3 Cara Transfer DANA ke OVO dan Sebaliknya Anti Ribet

Cara Transfer DANA ke OVO – Kita ketahui bahwa sekarang ini fungsi dompet digital perlahan mulai di butuhkan oleh pengguna smartphone yang ada di tanah air. Seperti halnya Aplikasi DANA dan juga OVO yang mulai perlahan di terima di masyarakat dan banyak digunakna sebagai alat pembayaran digital yang mudah dibawa kemana saja.

Seperti bahasan kali ini adalah kami akan mencoba mengulas mengenai Cara Transfer DANA ke OVO yang mungkin anda butuhkan untuk saling mengisi dompet digital yang ada. Jika anda ingin tahu caranya seperti apa maka simak penjelasanya hingga selesai dan selamat membaca.

Berbicara mengenai yang namanya dompet digital perlahan demi perlahan sudah banyak sekali dan mudah untuk anda temukan. Dimana anda bisa download aplikasi seperti halnya DANA, OVO, Gopay, Link Aja, Payfazz, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk fungsi utama dari aplikasi dompet digital ini pastinya adalah untuk pembayaran transfer ke banyak bank dan juga akses fitur seperti PPOB dan lainnya.

Pastinya dengan adanya aplikasi semacam ini sangatlah mudah dalam genggaman kita karena sudah terpasang pada smartphone yang kita gunakan. Sehingga kita bisa membawanya kemana saja dan melakukan pembayaran kapan saja di saat kita butuh. Dan pastinya kita tidak perlu lagi repot-repot membawa uang secara cash karena semuanya sudah kita top up ke akun DANA atau OVO yang kita gunakan.

Sekilas Tentang Aplikasi DANA dan OVO

1. Apa itu OVO

OVO merupakan aplikasi dompet digital yang bisa anda download dari playstore secara gratis dan bisa di bawa kemana saja. Dan fungsinya adalah sebagai alat pembayaran online sehingga memudahkan anda dalam bayar apapun itu tanpa harus membawa uang dalam dompet atau cash.

Hanya dalam satu genggaman aplikasi OVO bukan hanya saja pembayaran online namun anda juga bisa bayar tagihan, bayar kredit dan lain sebagainya sampai dengan investasi pun bisa anda coba.

Sedangkan untuk penggunaanya pun sangatlah mudah kita hanya download aplikasinya dan gunakan nomor hp yang aktif untuk bisa melakukan registrasi. Lalu semuanya bisa anda gunakan dan lakukan verifikasi sampai benar-benar aplikasi bisa anda gunakan sebagai alat pembayaran yang simpel. Karena kita tahu banyak pesaing di luaran sana yang cukup bagus juga untuk digunakan.

Baca Juga : Cara Transfer ShopeePay ke DANA dan Anti Ribet

2. Apa itu DANA

Sedangkan untuk aplikasi DANA pun memiliki fungsi yang tidak berbeda jauh dengan aplikasi OVO. Dimana kita bisa melakukan pembayaran seperti halnya transfer bank, transfer sesama DANA, isi pulsa, token listrik dan PPOB lainnya yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Pastinya ada banyak sekali akses fitur yang bisa anda gunakan sebagai alat transaksi digital lengkap di era milenial seperti sekarang ini.

Untuk bisa memiliki akun DANA bisa dikatakan cukup simpel karena anda cukuk menyiapkan nomor hp dan juga ktp serta verifikasi wajah dan akun. Setelah itu jika akun anda sudah terverifikasi maka anda sudah bisa menggunakan aplikasi dana tersebut sebagai alat pembayaran yang mudah dan cepat. Selain itu anda juga bisa mendapatkan free transfer selama 10x dalam sebulan pastinya cukup lumayan bukan?

3. Fitur Unggulan Aplikasi OVO

Dibawah ini kami akan mencoba menjelaskan lebih detail mengenai fitur unggulan yang ada pada aplikasi OVO. Mungkin anda belum terlalu tahu banyak ada fitur apa saja yang bisa anda gunakan ketika anda download aplikasi ovo tersebut. Dan untuk lebih jelasnya anda bisa simak penjelasanya dibawah ini :

  • Semua Bisa Bayar Dengan OVO

Aplikasi OVO sendiri sudah bekerjasama dengan ratusan ribu merchant yang ada di tanah air dalam urusan bayar membayar apapun itu. Dimana anda bisa membayar seperti halnya listrik, grab, bpjs, tokopedia dan pembayaran lainnya. Otomatis dengan akses seperti ini pastinya menjadikan urusan membayar menjadi tidak ribet dan sangatlah membantu anda nantinya.

  • Transfer ke Banyak Bank

Keunggulan lainnya adalah dalam urusan transfer bank yang rupanya sangatlah bermanfaat sekali untuk anda. Dimana anda bisa melakukan transfer ke semua jenis bank dan anda bisa mengisi saldo pun bisa dari mana saja. Misalkan dari ATM, m-banking, Minimarket dan lainnya. Sehingga dengan adanya fitur ini anda tidak perlu lagi repot untuk pergi ke atm untuk transfer seperti biasanya anda lakukan.

  • OVO Points

Anda pun bisa mengumpulkan OVO points dari setiap transaksi yang anda gunakan dengan akun ovo. Dimana dari satu transaksi tersebut maka anda mendapatkan 1 point yang nantinya bisa anda kumpulkan. JIka sudah banyak maka anda bisa memakainya dalam biaya untuk mengurangi setiap transaksi yang anda gunakan dengan OVO tersebut.

  • Top Up Dimana Saja

Untuk masalah top up dari aplikasi OVO ini sangatlah mudah untuk anda lakukan agar saldo anda tetap terisi. Dimana anda bisa melakukanya dari ATM, M-Banking, minimarket dan lainnya.

4. Fitur Unggulan Aplikasi DANA

Sedangkan untuk fitur yang ada pada aplikasi DANA pun tidak kalah menarik dengan Aplikasi OVO yang cukup mendapat respon baik di tanah air. Dimana pengguna dari aplikasi DANA ini sudah sangat banyak dengan akses mudah dari aplikasi tersebut. Dan untuk lebih jelasnya anda bisa simak penjelasanya mengenai fitur unggulan yang ada di Aplikasi DANA :

  • Scan Barcode

Aplikasi DANA sudah melakukan kerjasama dengan banyak merchant untuk bisa melakukan pembayaran yang mudah dan cepat. Salah satunya adalah dengan adanya fitur Scan Barcode yang memudahkan ketika kita berada di luar untuk bisa bayar apapun itu. Dengan adanya akses seperti ini anda tinggal tempel saja barcode yang ada ke merchant yang ada.

  • DANA Protection

Anda pun sebagai pengguna aplikasi dana bisa dengan aman dan nyaman dalam menggunakan aplikasi tersebut. Karena dari pihak DANA sendiri menjanjikan keamanan 100% karena di lengkapi dengan DANA Protection agar menjadikan pengguna selalu aman saat bertransaksi.

  • Bayar PPOB

Selain itu anda juga bisa melakukan pembayaran dan pembelian seperti halnya pulsa, token listrik, bpjs, gas, pam air, dan masih banyak lagi lainnya. Intinya aplikasi DANA ini bisa anda jadikan sebagai alat bisnis untuk PPOB yang menguntungkan jika anda ingin mencobanya sebagai alat pembayaran. Karena memang di dalam aplikasi DANA ini ada banyak sekali fitur yang bisa anda nikmati.

  • Kirim Uang dan Terima Uang

Fungsi utamanya dari aplikasi DANA adalah sebagai alat transfer ke semua bank dengan mudah dan juga untuk menerima uang. Dimana kita bisa menerima uang dengan cara sesama pengguna DANA dengan memakai nomor hp yang kita gunakan. Selain itu bisa juga dengan menggunakan whatsapp serta lainnya yang menjadikan aplikasi DANA ini sangat banyak diminati karena fiturnya yang lengkap.

  • Bisa Menggunakan Kartu Kredit

Ketika saldo dari akun yang ada sudah habis anda bisa menggunakan dari kartu kredit atau debet yang anda gunakan dengan syarat sudah terhubung sebelumnya. Pastinya dengan akses ini akan lebih memudahkan anda dalam urusan penggunaanya.

Perbedaan Antara Aplikasi DANA dan OVO

Berbicara mengenai perbedaan dari keduanya sebetulnya tidak ada perbedaan yang signifikan. Karena untuk aplikasi DANA maupun OVO ini hampir memiliki fungsi fitur yang sama dan tidak ada perbedaan yang jauh. Dimana memang untuk aplikasi keduanya ini merupakan aplikasi dompet digital yang banyak di pakai di tanah air dan yang berbeda mungkin pemiliki dari perusahaanya saja.

Untuk aplikasi OVO merupakan besutan dari PT Visionet Internasional dan sedangkan untuk DANA dari PT Espay Debit Indonesia Koe. Dan kedua aplikasi ini sangat aman untuk anda download dan gunakan karena semuanya sudah dalam naungan dari OJK ( Otoritas Jasa Keuangan ). Sehingga anda tidak perlu meragukan lagi untuk menggunakan aplikasi tersebut dari sekarang.

Syarat Untuk Transfer DANA ke OVO

Ada beberapa syarat yang perlu anda ketahui untuk bisa melakukan transfer dari DANA ke OVO yang pastinya jika anda tidak memenuhi syaratnya maka tidak bisa melakukan transfer.  Dan untuk mengetahui syaratnya apa saja maka anda bisa melihat penjelasanya sebagai berikut :

  • Akun DANA anda sudah harus upgrade ke Premium dengan cara melakukan verifikasi memakai KTP
  • Saldo minimal pada saldo anda sebesar 10.999

Sedangkan syarat untuk aplikasi OVO sendiri tidak berbeda jauh dengan aplikasi DANA seperti yang ada di atas :

  • Akun OVO anda harus upgrade ke OVO premium dengan cara verifikasi menggunakan KTP
  • Saldo minimalnya adalah 12.500

Biaya dan Minimal Transfer DANA ke OVO

Perlu anda ketahui bahwa untuk bisa transfer dari DANA ke OVO ini saldo yang minimal untuk anda transfer adalah sebesar 50.000. Dan juga anda akan mendapatkan free transfer sebanyak 10x transfer bank kemana saja selama satu bulan. Sedangkan jika lebih dari itu maka anda akan dikenakan biaya sebesar 4500 per transfer nantinya.

Pastikan dengan biaya yang kami sebutkan di atas jangan sampai saldo yang ada dibawah batas minimal dan anda tidak mengetahuinya. Sehingga yang ada nantinya akan menjadikan gagal transfer. Nah, tidak perlu berlama-lama lagi dibawah ini kami akan mencoba mengulas mengenai cara transfer dari DANA ke OVO yang ada dibawah ini.

Cara Transfer DANA ke OVO

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bisa transfer dari DANA ke OVO yang pastinya mudah untuk anda praktekan. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat penjelasanya dibawah ini :

1. Fitur Kirim

  • Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan masuk ke Aplikasi DANA
  • Lalu anda bisa klik pada fitur kirim
  • Dan sekarang anda bisa melakikan transfer dari Rekening Bank ke OVO
  • Ketika muncul pilihan nama-nama bank anda bisa memilih transfer pada bank Nobu ataupun CIMB Niaga
  • Sekarang masukan untuk kode bank dan juga nomor hp pada akun OVO anda
  • Formatnya untuk bank Nobu adalah kodenya 9 diikuti dengan nomor hp dan jika CIMB formatnya 8099 diikuti nomor hp OVO
  • Untuk kolom yang ada bisa anda isi atau tidak karena itu sifatnya opsional
  • Klik pada Tambah Bank Baru
  • Masukan saldo yang akan anda kirim dan Lanjut
  • Maskan catatan yang ada jika perlu
  • Pastikan nomor hp OVO anda benar dan jika sudah yakin klik pada Konfirmasi
  • Masukan pin DANA yang anda buat berupa 6 digit
  • Tunggu prosesnya sampai selesai dan uang terkirim pada akun OVO anda
  • Selesai

2. Fitur Tarik Saldo

Cara selanjutnya adalah anda bisa melakukan transfer dengan menggunakan fitur saldo jika ingin melakukan transfer dari DANA ke OVO. Dan untuk lebih jelasnya anda bisa ikuti tutorial yang kami berikan dibawah ini :

  • Seperti biasa anda bisa  masuk ke aplikasi DANA
  • Lanjut pada ke menu yang ada dan anda pilih Tarik Saldo
  • Lalu klik pada transfer bank
  • Masukan nominal uang yang akan anda kirim ke akun OVO
  • Seperti biasa untuk bank yang anda kirim pada Nobu atau CIMB Niaga
  • Dan untuk kode bank pada Nobu adalah 9 dan CIMB Niaga 8099 yag diikuti dengan nomor hp yang anda pakai pada akun OVO tersebut
  • Klik pada tarik saldo
  • Dan maka akan muncul berupa halaman konfirmasi untuk tarik saldo dan anda bisa cek ulang dengan benar
  • Lalu klik pada tarik saldo dan masukan Pin DANA anda
  • Sekarang tinggal lakukan konfirmasi
  • Tunggu beberapa saat sampai proses transfer berhasil dan anda bisa mengeceknya di akun OVO tersebut
  • Selesai

3. Lewat Saldo Digital

  • Seperti biasa anda masuk ke akun DANA dan masuk pada bagian menu
  • Masuk ke menu Top Up dan anda bisa pilih pada bagian Saldo Digital
  • Klik pada OVO
  • Masukan nomor hp OVO yang anda pakai dan pastikan nomornya benar
  • Masukan nominalnya dan klik pada lanjutkan
  • JIka anda sudah merasa yakin klik pada Konfirmasi
  • Klik bayar untuk bisa mengirimkan pada OVO
  • Masukan pin DANA yang anda miliki
  • Selesai, sekarang anda bisa cek pada akun OVO anda apakah uangnya sudah masuk atau belum

Cara Transfer OVO ke DANA

Sedangkan untuk cara sebaliknya jika anda ingin Transfer OVO ke DANA dibawah ini kami sudah siapkan tutorialnya untuk anda coba. Dan untuk lebih helasnya anda bisa simak penjelasanya sebagai berikut :

  • Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan cara masuk ke akun OVO anda
  • Lalu masuk pada bagian Menu Transfer dan klik pada Rekening Bank
  • Pilih pada Bank Permata
  • Untuk kodenya adalah 8528 dengan diikuti nomor hp anda
  • Masukan untuk jumlah yang akan anda transfer pada akun DANA tersebut dan klik Lanjutkan
  • Pastikan nomor DANA yang anda transfer sudah benar dan klik KO=onfirmasi
  • Masukan PIN OVO anda yang sudah terverifikasi
  • Selesai, sekarang anda bisa cek pada akun OVO anda apakah saldonya sudah masuk atau belum

Baca Juga : Cara Transfer DANA ke ShopeePay Lengkap Dengan Syaratnya

Akhir Kata

Semoga apa yang kami sampaikan mengenai Cara Transfer DANA ke OVO ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan sampai jumpa pada bahasan selanjutnya hanya di situs loop.co.id yang selalu memberikan update setiap harinya.