambahan pengiriman diatas 20 km dan jam tengah malam yaitu 6.000 + 3.000 = 9.000. Maka Tarif Gosend keseluruhan yang perlu dibayar adalah 75.000 + 9.000 = 84.000.

Beberapa Extra Protection Untuk Pengiriman Dan Penggunaan Tarif Gosend

Beberapa Extra Protection Untuk Pengiriman Dan Penggunaan Tarif Gosend

Sebagai proteksi untuk menghindari kerusakan paket, ada beberapa jenis dan kategori proteksi yang dapat kamu pilih. Dan kami akan menjelaskan barang apa saja yang cocok untuk setiap kategori proteksinya.

Yang pertama adalah Silver Protection, dengan tingkat proteksi untuk barang-barang yang memiliki resiko kerusakan rendah. Barang yang cocok untuk diproteksi menggunakan Silver Protection adalah seperti obat, buku, makanan, dll.

Karena barang-barang tersebut dinilai memiliki tingkat resiko kerusakan yang cukup rendah karena packagingnya saja tidak akan terlalu ribet. Dikenakan biaya sebesar 1.000 rupiah untuk kategori ini.

Kedua, adalah Gold Protection dengan tingkat proteksi menengah atau medium. Beberapa barang yang cocok adalah sepatu, baju, tas, dan kelengkapan aksesoris lainnya. Yang mana memiliki tingkat resiko cukup menengah karena pastinya packagingnya pun akan berbeda dengan barang-barang sebelumnya.

Untuk Gold Protection sendiri biaya yang dikenakan adalah 2.000 rupiah untuk setiap pengiriman barang yang ingin dikirim.

Terakhir, tingkat proteksi yang membutuhkan perhatian khusus adalah Platinum Protection. Proteksi ini cocok digunakan untuk mengirim barang dengan tingkat kerusakan tinggi atau pecah dan sebagainya. Contohnya seperti laptop, handphone, mesin cuci, atau alat-alat elektronik lainnya.

Khawatir akan rusak dikarenakan guncangan atau kerusakan yang terjadi saat pengiriman, maka gunakanlah proteksi ini. Biaya yang dikenakan pun tidak terlalu mahal karena hanya 4.000 rupiah saja.

Baca Juga  Shopee Express Mataram: Kontak, Alamat, dan Jam Kerja

FAQ About Tarif Gosend

FAQ

Apakah Bisa Mengirim Barang Dengan Jarak Dibawah 8 km Mengingat Pada Ketentuan Minimal Yang Telah Dijelaskan Diatas?

Jawabannya adalah bisa, namun untuk perhitungan Tarif Gosend lebih lengkapnya dapat kamu cek melalui aplikasi Gojek, ya. Karena akan sulit mendapatkan perhitungan pasti jika jaraknya dibawah 8-10 km.

Tetapi kalau pertanyaannya adalah bisa atau tidak, maka jawabannya sudah pasti dan yakin adalah bisa. Silahkan cek sendiri untuk tarifnya agar lebih pasti dan tidak ada kesalahan dalam perhitungannya.

Barang Apa Saja Yang Dapat Dikirim Menggunakan Gosend?

Contoh barang yang dapat dikirim menggunakan Gosend dapat kamu lihat pada penjelasan proteksi diatas. Namun untuk mengulanginya, barang tersebut adalah sepatu, makanan, baju, obat, buku, dokumen, dll.

Diperlukan identitas jelas dari barang yang akan kamu kirim sebelum dapat menggunakan layanan Gosend. Karena akan menjadi hal yang wajib diisi, jadi pastikan untuk tidak melupakan hal ini.

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi mengenai Tarif Gosend dan layanan dalam pengiriman instan Gosend. Silahkan cek sendiri untuk tarif pengiriman kamu dan selamat menikmati layanannya!

Originally posted 2023-02-19 19:36:41.

Tags

Bagikan:

Artikel Lainnya