Cara Vlookup Beda Sheet

Kalau kamu adalah pengguna Excel pasti pernah mencari cara Vlookup beda sheet. Microsoft Excel adalah salah satu software yang digunakan untuk pencatatan data dan hitung-hitungan. Seperti membuat tabel, laporan keuangan dan sebagainya.

Hal yang mencakup penghitungan data seperti penjumlahan, pengurangan dan perkalian lebih mudah diatasi dengan Excel. Selain itu menyediakan rumus lengkap dengan berbagai format yang sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Sehingga menjadi pilihan banyak orang untuk mempermudah pekerjaannya.

Apakah Itu Rumus Vlookup Beda Sheet?

Vlookup adalah bagian dari fungsi pencarian dalam proses pengolahan data. Tugasnya adalah  mencari sebuah nilai dari banyak data atau tabel. Yang kemudian ditampilkan pada kolom lain yang dibutuhkan berdasarkan urutan.

Banyak orang menyangka rumus Vlookup ini hanya bisa diterapkan pada sheet yang sama. Lalu bagaimana saat menemukan masalah yang memerlukan rumus ini pada sheet yang berbeda? Apakah rumus Vlookup ini bisa diterapkan pada sheet yang berbeda juga?

Rumus cara Vlookup beda sheet ini sendiri memiliki dua cara atau dua pola. Cara yang pertama adalah dengan memakai nama sheet untuk alamat Vlookup. Lalu cara kedua adalah dengan alamat Vlookup yang memakai nama range untuk mengambil data.

Simak juga: Kegunaan Microsoft Excel

1. Rumus Vlookup Beda Sheet

Rumus Vlookup Beda Sheet

Pasti penasaran kan bener nggak sih rumus ini bisa diterapkan dalam dua sheet yang berbeda. Cara mencari dengan Vlookup ini sendiri adalah dengan memakai rumus dibawah ini.

=Vlookup(kolom acuan,tabel acuan,kolom,0)

Penting untuk dijadikan perhatian, tidak semua versi Microsoft Excel sama. Karena pada beberapa versi fungsi tanda pemisah tidak menggunakan tanda koma, melainkan dengan tanda titik koma seperti ini (;).

2. Unsur-unsur Rumus Vlookup Beda Sheet

Unsur-unsur Rumus Vlookup Beda Sheet

Agar lebih jelas dan mudah dipahami, inilah penjabaran dari rumus-rumus Vlookup Beda Sheet.

  • Kolom Acuan: Kolom dimana harus meletakkan data yang berupa teks atau angka yang akan dicari dari sheet.
  • Tabel Acuan: Pada bagian ini merupakan tabel sumber data, yang mana tabel tersebut akan dipindahkan ke kolom acuan.
  • Kolom: Kolom ini merupakan kolom urutan yang ada di tabel acuan.
  • Angka Nol (0): Angka ini mempunyai fungsi agar nilai yang dipindahkan memiliki sifat absolut.

3. Contoh Rumus Vlookup Beda Sheet

Contoh Rumus Vlookup Beda Sheet

Proses penggunaan cara Vlookup beda sheet ini juga tidak terlalu rumit. Mudah dipahami oleh pengguna pemula Excel sekalipun. Seperti contoh dibawah ini:

A B C D E F G
Nomor Nama Golongan Jumlah Gaji Pokok Jumlah Tunjangan Biaya Transport Total
1 Dina I
2 Nadya III
3 Tasya II
4 Malik I

Tabel diatas merupakan tabel acuan yang harus diisi adalah Kolom Gaji Pokok. Kolom D ini disebut juga sebagai sheet pertama.

A B C D
Golongan Gaji Tunjangan Transport
I Rp. 4.000.000 Rp. 400.000 Rp. 300.000
II Rp. 6.000.000 Rp. 600.000 Rp. 500.000
III Rp. 8.000.000 Rp. 800.000 Rp. 700.000

Tabel ini adalah tabel acuan dan kolom C yang berisi data gaji merupakan sheet kedua.

Untuk mengisi data yang ada di sheet pertama, caranya adalah melakukan blok pada sheet kedua. Kalau dari contoh tabel diatas maka melakukan blok dari A2 -D3. Setelah diblok kemudian berilah nama misalnya Data_gaji.

Untuk mengisi data gaji Dina misalnya maka hal yang pertama dilakukan adalah dengan menuliskan rumus berikut:

=Vlookup(C2, Data_gaji,2,0)

C2: Karena data golongan Dina ada pada kolom C2

Data_gaji : Ini karena besaran gaji berada file Data_gaji yang datanya sudah dibuat.

2: Ini karena pada tabel Data_gaji besarnya gaji yang dicari terletak di kolom ke 2.

0: Angka 0 ini fungsinya adalah membuat data menjadi absolut.

A B C D E F G
Nomor Nama Golongan Jumlah Gaji Pokok Jumlah Tunjangan Biaya Transport Total
1 Dina I =Vlookup(C2, Data_gaji,2,0)

 

2 Nadya III
3 Tasya II
4 Malik I

Kira-kira nanti bentuk gambaran untuk posisi dan komposisi rumus adalah seperti diatas. Setelah rumus ditulis dengan lengkap maka tinggal menekan enter untuk mendapatkan jawabannya. Setelah ditekan biasanya pada kolom gaji, akan keluar jumlah gaji Dina sesuai golongannya.

Rumus Vlookup ini kesannya memang agak lama, namun sangat membantu saat data yang diolah cukup banyak.

Simak juga: Rumus SUMIFS Excel

4. Mengisi Data Secara Otomatis

Mengisi Data Secara Otomatis

Setelah data gaji pada baris milik Dina sudah ada jawabannya maka untuk mengisi gaji pokok yang lainnya lebih mudah. Tidak harus menuliskan Vlookup Beda Sheet lagi di tiap kolom satu demi satu. Gaji pokok milik yang lainnya bisa diisi dengan satu klik saja, dan akan terisi secara otomatis.

Cara untuk mengisi secara otomatis ini juga tidak susah, sama seperti mengisi dengan rumus yang lainnya. Lebih jelasnya seperti keterangan detail dibawah ini:

  • Tempatkan kursor tepat pada pojok kanan bawah di gaji Dina, sampai kursor berubah menjadi icon plus (+).
  • Kemudian tahan dan gulir sampai ke paling akhir data di tabel.
  • Setelah di klik maka secara otomatis akan terisi otomatis. Jadi cepat kan kerjanya?

Bagaimana kalau tabel acuannya berada pada sheet yang sama? Pada prinsipnya sama saja untuk rumusnya. Vlookup Beda Sheet ini bisa dipraktekkan juga pada sheet yang sama hanya tinggal melakukan blok pada tabel acuan.

Hal Penting Tentang Rumus Vlookup Microsoft Excel

Hal Penting Tentang Rumus Vlookup Microsoft Excel

Vlookup ini sangat membantu bagi yang memiliki pekerjaan mengolah data yang datanya terpisah-pisah tetapi memiliki nilai informasi yang sama.Aktivitas administratif seperti mengolah data karyawan yang bersifat statis sangat sesuai menggunakan rumus Vlookup ini.

Seperti rumus yang lain, Vlookup ini juga memiliki kekurangan dan kelebihan yang patut untuk diketahui. Terutama bagi kamu yang pekerjaannya mungkin memerlukan rumus ini dengan porsi lebih besar. Beberapa hal yang penting diperhatikan adalah:

  • Hanya Bekerja Secara Vertikal: huruf V sudah mengacu pada karta vertikal, artinya rumus ini hanya akan bekerja kalau datanya disusun secara vertikal pada tabel. Sehingga kalau data disusun secara horisontal hasilnya akan error default.
  • Vlookup Hanya Berfungsi Ke Kanan: Mungkin kamu pernah merasa kalau salah memasukkan rumus, padahal ini adalah salah satu kelemahan Vlookup. Limitnya dari rumus ini adalah hanya dapat membaca ke kanan pada data, maka urutan pertama tabel adalah kolom yang berisi lookup value. Hal sepele ini sering dilupakan penguna, sehingga kadang menjadi bingung sendiri saat menemukan hasil yang tidak sesuai.
  • Fungsi False Hanya Berfungsi Pada Data Yang Pertama Kali Ditemukan: Ketika menggunakan rumus Vlookup, dan menerapkan fungsi false, maka data akan segera ditemukan dengan akurat. Namun jangan salah, karena kalau value yang diisikan memiliki kemiripan, maka hasilnya adalah data yang pertama kali cocok dari urutan yang pertama.
  • Vlookup Dapat Menggabungkan Data Dari Tabel Yang Berbeda: Tidak hanya dari sheet yang berbeda saja, Vlookup juga bisa digunakan untuk beda file.

Simak juga: Cara Kompres PDF Sesuai Ukuran yang Diinginkan

Walaupun memiliki kekurangan dan limit, tetapi rumus Vlookup Beda Sheet telah membantu banyak pengguna menyelesaikan pekerjaannya. Pada beberapa kekurangan bisa diatasi dengan menggunakan rumus yang lain. Pada dasarnya hanya perlu penguasaan untuk program ini.